Kesehatan

26 Maret 2021

10 Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan yang Wajib Moms Ketahui!

Jambu air mudah ditemukan di negara-negara tropis, salah satunya Indonesia
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Jambu air merupakan salah satu buah yang mudah ditemukan di negara-negara tropis, salah satunya Indonesia. Jambu air juga dikenal memiliki banyak sebutan tergantung daerah yang ditinggali seperti Jamaican Apple, wax jambu, dan rose apple.

Selain rasanya yang menyegarkan, buah ini memiliki segudang nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh, Moms.

Selain itu, jambu air juga mengandung beberapa senyawa organik yang bermanfaat untuk mengobati infeksi jamur pada kulit, seperti friedel lactone, jambosine, dan asam betulinic.

Meskipun buah ini mudah ditemukan di sejumlah negara Asia Tenggara, tapi buah ini sangat sulit ditemukan di negara-negara bagian Amerika Serikat.

Sebab, buah jambu jenis ini mudah busuk dan menyebabkan lalat. Buah ini dikenal sebagai 'rose apple' karena aromanya manis dan harum mirip dengan bunga mawar.

Selain itu, jambu air ini juga merupakan sumber vitamin A dan C. Meski begitu, hati-hati memakan biji jambu air karena rasanya pahit dan dianggap beracun.

Tak hanya kaya vitamin A dan C, buah ini juga memiliki nilai gizi yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: Siapa Sangka! Ini 5 Manfaat Jambu Biji Bagi Tubuh Moms dan Keluarga!

Kandungan Nutrisi Jambu Air

jambu air

Foto: Instagram.com/ glowingmeerkat

Sebelum mengetahui lebih jauh terkait manfaat jambu air, sebaiknya ketahui dulu kandungan nutrisi pada buah ini.

Menurut penelitian yang ditulis dalam jurnal Purdue University, Center for New Corps & Plant Products, menjelaskan jambu air mengandung banyak mineral dan vitamin.

Beberapa diantaranya ialah air, vitamin C, vitamin A, protein, kalori, zat besi, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, asam sitrat, tembaga, natrium, serat, tembaga, niasin, mangan, hingga asam sulfat.

Maka tak heran jika mengonsumsi buah jambu jenis ini secara rutin, akan berdampak baik pada kesehatan tubuh.

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jambu Air

jambu air

Foto: Instagram.com/ anna_susilawaty

Setelah mengetahui kandungan gizi pada jambu jenis ini, tentu Moms penasaran apa saja kegunaan jambu air untuk kesehatan tubuh? Nah, berikut ini manfaat jambu air untuk kesehatan yang wajib diketahui.

1. Detoksifikasi Tubuh

Dalam 100 gr jambu air, mengandung 93 gr air. Oleh karena itu, buah ini dapat berfungsi sebagai detoksifikasi alami serta menghilangkan racun dalam tubuh.

Meskipun saat ini banyak orang melakukan berbagai cara untuk detoks tubuh, seperti minum obat pencahar, namun cara yang paling aman dilakukan ialah mengonsumsi buah-buahan kaya mineral dan serat agar pencernaan lancar dan tubuh menjadi lebih bugar.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit

jambu air

Foto: Instagram.com/jerukmakkita_bynatasha

Kandungan antifungi atau antijamur dan mikroba dalam jambu air ampuh untuk menyembuhkan infeksi pada kulit. Selain buahnya, daun jambu air juga bisa digunakan untuk mendinginkan dan meredakan gatal-gatal pada kulit.

Caranya, tumbuk daun jambu jenis air lalu tempelkan pada kulit yang terbakar, terkena cacar, maupun gatal-gatal.

Selain itu, kandungan vitamin C pada jambu air juga berperan efektif dalam sintesis kolagen.

Menurut jurnal berjudul The Roles of Vitamin C in Skin Health, vitamin C dan kolagen baik untuk merawat kerutan wajah, menyamarkan penuaan dan kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

Baca Juga: 8 Manfaat Jambu Biji Selama Kehamilan, Moms Perlu Tahu!

3. Memperbaiki Jaringan Tubuh

Mengonsumsi jambu air secara teratur dapat membantu memperbaiki jaringan tubuh atau sel-sel yang rusak.

Berkat kandungan vitamin C yang melimpah yakni mencapai 22,3 mg per 100 gr jambu air, kapiler yang rusak, pembuluh darah, ligamen, dan jaringan lunak dapat terjaga dengan baik.

4. Mengatur Tingkat Gula Darah

jambu air

Foto: Orami Photo Stocks

Kandungan jambosine atau alkaloid kristal bioaktif yang ada pada jambu air dapat menghentikan konversi pati menjadi gula sehingga ampuh dalam mengatur kadar gula, terutama pada pasien diabetes.

Dalam jurnal berjudul Antioxidants and diabetes diketahui bahwa antioksidan alami seperti senyawa polifenol yang mencegah kerusakan jaringan sel beta di pankreas yang dapat menyebabkan diabetes tipe-1.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Menyantap jambu air secara teratur juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung dengan memoderasi kadar kolesterol dalam darah.

Dalam buah ini juga terkandung fitokimia alami yaitu epikatekin yang berperan besar dalam menurunkan tekanan darah tinggi yang dapat memicu terjadinya stroke dan penyakit jantung.

Dengan demikian, jika Moms mengonsumsi jambu air setiap harinya maka dapat membantu meningkatkan metabolisme jantung dan mencegah kerusakan pada organ jantung.

Baca Juga: Bongkar 12 Manfaat Jambu Merah yang Cocok untuk Ibu Hamil dan Kesehatan

6. Mencegah Sembelit

jambu air

Foto: Orami Photo Stocks

Sembelit ditandai dengan susah buang air besar (BAB) atau pencernaan tidak lancar.

Tentunya hal ini membuat perut kembung bahkan mengganggu aktivitas. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sembelit ialah dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti jambu air.

Asupan jambu jenis ini yang cukup setiap harinya, dapat membantu mencegah masalah pencernaan dan memperlancar pencernaan makanan di saluran pembuangan sehingga terhindar dari sembelit.

7. Mencegah Radikal Bebas

Antioksidan yang terkandung dalam jambu air tak hanya mengurangi risiko diabetes saja namun juga ampuh melindungi tubuh dari radikal bebas.

Bahkan, antioksidan juga dapat memutus reaksi radikal bebas untuk mencegah kerusakan molekul penting dalam tubuh.

Baca Juga: 23 Manfaat Berbagai Jenis Buah Jambu yang Perlu Moms Ketahui

8. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

jambu air

Foto: Orami Photo Stocks

Dalam 100 gr jambu air terkandung 29 g kalsium. Kandungan ini tentunya penting untuk menjaga kesehatan gigi, tulang hingga mencegah osteoporosis.

Dalam jurnal penelitian yang dilakukan oleh Dental Health Services Victoria dijelaskan bahwa dalam jambu air juga mengandung magnesium, fosfor, dan kalium yang memainkan peran penting dalam pembentukan tulang dan menjaga kesehatan gigi.

9. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa buah ini mengandung 93 persen mineral yang baik untuk menjaga cairan tubuh.

Sebab, hidrasi merupakan proses utama yang menopang kesehatan dan kehidupan manusia karena jika tubuh kekurangan cairan maka dapat mengancam nyawa.

Sebaliknya, dengan kandungan air yang cukup dalam tubuh, memungkinan Moms untuk beraktivitas normal dan fungsi organ pun berjalan dengan baik.

Baca Juga: Waspadai 4 Pertanda Dehidrasi

10. Mengobati Penyakit Celiac

gejala penyakit celiac - (1).jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Melansir dari jurnal penelitian berjudul Celiac disease: From pathophysiology to treatment, celiac merupakan penyakit yang menyerang imun tubuh yang mengakibatkan seseorang tidak dapat makan makanan mengandung gluten karena dapat merusak usus kecilnya.

Gluten biasanya ditemukan dalam gandum, gandum hitam, dan barley.

Salah satu penyebab celiac ialah kekurangan vitamin C, malnutrisi, dan kekurangan mineral. Padahal, vitamin C dan mineral sangat tinggi kandungannya dalam jambu jenis air ini.

Sehingga baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit celiac. Selain itu, jambu air juga bebas gluten sehingga aman dikonsumsi oleh penderita celiac.

Itulah 10 manfaat jambu air untuk kesehatan. Wah, siapa yang menyangka ya Moms, selain rasanya manis dan segar, jambu air juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Apakah Moms tertarik untuk mengonsumsi jambu air secara rutin?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait