Scroll untuk melanjutkan membaca

3-12 BULAN
11 Desember 2021

Berikut 7 Ide Kado Natal untuk Anak 1 Tahun

Simak daftarnya yuk, Moms!
Berikut 7 Ide Kado Natal untuk Anak 1 Tahun

Hari Natal ini biasanya identik dengan memberikan kado Natal atau saling tukar kado. Pastinya, Moms dan Dads akan memberi kado natal untuk anak, dan juga anggota keluarga dekat lainnya.

Sebagai orang tua, Moms dan Dads mungkin ingin memberikan kado Natal yang terbaik bagi Si Kecil. Jadi tak hanya sebagai hiburan, tetapi tentunya bermanfaat.

Lalu, apa ya kado Natal yang cocok untuk anak, khususnya bagi anak yang baru memasuki usia 1 tahun?

Baca Juga: 13+ Inspirasi Kado Natal untuk Keluarga dan Orang Terdekat, Unik!

Kado Natal untuk Anak 1 Tahun

Agar Moms dan Dads tidak bingung, yuk langsung cek rekomendasi kado Natal untuk anak usia 1 tahun di bawah ini.

1. Piyama

piyama natal anak.jpg

Foto: piyama natal anak.jpg (Goimagine.com)

Foto: goimagine.com

Salah satu kado Natal untuk anak yang bisa Moms berikan saat perayaan Natal untuk anak adalah piyama.

Pilihlah piyama dengan desain gambar atau warna khas Natal, Si Kecil pasti akan terlihat lucu dan menggemaskan saat mengenakan setelah piyama bernuansa Natal.

Selain itu, pastikan bahwa bahan atau material piyama untuk anak Moms terbuat dari katun, jadi tidak akan membuat anak kegerahan dan memberi kenyamanan maksimal saat Si Kecil tidur.

Baca Juga: 9 Cara Membuat Mainan dari Kardus Yuk, Buat Moms!

2. Buku

anak membaca buku

Foto: anak membaca buku

Foto: Orami Photo Stock

Moms mungkin berpikir bahwa memberikan buku sebagai kado Natal untuk anak tidak cocok untuk anak berusia 1 tahun. Padahal, tidak juga lho.

Meskipun anak Moms tidak dapat memahami buku atau mengucapkan huruf-huruf alfabet, itu tidak terlalu dini untuk memperkenalkan Si Kecil pada buku. Asalkan Moms memilih jenis buku yang sesuai dengan usia anak.

Mengenalkan anak sedini mungkin dengan cara membaca buku untuk bayi dan balita justru dapat mengubah cara otak mereka berkembang dan memberi mereka kesempatan hidup yang lebih baik.

“Membaca untuk bayi dan anak kecil sangat penting,” kata dokter anak Sarah Klein, MD. “Ini menyediakan blok bangunan untuk bahasa. Dan itu memberi mereka alat untuk membentuk keterampilan sosial dan emosional seumur hidup.”

Membaca adalah keterampilan yang akan membantu anak-anak dengan baik di sekolah dan dalam kehidupan. Namun, mendengarkan buku dibacakan memiliki manfaat jauh sebelum anak memasuki taman kanak-kanak.

Manfaat tersebut antara lain:

  • Keterampilan bahasa

Mendengar kata-kata yang dibacakan membantu keterampilan bahasa bayi yang berkembang.

Membaca memperkenalkan mereka pada lebih banyak kata dan bahasa yang lebih kompleks daripada yang mungkin mereka dengar dalam percakapan sehari-hari.

  • Ikatan

Meringkuk untuk membaca buku bersama menandakan keamanan, cinta, dan hubungan emosional.

  • Pembelajaran emosional

Bayi tidak hanya melihat gambar di buku favorit mereka. Mereka juga melihat Moms mengerutkan kening ketika karakter buku frustrasi atau tersenyum pada akhir yang bahagia.

“Bayi akan meniru ekspresi Anda dan suara yang Anda buat. Itu membantu perkembangan otak awal," kata Dr. Klein.

  • Menetapkan rutinitas

Dr. Klein mengatakan anak-anak dari segala usia berkembang dengan rutinitas. Membaca bisa menjadi tambahan yang bagus untuk jadwal harian.

Jika Moms terbiasa membaca sebelum tidur, misalnya, sebuah buku dapat memberi sinyal kepada bayi bahwa sudah waktunya bersiap-siap untuk tidur.

  • Keberhasilan di sekolah

“Penelitian telah menunjukkan bahwa sekitar sepertiga anak-anak memulai taman kanak-kanak tanpa keterampilan bahasa yang mereka butuhkan untuk belajar membaca,” kata Dr. Klein.

“Membaca untuk bayi dan anak kecil membantu mereka mengembangkan keterampilan yang berharga itu.”

Baca Juga: Ini Dia 12 Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dibeli

3. Handuk

handuk sebagai kado natal anak

Foto: handuk sebagai kado natal anak

Foto: Orami Photo Stock

Kado Natal untuk anak berikutnya yang dapat diberikan untuk anak usia 1 tahun ialah handuk. Handuk termasuk perlengkapan yang wajib dimiliki oleh Si Kecil.

Meski American Academy of Pediatrics tidak memiliki standar khusus dalam memilih handuk bayi, tetapi penting bagi orang tua untuk memerhatikan barang ini.

Anak Moms dapat menggunakan handuk biasa, tetapi biasanya handuk biasa memiliki ukuran yang terlalu besar dan akan sering kotor oleh air kencing atau kotoran.

Moms pun membutuhkan beberapa handuk lain sebagai pengganti jika salah satu handuk yang digunakan telah kotor dan belum dicuci.

Jadi, handuk merupakan ide kado Natal untuk anak yang tepat.

Namun, pilihlah handuk dengan bahan yang lembut sehingga aman dan tidak menimbulkan alergi di kulit anak, mengingat kulit mereka masih sangat sensitif.

Baca Juga: 30 Inspirasi Nama Belakang Bayi Perempuan, Indah dan Beragam!

4. Sepatu

sepatu untuk kado natal anak 1 tahun

Foto: sepatu untuk kado natal anak 1 tahun

Foto: Orami Photo Stock

Anak usia 1 tahun biasanya sudah mulai bisa berjalan, jadi sepatu merupakan salah satu ide kado Natal yang bisa Moms dan Dads pertimbangkan.

Pilihlah sepatu dengan material yang awet dan benar-benar melindungi kaki Si Kecil sehingga dapat meminimalisir luka saat mereka tidak sengaja jatuh.

Pastikan juga ukuran sepatunya sesuai dengan kaki anak agar nyaman saat dikenakan ya, Moms.

Saat membeli sepatu untuk anak yang telah berjalan, perhatikan beberapa kriteria berikut:

  • Sol anti selip yang fleksibel

Carilah sepatu dengan traksi yang baik untuk membantu anak tetap berdiri tegak di atas kakinya. Sepatu kulit antiselip atau sol karet, terutama yang memiliki lekukan atau tonjolan, akan mencegahnya tergelincir saat ia menjadi lebih mahir berjalan.

  • Lapisan

Sepatu untuk anak 1 tahun yang mulai berjalan harus memberikan dukungan yang kuat, tetapi memiliki bantalan di bagian belakang tumit dan di sekitar pergelangan kaki untuk meminimalkan gesekan, dan di bagian bawah dalam untuk kenyamanan.

  • Penutupan ekstra aman

Pastikan sepatu anak mudah untuk mereka, tetapi tidak terlalu mudah untuk lepas dengan sendirinya, terutama setelah ia mulai berjalan.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Mainan Anak 2 Tahun yang Mengedukasi, Si Kecil Pasti Suka!

5. Selimut

selimut untuk kado natal anak 1 tahun

Foto: selimut untuk kado natal anak 1 tahun

Foto: Orami Photo Stock

Selimut mungkin dapat menjadi barang yang bisa dipertimbangkan sebagai kado Natal untuk anak-anak. Namun, perlu perhatian khusus dalam memilih selimut yang tepat.

Pertama, pastikan bahan yang selimut yang Moms pilih ramah kulit untuk bayi. Kapas adalah bahan selimut pilihan terbaik dan pastikan selimut memiliki lapisan katun di bawahnya.

Perlu Moms ketahui, jangan membeli selimut yang memiliki terlalu banyak bulu karena bulu ini bisa lepas dan masuk ke lubang hidung atau mulut bayi saat bernapas dan menyebabkan episode tersedak.

Hindari juga selimut yang lembut dan berat karena tidak terbuat dari bahan yang menyerap keringat. Jika anak menariknya ke atas kepalanya saat tidur, selimut tersebut justru berbahaya karena berisiko menyebabkan mati lemas.

Sebaiknya, hindari selimut berbahan kain sintetis atau satin karena ini tidak akan membantu menjaga bayi tetap hangat, bahkan dapat menyebabkan ruam kulit pada kulit sensitif.

Hindari selimut yang memiliki jumbai longgar, pinggiran, atau pita karena Si Kecil mungkin saja bisa terjerat di dalamnya.

Pastikan Moms membelikan anak selimut dengan ukuran yang tepat dan ini biasanya tergantung pada kebutuhan.

Baca Juga: Panduan Jenis dan Ukuran Sepatu Anak Sesuai Umur, Simak Moms!

6. Alat Musik

alat-musik-marakas.jpg

Foto: alat-musik-marakas.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms melihat Si Kecil lebih mudah belajar dengan alat-alat musik atau gaya belajar auditoru, Moms bisa membelikannya alat musik sebagai kado Natal untuk anak.

Si Kecil dengan gaya belajar auditori memiliki tingkat kepekaan yang lebih pada indera pendengarannya. Itulah sebabnya mereka lebih mudah belajar dari sesuatu yang dapat mereka dengar, seperti musik, dongeng, dan lainnya.

7. Mainan Masak-masakan

kado natal untuk anak

Foto: kado natal untuk anak

Foto: Shopee.co.id

Semua anak kecil suka sekali bermain masak-masakan, baik itu anak laki-laki maupun perempuan.

Nah, sebagai kado Natal untuk anak, tidak ada salahnya Moms membelikan Si Kecil mainan masak-masakan. Seperti set kompor plastik, panci, gelas, piring, sendok, dan garpu. Si Kecil pasti akan sangat menyukainya.

Itulah beberapa ide kado Natal untuk anak berusia 1 tahun yang bisa Moms pilih. Semoga bermanfaat, ya!

  • https://nourishingminimalism.com/18-non-toy-gifts-for-toddlers/
  • https://health.clevelandclinic.org/the-benefits-of-reading-to-babies/
  • https://naturalbabylife.com/do-you-need-hooded-baby-towels/
  • https://www.thehealthsite.com/parenting/baby-care/how-to-choose-the-right-baby-blanket-for-your-baby-d0418-563238/
  • https://www.whattoexpect.com/baby-products/baby-care/best-baby-shoes/