Scroll untuk melanjutkan membaca

GIZI
25 Maret 2022

Cek Kalori Mangga, Benarkah Buah Ini Tidak Cocok untuk Diet?

Jika ingin menyantap mangga saat diet, cek caranya dulu!
Cek Kalori Mangga, Benarkah Buah Ini Tidak Cocok untuk Diet?

Kalori mangga kerap kali dipertanyakan karena tak sedikit orang yang mengonsumsi buah tropis ini di Indonesia.

Mangga menjadi salah satu buah-buahan di Indonesia yang berbuah secara musiman.

Biasanya, mangga akan berbuah mulai dari pertengahan hingga akhir tahun, tergantung dari jenis buahnya.

Oleh karena itu, buah ini kerap kali dijumpai pada aneka sajian minuman menyegarkan, dessert, hingga makanan bagi orang yang sedang berdiet.

Namun, bagi orang yang sedang berdiet, buah mangga sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, terutama bagi yang sedang menjalani diet kalori.

Baca Juga: 12 Jenis Mangga di Indonesia yang Enak dan Nikmat

Cek Kalori Mangga

Kalori Mangga

Foto: Kalori Mangga (www.anandom.com)

Foto: anandom.com

Ternyata ada alasan di balik penyebab mengapa buah mangga tidak disarankan untuk dikonsumsi bagi orang yang sedang berdiet.

Ini karena ternyata kalori mangga ini terbilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan tropis lainnya.

Di dalam satu buah mangga atau memiliki berat sekitar 150-165 gram memiliki jumlah kalori sekitar 107.

Jumlah ini terbilang cukup besar jika dibandingkan buah pisang yang jumlah kalorinya per buah bisa mencapai 95-100 kalori.

Jurnal yang berjudul Nutritional Evaluation of Different Mango Varieties Available in Sri Lanka menyebutkan, meski ada berbagai jenis mangga, tapi kalori mangga terbilang cukup besar.

Baca Juga: 7 Resep Puding Mangga Enak dan Simpel, Cocok untuk Camilan Keluarga!

Mangga yang daging buahnya berwarna oranye memiliki kalori yang sedikit lebih banyak jika dibandingkan dengan kalori mangga yang daging buahnya kekuningan.

Selain jurnal tersebut, ada penelitian lainnya yang menjelaskan tentang kalori mangga.

Penelitian ini berjudul Pemanfaatan Buah Mangga (Mangifera indica L.) dan Ekstrak Teh Hijau (Camelia sinensis) dalam Pembuatan Selai, menyebutkan alasan mangga digunakan sebagai bahan dasar selai.

Mangga yang memiliki banyak kandungan kalori membuat buah ini dipilih menjadi bahan dalam pembuatan selai.

Selain karena kandungan kalori mangga yang tinggi, aroma wangi yang khas juga menjadi bahan pertimbangan dalam pemilihan bahan dasar selai.

Baca Juga: 29+ Manfaat Buah Mangga, Bisa Turunkan Risiko Kanker Lho!

Kandungan Nutrisi dalam Buah Mangga

Kalori Mangga

Foto: Kalori Mangga (lovelylittlekitchen.com)

Foto: lovelylittlekitchen.com

Buah mangga tidak hanya mengandung kalori mangga saja.

Di dalamnya, terdapat kandungan nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Di dalam satu buah mangga terdapat kandungan-kandungan nutrisi, seperti:

  • Protein 1 gram
  • Karbohidrat 24-25 gram
  • Lemak 0,6 gram
  • Serat 2,6 gram
  • Vitamin C 60 mg
  • Vitamin A 10 g
  • Vitamin E 9,7 gram
  • Vitamin B5 6,5 gram
  • Folat 18 mg
  • Kalium 150 mg

Selain kandungan-kandungan nutrisi di atas juga ada kandungan antioksidan dan serat yang sangat tinggi.

Baca Juga: 8 Cara Merawat Pohon Mangga agar Cepat Berbuah

Tips Jika Ingin Mengonsumsi Buah Mangga saat Diet

Kalori Mangga

Foto: Kalori Mangga (www.navhindtimes.in)

Foto: navhindtimes.in

Berhubung ada banyak kandungan nutrisi di dalam mangga, tentu saja ada banyak manfaat dari buah tropis yang satu ini.

Jika masih ragu menyantapnya karena kandungan kalori mangga yang tinggi, ada beberapa tips yang bisa diterapkan jika ingin mengonsumsi buah mangga saat diet, yaitu:

1. Santap Buah Mangga Utuh

Tips yang pertama agar tetap bisa mengonsumsi mangga saat diet dengan menyantapnya secara utuh.

Kebanyakan dari kita lebih suka mengonsumsi jus mangga ketimbang menyantapnya dalam keadaan utuh alias tanpa diolah.

Menyantap jus mangga dapat membuat kandungan nutrisinya berkurang.

Tidak hanya kalori mangga yang tinggi, kandungan serat mangga juga tinggi.

Jika menjadikannya jus atau menghancurkannya, maka kandungan serat tersebut berkurang sehingga berdampak pada diet.

Jika menyantap mangga dalam keadaan utuh, maka akan mendapatkan kandungan serat utuh dari buah mangga.

Nah, diet yang dijalani akan menjadi lebih maksimal!

2. Makan Mangga sebelum Olahraga

Mengonsumsi Mangga

Foto: Mengonsumsi Mangga (leaf.nutrisystem.com)

Foto: leaf.nutrisystem.com

Salah satu cara untuk bisa menyantap mangga saat berdiet dengan mengonsumsinya sebelum melakukan olahraga.

Kandungan kalori mangga yang tinggi bisa membantu, karena memberikan tenaga yang dibutuhkan selama berolahraga.

Tidak hanya kandungan kalori mangga yang memberikan energi, tapi kandungan karbohidrat dan proteinnya juga bisa menambah energi.

3. Makan Mangga di Pagi atau Siang Hari

Mengonsumsi mangga akan lebih baik dilakukan di pagi dan siang hari.

Pasalnya, kalori mangga bisa memberikan energi untuk beraktivitas seharian.

Lain halnya jika mengonsumsi mangga di malam hari, maka ada penumpukan kalori mangga di dalam tubuh berhubung minimnya aktivitas di malam hari.

4. Hindari Pemanis Tambahan

Kalori Mangga

Foto: Kalori Mangga (www.onelovelylife.com)

Foto: onelovelylife.com

Cara lain untuk bisa mengonsumsi mangga selama diet adalah menghindari pemanis tambahan saat mengonsumsi mangga.

Jika ingin mengonsumsi jus mangga, usahakan tidak menambahkan bahan pemanis di dalamnya.

Pemanis tambahan bisa membuat tumpukan kalori mangga yang berlebihan.

Baca Juga: 13 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Kontrol Porsi Makan Mangga

Cara terakhir dengan mengontrol porsi makan mangga.

Mangga adalah buah yang memiliki campuran rasa manis dan asam di dalamnya sehingga membuat ketagihan untuk menyantapnya.

Jika ingin menyantap mangga saat diet, maka hanya bisa makan satu buah mangga per harinya, tidak lebih.

Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi penumpukan kalori mangga yang berlebihan.

Itulah penjelasan mengenai kalori mangga untuk menambah pengetahuan mengenai buah tropis kesukaan masyarakat Indonesia.

Jadi, jangan ragu untuk makan mangga dalam batasan wajar, ya!

  • https://www.calorieking.com/us/en/foods/f/calories-in-fresh-fruits-mangos-raw/IA1gx1ZSTMOqtpinGfFdZg
  • https://www.healthline.com/nutrition/mango
  • https://www.mango.org/mango-nutrition/
  • https://www.nutritionix.com/food/mango
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/275921
  • https://balitbu.litbang.pertanian.go.id/index.php/berita-mainmenu-26/info-lainnya/1443-kandungan-nutrisi-dalam-buah-mangga
  • https://www.kompas.com/sains/read/2021/10/27/140000923/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-buah-mangga-untuk-kesehatan