Kesehatan

8 Juli 2021

Memahami Kecerdasan Emosional dan Cara Melatihnya

Yuk cari tahu cara melatihnya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Adeline Wahyu

Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, dan mengelola emosi Anda sendiri dengan cara yang positif untuk menghilangkan stres, berkomunikasi secara efektif, berempati dengan orang lain, mengatasi tantangan, dan meredakan konflik.

Kecerdasan emosional ini membantu seseorang membangun hubungan yang lebih kuat, kesuksesan di sekolah dan pekerjaan, dan mencapai karir dan tujuan pribadi.

Kecerdasan emosional juga dapat membantu seseorang terhubung dengan perasaan sendiri, membantu mengubah niat menjadi tindakan, dan membuat keputusan berdasarkan informasi tentang apa yang paling penting bagi diri sendiri.

Mengutip Psychology Today, teori kecerdasan emosional diperkenalkan oleh Peter Salovey dan John D. Mayer pada 1990-an. Konsep ini kemudian dikembangkan lebih lanjut dan diperkenalkan ke masyarakat awam oleh Daniel Goleman.

Kini konsep kecerdasan emosional atau EQ, telah diterima secara luas. Namun, beberapa psikolog berpendapat bahwa karena EQ tidak dapat diukur melalui tes psikometri (seperti halnya, misalnya, kecerdasan umum), ia tidak memiliki kekuatan penjelas yang sebenarnya.

Baca Juga: 9 Cara Meredakan Emosi Paling Efektif Agar Tidak Gampang Marah, Catat!

Komponen dalam Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional

Foto: Orami Photo Stock

Para peneliti mengungkapkan bahwa ada empat komponen tingkat kecerdasan emosional yang berbeda termasuk persepsi emosional, kemampuan untuk bernalar menggunakan emosi, kemampuan untuk memahami emosi, dan kemampuan mengelola emosi. Berikut ulasannya:

1. Persepsi Emosi

Langkah pertama dalam memahami emosi adalah memahaminya secara akurat. Dalam banyak kasus, ini mungkin melibatkan pemahaman sinyal nonverbal seperti bahasa tubuh dan ekspresi wajah.

2. Penalaran dengan Emosi

Langkah selanjutnya melibatkan penggunaan emosi untuk mempromosikan pemikiran dan aktivitas kognitif. Emosi membantu memprioritaskan apa yang diperhatikan dan direaksikan, seseorang akan merespon secara emosional terhadap hal-hal yang menarik perhatian.

3. Memahami Emosi

Emosi yang dirasakan dapat membawa berbagai macam arti. Jika seseorang mengekspresikan emosi marah, pengamat harus menafsirkan penyebab kemarahan orang tersebut dan apa artinya. Misalnya, jika atasan bertingkah marah, itu mungkin berarti dia tidak puas dengan pekerjaan anak buahnya, atau bisa juga karena mereka ditilang dalam perjalanan ke kantor pagi itu atau karena mereka bertengkar dengan pasangannya.

4. Mengelola Emosi

Kemampuan mengelola emosi secara efektif adalah bagian penting dari kecerdasan emosional dan tingkat tertinggi. Mengatur emosi dan merespon dengan tepat serta merespon emosi orang lain adalah aspek penting dari manajemen emosi.

Keempat cabang model ini disusun berdasarkan kompleksitas dengan proses yang lebih mendasar di tingkat yang lebih rendah dan proses yang lebih maju di tingkat yang lebih tinggi. Misalnya, tingkat terendah melibatkan persepsi dan ekspresi emosi, sementara tingkat yang lebih tinggi membutuhkan keterlibatan sadar yang lebih besar dan melibatkan pengaturan emosi.

Baca Juga: Pojok Emosi, Bantu Anak Kelola Emosi

Manfaat Kecerdasan Emosional dalam Kehidupan Sehari-Hari

Kecerdasan emosional

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang Moms pahami, bukan orang terpintar yang paling sukses atau paling puas dalam hidup. Moms mungkin mengenal orang-orang yang cerdas secara akademis namun tidak kompeten secara sosial dan tidak sukses di tempat kerja atau dalam hubungan pribadi mereka.

Kemampuan intelektual atau intelligence quotient (IQ) Moms sendiri tidak cukup untuk mencapai kesuksesan dalam hidup. Ya, IQ dapat membantu anak kelak masuk ke perguruan tinggi, tetapi EQ yang akan membantu Moms mengelola stres dan emosi saat menghadapi ujian akhir. IQ dan EQ ada bersama-sama dan paling efektif ketika mereka membangun satu sama lain.

Kecerdasan emosional juga memengaruhi beberapa hal sehingga memiliki kecerdasan emosional yang baik jelas sangat bermanfaat. Mengutip jurnal Imagination, Cognition, and Personality, berikut ini beberapa hal yang bisa dipengaruhi kecerdasan emosional:

1. Performa di Sekolah atau Kantor

Kecerdasan emosional yang tinggi dapat membantu menavigasi kompleksitas sosial di sekolah atau tempat kerja, memimpin dan memotivasi orang lain, dan unggul dalam karier.

Faktanya, ketika harus mengukur kandidat pekerjaan yang penting, banyak perusahaan sekarang menilai kecerdasan emosional sama pentingnya dengan kemampuan teknis dan menggunakan pengujian EQ sebelum merekrut.

2. Kesehatan Fisik

Jika seseorang tidak dapat mengelola emosinya, ia mungkin juga tidak mampu mengelola stres. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Stres yang tidak terkontrol meningkatkan tekanan darah, menekan sistem kekebalan, meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke, berkontribusi pada infertilitas, dan mempercepat proses penuaan.

Oleh karena itu, langkah pertama untuk meningkatkan kecerdasan emosional adalah belajar bagaimana mengelola stres.

3. Kesehatan Mental

Emosi dan stres yang tidak terkendali juga dapat memengaruhi kesehatan mental, membuat seseorang jadi rentan terhadap kecemasan dan depresi.

Jika Moms tidak dapat memahami, merasakan, atau mengelola emosi, Moms juga akan berjuang untuk membentuk hubungan.

Pada gilirannya, hal ini dapat membuat Moms merasa kesepian dan terisolasi dan semakin memperburuk masalah kesehatan mental.

3. Hubungan

Dengan memahami emosi dan cara mengendalikannya, Moms akan lebih mampu mengungkapkan perasaan dan memahami perasaan orang lain.

Ini memungkinkan Moms untuk berkomunikasi lebih efektif dan menjalin hubungan yang lebih kuat, baik di tempat kerja maupun dalam kehidupan pribadi.

4. Kecerdasan Sosial

Menjadi selaras dengan emosi akan melayani tujuan sosial, yakni menghubungkan Moms sendiri dengan orang lain dan dunia di sekitar.

Kecerdasan sosial memungkinkan Moms untuk mengenali teman dan musuh, mengukur minat orang lain pada diri sendiri, mengurangi stres, menyeimbangkan sistem saraf melalui komunikasi sosial, dan merasa dicintai dan bahagia.

Baca Juga: 10 Fakta Anak Ketiga, Pintar Mengatur Emosi dan Punya Potensi Sukses

Bagaimana Cara Melatih Kecerdasan Emosional?

Kecerdasan emosional

Foto: Orami Photo Stock

Sebetulnya, keterampilan yang membentuk kecerdasan emosional dapat dipelajari kapan saja. Namun, penting untuk diingat bahwa ada perbedaan antara hanya belajar tentang EQ dan menerapkan pengetahuan itu dalam hidup.

Hanya karena Moms tahu bahwa Moms harus melakukan sesuatu tidak berarti Moms akan melakukannya, terutama ketika diliputi oleh stres, yang dapat mengesampingkan niat baik.

Untuk mengubah perilaku secara permanen dengan cara yang berdiri di bawah tekanan, Moms perlu belajar bagaimana mengatasi stres pada saat itu, dan dalam hubungan, agar tetap sadar secara emosional.

Ada empat keterampilan kunci untuk membangun EQ dan sebagai cara melatih kecerdasan emosional, yakni:

1. Manajemen Diri

Ketika seseorang menjadi terlalu stres, ia dapat kehilangan kendali atas emosi dan kemampuan untuk bertindak dengan bijaksana dan tepat.

Dengan kemampuan untuk mengelola stres dan tetap hadir secara emosional, seseorang dapat belajar menerima informasi yang mengecewakan tanpa membiarkannya mengesampingkan pikiran dan pengendalian diri.

2. Kesadaran Diri

Mengelola stres hanyalah langkah pertama untuk membangun kecerdasan emosional. Kemampuan untuk terhubung dengan emosi, memiliki koneksi dari waktu ke waktu dengan pengalaman emosional yang berubah, adalah kunci untuk memahami bagaimana emosi memengaruhi pikiran dan tindakan.

Untuk membangun EQ dan menjadi sehat secara emosional, seseorang harus terhubung kembali dengan emosi inti, menerimanya, dan merasa nyaman dengannya.

Baca Juga: Peran Ayah Dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak

3. Kesadaran Sosial

Kesadaran sosial memungkinkan seseorang untuk mengenali dan menafsirkan isyarat nonverbal yang digunakan orang lain untuk berkomunikasi denganmu.

Isyarat ini memberi tahu bagaimana perasaan orang lain, bagaimana keadaan emosional mereka berubah dari waktu ke waktu, dan apa yang benar-benar penting bagi mereka.

Ketika sekelompok orang mengirimkan isyarat nonverbal yang serupa, Moms dapat membaca dan memahami dinamika kekuatan dan berbagi pengalaman emosional kelompok tersebut. Singkatnya, Moms berempati dan nyaman secara sosial.

Untuk membangun kesadaran sosial, Moms perlu mengenali pentingnya perhatian dalam proses sosial. Lagi pula, Moms tidak dapat menangkap isyarat nonverbal yang halus ketika sedang memikirkan hal-hal lain, atau hanya fokus pada ponsel. Kesadaran sosial membutuhkan kehadiran Moms pada saat itu.

Mengikuti aliran respons emosional orang lain adalah proses memberi dan menerima yang mengharuskan Moms juga memperhatikan perubahan dalam pengalaman emosional sendiri.

Memperhatikan orang lain tidak mengurangi kesadaran diri sendiri. Dengan menginvestasikan waktu dan upaya untuk benar-benar memperhatikan orang lain, Moms sebenarnya akan mendapatkan wawasan tentang keadaan emosi sendiri serta nilai-nilai dan keyakinan Moms sendiri.

4. Manajemen Hubungan

Bekerja dengan baik dengan orang lain adalah proses yang dimulai dengan kesadaran emosional dan kemampuan Moms untuk mengenali dan memahami apa yang dialami orang lain.

Setelah kesadaran emosional berperan, Moms dapat secara efektif mengembangkan keterampilan sosial yang akan membuat hubungan jadi lebih efektif, bermanfaat, dan memuaskan.

Sadarilah seberapa efektif Moms menggunakan komunikasi nonverbal karena banyak otot di wajah, terutama di sekitar mata, hidung, mulut, dan dahi, membantu Moms tanpa kata-kata menyampaikan emosi serta membaca maksud emosional orang lain.

Moms juga perlu menggunakan humor untuk menghilangkan stres. Selain itu, belajarlah untuk melihat konflik sebagai kesempatan untuk tumbuh lebih dekat dengan orang lain.

Konflik dan perselisihan tidak dapat dihindari dalam hubungan manusia. Dua orang tidak mungkin memiliki kebutuhan, pendapat, dan harapan yang sama setiap saat. Namun, itu tidak perlu menjadi hal yang buruk. Menyelesaikan konflik dengan cara yang sehat dan konstruktif dapat memperkuat kepercayaan di antara orang-orang.

  • https://www.verywellmind.com/what-is-emotional-intelligence-2795423
  • https://www.helpguide.org/articles/mental-health/emotional-intelligence-eq.htm
  • https://www.psychologytoday.com/intl/basics/emotional-intelligence
  • http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait