Kesehatan

24 Mei 2021

Kepala Sering Pusing? Mungkin 7 Hal Ini Jadi Penyebab dan Cara Mengatasinya

Banyak hal kecil yang ternyata menjadi penyebab pusing, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Intan Aprilia

Apa Moms pernah mengalami kepala sering pusing? Ternyata pusing belum tentu karena Moms mengidap sakit yang berbahaya, seperti darah rendah atau tinggi, ataupun sakit-sakit medis lainnya. Banyak hal umum yang dapat memicu kepala sering pusing.

Maka dari itu, kenali dulu penyebab pusing dan jangan terburu-buru langsung mengonsumsi obat atau ke dokter. Mungkin saja, penyebabnya hanya karena faktor kecil di sekitar kita.

Simak penyebab-penyebab kepala sering pusing di bawah ini untuk mengetahui apakah Moms benar-benar membutuhkan obat.

Penyebab Kepala Sering Pusing

Kepala sering pusing dan rasa sakit yang berdenyut-denyut memang membuat badan ikutan tidak sehat. Selain badan menjadi lemas, kepala sering pusing juga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Terlepas dari apakah kita rentan sakit kepala atau pusing, Moms mungkin dapat mengurangi frekuensinya dengan mengidentifikasi penyebabnya. Berikut adalah pemicu paling umum untuk kepala sering pusing.

1. Terlalu Banyak Tidur

listicle 1.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Tidur memang diperlukan untuk menjaga stamina tubuh, juga untuk mengisi kembali energi yang sudah banyak dikeluarkan setelah beraktivitas seharian. Namun, ternyata tidur berlebihan itu tidak baik dan malah menjadi penyebab kepala sering pusing lho!

"Tidur terlalu banyak atau terlalu lama ternyata menjadi pemicu sakit kepala," ungkap Elizabeth McDevitt, PhD, seorang peneliti postdoctoral di Princeton Computational Memory Lab di Princeton University seperti dikutip dari The Healthy.

Pola tidur terbaik untuk menghindari sakit kepala menurut National Sleep Foundation, adalah mendapatkan jumlah tidur yang konsisten setiap malam, dan pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Baca Juga: Pusing Karena Makanan Manis, Ketahui Penyebab dan Cara Menanganinya

2. Menstruasi

gambar utama.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Sebagian besar wanita mengatakan kepala sering pusing atau sakit kepala saat sedang menstruasi, terutama di hari pertama.

Perubahan kadar estrogen dan progesteron yang berfluktuasi secara drastis selama masa menstruasi, memang dapat memicu sakit kepala.

Setiap orang berbeda, ada yang mungkin mengalami sakit kepala di awal, tengah, atau akhir menstruasi. Namun, sakit kepala sangat umum terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan.

Jika seperti ini Moms cukup beristirahat saja tanpa perlu meminum obat. Tapi apabila pusing selalu terjadi setiap menstruasi, Moms perlu mengonsultasikannya pada dokter.

3. Stres

listicle 3.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Dikutip dari Mayo Clinic, para ilmuwan percaya bahwa ketika kita sedang stres, kadar molekul dan hormon tertentu dapat naik atau turun. Pada beberapa orang, perubahan ini bisa menjadi penyebab kepala sering pusing.

Jadi, hilangkan stres terlebih dahulu untuk menyembuhkan pusing yang Moms alami. Moms dapat menenangkan diri dengan cara berolahraga, berlibur, atau melakukan sesuatu yang disukai.

Yang pasti jangan sampai pusing yang Moms alami dapat berlanjut menjadi penyakit medis lain yang lebih parah.

Baca Juga: 3 Perbedaan Vertigo dengan Pusing Biasa

4. Parfum

listicle 4.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Ternyata sebuah parfum yang meskipun tercium enak wanginya juga dapat membuat Moms kepala sering pusing. Menurut penelitian Headache Center di Atlanta, hampir 50 persen penyebab kepala sering pusing dipicu oleh wewangian yang berasal dari parfum atau pewangi ruangan.

Beberapa orang memang sangat sensitif dengan wewangian, terutama yang berbau kuat. Sehubungan dengan bau, kepekaan ekstra ini disebabkan oleh peningkatan aktivasi reseptor aroma dan rasa sakit tertentu di otak.

Jika Moms salah satu yang sensitif terhadap wewangian yang berbau kuat, cepatlah untuk mencari udara segar untuk meringankan sakit kepala.

5. Perubahan Cuaca yang Ekstrem

listicle 5.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Menurut pakar Mayo Clinic, Dr. Jerry W. Swanson, perubahan cuaca yang ekstrim bisa menjadi penyebab kepala sering pusing.

"Perubahan cuaca dapat menyebabkan ketidakseimbangan pada otak, termasuk serotonin, yang dapat memicu migrain," katanya.

Pemicu yang berhubungan dengan cuaca juga dapat memperburuk sakit kepala yang disebabkan oleh pemicu lain.

Perubahan cuaca ekstrim yang dimaksud disini adalah sinar matahari yang menyengat, panas atau dingin yang ekstrim, udara kering dan cuaca berangin atau badai.

Kondisi saat kita yang terbiasa dengan udara tropis di Indonesia, dan kemudian merasakan udara dingin Eropa, juga bisa memicu pusing atau sakit kepala.

Baca Juga: Tak Hanya Migrain, Ini 8 Jenis Sakit Kepala yang Umum Menyerang

6. Terlalu Banyak Kafein

2 Pengaruh Kafein Pada Kepala Sering Pusing.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Mengutip Health Harvard Medicine, kafein mempengaruhi aliran darah ke otak. Sehingga, ketika biasanya mengonsumsi kafein dalam kopi atau teh, menghentikan asupan secara tiba-tiba dapat memicu kepala sering pusing.

Ini mungkin karena kafein menyebabkan pembuluh darah mengerut. Ketika otak kehilangan kafein, pembuluh darah melebar dan menonjol, sehingga ini penyebab utama kepala sering pusing yang membuat tak nyaman.

Ketika otak terbiasa menerima sinyal kafein setiap hari, ini akan memicu kepala sering pusing dan kadang obatpun tidak bisa mengobatinya.

Meski begitu, di beberapa orang ketika telah berhenti kafein, justru tak merasakan gejala apapun.

7. Alergi atau Sinus

Fakta-Sinusitis-pada-Kepala-Sering-Pusing-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Penyebab kepala sering pusing terkadang terjadi akibat reaksi alergi. Rasa sakit akibat sakit kepala ini sering kali terfokus di area sinus dan di depan kepala.

Orang yang memiliki alergi musiman atau sinusitis rentan terhadap kepala sering pusing semacam ini.

Kepala sering pusing akibat sinus diobati dengan mengencerkan lendir yang menumpuk di dalam rongga hidung.

Semprotan steroid hidung biasanya dapat membantu mengatasi hal ini.

Cara Mengatasi Kepala Sering Pusing

Kepala sering pusing atau sakit kepala yang dirasakan karena hal ini biasanya tidak bertahan lama, hanya karena penyesuaian yang terjadi pada tubuh kita saja.

Tapi untuk beberapa kondisi, pusing juga dapat berlanjut menjadi demam atau penyakit lainnya.

Adapun beberapa cara mengatasi kepala sering pusing sebagai langkah awal di rumah seperti di bawah ini:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Obat Alami untuk Kepala Sering Pusing - air putih.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Kebutuhan air tidak cukup dapat menyebabkan kepala sering pusing.

Faktanya, Handbook of Clinical Neuorology telah menunjukkan bahwa dehidrasi kronis adalah penyebab umum kepala sering pusing atau migrain.

Untungnya, air minum telah terbukti meredakan gejala kepala sering pusing pada sebagian besar orang yang mengalami dehidrasi dalam waktu 30 menit hingga tiga jam.

Terlebih lagi, dehidrasi dapat mengganggu konsentrasi dan menyebabkan mudah emosi, serta membuat gejala kepala sering pusing lebih buruk.

Untuk membantu cara mengatasi kepala sering pusing, perbanyak pada minum cukup air sepanjang hari.

Baca Juga: Abdominal Migrain Pada Anak: Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya

2. Kompres Air Dingin

Menggunakan kompres dingin dapat membantu cara mengatasi gejala kepala sering pusing, lho.

Menerapkan kompres dingin atau es batu ke area leher atau kepala mengurangi peradangan, memperlambat konduksi saraf dan menyempitkan pembuluh darah, di mana ini cara mengatasi kepala sering pusing

Dalam satu penelitian pada 28 wanita, mengoleskan kompresan dingin ke daerah kepala secara signifikan mengurangi nyeri kepala.

Untuk membuat kompresan dingin, isi kantong air dengan es dan bungkus dengan handuk.. Oleskan kompres ke bagian belakang leher, kepala atau pelipis untuk meredakan sakit kepala.

3. Meditasi

Cara-Mengatasi-untuk-Kepala-Sering-Pusing.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Berlatih yoga adalah cara alami dalam mengatasi kepala sering pusing, menghilangkan stres, meningkatkan fleksibilitas, serta meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

Melakukan yoga bahkan dapat membantu mengurangi intensitas dan frekuensi sakit kepala.

Satu studi menyelidiki efek terapi yoga pada 60 orang dengan migrain kronis.

Frekuensi dan intensitas sakit kepala berkurang lebih banyak pada mereka yang menerima terapi yoga dan perawatan konvensional, dibandingkan dengan mereka yang menerima perawatan konvensional saja.

Studi dalam National Center for Biotechnology Information menemukan bahwa orang yang berlatih yoga selama tiga bulan mengalami penurunan frekuensi kepala sering pusing yang signifikan, dibandingkan dengan mereka yang tidak berlatih yoga.

4. Jahe

Jahe mengandung banyak senyawa bermanfaat, termasuk antioksidan dan zat anti-inflamasi.

Satu studi pada 100 orang dengan kepala sering pusing menemukan bahwa 250 mg bubuk jahe sama efektifnya dengan obat sakit kepala konvensional dalam mengurangi nyeri sakit kepala.

Terlebih lagi, jahe membantu mengurangi mual dan muntah, gejala umum yang terkait dengan sakit kepala parah.

5. Asupan Vitamin B

vitamin-b-kompleks-atasi-kepala-sering-pusing.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Vitamin B adalah sekelompok mikronutrien yang larut dalam air yang memainkan banyak peran penting dalam tubuh. Misalnya, mereka berkontribusi pada jaringan otak dan membantu mengubah makanan menjadi energi.

Beberapa vitamin B dapat menjadi salah satu cara mengatasi sakit kepala.

Satu studi telah menunjukkan bahwa suplemen vitamin B riboflavin (B2), folat, B12 dan piridoksin (B6) dapat mengurangi gejala kepala sering pusing.

Vitamin B kompleks mengandung kedelapan vitamin B dan merupakan cara yang alami untuk mengobati gejala sakit kepala.

Baca Juga: 15 Sumber Vitamin C untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh saat Pandemi Corona

Nah, jadi jangan terburu-buru minum obat ya Moms. Kenali dulu penyebabnya dan konsultasikan ke dokter jika rasa pusing benar-benar mengganggu aktivitas.

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tension-headache/symptoms-causes/syc-20353977

http://www.nnadoc.com/html/headache_center.html

https://www.health.harvard.edu/blog/if-you-have-migraines-put-down-your-coffee-and-read-this-2019093017897

https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0072975210970127

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17501846/

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait