Jalan-jalan

20 Juli 2021

17 Makanan Khas Bengkulu dengan Citarasa yang Unik

Sekali mencoba, pasti terasa sensasi lezat dan uniknya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Moms pernah mencoba makanan khas Bengkulu? Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang berada di kawasan barat Pulau Sumatera.

Provinsi ini memiliki julukan lain yakni Bumi Rafflesia karena di daerah inilah bunga Rafflesia Arnoldii yang sangat terkenal itu tumbuh.

Bengkulu menjadi salah satu kota wisata yang memiliki destinasi wisata alam serta wisata kuliner. Tak jarang ada orang yang sengaja datang ke Bengkulu untuk mencicip makanan khas Bengkulu yang memiliki citarasa unik dan otentik.

Makanan Khas Bengkulu yang Wajib Dicoba

Ada banyak makanan khas Bengkulu yang bisa kita coba. Mulai dari makanan khas Bengkulu yang bercitarasa manis hingga asin gurih.

Dari sekian banyaknya makanan khas Bengkulu, ada tujuh belas yang banyak dicari dan disantap oleh masyarakat setempat dan juga turis lokal hingga asing, yaitu:

Baca Juga: 10 Rekomendasi Penjual Kurban Online, Idul Adha Sebentar Lagi

1. Pendap

Pendap

Foto: sumber.com

Pendap adalah makanan khas Bengkulu yang terbuat dari bahan dasar ikan. Jenis ikan yang digunakan bisa apa saja, yakni ikan air tawar maupun ikan air laut.

Untuk cara membuatnya tidaklah sulit, ikan yang sudah dicuci hingga bersih kemudian dibumbui dengan bumbu rempah seperti bawang putih, kencur, cabai, garam, hingga kelapa muda parut.

Setelah semua bumbu dihaluskan, barulah dicampur dengan ikan. Nantinya, ikan yang sudah berbalur bumbu akan dibungkus dengan daun talas dan direbus hingga matang. Proses perebusannya ini berlangsung hingga kurang lebih delapan jam.

Penggunaan daun talas pada pendap ditujukan supaya aroma amis ikan hilang dan berganti dengan wangi daun. Pendap biasa disantap bersama dengan nasi putih hangat dan cocok dinikmati kapan saja.

2. Bagar Hiu

Mendengar namanya, kita pasti sudah tahu kalau makanan khas Bengkulu ini menggunakan ikan hiu sebagai bahan utamanya.

Bagar hiu menggunakan daging ikan hiu, lebih tepatnya lagi adalah jenis hiu tanduk. Daging ikan hiu yang sudah dibersihkan kemudian dibumbui dengan bumbu cabai dan rempah lalu dimasak hingga matang.

Bagar hiu menjadi salah satu makanan khas Bengkulu yang pernah dicicip oleh presiden pertama Indonesia yakni Ir. Soekarno.

Baca Juga: Dari Pedas Sampai Manis, Ini 12 Makanan Khas Manado yang Begitu Menggoda

3. Rebung Asam Undak Liling

Rebung Asam Undak Liling

Foto: sumber.com

Rebung asam undak liling adalah makanan khas Bengkulu yang dibuat dari campuran dua bahan dasar, yakni keong hitam dan rebung.

Untuk memasaknya dibutuhkan waktu yang agak lama karena kita harus merendam rebungnya terlebih dahulu selama beberapa hari hingga rasa asam dalam rebung dapat keluar.

Barulah setelah itu rebung dibumbui dengan aneka rempah dan dimasak bersama dengan keong hitam. Keong hitam atau liling ini biasa hidup di sawah sehingga masyarakat bisa dengan mudah mendapatkannya.

4. Lemang Tapai

Mendengar kata lemang, pasti yang terbayang adalah kuliner khas Melayu. Lemang memang merupakan makanan khas Melayu, tapi lemang tapai adalah makanan khas Bengkulu.

Lemang tapai dibuat dari bahan dasar beras ketan dan santan. Untuk cara membuatnya, beras ketan yang sudah dicuci bersih lalu direndam semalaman. Setelah itu dicampur dengan santan dan dimasak dengan cara dibakar dalam seruas bambu hingga matang.

Nantinya lemang tapai akan disajikan bersama dengan tapai ketan. Selain tape ketan, biasanya juga ada durian yang mendampingi sajian makanan khas Bengkulu ini.

Baca Juga: 9 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan, Ampuh Mengobati Bisul!

5. Lempuk Durian

Lempuk Durian

Foto: daihatsu.co.id

Berbicara tentang durian, ternyata masyarakat Bengkulu punya olahan kuliner dari durian, yakni lempuk durian yang dibuat dari bahan dasar buah durian dengan tambahan tepung gandum serta gula.

Semua bahan dicampur hingga rata lalu diaduk dalam sebuah wajan besar dan dimasak di atas api hingga teksturnya mengental dan matang. Lempuk durian ini teksturnya sangat mirip dengan dodol dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh.

6. Gulai Kemba’ang

Selanjutnya ada gulai kemba’ang yang asalnya dari Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. Gulai kemba’ang adalah makanan khas Bengkulu yang dibuat dari bahan dasar iga sapi yang dimasak dengan aneka rempah.

Gulai kemba’ang memiliki citarasa yang sangat khas dengan aroma rempah yang cukup tajam. Kamu bisa menyantapnya dengan menggunakan nasi putih hangat sebagai makan siang atau makan malam.

Baca Juga: Saluran Air Mampet? Begini Caranya Menggunakan Soda Api

7. Gulai Pisang

Gulai Pisang

Foto: www.tripelaketoba.com

Gulai pisang menjadi salah satu makanan khas Bengkulu yang terbilang unik karena biasanya gulai dibuat dari bahan dasar protein hewani atau nabati, bukan dari buah-buahan.

Gulai memang biasanya dibuat dari bahan dasar ayam, ikan, daging, telur, tempe, hingga tahu. Gulai pisang dibuat dari bahan dasar pisang lalu dimasak dengan bumbu gulai.

Jenis pisang yang digunakan adalah pisang yang teksturnya padat seperti pisang kepok, raja, hingga tanduk.

8. Lontong Tunjang

Lontong menjadi kuliner khas Indonesia yang rasanya bisa dijumpai hampir di setiap daerah. Tapi tentu saja, lontong di masing-masing daerah ini disajikan dengan cara yang berbeda-beda sehingga citarasanya juga tak sama.

Di Bengkulu ada lontong tunjang yang merupakan perpaduan dari lontong dengan siraman sayur khas Bengkulu. Sayur ini dibuat dari bahan dasar nangka muda, buncis, dan pastinya irisan tunjang yang disertai dengan kikil.

Lontong tunjang bisa dijumpai di Bengkulu pada saat pagi hari karena makanan khas Bengkulu ini banyak didagangkan di pagi hari.

Baca Juga: 5 Resep Risol Mayo Simpel dan Anti Gagal

9. Kue Bay Tat

Kue Bay Tat

Foto: correcto.id

Kue bay tat adalah salah satu makanan khas Bengkulu yang dibuat dari bahan utama telur ayam, tepung gandum, gula pasir, dan mentega yang diaduk menjadi satu llau dimasukkan ke dalam wadah dan dipanggang hingga matang.

Setelah matang, nantinya kue ini akan diolesi dengan perpaduan selai nanas dan keju sehingga nanti saat disantap akan ada rasa manis, gurih, dan sedikit asam.

Nama kue bay tat diambil nama ‘bay’ yang artinya adalah induk dan ‘tat’ yang artinya tart. Jadi bisa dikatakan kalau kue bay tat adalah kue tart induk.

10. Lema

Lema adalah makanan khas Bengkulu yang sekilas mirip sekali dengan tempoyak. Hal ini dikarenakan lema dibuat dengan cara yang mirip dengan cara pembuatan tempoyak.

Lema dan tempoyak dibuat dengan cara difermentasikan. Tapi perbedaannya adalah bahan utama yang digunakan. Lema menggunakan bahan dasar rebung yang dikombinasikan dengan ikan mujair.

Jadi proses pembuatannya adalah dengan mencampur semua bahan-bahan, yakni rebung dan ikan mujair lalu dibungkus dengan daun pisang dan ditutup rapat lalu didiamkan selama beberapa hari.

Aroma dari lema memang cukup menyengat. Hanya saja citarasa yang disajikan ini benar-benar sangat lezat sehingga membuat siapa saja ketagihan. Selain lezat, lema juga banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah bisa melancarkan sistem pencernaan.

Baca Juga: Simak Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Catat Ya!

11. Kue Perut Punai

Kue Perut Punai

Foto: www.bengkulutoday.com

Makanan khas Bengkulu yang satu ini merupakan salah satu jajanan tradisional yang bisa dengan mudah dijumpai di pasar tradisional atau toko kue di Bengkulu.

Kue perut punai adalah kue yang dibuat dari bahan dasar tepung beras, telur, keju parut, gula, garam, dan sedikit air. Dinamakan perut punai karena tampilan bentuknya ini mirip dengan isi perut usus burung punai.

Untuk membuatnya, semua adonan yang telah dicampur rata kemudian dibentuk seperti lingkaran lalu digoreng hingga matang. Setelah itu, barulah dibalur dengan lelehan gula aren.

Tekstur dari perut punai ini legit dan kenyal dengan campuran rasa manis di dalamnya.

12. Kue Lepek Biniti

Kue Lepek Biniti

Foto: www.gotravelly.com

Kue lepek biniti menjadi salah satu makanan khas Bengkulu yang memiliki citarasa manis sehingga masuk dalam jajaran jajanan tradisional khas Bengkulu.

Makanan khas Bengkulu ini dibuat dari bahan dasar tepung ketan yang dicampur dengan santan, garam, daun salam, dan lengkuas lalu diisi dengan daging giling yang sudah dibumbui dengan rempah-rempah.

Lalu kue lepek biniti dibungkus dengan daun pisang muda dan diikat kemudian dikukus hingga matang. Kue lepek biniti memiliki citarasa yang asin, dan gurih dengan tekstur yang kenyal dan legit.

Baca Juga: Manis dan Alami, Simak 9 Manfaat Gula Aren yang Tak Disangka!

13. Manisan Terong

Manisan terong merupakan makanan khas Bengkulu yang sulit dijumpai di daerah lain. Manisan terong khas Bengkulu ini sangat terkenal akan keunikannya.

Hal ini dikarenakan, terong yang termasuk jenis sayuran sangat jarang dijadikan sebagai manisan karena biasanya olahan manisan dibuat dari bahan dasar buah-buahan.

Manisan terong dibuat dari bahan dasar terong ungu yang dibuat dengan cara memasak terong dengan gula yang didihkan dalam air. Lalu setelah kadar airnya menyusut, terong akan dikeringkan dengan cara dijemur selama berhari-hari hingga teksturnya mengeras.

14. Bubur Sekoi

Bubur Jewawut

Foto: cookpad.com/saras009

Masing-masing daerah di Indonesia pasti punya bubur khasnya tersendiri. Salah satunya adalah bubur sekoi yang asalnya dari Bengkulu.

Makanan khas Bengkulu ini merupakan jenis bubur manis karena dibuat dari bahan dasar biji sekoi atau jewawut yang dimasak dengan santan, jahe, daun pandan, gula pasir, dan gula merah.

Semua bahan dimasak hingga menjadi adonan bubur yang matang. Bubur sekoi bisa disajikan begitu saja atau diberi siraman santan kental di atasnya.

Bubur sekoi bisa dinikmati sebagai menu sarapan atau sebagai santapan camilan di sore hari.

Baca Juga: Bukan Hanya Mie, Berikut 16 Makanan Khas Aceh yang Harus Moms Coba

15. Bubur Dawet

Masih dengan kuliner bubur khas Bengkulu, ada bubur dawet yang bisa kita nikmati. Meski di Jawa, nama dawet sangat lekat dengan kuliner es atau minuman yang menyegarkan, tapi tidak di Bengkulu.

Bubur dawet merupakan bubur yang dibuat dari bahan dasar tepung hungkwe yang dimasak hingga matang lalu dicetak. Setelah itu barulah disajikan dengan siraman santan kental serta gula merah cair. Rasanya sudah pasti manis legit dan cocok untuk dijadikan sebagai makanan pencuci mulut.

16. Teh Sle

Kita lanjut ke teh sle yang sebenarnya bukan termasuk dalam makanan khas Bengkulu, melainkan minuman khas Bengkulu.

Teh sle dibuat dari bahan dasar rempah-rempah seperti kayu manis, jahe, dan kulit jeruk purut. Sebagai pemanisnya, ada gula merah dan gula pasir yang juga diberikan di dalamnya.

Beberapa teh sle ada yang menggunakan campuran nanas di dalamnya sehingga ada sedikit rasa asam dan segarnya.

Teh sle dipercaya sangat bagus dikonsumsi untuk kesehatan karena selain bisa menghangatkan tubuh juga bisa menangkal beberapa jenis penyakit seperti masuk angin.

Baca Juga: 7 Resep Bumbu Pecel Asal Jatim, Mudah Dibuat untuk Disimpan di Rumah

17. Kopi Bengkulu

Kopi Bengkulu

Foto: Kaboompics .com

Terakhir ada kopi Bengkulu yang tak kalah populernya dari teh sle. Kopi Bengkulu ini punya ciri khas rasa dan aroma yang berbeda.

Saat kita meminumnya, akan ada aroma dan rasa buah seperti lemon dengan perpaduan cokelat dan herbal yang khas. Kebanyakan kopi Bengkulu dibudidayakan oleh masyarakat setempat secara organik sehingga lebih sehat.

Itulah beberapa makanan khas Bengkulu dengan citarasa yang tradisional banget. Dari tujuh belasnya, Moms sudah pernah mencoba makanan khas Bengkulu yang mana saja?

  • https://id.wikipedia.org/wiki
  • https://www.tripelaketoba.com/uniknya-gulai-pisang-khas-bengkulu/
  • https://www.bengkulutoday.com/mengenal-perut-punai-oleh-oleh-khas-bengkulu
  • https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/17-makanan-khas-bengkulu-dengan-cita-rasa-yang-otentik/
  • https://www.tokopedia.com/blog/travel-makanan-tradisional-khas-bengkulu/
  • https://www.gotravelly.com/blog/makanan-khas-bengkulu/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait