04 Juli 2023

10 Makanan untuk Mencegah Baby Blues, Bikin Mood Membaik!

Telur, pisang, dan susu, bisa bantu Moms mencegah baby blues, lho!

4. Cokelat Hitam

Selanjutnya ada makanan untuk mencegah baby blues favorit banyak orang, yaitu cokelat hitam atau dark chocolate.

Memanjakan diri dengan mengonsumsi sedikit cokelat hitam rupanya benar-benar dapat memberi keajaiban bagi kesehatan dan suasana hati bagi Moms yang mengalami baby blues.

Cokelat hitam dapat merangsang produksi endorfin, zat kimia di otak yang memicu rasa senang dan bahagia.

Cokelat juga merupakan sumber makanan tryptophan, prekursor asam amino untuk serotonin yang dapat bertindak sebagai antidepresan.

Namun, perlu diingat bahwa cokelat susu bukan pilihan yang tepat karena kandungan gulanya yang tinggi.

Jadi pilihlah cokelat hitam guna memperoleh manfaat yang diberikan camilan lezat ini.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Depression & Anxiety , dijelaskan bahwa seseorang yang mengonsumsi cokelat hitam, memiliki risiko lebih rendah mengalami depresi.

Baca Juga: Ketahui Mengenai Kehamilan Geriatri, Kehamilan di Usia Lanjut

5. Kacang-Kacangan

Kacang-Kacangan
Foto: Kacang-Kacangan (Hindustantimes.com)

Kacang-kacangan seperti kacang brazil, kacang kenari, dan kacang mete dikenal sebagai makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk tubuh termasuk Moms yang mengalami baby blues.

Makanan untuk mencegah baby blues ini kaya akan antioksidan, serat, protein, vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh.

Kacang brazil adalah salah satu makanan terkaya dalam mineral selenium yang bertanggung jawab untuk menjaga suasana hati dan mencegah depresi.

Penelitian bahkan telah menemukan bahwa orang yang kekurangan mineral ini memiliki kecenderungan lebih mudah marah dan bermusuhan bahkan lebih cenderung sering merasa cemas.

Selain itu, kacang lainnya seperti kacang kenari juga merupakan alternatif makanan mengandung omega-3 yang bagus untuk Moms yang tidak mengonsumsi ikan.

6. Air Putih

Kondisi dehidrasi dapat memperburuk gejala baby blues.

Rasa lelah dan kecemasan sebenarnya merupakan gejala dehidrasi ringan.

Untuk itu, Moms sebaiknya memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan cukup minum air sebanyak 9, hingga 13 gelas pada ibu yang sedang menyusui.

Selain itu, jangan menunggu rasa haus datang baru minum air putih.

Rutinlah minum air dengan menentukan jadwal waktu minum setiap harinya.

Baca Juga: 9 Manfaat Buah Anggur untuk Ibu Hamil dan Bahayanya

7. Pisang

Pisang
Foto: Pisang

Makanan untuk mencegah baby blues selanjutnya adalah pisang.

Pisang kaya akan kandungan potasium dan magnesium yang bersama-sama memiliki manfaat dalam meningkatkan suasana hati.

Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Neuropharmacology , yang menemukan bahwa kekurangan kadar magnesium dalam tubuh dapat meningkatkan gejala depresi dan kecemasan.

Makanan untuk mencegah baby blues ini juga kaya kandungan vitamin B6, yang bermanfaat membantu sistem saraf dapat berfungsi dengan baik. Dengan begitu, dapat mengurangi stres dan kelelahan.

Hal tersebut tentu baik dalam mencegah terjadinya rasa gundah yang dialami Moms yang baru melahirkan.

Kandungan kalsium yang terdapat dalam susu tidak hanya baik untuk pemeliharaan kesehatan tulang dan...

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb