3-5 tahun

5 April 2021

7+ Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak, Salah Satunya Bayam!

Makanan untuk meningkatkan daya tubuh anak penting untuk diketahui di masa pandemi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak harus dijaga terlebih di masa pandemi. Ya, pandemi membuat aktivitas terbatas dan akhirnya ruang gerak Si Kecil pun semakin sedikit.

Si Kecil pun mungkin menjadi lebih sering uring-uringan karena tidak bisa bertemu dengan teman-temannya seperti yang biasa dilakukan. Dan ketika ia stres, maka imunitas bisa menurun.

Karenanya makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak pun sangat disarankan untuk diberikan. Selain menjaga daya tahan tubuh, makanan pun bermanfaat untuk membuat pertumbuhan Si Kecil jadi sempurna.

Jika Moms berpikir untuk menambahkan menu buah-buahan ke dalam daftar makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil, tentu hal tersebut adalah ide yang sangat cemerlang.

Karena menurut jurnal yang dipublikasikan oleh Physicians Committee for Responsible Medicine, buah-buahan dan sayuran mempunyai nutrisi tinggi seperti beta karoten, vitamin C, dan vitamin E terbukti ampuh dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Meski demikian, Moms juga perlu memikirkan makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang lain agar kebutuhan gizi seimbang Si Kecil terpenuhi.

Baca Juga: Membeli Sterilizer untuk Botol Susu Bayi, Perhatikan Dulu Hal Ini!

Pentingnya Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Selain agar Si Kecil terhindar dari penyakit, Moms perlu mengetahui mengapa makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sangat dibutuhkan oleh anak dalam kondisi pandemi seperti sekarang.

Dalam acara Morinaga Chil*Go - Peduli Gizi Anak di Masa Pandemi dan JWC, dr. Daeng M Faqih Ketua Umum PB IDI mengatakan bahwa memberikan penjelasan untuk anak kecil di bawah usia 5 sampai 10 tahun sangatlah sulit.

Moms pasti mengalami ketika Si Kecil merasa panas dan tidak nyaman ketika memakai masker dan memutuskan untuk melepasnya sendiri. Ketika tidak memakai masker saat keluar rumah, kondisi kesehatan Si Kecil pastilah jadi terancam.

Tak hanya itu, dr. Daeng pun menjelaskan bahwa komorbid pada anak Indonesia merupakan hal yang spesial.

"Komorbid yang ada pada anak Indonesia sangatlah spesial. Hal ini membuat anak Indonesia lebih rentan (terkena virus covid-19) dan membuat tingkat kematiannya tinggi. Terlebih banyak anak Indonesia yang terkena pneumonia dan DBD," jelas dr. Daeng.

Gangguan diare serta gangguan gizi pun bisa menjadi komorbid pada anak. Jadi, penting bagi Moms untuk memberikan gizi yang cukup dengan menyediakan makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil.

"Daya tahan tubuh anak berkaitan erat dengan pemberian nutrisi harian dan pola pengasuhan keluarga. Tentunya kesehatan keluarga ini juga tidak terlepas dari peran para dokter yang ada dalam memberikan edukasi dan pelayanan kesehatan terhadap keluarga, termasuk untuk anak-anak,” ujar dr. Daeng.

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Pola makan seimbang yang terdiri dari nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan nutrisi mikro (vitamin dan mineral) dikombinasikan dengan pola hidup bersih sehat (PHBS) seperti rajin cuci tangan, menghindari keramaian, memakai masker, tidur cukup, tetap beraktivitas fisik, serta stres rendah, paling efektif membantu tubuh melawan infeksi virus dan penyakit.

Hal ini sama pentingnya untuk orang dewasa maupun anak-anak, apalagi dalam situasi saat ini. Oleh karenanya para orang tua dan anggota keluarga perlu memerhatikan dengan benar-benar pemenuhan nutrisi dan juga aktivitas anak sehari-hari

Lalu apa saja makanan yang perlu disajikan agar imunitas Si Kecil tetap terjaga?

1. Ikan

Ikan adalah salah satu makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil. Ya, bahan makanan yang satu ini terkenal dengan kandungan protein hewani dan omega 3 yang banyak.

Kandungan gizi dari ikan pun sangat tinggi sehingga menjadikannya sebagai salah satu bahan alami yang bisa meningkatkan imunitas Si Kecil.

Adalah hal yang tepat ketika Moms menyediakan ikan sebagai makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil lho!

Agar Si Kecil tidak bosan, Moms bisa mengolah ikan menjadi berbagai jenis masakan. Rasa ikan pun gurih dan umumnya sangat disukai oleh anak.

Ikan yang memiliki gizi tinggi adalah salmon dan tuna. Kedua jenis ikan ini kaya akan omega 3 yang baik untuk kecerdasan Si kecil.

Bukan hanya itu Moms, manfaat omega 3 juga bisa mengurangi peradangan, melindungi paru-paru dari pilek dan infeksi pernapasan serta meningkatkan aliran udara.

Penelitian pun menyebutkan bahwa omega 3 yang terkandung dalam ikan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan tubuh Si Kecil.

Baca Juga: Minyak Ikan untuk Anak, Manfaat, Dosis, Hingga Sumber Terbaiknya

2. Ayam

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Bukan hanya enak untuk disantap, ayam juga termasuk ke dalam makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil, lho Moms!

Ayam sendiri kaya akan protein dan vitamin B-6. Dalam sekitar 3 ons daging ayam terkandung hampir 1/3 dari jumlah harian B-6 yang direkomendasikan untuk asupan orang dewasa.

Tak hanya itu, memasakan kaldu tulang ayam juga bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kaldu ayam mengandung gelatin, kondroitin dan nutrisi lain yang sangat bermanfaat untuk penyembuhan usus serta kekebalan tubuh.

3. Bayam

Untuk sayurannya, Moms bisa memasukan bayak ke dalam daftar makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil.

Bayam adalah salah satu sayuran yang sangat menyehatkan dan bisa meningkatkan imunitas Si Kecil.

Dalam bayam, terkandung vitamin A, vitamin C serta vitamin K yang sangat baik untuk menjaga serta meningkatkan daya tubuh Si kecil.

Tak sampai sana Moms, sayuran hijau ini juga termasuk jenis sayuran yang mengandung antioksidan tinggi. Jadi, bayam sangat bermanfaat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh nih, Moms!

Moms pun bisa mengolah bayam sebagai sup dengan Si Kecil atau menjadikannya tumis bayam dan dicampurkan dengan ikan yang kaya dengan protein dan omega 3.

4. Brokoli

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Jika Si Kecil bosan dengan bayam, Moms bisa menggantinya dengan brokoli sebagai makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil.

Brokoli adalah salah satu sayuran yang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Serat sendiri berfungsi untuk menyehatkan usus dan membuang racun yang berada di dalam tubuh.

Dalam brokoli, terdapat vitamin A dan juga vitamin C yang sangat baik untuk menjaga mata serta daya tahan tubuh Si kecil.

Sama seperti bayam, Moms bisa mengkreasikan brokoli sebagai makanan yang menarik agar Si Kecil tidak bosan. Mencampurnya dengan jamur yang kaya akan gizi pun bisa dijadikan cara agar Si Kecil bisa mengonsumsi makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Jamur

Ya, jamur bisa menjadi salah satu makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil lho, Moms!

Bahan makanan ini memiliki kandungan nutrisi yang baik serta vitamin D yang tinggi. Jadi tentu saja menyantapnya bisa membuat tubuh menjadi sehat.

Jamur pun sangat mudah diolah sehingga Moms tidak perlu khawatir Si Kecil menjadi bosan dengan menu ini. Dengan mencampurkannya dengan sayuran, daging ayam, dijadikan topping ramen, serta langsung menumisnya pun bisa dilakukan.

6. Buah-buahan

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuhpersik

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang sudah dibahas, buah menjadi kudapan sehat yang lezat untuk dimasukan ke dalam daftar makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil.

Berbagai jenis buah diketahui kaya akan antioksidan dan bisa aktif melawan stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Buah yang mengandung banyak vitamin C pun juga sangat baik untuk dikonsumi Si Kecil karena bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Dengan memberikan makanan gizi seimbang pada Si Kecil, tentu saja hal ini menjadi cara terbaik untuk meningkatkan imunitasnya.

7. Yogurt

Yogurt pun bisa dimasukan ke dalam salah satu makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil nih, Moms. Dilansir dari Eat Right, makanan ini memiliki kandungan bakteri yang baik untuk pencernaan atau disebut dengan probiotik.

Dengan rutin mengonsumsi yogurt, imunitas tubuh bisa meningkat dan membantu Si Kecil tak mudah terserang penyakit.

Yogurt juga dipercaya mampu meningkatkan imunitas tubuh anak karena memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan D yang berperan penting menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

Vitamin ini didukung juga dengan lactid acid bacilli yang akan menjaga tubuh terhadap serangan virus berbahaya dan membuat tubuh mampu beradaptasi dengan penyakit lebih cepat.

8. Susu

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Jangan lupakan 4 sehat 5 sempurna ya Moms! Susu mengandung mikronutrien dan juga kaya akan gizi.

Memberikan nutrisi harian memang sangat penting. Terutama mengenai pemilihan bahan hingga cara mengolahnya. Namun untuk nutrisi tambahan, Moms jangan lupa untuk memberikan Si Kecil susu.

Dalam sebuah acara yang sama, dr. Muliaman Mansyur selaku Head of Medical KALBE Nutrisionals memaparkan mengenai makanan sehat dan gizi seimbang.

“Orang tua perlu benar-benar memperhatikan nutrisi harian anak di masa pandemi ini. Selain memberi makanan sehat dan seimbang, orang tua juga perlu memberikan nutrisi tambahan yang tepat karena dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Nutrisi tambahan yang diberikan bisa berupa susu, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Dan semua nutrisi ini diperlukan untuk mendukung saluran pencernaan yang lebih sehat, agar bakteri baik yang ada di dalamnya bisa membentuk daya tahan tubuh yang lebih optimal,” jelasnya.

Susu bisa menjadi alternatif sebagai pelengkap gizi Si Kecil. Ketika Si Kecil dirasa kurang makan namun tetap aktif, Moms bisa menjadikan susu sebagai alternatif snack untuknya.

Nah itu dia Moms 8 makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil! Yuk, berikan Si Kecil makanan dengan gizi seimbang agar imunitasnya selalu terjaga!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait