Scroll untuk melanjutkan membaca

GIZI
25 November 2022

11 Manfaat Bawang Merah untuk Wajah dan Tubuh, Tak Disangka!

Bawang merah ternyata memiliki banyak manfaat untuk wajah
11 Manfaat Bawang Merah untuk Wajah dan Tubuh, Tak Disangka!

Apa saja manfaat bawang merah untuk wajah?

Bawang merah merupakan komoditas yang paling banyak digunakan untuk bahan masakan Indonesia.

Selain rasanya yang enak, ternyata ada manfaat bawang putih untuk wajah lho Moms.

Cara mencoba manfaat bawang merah untuk wajah terbilang cukup mudah lho Moms.

Cincang bawang putih hingga menjadi bagian kecil dan haluskan hingga menjadi bubur. Kemudian aplikasikan pada wajah yang bermasalah.

Jika ingin hasil yang maksimal, Moms disarankan untuk menambah beberapa bahan seperti lemon atau yoghurt agar aroma bawang tidak terlalu tercium.

Baca Juga: 10 Manfaat Kulit Bawang Merah, Bisa Menyuburkan Tanaman!

Manfaat Bawang Merah untuk Wajah dan Kecantikan

Ilustrasi Bawang Merah

Foto: Ilustrasi Bawang Merah (Orami Photo Stock)

Manfaat bawang merah untuk wajah dan kecantikan dapat dirasakan saat Moms mengkonsumsinya langsung atau diubah menjadi olahan seperti masker.

Beberapa penelitian menyebutkan, efek samping bawang merah untuk kesehatan sangat kecil lho. Jadi, Moms dapat mencoba memasukannya sebagai salah satu bahan untuk perawatan wajah dan kecantikan.

1. Melindungi dari Penuaan Dini

Bawang merah kaya akan kandungan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari proses penuaan dini.

Journal of Agricultural and Food Chemistry menyebutkan bahwa ada 25 jenis flavonoid dan 25 anthocyanins yang ada di dalam bawang merah. Antioksidan ini dapat mencegah oksidasi asam lemak, baik di dalam makanan atau sel.

Kandungan quercetin dan anthocyanin dapat mencegah radikal bebas yang mengurangi peradangan dalam tubuh.

Beberapa ahli percaya bahwa quercetin dari bawang merah dapat diserap jauh lebih baik oleh tubuh daripada dari suplemen makanan.

2. Mencegah Infeksi pada Kulit

Manfaat bawang merah untuk wajah lainnya adalah mencegah infeksi pada kulit.

Bawang merah dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memainkan peran penting dalam menghilangkan racun dari aliran darah yang dapat membanti proses detoksifikasi pada tubuh termasuk kulit pada wajah.

Bawang merah juga kaya akan belerang organik, yang merupakan senyawa lain yang dibutuhkan oleh hati untuk melakukan detoksifikasi fase 2.

Bahan organosulfur seperti bawang merah juga membantu detoksifikasi karsinogen, sesuai penelitian yang diterbitkan dalam Environmental Health Perspective. Selain itu, sulfur juga sangat ampuh dalam mengatasi jerawat.

Baca Juga: Benarkah Bawang Putih Bisa Membantu Cepat Hamil?

3. Membuat Wajah Tetap Awet Muda

Sulfur dalam bawang merah membantu meremajakan kulit, sehingga wajah terlihat lebih muda dibandingkan usia sebenarnya.

Untuk mendapatkan manfaat bawang merah untuk wajah ini cukup mudah lho Moms. Rendam bawang merah yang sudah dikupas ke dalam air panas.

Kemudian basuhkan bekas air rendaman tersebut ke wajah. Lakukan hal ini setiap hari dan lihatlah efeknya pada kulit Moms.

4. Mencegah Infeksi

Manfaat bawang merah untuk wajah lainnya adalah mencegah terjadinya infeksi pada kulit wajah. Moms dapat menggunakan bawang merah untuk menyembuhkan wajah yang terkena sengatan serangga.

Untuk mendapatkan mendapatkan manfaat tersebut, Moms cukup gosok daerah yang terkena sengatan dengan ekstrak bawang merah. Hal ini akan membantu menenangkan rasa sakit.

Bawang merah dapat diolah dengan cara ditumbuk atau dipotong kemudian dioleskan pada sengatan nyamuk, lebah atau tawon.

Moms juga dapat menggunakan bawang merah untuk jerawat, tapal pada kulit. Hal ini dapat memberikan efek tenang pada kulit yang terkena infeksi.

Baca Juga: Ingin Tahu Cara Menanam Bawang Merah Sendiri? Berikut Langkahnya Moms!

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

Bawang Merah

Foto: Bawang Merah (Orami Photo Stock)

Selain untuk wajah dan kecantikan, bawang merah memiliki banyak manfaat juga untuk kesehatan tubuh lho Moms.

5. Meningkatkan Sirkulasi dan Metabolisme

Kandungan mineral dalam bawang merah diketahui lebih tinggi daripada jenis bawang lainnya. Nutrisi tersebut termasuk zat besi, tembaga, dan kalium.

Zat besi dan tembaga dapat membantu meningkatkan sirkulasi dalam tubuh dengan merangsang produksi sel darah merah.

Dengan lebih banyak sel darah merah dalam aliran darah, sirkulasi darah meningkat, membawa lebih banyak oksigen ke area penting tubuh sekaligus meningkatkan energi, vitalitas, pertumbuhan kembali sel, penyembuhan, dan metabolisme.

6. Menurunkan Kolesterol dan Meningkatkan Kesehatan Jantung

Allicin, senyawa yang terbentuk ketika bawang merah diiris dan dipotong dadu, telah dikaitkan secara langsung dengan pengaturan kadar kolesterol dalam tubuh.

Kandungan ini dapat menghambat enzim reduktase yang diproduksi di hati, yang merupakan enzim yang mengontrol produksi kolesterol. Saat kadar kolesterol dalam tubuh menurun kesehatan jantung akan meningkat.

Selain itu, Moms juga akan terhindar dari risiko penyakit jantung, termasuk aterosklerosis, penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke.

7. Mengontrol Gula Darah

Dua senyawa fitokimia yang ditemukan dalam bawang merah, allium, dan allyl disulfide, memiliki sifat anti-diabetes. Senyawa ini dapat membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Kandungan ini dapar sangat membantu bagi penderita diabetes yang perlu menjaga kadar gula darah Moms tetap terkendali.

Karena nilai gizinya, bawang merah memiliki efek hipoglikemik yang dapat membantu dalam pengelolaan orang-orang dari semua kelompok umur dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Baca Juga: Ini Cara Menurunkan Panas Anak dengan Bawang Merah, Catat!

8. Meningkatkan Kesehatan Otak

Berbagai mineral dan vitamin yang ditemukan dalam bawang merah, termasuk piridoksin, dapat membantu merangsang pelepasan GABA atau neurotransmitter yang memblokir impuls antara sel-sel saraf di otak

Hal ini sangat penting untuk menjaga tingkat stres rendah dan menjaga hormon dalam tubuh pada tingkat yang tepat.

Jika Moms ingin mengurangi stres atau menenangkan pikiran, bawang merah dapat memberi dorongan GABA dengan cepat.

Asam folat juga ditemukan dalam jumlah yang signifikan dalam bawang merah, yang merupakan vitamin B esensial yang dapat membantu dengan bantuan mental dan emosional dengan mengatur reaksi hormonal dan enzimatik di otak.

9. Menjaga Kesehatan Rambut

Sulfur dalam bawang merah dianggap sehat untuk rambut. Hal ini dikarenakan membantu produksi jaringan kolagen yang mendukung pertumbuhan rambut.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Moms cukup oleskan ekstrak bawang merah ke kulit kepala dan biarkan selama 15 menit. Moms dapat membilasnya dengan sampo ringan setelah ini.

Bawang merah juga dapat membantu mengobati kerontokan rambut dan bahkan mungkin menyembuhkan kebotakan sampai batas tertentu.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Moms hanya perlu sedikit merica bubuk, beberapa bawang merah, dan sedikit garam.

Giling semua untuk mendapatkan pasta yang halus. Oleskan ke daerah yang terkena empat sampai lima kali seminggu. Moms dapat mencuci setelah 15 menit setelah penggunaan.

Baca Juga: 9 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

10. Meningkatkan Kesehatan Perut

Kandungan serat pada bawang merah dipercaya dapat meningkatkan kesehatan perut.

Bawang merah adalah sumber serat makanan yang baik, yang membuat Moms kenyang setelah makan dan melunakkan tinja untuk mencegah sembelit.

Bawang merah juga membantu membunuh cacing usus, dan ini dapat dikaitkan dengan sifat antimikroba mereka. Moms cukup menghancurkan beberapa bawang merah untuk membuat jus dan meminumnya di pagi hari.

11. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Satu studi pada wanita pra dan pascamenopause yang dipublikasikan dalam jurnal Menopause menunjukkan bahwa konsumsi bawang merah dan bawang bombay meningkatkan kepadatan tulang pada orang-orang ini.

Mereka yang mengonsumsi bawang merah atau bawang bombay sekali sehari atau lebih memiliki kepadatan tulang 5% lebih besar daripada mereka yang tidak.

Meskipun membutuhkan lebih banyak penelitian untuk membentuk dasar yang konkret, ada penelitian yang menyatakan bahwa wanita yang lebih tua yang mengonsumsi bawang merah atau bawang bombay secara teratur dapat mengurangi risiko patah tulang pinggul sebanyak 20%.

Bawang merah juga dapat membantu mencegah osteoporosis dan meningkatkan kesehatan gigi.

Demikian penjelasan mengenai manfaat bawang merah untuk wajah dan juga tubuh. Semoga artikelnya bermanfaat ya Moms.

  • https://www.nature-and-garden.com/health/shallot-health-benefits.html
  • https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-shallots-for-skin-hair-and-health/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19240657/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1240438/
  • https://www.organicfacts.net/health-benefits/vegetable/shallots.html
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17997520/