Kesehatan

19 Oktober 2021

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Buah Pepaya? Cari Tahu Jawabannya Berikut Ini!

Karena buah memiliki rasa manis alami, wajar jika pengidap diabetes ragu mengonsumsinya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Bolehkah penderita diabetes makan buah pepaya?

Saat didiagnosis mengalami diabetes, Moms pasti jadi bingung karena berarti ke depannya Moms harus pintar-pintar mengatur pola makan.

Moms kemudian bertanya-tanya, apakah ke depannya masih boleh mengonsumsi makanan kesukaan seperti buah dan jus, dan bolehkah penderita diabetes makan buah pepaya?

Diabetes adalah suatu kondisi di mana tubuh tidak menghasilkan cukup (atau satu) insulin, atau tidak menggunakan insulin sebagaimana mestinya.

Insulin adalah hormon yang membantu glukosa, atau gula, memasuki sel tubuh. Jika tubuh tidak membuat atau menggunakan insulin dengan benar, gula dapat menumpuk di dalam darah.

Beberapa orang perlu minum obat untuk mengontrol gula darah mereka, namun yang lain mengelola gula darah tinggi dengan olahraga dan pola makan yang sehat.

Meskipun buah pada umumnya merupakan bagian dari makanan sehat, beberapa buah lebih tinggi gula alami, jadi makan terlalu banyak tidak baik untuk gula darah.

Untuk mengetahui jawaban tentang bolehkah penderita diabetes makan buah pepaya, maka Moms perlu menyimak ulasannya berikut!

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Pepaya yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah, Catat Ya!

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Buah Pepaya Setiap Hari?

bolehkah penderita diabetes makan buah pepaya

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms penasaran, bolehkah penderita diabetes makan buah pepaya setiap hari, maka jawabannya boleh asal tetap mengonsumsinya secukupnya saja.

Buah pepaya tergolong aman untuk dikonsumsi pengidap diabetes.

Buah-buahan secara alami memang memiliki cita rasa manis, dan karena mengonsumsi gula memengaruhi kadar gula darah, beberapa orang mungkin berpikir bahwa buah-buahan itu terlarang.

Namun, buah sebenarnya adalah bagian dari pola makan yang sehat, dan tidak apa-apa untuk dimakan dalam jumlah sedang.

Mengutip U.S. Department of Agriculture, satu cangkir pepaya segar mengandung sekitar 11 gram gula. Yang terbaik bagi penderita diabetes adalah membatasi asupan gula tambahan untuk membantu mengelola berat badan dan menjaga gula darah dalam kisaran target.

The American Heart Association merekomendasikan agar semua orang membatasi jumlah gula tambahan yang mereka konsumsi tidak lebih dari setengah dari kalori harian harian mereka, atau defisit kalori sisa mereka setelah mengonsumsi makanan padat nutrisi.

Bagi kebanyakan wanita itu berarti tidak lebih dari 100 kalori per hari, yaitu sekitar 6 sendok makan gula. Untuk pria, itu sekitar 150 kalori sehari, atau sekitar 9 sendok teh gula.

Tak hanya itu saja, saat Moms masih bertanya bolehkah penderita diabetes makan buah pepaya, Moms mungkin kaget karena ternyata pepaya juga memiliki angka indeks glikemik yang aman.

Indeks glikemik ini adalah nilai yang diberikan untuk makanan berbeda yang menunjukkan seberapa cepat makanan tertentu meningkatkan gula darah.

Informasi mengenai indeks glikemik dapat bermanfaat bagi penderita diabetes yang berusaha menjaga gula darah mereka dalam kisaran target.

Pepaya mendapat skor 60 pada indeks glikemik (GI), jadi tidak menaikkan gula darah terlalu cepat.

Makanan dengan GI rendah memiliki skor antara 20 hingga 49, makanan GI sedang 50 hingga 69, dan makanan GI tinggi 70 hingga 100.

Baca Juga: Makan Pepaya untuk Ibu Hamil Berbahaya, Benarkah?

Manfaat Potensial Buah Pepaya

manfaat buah pepaya

Foto: Orami Photo Stock

Pepaya bukan hanya pilihan yang baik untuk penderita diabetes karena GI-nya sedang, tetapi makan pepaya juga bisa menurunkan gula darah. Menurut laporan dari Journal of Nutrition and Metabolism, pepaya mungkin memiliki efek hipoglikemik pada tubuh.

Buah ini mengandung flavonoid, yang merupakan antioksidan alami yang dapat membantu mengatur gula darah. Jadi jika Moms bertanya bolehkah penderita diabetes makan buah pepaya, maka jawabannya, konsumsi saja buah ini secukupnya setiap hari.

Menurut USDA, satu buah pepaya segar berukuran kecil memiliki sekitar 67 kalori. Nilai gizi lainnya meliputi:

  • 2,67 gr serat makanan, 10 persen dari kebutuhan harian.
  • 286 miligram (mg) kalium, 6,08 persen dari kebutuhan harian.
  • 95,6 mg vitamin C, 106,2 persen dari kebutuhan harian.
  • 33 mg magnesium, 8 persen dari kebutuhan harian.
  • 31 mg kalsium, 3,1 persen dari kebutuhan harian.

Baca Juga: 3 Manfaat Buah Pepaya untuk Balita

Alternatif Selain Buah Pepaya

bolehkah penderita diabetes makan buah pepaya

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun pepaya memiliki indeks glikemik sedang, Moms mungkin juga ingin tahu buah dengan indeks glikemik yang lebih rendah. Jika demikian, beberapa buah berikut ini termasuk dalam kisaran yang lebih rendah:

  • Apel
  • Aprikot
  • Bluberi
  • Cranberry
  • Jeruk bali
  • Plum
  • Jeruk keprok
  • Blackberry
  • Buah pir
  • Stroberi
  • Raspberi

Namun meski saat bertanya bolehkah penderita diabetes makan buah pepaya dan jawabannya boleh, Moms tetap harus ingat bahwa moderasi adalah kuncinya.

Usahakan makan hanya satu atau dua buah buah per hari. Sejauh ini, buah-buahan tinggi indeks glikemik yang perlu diwaspadai antara lain:

Baca Juga: 5 Langkah Sederhana untuk Menjalani Gaya Hidup Sehat

Tips Makan Makanan Sehat untuk Cegah Diabetes

tips makanan sehat diabetes

Foto: Orami Photo Stock

Moms sudah tahu jawaban dari pertanyaan "bolehkah penderita diabetes makan buah pepaya".

Pola makan yang sehat membantu mengendalikan gula darah, yang juga dapat mengurangi risiko komplikasi diabetes. Ini termasuk penyakit kardiovaskular, kerusakan saraf, dan kerusakan ginjal.

Diet diabetes terdiri dari rencana makan yang seimbang dan sehat. Namun, pola makan yang sehat tidak hanya bermanfaat bagi penderita diabetes. Semua orang mendapat manfaat, termasuk mereka yang menderita pradiabetes.

Makanan yang direkomendasikan untuk diet sehat termasuk karbohidrat seperti:

  • Buah-buahan.
  • Sayuran.
  • Biji-bijian.
  • Kacang-kacangan.
  • Produk susu rendah lemak.

Karena banyak karbohidrat sehat yang kaya serat, makan makanan ini juga membantu menurunkan gula darah.

Meskipun pepaya dan buah-buahan lainnya dapat dimasukkan ke dalam makanan yang sehat, perhatikan bagaimana skor buah-buahan tertentu pada indeks glikemik sebelum dikonsumsi.

Jika memungkinkan, pilih yang memiliki skor rendah atau sedang untuk menghindari lonjakan gula darah.

Sementara itu, pola makan yang sehat juga terdiri dari protein tanpa lemak, seperti:

Selain itu, Moms juga bisa mengonsumsi lemak sehat seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan.

Makanan yang harus dihindari termasuk produk yang mengandung lemak trans seperti camilan olahan dan margarin batang. Penting juga untuk membatasi asupan natrium tidak lebih dari 2.300 mg per hari.

Tips lain untuk makan sehat termasuk makan makanan kecil sepanjang hari, bukan tiga kali makan besar. Moms juga dapat menggunakan piring yang lebih kecil untuk membantu mengatur seberapa banyak Moms makan.

Itu dia Moms, penjelasan mengenai "bolehkah penderita diabetes makan buah pepaya". Semoga membantu ya!

  • https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/sugar/added-sugars
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/worst-fruits-for-diabetics#fruits-to-avoid
  • https://www.healthline.com/health/diabetes/is-papaya-good-for-diabetes#healthful-eating
  • https://nutritionandmetabolism.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12986-015-0057-7
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait