Kesehatan Umum

3 Mei 2021

17+ Manfaat Bayam untuk Kesehatan, Baik untuk Mata!

Ingin tahu apa saja manfaat bayam? Simak ulasan berikut ini, ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Menjadi sayuran kaya nutrisi, manfaat bayam untuk kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Sayuran satu ini juga mudah didapatkan dan tidak asing di telinga banyak orang.

Apakah Moms masih ingat dengan kartun Popeye yang gemar memakan bayam dan membuatnya menjadi kuat? Ya, mengonsumsi bayam bisa meningkatkan energi karena mengandung banyak gizi.

Bayam adalah salah satu sayuran yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain murah, bayam juga sangat mudah ditemui di pasaran.

Jenis sayuran yang kaya gizi ini dapat diolah menjadi masakan-masakan yang lezat. Mulai dari sup, tumis bayam, campuran omelet, hingga smoothies dan jus.

Menyantap bayam secara teratur dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari meningkatkan kesehatan mata, mengurangi stres, mencegah kanker, hingga menurunkan tekanan darah.

Nutrisi yang terkandung dalam bayam ialah kalori, air, protein, karbohidrat, gula, serat, lemak, vitamin A, vitamin C, vitamin K1, asam folat, zat besi, dan kalsium.

Warna hijau pada daun bayam menunjukkan bahwa sayuran tersebut mengandung banyak klorofil dan karotenoid yang ampuh untuk melawan berbagai penyakit dan menjaga daya tahan tubuh.

Dengan berbagai kandungan gizinya, sudah tentu banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi bayam.

Manfaat Bayam untuk Kesehatan Tubuh

Apa saja manfaat bayam untuk kesehatan tubuh? Berikut ulasannya.

1. Mengurangi Stres Oksidatif

manfaat bayam untuk mengurangi stres oksidatif

Foto: pixabay.com

Radikal bebas merupakan produk yang dihasilkan dari metabolisme tubuh.

Menurut jurnal berjudul What is oxidative stress? Jika tidak segera dicegah, maka radikal bebas akan menyebabkan stres oksidatif yang memicu penuaan dini dan meningkatkan risiko kanker hingga diabetes.

Tapi Moms tak perlu khawatir, salah manfaat bayam adalah mengurangi stres oksidatif.

Kandungan antioksidan dalam bayam dapat melawan stres dan membantu mengurangi efek samping yang ditimbulkan dari radikal bebas.

Dalam sebuah studi yang melibatkan 8 orang menemukan bahwa bayam mampu mencegah kerusakan oksidatif. Penelitian tersebut didukung dengan percobaan pada hewan maupun manusia.

2. Kesehatan Mata

Ini dia manfaat bayam yang sudah banyak diketahui. Bayam kaya akan zeaxanthin dan lutein, yang merupakan karotenoid yang bertanggung jawab atas warna-warna pada beberapa sayuran.

Sementara itu, mata manusia juga mengandung pigmen ini dalam jumlah tinggi, yang melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari.

Dalam sebuah penelitian, terbukti bahwa zeaxanthin dan lutein serta vitamin A, C, dan E, bekerja untuk mencegah degenerasi makula dan katarak, yang merupakan penyebab utama kebutaan.

Baca Juga: Waspada, Ketahui 5 Tanda-Tanda Awal Mata Katarak

3. Menghambat Pertumbuhan Kanker

Bayam mengandung dua komponen penting yakni, MGDG dan SQDG, yang dapat memperlambat pertumbuhan kanker.

Dalam sebuah penelitian berjudul Spinach and Health: Anticancer Effect, senyawa ini membantu memperlambat pertumbuhan tumor di serviks seseorang.

Mereka juga mengurangi ukuran tumor, senyawa ini membantu memperlambat pertumbuhan tumor serviks pada seseorang. Dua senyawa tersebut juga berperan dalam mengurangi ukuran tumor menjadi lebih kecil.

Pada sejumlah penelitian lain yang melibatkan manusia, diketahui bahwa konsumsi bayam yang cukup dapat menurunkan risiko kanker prostat. Selain itu, tumbuhan berklorofil ini juga ampuh untuk mencegah kanker payudara.

Demikian pula dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan mencatat bahwa bayam dapat menekan sel pembentukan kanker. Selain itu, bayam juga mengandung antioksidan yang tinggi dan ampuh untuk melawan kanker.

4. Menurunkan Tekanan Darah

manfaat bayam untuk tekanan darah

Foto: pixabay.com

Manfaat bayam berikutnya adalah membantu menstabilkan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung. Khasiat ini didapatkan karena bayam mengandung nitrat dalam jumlah tinggi.

Manfaat bayam juga mampu meningkatkan kesehatan jantung. Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Sifat antioksidannya membantu mencegah kolesterol naik dan menurunkan tekanan darah.

Studi yang dilakukan oleh Clinical Nutrition Research terhadap 27 orang menemukan bahwa makan bayam mampu menurunkan tekanan darah secara efektif. Nah, penelitian lainnya juga menemukan bahwa makan bayam mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Masih berhubungan dengan menjaga kesehatan jantung, manfaat bayam juga mampu menjaga kesehatan pembuluh darah. Dikutip dari Free Radical Biology and Medicine, dilakukan pengujian terhadap ekstrak bayam yang mengandung nitrat oksida.

Dari hasil pengujian tersebut, manfaat bayam bekerja secara efektif pada kinerja tubuh setelah olahraga, kesehatan pembuluh darah, dan kelancaran aliran darah. Efek ini terlihat dapat memperbaiki kelenturan darah, membantu memperlancar aliran darah, menjaga kesehatan jantung, dan membantu menurunkan tekanan darah meski dalam jumlah sedikit.

Baca Juga: Ketahui 6 Manfaat Donor Darah, Tingkatkan Kesehatan Jantung hingga Hindari Kanker

5. Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin K membuat manfaat bayam sangat terasa pada kesehatan tulang.

Sebab, vitamin K berfungsi untuk mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan menekan jumlah kalsium yang terbuang dari tubuh.

Hal tersebut menjadikan vitamin K ampuh untuk mengurangi risiko patah tulang. Mengenai manfaat bayam untuk kesehatan tulang, sayuran ini juga mampu mencegah terjadinya osteoporosis, lho!

Dikutip dari National Osteoporosis Foundation, mengonsumsi bayam direkomendasikan.

Selain mengandung vitamin K, bayam juga kaya magnesium yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin K harian sekaligus untuk pembentukan dan menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat.

6. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi pada bayam sangat penting untuk pembentukan sel darah merah.

Sebab, tanpa adanya zat besi yang cukup, maka tubuh tidak dapat menghasilkan hemoglobin atau protein dalam darah yang bertugas menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Dengan memakan bayam sebanyak 1 cangkir setiap harinya maka Moms sudah memenuhi 36 persen kebutuhan zat besi harian.

Jika kebutuhan zat besi harian selalu terpenuhi maka akan terhindar dari anemia defisiensi zat besi.

7. Kesehatan Kulit dan Rambut

Selain bagi kesehatan, ternyata manfaat bayam juga baik untuk kecantikan lho! Kandungan vitamin A pada bayam berfungsi untuk menyeimbangkan produksi minyak pada pori-pori kulit wajah dan kulit kepala rambut.

Selain itu, kandungan vitamin C dalam bayam juga sangat baik untuk kesehatan kulit karena menjaga kulit tetap awet muda. Manfaat bayam juga membantu menyembuhkan hingga menyamarkan luka pada kulit.

Selain menjaga kesehatan kulit, manfaat bayam juga berguna untuk kesehatan rambut. Vitamin A yang tinggi pada bayam diperlukan untuk produksi sebum agar rambut tetap lembap. Vitamin A baik untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk rambut.

Jadi konsumsi lebih banyak sayuran hijau untuk mengurangi risiko rambut rontok dan terjadinya infeksi pada kulit kepala.

Baca Juga: Mencegah Cacingan, 1 dari 7 Manfaat Bayam untuk Balita

8. Mencegah Asma

manfaat bayam untuk asma

Foto: pixabay.com

Manfaat bayam yang mungkin masih jarang diketahui adalah mampu mencegah asma. Kandungan beta karoten yang tinggi diketahui mampu mengurangi gejala yang dialami oleh penderita asma.

Tak hanya itu, kandungan magnesium pada bayam juga efektif sebagai pengobatan alternatif dan darurat ketika penyakit asma kambuh.

9. Perkembangan Janin

Saat masa kehamilan, tentunya Moms ingin menjaga kesehatan dengan baik. Nah, ada banyak manfaat bayam yang bisa didapatkan oleh ibu hamil dan janin di dalam kandungannya, lho!

Di antaranya mampu mendukung perkembangan janin, mencegah terjadinya sembelit selama masa kehamilan, baik untuk kesehatan tulang, serta mampu mencegah terjadinya kelahiran prematur.

Manfaat bayam ternyata juga aman dan baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan asam folat menjadi salah satu nutrisi penting selama masa kehamilan. Asam folat bertugas untuk mencegah kerusakan pada tulang belakang dan otak janin sekaligus mencegah bayi lahir cacat.

Jika Moms sedang hamil, pastikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi untuk Si Kecil dalam kandungan dengan mengonsumsi bayam secara teratur ya.

Baca Juga: Mudah Diikuti, Ini Dia Resep Bayam Crispy yang Pas Jadi Camilan Sehat Moms

10. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bayam merupakan salah satu sayuran yang rendah kalori namun tinggi nutrisi, sehingga Moms tidak perlu khawatir berat badan meningkat usai menyantap bayam.

Apabila Moms saat ini tengah menjalani program penurunan berat badan, maka ada baiknya makan sayur bayam secara rutin setiap harinya.

Mengapa demikian? Kalori bayam juga cukup rendah, yakni hanya sekitar 21 kalori per 100 gramnya. Mengenai hal ini, sayur bayam sering dijadikan sebagai menu diet yang lezat dan tentunya bergizi.

Sajikan bayam dengan lauk-pauk sebanyak 50 gram seperti ikan bandeng utuh ukuran sedang, satu sendok makan nasi, dan satu buah apel, pir, atau jeruk agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

11. Baik untuk Penderita Diabetes

Asam alfa-lipoat yang terkandung dalam bayam terbukti ampuh menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin, hingga mencegah oksidasi atau stres pada pasien diabetes.

12. Pencernaan

manfaat bayam untuk pencernaan

Foto: freepik.com

Selain kaya akan gizi dan nutrisi, bayam juga mengandung banyak serat yang baik untuk sistem pencernaan tubuh.

Selain itu, mengonsumsi bayam secara teratur dipercaya dapat mencegah sembelit dan membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat.

Baca Juga: 14 Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil dan Janin

13. Mengurangi Nyeri saat Masa Kehamilan

Rasa nyeri pada bagian pinggang dan punggung akibat perubahan bentuk tubuh dan berat badan karena janin adalah hal yang umum terjadi saat masa kehamilan. Tapi ternyata rasa nyeri tersebut bisa dicegah dengan mengonsumsi bayam.

Hal ini karena bayam mengandung glycolipid yang berfungsi sebagai anti inflamasi sehingga mengurangi rasa nyeri saat masa kehamilan.

14. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang baik adalah hal utama untuk memperoleh tubuh yang sehat. Sebab, jika daya tahan tubuh lemah maka Moms akan mudah diserang penyakit, infeksi, bahkan bakteri.

Kandungan vitamin C pada bayam efektif untuk menangkal infeksi sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghindarkan diri dari penyakit.

Dengan menyantap bayam, Moms akan terhindar dari penyakit flu atau sakit perut yang kerap diderita banyak orang.

Baca Juga: 11 Manfaat Susu Kambing Etawa, Bisa Perkuat Daya Tahan Tubuh!

15. Mengatasi Konstipasi

manfaat bayam untuk atasi konstipasi

Foto: freepik.com

Konstipasi merupakan salah satu masalah yang kerap menyerang ibu hamil.

Namun, konstipasi tidak boleh disepelekan dan harus segera diatasi atau dicegah agar tidak meningkatkan risiko wasir saat hamil.

Nah, rasakan manfaat bayam yang satu ini Moms! Bayam memiliki kandungan tinggi serat yang mudah dicerna sehingga melancarkan pencernaan. Menurut Nutrition Data, dalam satu cangkir bayam mengandung 4,3 gram serat.

16. Membuat Tubuh Lebih Berenergi

Bayam mencukupi kebutuhan magnesium yang bertugas menghasilkan energi setiap hari.

Bayam juga sumber folat yang baik dan membuat tubuh ternutrisi sekaligus mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh saat beraktivitas.

Selain itu, sifat basa pada bayam juga akan mempertahankan energi dalam tubuh sehingga Moms tidak akan cepat lelah dan lemas.

17. Meningkatkan Mood

Vitamin B yang terkandung dalam bayam juga berfungsi untuk meningkatkan mood saat menstruasi maupun masa kehamilan.

Bila Moms kerap merasa tiba-tiba sedih, down, marah, atau tertekan, ada baiknya untuk mulai menambahkan sayur bayam pada lauk pauk Moms sehat.

Baca Juga: Atasi Mood Swing Saat Hamil dengan 4 Cara Berikut

Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan

Mengenal sayur bayam, biasanya Moms langsung mengarahkan pikiran pada bayam hijau. Ternyata, bayam merah juga memiliki manfaat yang tidak kalah baiknya dengan bayam hijau. Ada beragam manfaat bayam merah untuk kesehatan tubuh Moms dan keluarga, yaitu:

18. Baik Menangani Gejala Anemia

Baik Menangani Gejala Anemia.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat bayam merah ternyata mampu menangani gejala anemia. Anemia adalah kondisi ketika jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal.

Anemia menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam sel darah merah, sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah yang diperlukan tubuh.

Ada beberapa gejala anemia yang dapat dirasakan seseorang, yaitu:

  • Sesak napas.
  • Tangan dan kaki mendingin
  • Kulit pucat.
  • Badan lebih mudah lelah.
  • Pusing dan tidak bersemangat.

Wanita adalah kelompok orang yang rentan mengalami anemia, terutama ketika menjelang waktu menstruasi dan saat sedang hamil serta menyusui. Nah, Moms bisa mengonsumsi bayam merah untuk menangani gejala anemia.

Manfaat bayam merah ini bisa didapatkan karena kandungan zat besi yang tinggi sehingga mampu menurunkan risiko anemia alias kurang darah.

Zat besi bermanfaat untuk kelancaran dan kesehatan aliran darah sehingga konsumsi rutin bayam merah dapat meningkatkan kadar hemoglobin dan memurnikan darah. Hal ini akan secara alami melancarkan aliran darah.

Dilansir dari National Institutes of Health, zat besi adalah mineral yang secara alami ada di banyak makanan atau difortifikasi ke beberapa produk makanan.

Mineral ini juga tersedia dalam bentuk suplemen makanan. Besi merupakan komponen penting dari hemoglobin, yakni protein eritrosit (sel darah merah) yang mengantarkan oksigen dari paru-paru ke jaringan.

Baca Juga: Nasi Bayam Kukus untuk Keluarga

19. Baik untuk Kesehatan Ginjal

manfaat bayam merah.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat bayam merah berikutnya, yaitu baik untuk kesehatan ginjal. Manfaat ini bisa Moms dapatkan karena bayam merah memiliki kandungan serat yang tinggi.

Batang daun dari bayam merah juga memiliki lebih banyak manfaat untuk ginjal karena tinggi akan vitamin A, C, K, dan B9 (folat). Selain itu, bayam merah juga mengandung beta-karoten yakni senyawa yang memberikan warna kemerahan pada sayur dan buah.

Beta karoten memiliki banyak fungsi baik bagi tubuh, salah satunya adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan mata dengan baik.

Secara keseluruhan, manfaat bayam merah beragam karena memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh seperti karbohidrat kompleks, serat, air, serta vitamin A, B, C, K, folat, dan mineral seperti kalium, zat besi, kalsium dan magnesium.

20. Baik untuk Penderita Asma

manfaat bayam merah untuk asma.jpg

Foto: freepik.com

Sama seperti manfaat bayam hijau, bayam merah baik dikonsumsi untuk penderita asma. Hal ini karena bayam merah mengandung beta-karoten, yang memiliki kegunaan mengatasi berbagai penyakit kronis.

Nah, manfaat bayam merah memiliki kandungan gizi yang baik serta kandungan beta-karoten tinggi yang dapat membantu mencegah timbulnya asma. Senyawa beta-karoten mampu meningkatkan fungsi sistem pernapasan dan membersihkan sumbatan dalam tabung bronkial.

Selain beta-karoten, manfaat bayam merah lainnya karena mengandung folat, salah satu jenis vitamin yang juga memberikan manfaat tambahan bagi penderita asma.

Studi yang diungkapkan dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology pada tahun 2009 menemukan, orang dengan kadar folat plasma rendah lebih mungkin menderita asma daripada mereka yang memiliki kadar folat tinggi dalam darahnya.

Nah, artinya semakin tinggi kadar folat, maka akan semakin besar manfaatnya. Bayam juga menjadi sumber nutrisi anti-asma yang baik, termasuk magnesium, vitamin C, vitamin E dan vitamin B6.

Baca Juga: 7 Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil, Wajib Tahu!

Itulah segudang manfaat bayam bagi kesehatan. Meskipun bayam memiliki banyak manfaat, namun pastikan tetap mengonsumsi bayam dalam jumlah dan takaran yang pas.

Terlalu berlebihan mengonsumi bayam bisa menimbulkan efek samping, seperti batu ginjal akibat penumpukan asam dan garam mineral, karena kandungan kalsium yang tinggi pada bayam, serta pembekuan darah karena terlalu banyak mengonsumsi vitamin K1.

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21384253/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/7933422/
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780123746283000268
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17652276/
  • https://www.nof.org/news/eat-spinach-to-grow-strong-yes-but-theres-so-much-more/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/10693912/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26251834/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22019438/
  • http://ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2693474/
  • https://ods.od.nih.gov/factsheets/Iron-HealthProfessional/
  • https://www.nof.org/news/eat-spinach-to-grow-strong-yes-but-theres-so-much-more/
  • https://www.livestrong.com/article/490550-the-health-benefits-of-eating-kale-spinach-dandelion/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait