Kesehatan

KESEHATAN
15 Januari 2021

17 Manfaat Bayam untuk Kesehatan, Baik untuk Mata!

Sayuran hijau ini punya segudang manfaat!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Intan Aprilia

Daftar isi artikel

Apakah Moms masih ingat dengan kartun Popeye yang gemar memakan bayam dan membuatnya menjadi kuat? Ya, mengonsumsi bayam bisa meningkatkan energi karena mengandung banyak gizi.

Bayam adalah salah satu sayuran yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain murah, bayam juga sangat mudah ditemui di pasaran.

Jenis sayuran yang kaya gizi ini dapat diolah menjadi masakan-masakan yang lezat. Mulai dari sup, tumis bayam, campuran omelet, hingga smoothies dan jus.

Menyantap bayam secara teratur dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari meningkatkan kesehatan mata, mengurangi stres, mencegah kanker, hingga menurunkan tekanan darah.

Nutrisi yang terkandung dalam bayam ialah kalori, air, protein, karbohidrat, gula, serat, lemak, vitamin A, vitamin C, vitamin K1, asam folat, zat besi, dan kalsium.

Warna hijau pada daun bayam menunjukkan bahwa sayuran tersebut mengandung banyak klorofil dan karotenoid yang ampuh untuk melawan berbagai penyakit dan menjaga daya tahan tubuh.

Dengan berbagai kandungan gizinya, sudah tentu banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi bayam.

Manfaat Bayam untuk Tubuh

Apa saja manfaat bayam untuk kesehatan tubuh? Berikut ulasannya.

1. Mengurangi Stres Oksidatif

manfaat bayam untuk mengurangi stres oksidatif

Foto: pixabay.com

Radikal bebas merupakan produk yang dihasilkan dari metabolisme tubuh.

Menurut jurnal berjudul What is oxidative stress? Jika tidak segera dicegah, maka radikal bebas akan menyebabkan stres oksidatif yang memicu penuaan dini dan meningkatkan risiko kanker hingga diabetes.

Tapi Moms tak perlu khawatir, salah manfaat bayam adalah mengurangi stres oksidatif.

Kandungan antioksidan dalam bayam dapat melawan stres dan membantu mengurangi efek samping yang ditimbulkan dari radikal bebas.

Dalam sebuah studi berjudul Impact of spinach consumption on DNA stability in peripheral lymphocytes and on biochemical blood parameters: results of a human intervention trial yang melibatkan 8 orang menemukan bahwa bayam mampu mencegah kerusakan oksidatif. Penelitian tersebut didukung dengan percobaan pada hewan maupun manusia.

2. Kesehatan Mata

Ini dia manfaat bayam yang sudah banyak diketahui. Bayam kaya akan zeaxanthin dan lutein, yang merupakan karotenoid yang bertanggung jawab atas warna-warna pada beberapa sayuran.

Sementara itu, mata manusia juga mengandung pigmen ini dalam jumlah tinggi, yang melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari.

Dalam sebuah penelitian, terbukti bahwa zeaxanthin dan lutein serta vitamin A, C, dan E, bekerja untuk mencegah degenerasi makula dan katarak, yang merupakan penyebab utama kebutaan.

Baca Juga: Waspada, Ketahui 5 Tanda-Tanda Awal Mata Katarak

3. Menghambat Pertumbuhan Kanker

Bayam mengandung dua komponen penting yakni, MGDG dan SQDG, yang dapat memperlambat pertumbuhan kanker.

Dalam sebuah penelitian berjudul Spinach and Health: Anticancer Effect, senyawa ini membantu memperlambat pertumbuhan tumor di serviks seseorang.

Mereka juga mengurangi ukuran tumor, senyawa ini membantu memperlambat pertumbuhan tumor serviks pada seseorang. Dua senyawa tersebut juga berperan dalam mengurangi ukuran tumor menjadi lebih kecil.

Pada sejumlah penelitian lain berjudul Prospective study of fruit and vegetable intake and risk of prostate cancer yang melibatkan manusia, diketahui bahwa konsumsi bayam yang cukup dapat menurunkan risiko kanker prostat. Selain itu, tumbuhan berklorofil ini juga ampuh untuk mencegah kanker payudara.

Demikian pula dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan mencatat bahwa bayam dapat menekan sel pembentukan kanker. Selain itu, bayam juga mengandung antioksidan yang tinggi dan ampuh untuk melawan kanker.

4. Menurunkan Tekanan Darah

manfaat bayam untuk tekanan darah

Foto: pixabay.com

Manfaat bayam berikutnya adalah membantu menstabilkan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Khasiat ini didapatkan karena bayam mengandung nitrat dalam jumlah tinggi.

Pada studi Clinical Nutrition Research yang dilakukan terhadap 27 orang menemukan bahwa memakan bayam efektif menurunkan tekanan darah.

Sejumlah penelitian lainnya juga menemukan efek serupa bahwa bayam dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Baca Juga: Ketahui 6 Manfaat Donor Darah, Tingkatkan Kesehatan Jantung hingga Hindari Kanker

5. Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin K membuat manfaat bayam sangat terasa pada kesehatan tulang.

Sebab, vitamin K berfungsi untuk mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan menekan jumlah kalsium yang terbuang dari tubuh.

Hal tersebut menjadikan vitamin K ampuh untuk mengurangi risiko patah tulang.

Mengutip dari Live Science, The National Osteoporosis Foundation, mengonsumsi bayam sangat direkomendasikan karena selain mengandung vitamin K, bayam juga kaya magnesium yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin K harian sekaligus untuk pembentukan dan menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat.

6. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi pada bayam sangat penting untuk pembentukan sel darah merah.

Sebab, tanpa adanya zat besi yang cukup, maka tubuh tidak dapat menghasilkan hemoglobin atau protein dalam darah yang bertugas menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Dengan memakan bayam sebanyak 1 cangkir setiap harinya maka Moms sudah memenuhi 36 persen kebutuhan zat besi harian.

Jika kebutuhan zat besi harian selalu terpenuhi maka akan terhindar dari anemia defisiensi zat besi.

7. Kesehatan Kulit dan Rambut

Selain bagi kesehatan, ternyata manfaat bayam juga baik untuk kecantikan lho!

Kandungan vitamin A pada bayam berfungsi untuk menyeimbangkan produksi minyak pada pori-pori kulit wajah dan kulit kepala rambut.

Selain itu, kandungan vitamin C-nya juga sangat baik untuk kesehatan kulit karena dapat menjaga kulit tetap awet muda bahkan membantu menyembuhkan hingga menyamarkan luka pada kulit.

Vitamin A yang tinggi membantu kulit dan selaput lendir pada wajah dan rambut dalam mengusir berbagai jenis bakteri dan virus secara efektif.

Apalagi vitamin ini diperlukan untuk produksi sebum agar rambut tetap lembap. Vitamin A baik untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Jadi konsumsi lebih banyak sayuran hijau untuk mengurangi risiko rambut rontok dan infeksi.

Baca Juga: Mencegah Cacingan, 1 dari 7 Manfaat Bayam untuk Balita

8. Mencegah Asma

manfaat bayam untuk asma

Foto: pixabay.com

Manfaat bayam yang mungkin masih jarang diketahui adalah mampu mencegah asma.

Kandungan beta karoten yang tinggi diketahui mampu mengurangi gejala yang dialami oleh penderita asma.

Tak hanya itu, kandungan magnesium pada bayam juga efektif sebagai pengobatan alternatif dan darurat ketika penyakit asma kambuh.

9. Perkembangan Janin

Bayam ternyata juga aman dan baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan asam folat menjadi salah satu nutrisi penting selama masa kehamilan.

Asam folat bertugas untuk mencegah kerusakan pada tulang belakang dan otak janin sekaligus mencegah bayi lahir cacat.

Jika Moms sedang hamil, pastikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi untuk si kecil dalam kandungan dengan mengonsumsi bayam secara teratur ya.

Baca Juga: Mudah Diikuti, Ini Dia Resep Bayam Crispy yang Pas Jadi Camilan Sehat Moms

10. Menjaga dan Menurunkan Berat Badan

Bayam merupakan salah satu sayuran yang rendah kalori namun tinggi nutrisi, sehingga Moms tidak perlu khawatir berat badan meningkat usai menyantap bayam.

Satu cangkir bayam yang sudah dimasak hanya mengandung 41 kalori.

Meski begitu, Moms juga harus memperhatikan batas asupan kalori yang dibutuhkan manusia setiap harinya.

Misalnya, perempuan umumnya membutuhkan 1800 kalori per hari. Nah, Moms harus memperhatikan asupan makanan lainnya yang disantap selama seharian agar berat badan terjaga.

11. Baik untuk Penderita Diabetes

Asam alfa-lipoat yang terkandung dalam bayam terbukti ampuh menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin, hingga mencegah oksidasi atau stres pada pasien diabetes.

12. Pencernaan

manfaat bayam untuk pencernaan

Foto: freepik.com

Selain kaya akan gizi dan nutrisi, bayam juga mengandung banyak serat yang baik untuk sistem pencernaan tubuh.

Selain itu, mengonsumsi bayam secara teratur dipercaya dapat mencegah sembelit dan membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat.

Baca Juga: 14 Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil dan Janin

13. Mengurangi Nyeri saat Masa Kehamilan

Rasa nyeri pada bagian pinggang dan punggung akibat perubahan bentuk tubuh dan berat badan karena janin adalah hal yang umum terjadi saat masa kehamilan. Tapi ternyata rasa nyeri tersebut bisa dicegah dengan mengonsumsi bayam.

Hal ini karena bayam mengandung glycolipid yang berfungsi sebagai anti inflamasi sehingga mengurangi rasa nyeri saat masa kehamilan.

14. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang baik adalah hal utama untuk memperoleh tubuh yang sehat. Sebab, jika daya tahan tubuh lemah maka Moms akan mudah diserang penyakit, infeksi, bahkan bakteri.

Kandungan vitamin C pada bayam efektif untuk menangkal infeksi sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghindarkan diri dari penyakit.

Dengan menyantap bayam, Moms akan terhindar dari penyakit flu atau sakit perut yang kerap diderita banyak orang.

Baca Juga: 11 Manfaat Susu Kambing Etawa, Bisa Perkuat Daya Tahan Tubuh!

15. Mengatasi Konstipasi

manfaat bayam untuk atasi konstipasi

Foto: freepik.com

Konstipasi merupakan salah satu masalah yang kerap menyerang ibu hamil.

Namun, konstipasi tidak boleh disepelekan dan harus segera diatasi atau dicegah agar tidak meningkatkan risiko wasir saat hamil.

Nah, rasakan manfaat bayam yang satu ini Moms! Bayam memiliki kandungan tinggi serat yang mudah dicerna sehingga melancarkan pencernaan. Menurut Nutrition Data, dalam satu cangkir bayam mengandung 4,3 gram serat.

16. Membuat Tubuh Lebih Berenergi

Bayam mencukupi kebutuhan magnesium yang bertugas menghasilkan energi setiap hari.

Bayam juga sumber folat yang baik dan membuat tubuh ternutrisi sekaligus mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh saat beraktivitas.

Selain itu, sifat basa pada bayam juga akan mempertahankan energi dalam tubuh sehingga Moms tidak akan cepat lelah dan lemas.

17. Meningkatkan Mood

Vitamin B yang terkandung dalam bayam juga berfungsi untuk meningkatkan mood saat menstruasi maupun masa kehamilan.

Bila Moms kerap merasa tiba-tiba sedih, down, marah, atau tertekan, ada baiknya untuk mulai menambahkan sayur bayam pada lauk pauk Moms sehat.

Baca Juga: Atasi Mood Swing Saat Hamil dengan 4 Cara Berikut

Itulah segudang manfaat bayam bagi kesehatan. Meskipun bayam memiliki banyak manfaat, namun pastikan tetap mengonsumsi bayam dalam jumlah dan takaran yang pas.

Terlalu berlebihan mengonsumi bayam bisa menimbulkan efek samping, seperti batu ginjal akibat penumpukan asam dan garam mineral, karena kandungan kalsium yang tinggi pada bayam, serta pembekuan darah karena terlalu banyak mengonsumsi vitamin K1.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait