Kesehatan Umum

21 Oktober 2021

15 Manfaat Buah Bengkoang bagi Kesehatan dan Ibu Hamil yang Tak Terduga!

Bengkoang bisa menjaga kesehatan jantung
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Widya Citra Andini

Kalau Moms suka makan rujak, tentu familiar dengan buah bengkoang. Buah satu ini identik dengan kecantikan kulit karena salah satu manfaat buah bengkoang yaitu dapat memutihkan dan mencerahkan kulit.

Tak heran mengapa bengkoang banyak dijadikan sebagai bahan kesehatan dan kecantikan misalnya digunakan sebagai masker, lulur, dan krim pelembap wajah.

Kandungan bengkoang yaitu gula pasir, pati, fosfor, dan kalsium sangat baik untuk tubuh.

Tentunya manfaat buah bengkoang sangat besar peranannya dalam kesehatan dan kecantikan tubuh manusia. Sehingga banyak orang mengonsumsi buah ini sebagai konsumsi sehari-hari.

Buah bengkoang memiliki kulit tipis keemasan, daging warna putih, dan tekstur yang bertepung.

Daging bengkoang berair dan renyah, serta punya rasa yang agak manis.

Lalu, apa saja manfaat buah bengkoang untuk kesehatan? Yuk, cari tahu lebih lanjut berikut ini, Moms!

Baca Juga: Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Manfaat Buah Bengkoang untuk Kesehatan

Buah bengkoang terkenal karena manfaat kesehatannya.

Tanaman ini juga kerap digunakan dalam produk perawatan kulit karena memiliki sifat anti-inflamasi, mengutip jurnal Evidence-based Complementary and Alternative Medicine.

Dalam U.S. Department of Agriculture, secangkir bengkoang (136 gram) memiliki sekitar 158 kalori.

Ini juga mengandung sekitar 5 g serat, 19 mg kalsium, dan 17 mg vitamin C.

1. Kaya Kandungan Antioksidan

manfaat buah bengkuang-1

Foto: Orami Photo Stock

Buah Bengkoang mengandung antioksidan vitamin C, vitamin E, selenium, dan beta-karoten yang merupakan senyawa bermanfaat yang membantu mencegah kerusakan sel.

Antioksidan membantu melindungi terhadap kerusakan sel dengan menangkal radikal bebas, molekul berbahaya yang menyebabkan stres oksidatif.

Ini menjadi manfaat buah bengkoang untuk kesehatan yang menarik.

Menurut European Journal of Medicinal Chemistry, stres oksidatif telah dikaitkan dengan penyakit kronis termasuk kanker, diabetes, penyakit kardiovaskular dan penurunan kognitif.

Karena itu, diet tinggi makanan kaya antioksidan seperti bengkoang dapat membantu melawan stres oksidatif dan dapat mengurangi risiko pengembangan penyakit kronis.

Baca Juga: 6 Makanan dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat buah bengkoang untuk kesehatan selanjutnya bisa didapatkan karena tanaman ini memiliki banyak nutrisi yang menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Bengkoang mengandung sejumlah besar serat larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan mencegah empedu diserap kembali di usus.

Selain itu juga mencegah hati membuat lebih banyak kolesterol, menurut jurnal Food & Function.

Bengkoang atau jicama juga mengandung kalium, yang dapat menurunkan tekanan darah dengan melemaskan pembuluh darah.

Kandungan kalium menurunkan tekanan darah dan melindungi dari penyakit jantung dan stroke.

3. Dapat Mengurangi Risiko Kanker

manfaat buah bengkuang-3

Foto: Orami Photo Stock

Bengkoang mengandung antioksidan vitamin C dan E, selenium, dan beta karoten.

Antioksidan ini menetralisir radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan kanker.

Karena itu, manfaat buah bengkoang adalah menjadi sumber serat makanan yang terkenal karena menyehatkan pencernaan dari risiko kanker usus besar, menurut jurnal Acta Scientiarum Polonorum Technologia Alimentaria.

Baca Juga: Kenali 5 Ciri Kanker Darah yang Berisiko Pada Si Kecil

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah bengkoang lainnya yaitu membantu menurunkan berat badan.

Bengkoang adalah makanan padat nutrisi tetapi dengan jumlah kalori yang relatif rendah.

Bengkoang tinggi kandungan air dan serat, yang membantu menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

Hal ini menjadi manfaat buah bengkoang untuk kesehatan, karena kandungan serat dapat membantu menjaga gula darah stabil.

Serat memperlambat pencernaan, yang membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat usai makan.

Jicama juga mengandung inulin serat prebiotik, yang telah dikaitkan dengan penurunan berat badan, dan terbukti berdampak pada hormon yang memengaruhi rasa lapar dan kenyang, menurut jurnal Advances in Nutrition.

5. Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

manfaat bengkoang untuk kesehatan-tingkatkan fungsi otak

Foto: Orami Photo Stock

Dalam jurnal Nutrients yang melakukan studi 12 minggu, orang-orang yang mengonsumsi suplemen ekstrak bengkoang memiliki skor lebih tinggi pada tes fungsi otak daripada orang yang berada dalam kelompok plasebo.

Bengkoang mengandung senyawa unik yang disebut diosgenin, yang telah ditemukan untuk mempromosikan pertumbuhan neuron dan meningkatkan fungsi otak.

Diosgenin juga meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar pada tikus dalam berbagai tes labirin.

Namun, perlu lebih banyak penelitian untuk sepenuhnya memahami bagaimana bengkoang dapat bermanfaat bagi kesehatan otak.

Baca Juga: Berat Badan Naik Saat Menopause, Apa Sebabnya?

6. Meredakan Gejala Menopause

Manfaat buah bengkoang lainnya untuk kesehatan adalah dapat membantu meringankan beberapa gejala menopause.

Dalam satu studi 30 hari yang dipublikasikan pada jurnal National Library of Medicine, 24 wanita pascamenopause beralih dari beras dan diganti dengan makan bengkoang dengan total 390 gram per hari.

Hasilnya, kadar estron dan estradiol dalam darah mereka masing-masing meningkat 26% dan 27%.

Padahal, kadar estron dan estradiol ini biasanya menurun selama menopause.

Dengan meningkatkan kedua kadar estrogen di atas, dapat meringankan gejala menopause.

Namun, penelitian 6 bulan lainnya menemukan bahwa krim bengkoang yang dioleskan secara topikal memiliki efek yang sangat kecil pada gejala menopause, seperti kemerahan, dibandingkan dengan krim plasebo.

Karena itu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki manfaat buah bengkoang dalam meredakan gejala menopause.

7. Membantu Pengobatan Diabetes

manfaat bengkoang untuk kesehatan-membantu kurangi risikodiabetes

Foto: Orami Photo Stock

Moms tentu sudah tahu bahwa diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling umum terjadi di Indonesia.

Jenis diabetes sendiri ada banyak macamnya, namun yang paling umum adalah diabetes tipe 2.

Siapa yang menyangka, bahwa manfaat buah bengkoang dapat berguna untuk penyakit diabetes lho, Moms.

Diabetes disebabkan oleh penurunan atau defisiensi sekresi insulin (atau dari peningkatan resistensi seluler terhadap insulin).

Studi yang dilakukan pada jurnal National Library of Medicine yang menguji tikus menemukan bahwa ubi dapat berkontribusi pada memperbaiki kadar metabolisme glukosa.

Namun, perlu penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi manfaat buah bengkoang ini pada manusia.

Selain itu, gula dalam ubi menambahkan rasa manis alami pada makanan dan mengurangi keinginan Moms untuk makan gula.

Ini juga menjadi manfaat buah bengkoang untuk kesehatan lainnya yang tak kalah menakjubkan.

Selain itu, pada bengkoang ada kandungan allantoin, yang dapat memodulasi stres oksidatif.

Kandungan ini juga meningkatkan fungsi hati, sehingga mempertahankan kadar insulin dan glukosa.

Baca Juga: Diabetes Bisa Meningkatkan Risiko Sepsis? Kok Bisa?

8. Mengatasi Masalah Peradangan

Kulit luar bengkoang ternyata kaya akan senyawa yang disebut saponin. Saponin dapat membantu melawan peradangan.

Dengan demikian, manfaat buah bengkoang untuk kesehatan dapat memerangi peradangan dan membantu mengendurkan (dan bahkan merawat) otot perut dan panggul.

Sifat antioksidan dari saponin juga dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan berbagai penyakit, menurut jurnal Critical Reviews in Biochemistry and Molecular Biology.

Selain itu, kandungan antioksidan sebagai manfaat buah bengkoang untuk kesehatan dapat membantu mengurangi peradangan.

Peradangan kronis ini dikaitkan dengan peningkatan risiko kesehatan, misalnya seperti penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Karena itu, makan makanan anti-inflamasi, seperti bengkoang, dapat membantu mengelola peradangan kronis.

Beberapa penelitian pada tikus telah mengamati bahwa konsumsi bengkoang mengurangi peradangan yang berhubungan dengan beberapa penyakit, termasuk kanker usus besar, sindrom iritasi usus besar (IBS), dan bisul perut.

Namun, perlu lebih banyak penelitian untuk memastikan apakah makan bengkoang memiliki efek anti-inflamasi yang sama pada manusia.

Manfaat Buah Bengkoang untuk Ibu Hamil

Selain manfaat buah bengkoang di atas, bengkoang juga bagus dikonsumsi oleh ibu hamil lho, Moms.

Berikut manfaat yang akan didapatkan bumil.

9. Membentuk Tulang dan Gigi yang Sehat

buah bengkoang untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat buah bengkoang untuk ibu hamil salah satunya mampu menyehatkan tulang dan gigi.

Kandungan fosfor dan kalium berfungsi untuk menjaga pertumbuhan tulang dan gigi.

Kebutuhan kalsium dan fosfor dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi bengkoang agar tulang dan gigi tumbuh normal.

10. Membantu Memperlancar Pencernaan

Ibu hamil biasanya memiliki masalah dengan pencernaannya.

Nah, inulin pada bengkoang memiliki khasiat sebagai serat makanan, khasiat tersebut mempengaruhi fungsi usus dan perbaikan parameter darah.

Sebagai serat makanan, inulin meningkatkan massa feses dan meningkatkan frekuensi buang air besar, terutama pada penderita sembelit.

Baca Juga: 6 Makanan Penyebab Sembelit pada Bayi, Waspada!

11. Membantu Mencerahkan Kulit Wajah

manfaat buah bengkoang

Foto: Orami Photo Stock

Ibu hamil biasanya bermasalah dengan kulit wajah kusam dan tidak cerah.

Sejak lama manfaat buah bengkoang dipercaya dapat memutihkan dan mencerahkan kulit.

Kandungan air yang cukup banyak mampu membuat kulit tetap segar dan mampu menghilangkan noda atau flek hitam di wajah.

Bengkoang selain untuk dikonsumsi juga bisa digunakan sebagai masker wajah.

Diamkan sekitar 15 menit dan basuh wajah dengan air. Bahan satu ini aman digunakan ibu hamil dan tidak akan berpengaruh pada janin.

12. Membantu Ibu Hamil Mendapatkan Serat yang Cukup

Daripada terus makan apel, Moms bisa menggantinya dengan bengkoang. Moms hanya perlu iris bengkoang dan celupkan ke dalam selai kacang.

Ini adalah camilan yang kaya serat yang mencegah sembelit untuk ibu hamil.

Bahkan bisa membantu menurunkan kolesterol, dan menurunkan kemungkinan Moms terkena kanker usus besar serta penyakit jantung juga lho.

13. Menjaga Daya Tahan Tubuh

menjaga daya tahan tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Buah bengkoang kaya akan vitamin C. Vitamin ini memberikan dorongan besar pada sistem kekebalan dan pertahanan tubuh Moms terhadap kuman. Ini juga bagus untuk mata dan kulit kita.

Buah bengkoang dapat mengurangi peradangan di tubuh Moms, yang dapat menyebabkan radang sendi dan penyakit lainnya selama kehamilan.

14. Aman untuk Menjaga Gula Darah

Jika Moms mengawasi gula darah dan insulin, bengkoang adalah camilan yang aman untuk masalah ini.

Bengkoang memiliki karbohidrat, tetapi memiliki beban glikemik rendah, yang berarti karbohidrat tidak terlalu memengaruhi gula darah kita.

15. Menenangkan Saraf dan Otot Tenang

beragam manfaat buah bengkoang

Foto: Orami Photo Stock

Stres mungkin merupakan penyebab terbesar gangguan saraf serta nyeri otot.

Ketika Moms terlalu stres pada sesuatu, seperti yang selalu dirasakan ibu hamil, sel-sel tubuh akan terpengaruh secara negatif.

Hal ini akan berujung pada kinerja yang buruk di lingkungan pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.

Daftar manfaat buah bengkoang terus berkembang dan salah satu manfaatnya adalah sebagai pelemas otot.

Oleh karena itu, ibu hamil tidak perlu mengonsumsi pil atau obat lain untuk menenangkan diri.

Hal yang harus Moms lakukan adalah menambahkan bengkoang ke dalam makanan harian untuk merasakan manfaatnya.

Baca Juga: Seberapa Penting Periksa Gula Darah Saat Hamil?

Itu dia Moms beragam manfaat buah bengkoang yang penting untuk kesehatan. Mulai mengonsumsinya secara rutin, yuk!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4266039/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19629697/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16093400/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5691776/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25225347/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24876314/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21776465/
  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/170072/nutrients
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3569896/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait