Kesehatan

20 Juli 2021

7 Manfaat Buah Cermai untuk Kesehatan yang Sayang Jika Dilewatkan

Ingin tahu manfaat buah cermai untuk kesehatan? Simak ulasan berikut ini, ya, Moms.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Widya Citra Andini

Moms, sudah tahu manfaat buah cermai? Nah, mungkin saja buah satu ini masih terdengar asing di telinga. Namun, sebenarnya buah ini bisa dipertimbangkan menjadi salah satu sumber nutrisi untuk tubuh, lho!

Buah cermai, atau biasa disebut juga otaheite gooseberry, memiliki nama latin Phyllanthus acidus ini banyak tersebar di berbagai negara tropis.

Jika dilihat sekilas, pohon buah cermai terlihat serupa dengan pohon belimbing wuluh karena bentuk daunnya yang sangat mirip.

Selain menyehatkan, buah cermai segar untuk dimakan dan kerap dijadikan sebagai pelengkap dalam rujak buah atau manisan buah. Lantas, apa saja manfaat buah cermai untuk kesehatan? Lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: 3 Resep Jus Buah dan Sayur yang Mudah dan Enak

Berbagai Manfaat Buah Cermai untuk Kesehatan

Ada berbagai manfaat buah cermai untuk kesehatan, yang bisa menjadi sumber gizi dan nutrisi untuk Moms dan keluarga, di antaranya:

1. Kaya Kandungan Serat

manfaat buah cermai

Foto: freepik.com

Manfaat buah cermai yang pertama, yaitu memiliki kandungan serat yang tinggi. Seperti yang Moms ketahui, kandungan serat sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Ada baiknya Moms menerapkan diet tinggi serat, salah satunya dengan mengonsumsi buah cermai.

Asupan serat yang cukup mampu menjaga kesehatan pencernaan, mengurangi rasa lapar, dan meningkatkan rasa kenyang lebih lama.

Diet tinggi serat mampu menormalkan pergerakan usus sehingga kotoran besar lebih mudah dilewati dan ini bisa mengurangi kemungkinan Moms mengalami sembelit.

Artinya, kandungan serat yang cukup dalam tubuh akan membantu menjaga kesehatan usus.

Diet tinggi serat dapat menurunkan risiko terkena wasir dan kantong kecil di usus besar atau penyakit divertikular.

Selain itu, dikutip dari jurnal Plant Foods for Human Nutrition, serat makanan dari buah membantu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi tekanan darah tinggi.

Bagi para wanita, kandungan serat yang cukup dalam tubuh juga sangat penting, lho.

Diet tinggi serat juga sering menjadi pilihan bagi perempuan untuk menjaga berat badan.

Baru-baru ini, ada penelitian juga yang menyebutkan bahwa diet tinggi serat bisa menurunkan peluang risiko terkena kanker payudara.

Lantas, berapa banyak rekomendasi harian serat yang harus Moms cukupi?

Jika berusia 50 tahun atau lebih muda, wanita disarankan mengonsumsi 25 gram serat sehari, sedangkan pria disarankan mengonsumsi 38 gram serat sehari.

Jika memiliki usia 51 tahun atau lebih tua, wanita disarankan mengonsumsi 21 gram serat sehari, sedangkan pria disarankan mengonsumsi 30 gram serat sehari.

Jadi, selain dari buah cermai, Moms bisa mendapatkan asupan serat dari sayuran, kacang-kacangan, atau biji-bijian, ya.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang Harus Moms Ketahui

2. Rendah Kalori

Rendah Kalori.jpg

Foto: freepik.com

Moms mungkin sudah sering mendengar bahwa buah-buahan dapat menjadi camilan yang sehat dan rendah kalori.

Hal ini juga berlaku pada buah cermai. Manfaat buah cermai yang bisa didapatkan karena memiliki kalori yang rendah, tetapi tinggi energi.

Faktanya, sekitar 150 gram buah cermai menyumbang lebih dari 3 persen dari total kebutuhan kalori harian rata-rata orang. Hal ini menjadikan buah cermai sangat cocok sebagai camilan bergizi rendah kalori.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa makan jenis buah-buahan berry dapat membantu penurunan berat badan dan membantu Moms makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

Camilan sehat dan rendah kalori juga mampu mengurangi rasa lapar dan mencegah Moms makan berlebihan pada jam makan besar.

Baca Juga: 14 Makanan Rendah Kalori dan Lemak Tanpa Takut Gemuk

3. Bersifat Antibakteri

Bersifat Antibakteri.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat buah cermai berikutnya, yaitu memiliki kandungan antibakteri.

Studi yang diungkap oleh Universitas Muhamaddiyah Surakarta, daun cermai telah terbukti memiliki aktivitas antibakteri terhadap Staphylococcus aureus, Escherichia coli, dan Candida albicans.

Selain itu, daun ceremai juga disebutkan berkhasiat untuk mengatasi rasa mual. Akar cermai digunakan untuk obat asma dan daun muda dari buah cermai mampu dijadikan sebagai obat mengatasi sariawan.

Penyebab yang paling utama penyakit infeksi adalah bakteri. Pertumbuhan dan reproduksi bakteri relatif cepat, yaitu antara 20 menit sampai dengan 15 jam.

Secara keseluruhan, manfaat antibakteri pada buah cermai akan menjaga tubuh agar terhindari dari bakteri-bakteri jahat yang bisa mengganggu kesehatan.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Menjaga Kesehatan Otak

Menjaga Kesehatan Otak.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat buah cermai berikutnya, yaitu membantu menjaga kesehatan otak. Buah cermai adalah sumber alami asam organik, menyediakan 11-14 mg asam sitrat dalam 100 mg buah.

Asam sitrat dinilai mampu memblokir akumulasi zat besi dalam sel dan telah ditemukan untuk mengurangi risiko penyakit seperti Alzheimer jika dikonsumsi secara teratur.

Perlu Moms pahami, penyakit otak degeneratif tertentu terkait dengan kelebihan zat besi dalam sel. Kadar zat besi yang terlalu tinggi dapat memacu terciptanya radikal bebas, yaitu molekul yang merusak sel-sel.

Sel-sel otak yang sangat tinggi zat besi, membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan.

Manfaat buah cermai untuk kesehatan otak juga karena kandungan antioksidan dan fitonutrien di dalamnya.

Kandungan ini diyakini bermanfaat mengurangi risiko stroke. Namun, mengenai hal ini, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Selain itu, untuk meningkatkan fungsi otak, Moms dapat mengonsumsi asupan asam lemak omega-3 secara rutin, ya.

Baca Juga: 4 Makanan Peningkat Memori Otak

5. Kaya akan Antioksidan

Kaya akan Antioksidan.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat buah cermai berikutnya bisa Moms dapatkan karena kaya akan antioksidan.

Antioksidan adalah senyawa yang membantu melawan efek radikal bebas. Ini adalah molekul reaktif yang menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan proses yang dikenal sebagai stres oksidatif.

Stres oksidatif dikaitkan dengan banyak penyakit kronis dan penuaan dini.

Dilansir dari jurnal Food Chemistry, buah cermai adalah sumber antioksidan yang baik, dan juga mengandung vitamin C, sejumlah vitamin E, dan juga fitonutrien.

Perlu Moms pahami, pola makan kaya antioksidan dianggap mengurangi risiko beberapa jenis kanker, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan melindungi otak dari berbagai risiko penyakit degeneratif.

Antioksidan yang cukup juga akan menjaga Moms dari paparan radikal bebas yang berpotensi merusak fungsi organ tubuh.

Baca Juga: 23 Makanan Antioksidan Tinggi, Dapat Mencegah Sel Kanker

6. Baik untuk Kesehatan Jantung

Baik untuk Kesehatan Jantung.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat buah cermai secara rutin akan membantu mengurangi risiko untuk mengalami penyakit jantung.

Jurnal Nutrients menyebutkan, buah cermai mengandung banyak nutrisi yang akan menjaga kesehatan jantung, di antaranya kaya antioksidan dan potasium.

Antioksidan meningkatkan kesehatan jantung dengan mencegah oksidasi kolesterol jahat dalam darah.

Selain itu, kandungan fitonutrien seperti flavonol dan antosianin akan membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan fungsi pembuluh darah, yang menurunkan risiko penyakit jantung.

Potasium atau kalium juga penting untuk menjaga kesehatan pembuluh darah.

7. Mengontrol Kadar Gula Darah

Mengontrol Kadar Gula Darah

Foto: Orami Photo Stock

Ada baiknya, Moms secara rutin mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, stroke, demensia, dan lainnya.

Disebutkan, salah satu manfaat buah cermai, yaitu mampu mengontrol kadar gula darah.

Buah cermai tinggi serat, yang akan memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, sehingga mampu mencegah lonjakan kadar gula darah.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Namun, belum ada studi lengkap yang mendukung hal ini, sehingga ada baiknya Moms juga rutin mengecek kadar gula darah agar tetap normal.

Itulah penjelasan tentang beberapa manfaat buah cermai untuk kesehatan. Tentunya, hal ini membuat Moms semakin yakin untuk menjadi buah ini sebagai salah satu camilan sehat keluarga, ya.

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26847187/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/30744864/
  • http://eprints.ums.ac.id/10117/1/K100060167.pdf
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5490577/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait