Kesehatan Umum

14 Oktober 2021

8 Manfaat Daun Capo, Disimak Yuk Moms!

Tanaman liar yang ternyata bisa bermanfaat untuk manusia
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Menjadi tanaman yang sering digunakan sebagai obat, ada banyak manfaat daun capo bagi kesehatan.

Daun capo yang dikenal dengan nama daun sembung sebenarnya termasuk tanaman liar yang kerap kali tumbuh di tepi jalan hingga hutan. Daun capo bisa dijumpai dengan mudah di Indonesia.

Tanaman ini banyak dijumpai di daerah Pulau Jawa dan sekitarnya. Tanaman ini bisa tumbuh dengan subur di mana saja dan di cuaca apapun. Inilah alasannya mengapa daun capo termasuk dalam tanaman liar yang seringkali dianggap sebagai gulma penganggu.

Meski demikian, daun capo ini ternyata memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Daun Kesum yang Jadi Tanaman Khas Kalimantan Barat

Manfaat Daun Capo

Daun Sembung

Foto: kompas.com

Menurut situs id.wikipedia.org, daun capo yang punya nama ilmiah Blumea Balsamifera ini memiliki kandungan senyawa borneol, cineole, limonene, dimenthyl, glukosida, alkohol sesquiterpen, asam palmitin, minyak siri, dan masih banyak lagi.

Kandungan-kandungan inilah yang membuat daun capo punya banyak khasiat untuk tubuh kita. Lantas apa saja manfaat daun capo yang bisa berguna untuk kesehatan tubuh Moms? Yuk, langsung kita lihat bersama!

1. Meredakan Demam

Manfaat daun capo yang pertama adalah meredakan demam yang diakibatkan oleh berbagai macam faktor.

Dalam daun capo terdapat senyawa flavonoid dan seskuiterpen yang dapat membantu meredakan demam pada tubuh. Moms tinggal merebus 3-5 helai daun dengan dua gelas air menjadi satu gelas dan beri campuran madu di dalamnya.

Jika ingin menurunkan demam pada anak, Moms bisa menghancurkan kasar daun tersebut dan mengompreskannya ke dahi anak yang sedang demam. Lakukn hal ini 2-3 kali sehari hingga demam anak menurun.

Baca Juga: 10 Manfaat Lempuyang untuk Kesehatan dan Kecantikan, Yuk Disimak!

2. Meredakan Flu dan Batuk

Mengatasi Flu dan Batuk

Foto: www.hartsteinpsychological.com

Daun capo tak hanya bisa meredakan demam, tapi juga bisa berguna untuk membantu Moms dalam meredakan flu dan batuk.

Menurut sebuah jurnal penelitian yang berjudul Pemanfaatan Daun Sembung (blumea balsamifera) sebagai Obat Tradisional di Kampung Jawa, daun capo memiliki kandungan minyak atsiri, glikosida, flavanol, dan tanin yang mampu meredakan flu dan batuk pada tubuh.

Cara kerja dari daun capo ini akan mengencerkan dan mengeluarkan lendir dalam tubuh yang menyebabkan hidung mampet dan batuk berdahak.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Berhubung di dalam daun capo terdapat kandungan antibakterinya, manfaat daun capo juga bisa untuk membantu mengatasi masalah pencernaan. Mulai dari peradangan, iritasi pada lambung, pembengkakan lambung, naiknya asam lambung, dan lain sebagainya.

Dengan sistem pencernaan yang bagus, maka sistem imunitas Moms juga bisa meningkat. Jadi secara tak langsung salah satu manfaat daun capo adalah bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Moms bisa mengambil segenggam daun capo yang dicuci bersih lalu rebus dengan tiga gelas air putih hingga akhirnya menyusut menjadi satu gelas. Rasa dari rebusan air daun capo memang agak pahit sehingga Moms bisa menambahkan sedikit madu saat meminumnya.

Baca Juga: 10 Manfaat Minyak Lintah, Bisa untuk Hilangkan Jerawat

4. Mengobati Diare

Mengatasi Diare

Foto: greatist.com

Daun capo juga dapat membantu mengobati diare yang diakibatkan oleh banyak faktor. Mulai dari karena salah makan hingga infeksi pada saluran pencernaan.

Dalam sebuah jurnal dengan judul Efek Antidiare Ekstrak Daun Sembung (Blumea Balsamifera L), dalam daun capo terdapat kandungan yang mampu membantu meredakan dan menenangkan rasa sakit perut yang diakibatkan oleh diare.

Daun capo yang di dalamnya ada kandungan antibakteri juga bisa memerangi bakteri jahat dalam usus sehingga meminimalisasi risiko penyakit diare.

5. Meredakan Nyeri Sendi dan Rematik

Manfaat daun capo juga bisa meredakan nyeri sendi dan rematik yang biasanya menyerang bagian pergelangan tangan dan kaki, jari tangan dan kaki, hingga lutut.

Dalam daun capo terdapat kandungan zat analgetik dan anti implamansi yang mampu membantu meredakan nyeri sendi dikarenakan peradangan karena rematik atau hal lainnya.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Rambutan, Bisa Menyuburkan Rambut Juga!

6. Melancarkan Haid

Melancarkan Haid

Foto: haemophilia.ie

Jika Moms sering mengalami kram atau rasa sakit saat sedang haid, cobalah untuk mengonsumsi rebusan daun capo.

Daun capo memiliki kandungan fitokimia yang mampu membantu meredakan kram dan rasa nyeri yang diakibatkan oleh haid.

Daun capo juga bisa membantu meningkatkan toleransi sensori otak terhadap rasa nyeri yang dirasakan oleh tubuh. Tak hanya itu saja, daun capo juga bisa memperbaiki kondisi hormonal yang tidak stabil dan tidak seimbang saat sedang haid.

7. Mengobati Penyakit Beri-beri

Penyakit beri-beri adalah jenis penyakit kekurangan vitamin B1 yang bia mempengaruhi sistem tubuh manusia.

Biasanya untuk mempercepat penyembuhan penyakit beri-beri, maka Moms harus mengonsumsi makanan yang punya kandungan vitamin B1. Contohnya seperti kacang-kacangan, hati sapi, sayuran, dan lain sebagainya.

Dalam daun capo terdapat kandungan vitamin B1 yang mampu membantu mengobati penyakit beri-beri secara perlahan. Untuk bisa merasakan manfaat daun capo secara maksimal, Moms harus merebus daun capo bersama dengan daun turi, cabe jawa, dan daun legundi.

Minum air rebusan ini sebanyak dua kali sehari dengan porsi ¾ gelas dalam sekali minum.

Baca Juga: 6 Manfaat Daun Indigofera, dari Pakan Ternak hingga Sebagai Obat

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit Jantung

Foto: comprehensiveprimarycare.com

Selanjutnya ada manfaat daun capo yang bisa membantu Moms menjaga kesehatan jantung. Dalam daun capo terdapat kandungan antioksidan yang tinggi.

Dengan kandungan antioksidan ini, daun capo bisa menangkal radikal bebas penyebab rusaknya kinerja jantung. Daun capo bisa melancarkan peredaran darah sehingga jika rutin mengonsumsinya, mala peredaran darah akan lebih lancar sehingga kinerja jantung bisa lebih stabil.

Sekarang Moms sudah tahu apa saja manfaat daun capo. Moms sendiri ingin mencoba menggunakannya untuk kesehatan tidak?

  • https://jsk.farmasi.unmul.ac.id/index.php/jsk/article/view/17
  • https://www.kompas.com/sains/read/2021/03/12/170000623/manfaat-daun-sembung-untuk-kesehatan-dan-resep-herbalnya
  • https://manfaat.co.id/manfaat-daun-sembung-untuk-bayi
  • https://intisari.grid.id/read/0399581/inilah-daftar-lengkap-obat-batuk-dan-flu-alami-lengkap-dengan-cara-mengolahnya
  • https://www.jamudigital.com/berita?id=Ragam_Khasiat_Daun_Sembung
  • https://sorotindonesia.com/daun-sembung-sebagai-obat-tradisional/4/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Sembung#Ciri_Umum_Sembung
  • https://pemkomedan.go.id/artikel-13465-manfaat-daun-sembung-untuk-obat-tradisional.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait