Kesehatan

16 Agustus 2021

13 Manfaat Habbatussauda untuk Tubuh, Bisa untuk Promil!

Habbatussauda telah digunakan sebagai pengobatan tradisional selama lebih dari 2.000 tahun
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Widya Citra Andini

Habbatussauda atau jintan hitam memiliki nama latin Nigella Sativa (N. Sativa) merupakan tumbuhan berbunga yang biasanya tumbuh di Asia Barat Daya, Timur Tengah, dan Eropa Selatan. Manfaat habbatussauda untuk kesehatan ini cukup beragam, lho!

Menurut penelitian berjudul A review on therapeutic potential of Nigella sativa: A miracle herb, tanaman habbatussauda menghasilkan biji hitam yang dikenal sebagai jintan hitam, nigella, atau bunga adas.

Diketahui, habbatussauda telah digunakan sebagai pengobatan tradisional selama lebih dari 2.000 tahun karena memiliki banyak manfaat terapeutik.

Secara historis, manfaat habbatussauda telah digunakan untuk sakit kepala, sakit gigi, hidung tersumbat, radang sendi, dan cacingan.

Habbatussauda juga telah digunakan untuk mengatasi "mata merah" (konjungtivitis), kantong infeksi (abses), dan parasit.

Salah satu studi berjudul Review on Clinical Trials of Black Seed (Nigella sativa ) and Its Active Constituent, Thymoquinone, menyebut bahwa habbatussauda dapat dijadikan sebagai pengobatan asma, membantu menurunkan berat badan, hingga bermanfaat untuk kulit dan rambut.

Nah, manfaat habbatussauda tidak hanya yang sudah disebutkan di atas, lho!

Nyatanya, ada banyak manfaat lain yang mungkin belum Moms ketahui. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini, Moms!

Baca Juga: 6 Makanan Sehat yang Bantu Lawan Infeksi Virus

Manfaat Habbatussauda

Tak hanya digunakan sebagai pengobatan berbagai penyakit, manfaat habbatussauda juga terbukti berkhasiat untuk Moms dan Dads yang sedang melangsungkan program kehamilan.

Hal ini karena habbatussauda memiliki sifat farmakologis yang berperan sebagai antioksidan dan antiradang yang ampuh untuk kesuburan dan keberhasilan promil.

Berikut ini sejumlah manfaat habbatussauda, antara lain:

1. Meningkatkan Kualitas Sperma

xx manfaat habbatussauda

Foto: Orami Photo Stock

Sebuah studi berjudul Effects of Nigella sativa L. seed oil on abnormal semen quality in infertile men: a randomized, double-blind, placebo-controlled clinical trial dijelaskan bahwa habbatussauda dapat meningkatkan kualitas sperma pria yang didiagnosis mengalami infertilitas.

Dalam penelitian yang melibatkan tikus jantan itu, ditemukan fakta bahwa manfaat habbatussauda untuk promil, membantu sperma berenang lebih cepat.

Kandungan antioksidan di dalamnya juga membantu melindungi sperma dari kerusakan.

Namun, uji klinis lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah habbatussauda dapat menjadi pengobatan yang baik untuk infertilitas pria.

2. Meningkatkan Sistem Reproduksi Pria

xx manfaat habbatussauda

Foto: Orami Photo Stock

Manfaaat habbatussada untuk promil ini juga cukup menarik, Moms.

Kandungan kalium pada habbatussauda adalah elemen penting untuk meningkatkan sistem reproduksi pria.

Hal ini dikarenakan kalium mampu meningkatkan kinerja otot sekaligus menjadi sumber mineral yang baik untuk membangun sistem reproduksi pria.

Sehingga peredaran darah di sekitar penis dan testis menjadi lebih lancar dan baik untuk kesuburan serta keberhasilan promil.

3. Mencegah Ejakulasi Dini

xx manfaat habbatussauda

Foto: Orami Photo Stock

Ejakulasi dini menjadi salah satu permasalahan yang menghambat program hamil.

Ejakulasi dini terjadi akibat sistem pembuluh darah di sekitar penis dan testis tidak lancar sehingga penis tidak bisa melakukan ereksi dengan maksimal.

Menurut penelitian berjudul A Review on the Cosmeceutical and External Applications of Nigella sativa, ditemukan bahwa kalium yang terdapat pada habbatussauda ampuh untuk mengatasi permasalahan ejakulasi dini.

Mengonsumsi minyak habbatussauda dipercaya dapat menghindarkan Dads dari ejakulasi dini.

Tentunya manfaat habbatussauda untuk promil ini sungguh hebat, bukan?

Baca Juga: Apa Hubungan Antara Ejakulasi Dini dan Infertilitas Pada Pria?

4. Mengurangi Jerawat Vulgaris

xx manfaat habbatussauda

Foto: Orami Photo Stock

Selain bermanfaat untuk promil, manfaat habbatussauda ternyata juga kerap dijadikan sebagai salah satu campuran produk kecantikan karena khasiatnya yang baik untuk kulit dan wajah.

Terlebih kandungan protein, alkaloid, saponin, terbukti dapat dijadikan sebagai obat penyakit kulit seperti jerawat, eksim, dan kulit kering.

Melansir dari penelitan berjudul A Review on the Cosmeceutical and External Applications of Nigella sativa, jerawat vulgaris atau acne vulgaris merupakan salah satu penyakit kerap menjangkit manusia dan menular.

Meski begitu, penelitian menyebut bahwa penggunaan habbatussauda yang diformulasikan sebagai losion dapat dijadikan sebagai pengobatan pada jerawat vulgaris.

Sebuah studi yang melibatkan 62 pasien berjerawat lalu menggunakan losion yang mengandung ekstrak habbatussauda dan menunjukkan penurunan serta pengurangan jerawat yang signifikan.

5. Mengatasi Kondisi Psoriasis

xx manfaat habbatussauda

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat habbatussauda untuk kulit juga ternyata dapat dirasakan.

Psoriasis merupakan kondisi kulit berupa kelainan kulit autoimun hiperproliferatif dan dapat menyebabkan gatal dan nyeri pada kulit kepala hingga wajah.

Sebuah studi yang dilakukan Journal of the Saudi Society of Agricultural Sciences menemukan bahwa penggunaan minyak habbatussauda yang dioleskan dalam bentuk salep memiliki pengaruh yang baik dibandingkan pengobatan lainnya.

Berdasarkan penelitian tersebut, bisa disimpulkan bahwa manfaat habbatussauda memiliki efek anti psoriasis dengan efek terbaik diperoleh dengan kombinasi salep dan obat minum.

Baca Juga: Ini Cara Mengatasi Psoriasis Pada Kehamilan

6. Vitiligo yang Berkurang

xx manfaat habbatussauda

Foto: Orami Photo Stock

Vitiligo merupakan penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit dan mengakibatkan bercak hitam pada kulit. Hal ini terjadi ketika sel-sel penghasil pigmen kulit tidak berfungsi.

Kondisi ini dapat menyerang bagian tubuh manapun termasuk wajah, mulut, rambut, hingga mata.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap pasien penderita lesi vitiligo dengan menggunakan pengobatan minyak ikan dan minyak habbatussauda.

Hasilnya, terjadi penurunan lesi vitiligo dan memutuskan untuk menjadikan habbatussauda sebagai obat alternatif yang digunakan sehari-hari.

Hal ini karena pada manfaat habbatussauda untuk wanita memiliki kemampuan untuk menyebarkan melanin di dalam kulit.

Selain itu, manfaat habbatussauda juga meningkatkan intensitas melanin dengan meningkatkan kepekaan reseptor kolinergik di dalam melanopsin.

7. Menurunkan Berat Badan

xx manfaat habbatussauda

Foto: Orami Photo Stock

Ternyata, si biji jinten hitam ini juga punya segudang manfaat untuk wanita lho, Moms. Mulai dari menurunkan berat badan hingga kolesterol dalam tubuh.

Berat badan berlebih menjadi salah satu permasalahan yang membuat sebagian wanita menjadi tidak percaya diri. Kini, Moms tak perlu khawatir.

Sebab, mengonsumsi minyak habbatussauda dapat membantu mengurangi mengurangi indeks massa tubuh (BMI) pada individu dengan obesitas, sindrom metabolik, atau diabetes tipe 2.

Sebuah penelitian berjudul Effects of Nigella sativa oil with a low-calorie diet on cardiometabolic risk factors in obese women: a randomized controlled clinical trial, menemukan fakta menarik.

Penelitian ini melibatkan 90 wanita berusia 25-50 tahun yang mengalami obesita.

Mereka diberi diet rendah kalori dan plasebo atau 1 gram minyak habbatussauda per makanan dengan total 3 gram per hari.

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi habbatussauda, mengalami penurunan berat badan dan lingkar pinggangnya berkurang secara signifikan.

Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait konsumsi jangka panjang manfaat habbatussauda untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Bisa Jadi Alternatif Promil, Ini 4 Pilihan Cara Mengatasi Infertilitas

8. Punya Kandungan Antioksidan

xx manfaat habbatussauda

Foto: Orami Photo Stock

Habbatussauda memiliki kandungan antioksidan atau senyawa tanaman yang membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Antioksidan penting untuk kesehatan, karena penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dapat mengurangi peradangan dan melindungi dari kondisi seperti penyakit jantung, penyakit Alzheimer, dan kanker.

Secara khusus, manfaat habbatussauda untuk wanita ini kaya dengan timoquinon, yang memiliki efek antioksidan dan antiradang yang kuat.

Bahkan herbal satu ini dapat melindungi kesehatan otak dan membantu mengobati beberapa jenis kanker.

9. Menurunkan Kolestrol

mengurangi kadar kolestrol

Foto: Orami Photo Stock

Minyak jinten hitam ini telah terbukti dapat mengurangi kolesterol yang tinggi.

Hal ini karena peran dari asam lemak dalam habbatussauda yakni asam linoleat dan asam oleat.

Manfaat habbatussauda untuk wanita ini membantu mempertahankan kadar kolesterol yang lebih sehat.

Untuk kandungan minyak di dalamnya bergantung pada jenis dan lokasi pertumbuhan jinten hitam. Moms juga bisa mengonsumsi tumbuhan berbunga ini dari biji buah yang dihancurkan.

10. Mengurangi Gejala Asma

Kenapa-Terjasi-Sesak-Napas-di-Malam-Hari-.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat habbatussauda juga bisa dirasakan bagi penderita asma, lho.

Efek antiradang di dalamnya dapat menurunkan gejala asma seperti sesak napas.

Selain sesak napas, gejala lain yang biasa diderita seseorang dengan riwayat asma, antara lain:

  • Mengi, batuk dan sesak dada menjadi parah
  • Menjadi terlalu terengah-engah untuk makan, berbicara, atau tidur
  • Bernapas lebih cepat
  • Detak jantung yang cepat
  • Mengantuk, kebingungan, kelelahan, atau pusing
  • Bibir atau jari membiru

Bahkan, efek antiradang itu dapat mengurangi peradangan di saluran udara akibat bronkitis.

11. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Menyembuhkan Luka Gores atau Kulit Kering

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat dari minyak jinten hitam telah terbukti mengurangi peradangan dan pertumbuhan bakteri untuk membantu penyembuhan luka.

Manfaat habbatussauda untuk kulit ini bekerja dengan menumbuhkan serat kolagen baru. Ini merangsang dan menciptakan kulit baru yang lebih sehat.

Cobalah untuk mengoleskan minyak habbatussauda pada bekas luka yang Moms atau Si Kecil miliki.

Lakukan secara rutin agar proses pemulihan berangsur cepat.

Baca Juga: Tak Hanya Melembapkan, Ini 12 Manfaat Masker Timun untuk Kulit

12. Obat Radang Sendi

Mengenal Rematik atau Rheumatoid Arthritis, Penyebab Nyeri Sendi yang Ganggu Aktivitas

Foto: Orami Photo Stock

Nyeri sendi saat ini tak lagi dirasakan bagi orang dengan lanjut usia, anak muda pun banyak mengalaminya.

Nah, manfaat dari habbatussauda kali ini yakni membantu pengobatan rematik atau rheumatoid arthritis.

A Journal of Molecular and Cellular Immunology menemukan bahwa wanita yang menderita rheumatoid arthritis tingkat ringan dan sedang, diberi kapsul minyak jinten hitam atau plasebo setiap hari selama 1 bulan.

Dari temuan itu terlihat bahwa habbatussauda dapat mengurangi gejala nyeri sendi akibat rematik.

Manfaat habbatussauda untuk wanita ini tentu tak perlu diragukan lagi.

13. Melancarkan Sistem Pencernaan

enzim pencernaan

Foto: Orami Photo Stock

Moms, manfaat habbatussauda seterusnya yakni baik untuk menjaga kesehatan lambung.

Kandungan antioksidan di dalamnya berperan dalam mengatasi sejumlah masalah pada sistem pencernaan, termasuk sakit perut, kesulitan buang air besar, atau perut kembung.

Untuk efek antiradang pada habbatussauda juga membantu pemulihan luka pada dinding lambung. Penyakit ini dikenal dengan sindrom iritasi usus besar.

Mengutip Mayo Clinic, pemicu ini terjadi karena alergi terhadap makanan tertentu.

Baca Juga: 11+ Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan, Enak dan Berkhasiat!

Biasanya gejala akan memburuk ketika bertemu makanan seperti gandum, produk susu, buah jeruk, kacang-kacangan, susu, dan minuman berkarbonasi.

Itulah manfaat habbatussauda untuk Moms dan Dads yang sedang menjalankan promil, untuk kesehatan wajah, dan kesehatan wanita. Apakah Moms dan Dads tertarik mencobanya?

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3642442/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5633670/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24680621/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5735686/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29358959/
  • https://www.sciencedirect.com/science/journal/1658077X
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26029855/
  • https://www.tandfonline.com/toc/iimm20/current
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/irritable-bowel-syndrome/symptoms-causes/syc-20360016
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait