Kesehatan

23 Desember 2020

8 Manfaat Habbatussauda untuk Tubuh, Bisa untuk Promil!

Habbatussauda telah digunakan sebagai pengobatan tradisional selama lebih dari 2.000 tahun
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Habbatussauda atau jintan hitam memiliki nama latin Nigella Sativa (N. Sativa) merupakan tumbuhan berbunga yang biasanya tumbuh di Asia Barat Daya, Timur Tengah, dan Eropa Selatan.

Menurut penelitian berjudul A review on therapeutic potential of Nigella sativa: A miracle herb, tanaman habbatussauda menghasilkan biji hitam yang dikenal sebagai jintan hitam, nigella, atau bunga adas.

Diketahui, habbatussauda telah digunakan sebagai pengobatan tradisional selama lebih dari 2.000 tahun karena memiliki banyak manfaat terapeutik.

Secara historis, manfaat habbatussauda telah digunakan untuk sakit kepala, sakit gigi, hidung tersumbat, radang sendi, dan cacingan.

Habbatussauda juga telah digunakan untuk mengatasi "mata merah" (konjungtivitis), kantong infeksi (abses), dan parasit.

Salah satu studi berjudul Review on Clinical Trials of Black Seed (Nigella sativa ) and Its Active Constituent, Thymoquinone, menyebut bahwa habbatussauda dapat dijadikan sebagai pengobatan asma, membantu menurunkan berat badan, hingga manfaat untuk kulit dan rambut.

Nah, manfaat habbatussauda tidak hanya yang sudah disebutkan di atas, lho! Nyatanya, ada banyak manfaat lain yang mungkin belum Moms ketahui.

Apa saja? simak daftarnya berikut ini, Moms.

Baca Juga: 11 Manfaat Jintan Hitam untuk Kesehatan, Luar Biasa!

Manfaat Habbatussauda untuk Promil

Tak hanya digunakan sebagai pengobatan berbagai penyakit, manfaat habbatussauda juga terbukti berkhasiat untuk Moms dan Dads yang sedang melangsungkan program kehamilan.

Hal ini karena habbatussauda memiliki sifat farmakologis yang berperan sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang ampuh untuk kesuburan dan keberhasilan promil. Berikut ini sejumlah manfaat habbatussauda untuk promil.

1. Meningkatkan Kualitas Sperma

xx manfaat habbatussauda

Foto: Orami Photo Stock

Sebuah studi berjudul Effects of Nigella sativa L. seed oil on abnormal semen quality in infertile men: a randomized, double-blind, placebo-controlled clinical trial dijelaskan bahwa habbatussauda dapat meningkatkan kualitas sperma pria yang didiagnosis infertilitas.

Dalam penelitian yang melibatkan tikus jantan itu, ditemukan fakta bahwa manfaat habbatussauda membantu sperma berenang lebih cepat.

Kandungan antioksidan di dalamnya juga membantu melindungi sperma dari kerusakan. Tetapi uji klinis lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah habbatussauda dapat menjadi pengobatan yang baik untuk infertilitas pria.

Baca Juga: Bisa Jadi Alternatif Promil, Ini 4 Pilihan Cara Mengatasi Infertilitas

2. Meningkatkan Sistem Reproduksi Pria

xx manfaat habbatussauda

Foto: Orami Photo Stock

Kandungan kalium pada habbatussauda adalah elemen penting untuk meningkatkan sistem reproduksi pria.

Hal ini dikarenakan kalium mampu meningkatkan kinerja otot sekaligus menjadi sumber mineral yang baik untuk membangun sistem reproduksi pria.

Sehingga peredaran di sekitar penis dan testis menjadi lebih lancar dan baik untuk kesuburan serta keberhasilan promil.

3. Mencegah Ejakulasi Dini

xx manfaat habbatussauda

Foto: Orami Photo Stock

Ejakulasi dini menjadi salah satu permasalahan yang menghambat program hamil. Ejakulasi dini terjadi akibat sistem pembuluh darah di sekitar penis dan testis tidak lancar sehingga penis tidak bisa melakukan ereksi dengan maksimal.

Menurut penelitian berjudul A Review on the Cosmeceutical and External Applications of Nigella sativa, ditemukan bahwa kalium yang terdapat pada habbatussauda ampuh untuk mengatasi permasalahan ejakulasi dini.

Mengonsumsi minyak habbatussauda dipercaya dapat menghindarkan Dads dari ejakulasi dini. Tentunya manfaat habbatussauda ini sungguh hebat, bukan?

Baca Juga: Apa Hubungan Antara Ejakulasi Dini dan Infertilitas Pada Pria?

Manfaat Habbatussauda untuk Wajah

Selain bermanfaat untuk promil, manfaat habbatussauda ternyata juga kerap dijadikan sebagai salah satu campuran produk kecantikan karena khasiatnya yang baik untuk kulit dan wajah.

Terlebih kandungan protein, alkaloid, saponin, terbukti dapat dijadikan sebagai obat penyakit kulit seperti jerawat, eksim, dan kulit kering.

Berikut ini penjelasan terkait manfaat habbatussauda untuk wajah.

4. Pengurangan Jerawat Vulgaris

xx manfaat habbatussauda

Foto: Orami Photo Stock

Melansir dari penelitan berjudul A Review on the Cosmeceutical and External Applications of Nigella sativa, jerawat vulgaris atau acne vulgaris merupakan salah satu penyakit kerap menjangkit manusia dan menular.

Meski begitu, penelitian menyebut bahwa penggunaan habbatussauda yang diformulasikan sebagai lotion dapat dijadikan sebagai pengobatan pada jerawat vulgaris.

Sebuah studi yang melibatkan 62 pasien berjerawat lalu menggunakan lotion yang mengandung ekstrak habbatussauda menunjukkan penurunan dan pengurangan jerawat yang signifikan.

5. Mengatasi Kondisi Psoriasis

xx manfaat habbatussauda

Foto: Orami Photo Stock

Psoriasis merupakan kondisi kulit berupa kelainan kulit autoimun hiperproliferatif dan dapat menyebabkan gatal dan nyeri pada kulit kepala hingga wajah.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Ahmed et al. (2014) menemukan bahwa penggunaan minyak habbatussauda yang diaplikasikan dalam bentuk salep memiliki pengaruh yang baik dibandingkan pengobatan lainnya.

Berdasarkan penelitian tersebut, bisa disimpulkan bahwa manfaat habbatussauda memiliki efek anti psoriasis dengan efek terbaik diperoleh dengan kombinasi salep dan oral.

Baca Juga: Ini Cara Mengatasi Psoriasis Pada Kehamilan

6. Vitiligo yang Berkurang

xx manfaat habbatussauda

Foto: Orami Photo Stock

Vitiligo merupakan penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit dan mengakibatkan bercak hitam pada kulit. Hal ini terjadi ketika sel-sel penghasil pigmen kulit tidak berfungsi.

Kondisi ini dapat menyerang bagian tubuh manapun termasuk wajah, mulut, rambut, hingga mata.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap pasien penderita lesi vitiligo dengan menggunakan pengobatan minyak ikan dan minyak habbatussauda.

Hasilnya, terjadi penurunan lesi vitiligo dan memutuskan untuk menjadikan habbatussauda sebagai obat alternatif yang digunakan sehari-hari.

Hal ini karena pada manfaat habbatussauda memiliki kemampuan untuk menyebarkan melanin di dalam kulit.

Selain itu, manfaat habbatussauda juga meningkatkan intensitas melanin dengan meningkatkan kepekaan reseptor kolinergik di dalam melanopsin.

Baca Juga: Mengenal Vitiligo, Penyakit yang Diderita Anak Diana Rikasari

Manfaat Habbatussauda untuk Wanita

Ternyata, si biji jinten hitam ini juga punya segudang manfaat untuk wanita lho, Moms. Mulai dari menurunkan berat badan hingga kolesterol dalam tubuh.

Nah, jika Moms ingin mencari pengobatan alternatif yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan wanita, mulailah mengonsumsi habbatussauda secara teratur.

Berikut ini sejumlah manfaat habbatussauda untuk wanita.

7. Menurunkan Berat Badan

xx manfaat habbatussauda

Foto: Orami Photo Stock

Berat badan berlebih menjadi salah satu permasalahan yang membuat sebagian wanita menjadi tidak percaya diri. Nah, kini Moms tak perlu khawatir.

Sebab, mengonsumsi minyak habbatussauda dapat membantu mengurangi mengurangi indeks massa tubuh (BMI) pada individu dengan obesitas, sindrom metabolik, atau diabetes tipe 2.

Sebuah penelitian berjudul Effects of Nigella sativa oil with a low-calorie diet on cardiometabolic risk factors in obese women: a randomized controlled clinical trial, yang melibatkan 90 wanita berusia 25-50 tahun dengan obesitas diberi diet rendah kalori dan plasebo atau 1 gram minyak habbatussauda per makanan dengan total 3 gram per hari.

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi habbatussauda, mengalami penurunan berat badan dan lingkar pinggangnya berkurang secara signifikan.

Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait konsumsi jangka panjang manfaat habbatussauda untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: 13 Makanan dengan Kandungan Antioksidan Tinggi

8. Punya Kandungan Antioksidan

xx manfaat habbatussauda

Foto: Orami Photo Stock

Habbatussauda memiliki kandungan antioksidan atau senyawa tanaman yang membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Antioksidan penting untuk kesehatan, karena penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dapat mengurangi peradangan dan melindungi dari kondisi seperti penyakit jantung, penyakit Alzheimer, dan kanker.

Secara khusus, manfaat habbatussauda kaya dengan timoquinon, yang memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat bahkan dapat melindungi kesehatan otak dan membantu mengobati beberapa jenis kanker.

Itulah manfaat habbatussauda untuk Moms dan Dads yang sedang menjalankan promil, untuk kesehatan wajah, dan kesehatan wanita. Apakah Moms dan Dads tertarik mencobanya?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait