Kesehatan

17 April 2021

11 Manfaat Madu Klanceng untuk Kejantanan Pria, Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat madu klanceng banyak sekali untuk tubuh lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Madu dikenal sebagai pemanis alami yang diproduksi dari lebah. Walaupun sering dijadikan pengganti gula, ternyata ada jenis madu yang rasanya yang asam dan sedikit pahit.

Jenis madu satu ini dikenal dengan nama madu klanceng. Berbeda dengan jenis madu pada umumnya, madu klanceng diproduksi oleh lebah tidak menyengat.

Jurnal Karger menyebutkan ciri khas dari madu klanceng adalah disimpan secara alami di dalam pot (cerumen), sehingga memberikan khasiat yang bermanfaat, terutama dalam proses penyembuhan luka.

Selain untuk penyembuhan luka, manfaat madu klanceng juga bisa menangkal radikal bebas. Sifat antimikroba yang ada di dalam madu klanceng juga dapat menangkal tubuh dari kontaminasi bakteri sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan.

Kandungan anti-inflamasi dalam madu klanceng juga dapat melindung tubuh dari racun. Kemudian, madu klanceng juga dapat dikadikan pelembap alami untuk kulit.

Menurut jurnal Hindawi madu klanceng dikenal kaya akan vitamin, enzim, asam amino dan mineral. Tak heran, kalau sejak lama manfaat madu klanceng sangat banyak dan sering dimanfaatkan untuk proses penyembuhan.

Baca Juga: 4 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Anak

Manfaat Madu Klanceng untuk Kejantanan

xx manfaat madu klanceng

Foto: freepik.com

Madu klanceng telah terbukti memberikan efek positif meningkatkan hormon yang berhubungan dengan kesuburan, khususnya bagi pria yang merokok.

Sebuah studi yang dilakukan dengan tikus menunjukan bahwa konsumsi madu klenceng setiap hari dapat menurunkan toksisitas reproduksi yang disebabkan oleh asap rokok. Selain itu, kandungan yang ada di dalam madu klanceng juga dapat meningkatkan persentase intromisi dan ejakulasi pada tikus jantan di percobaan tersebut.

Selain itu, reproduksi pria juga dapat dipengaruhi oleh faktor stres dan juga kebisingan. Tekanan kebisingan berdampak negatif pada sel-sel jaringan testis dengan mendorong pertumbuhan sel apoptosis dan nekrotik. Namun, konsumsi madu klanceng dan vitamin E yang diberikan kepada sel-sel tikus Wistar jantan dewasa yang telah terpapar stres kebisingan meningkat dan dinyatakan sehat.

Hal ini menunjukkan bahwa madu klanceng dan vitamin E memiliki efek yang baik pada parenkim testis karena dapat mengurangi apoptosis dan nekrosis pada sel yang dipengaruhi oleh stres kebisingan dan dengan demikian meningkatkan pertumbuhan dan aktivitas sel.

Bukti lain dari manfaat madu klanceng untuk kejantanan pria dibuktikan dengan percobaan pada tikus diabetes dengan kualitas sperma rendah. Pemberian madu klanceng menunjukan peningkatan kualitas sperma, dengan efek perlindungan tambahan pada proses spermatogenesis bahkan pada kondisi diabetes.

Pada tikus nondiabetes, pemberian madu klanceng dapat membantu meningkatkan jumlah sperma epididimis, motilitas, dan kelangsungan hidup sperma.

Hal ini bisa menunjukkan properti potensial peningkat kesuburan dengan konsumsi rutin madu klanceng. Kesimpulannya, madu klance bisa menjadi alternatif yang bagus untuk mencegah sperma dan kerusakan testis pada tikus diabetes. Hal ini menunjukan bahwa manfaat madu klanceng sangat efektif untuk kejantanan.

Baca Juga: Madu untuk Bayi, Bolehkah?

Manfaat Madu Klanceng untuk Wanita

Selain untuk kejantanan pria, manfat madu klanceng juga dapat dirasakan oleh para wanita. Selain itu, konsumsi madu klanceng juga tidak memberikan efek samping bagi Moms. Apa saja manfaat madu klanceng untuk wanita? Yuk simak Moms.

1. Melancarkan Menstruasi

xx manfaat madu klanceng

Foto: freepik.com

Gangguan menstruasi adalah gejala atau emosional yang mengganggu sebelum dan selama menstruasi. Biasanya gangguan menstruasi dibarengi dengan keluarnya darah yang kurang lancar. Kalau Moms mengalami hal ini, bisa diatasi dengan madu klenceng.

Moms bisa mencampur madu klanceng dengan air kunyit untuk melancarkan menstruasi setiap bulan. Konsumsi ramuan alami ini secara rutin agar menstruasi menjadi lancar setiap bulannya.

2. Mengurangi Mual Pada Ibu Hamil]

Madu klanceng juga memiliki manfaat untuk ibu hamil. Rasanya yang sedikit masam dan cenderung pahit dapat mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Selain itu, kandungan vitamin C pada madu klanceng juga dapat menjaga daya tahan tubuh bagi ibu hamil.

3. Mengatasi Keputihan

xx manfaat madu klanceng

Foto: freepik.com

Kandungan anti mikroba dalam madu klanceng juga dapat membantu mengatasi keputihan. Keputihan merupakan suatu hal yang normal, tetapi masalah ini juga bisa menjadi indikasi suatu infeksi yang berhubungan dengan sistem reproduksi wanita.

Baca Juga: Kenapa Bayi Tidak Boleh Makan Madu?

Manfaat Madu Klanceng untuk Wajah

Wajah merupakan bagian yang penting bagi setiap orang, termasuk Moms. Semua orang pasti ingin memiliki wajah yang cantik dan juga sehat. Nah, kalau Moms dapat mencoba manfaat madu klanceng untuk wajah lebih sehat dan tampil semakin cantik.

4. Melembapkan Kulit

Moms yang ingin memiliki kulit lembap dapat mencoba manfaat madu klanceng. Karena menurut beberapa penelitian, madu klanceng memiliki kandungan yang dapat dijadikan pelembap alami bagi kulit. Selain itu, kandungan anti inflamasi dan anti mikroba juga dapat mengurangi radang kulit dan menyembuhkan bintik merah.

Cara mengamplikasikannya juga terbilang mudah lho Moms. Campurkan madu klanceng dengan pelembap Moms kemudian oleskan ke bagian wajah dan leher. Lakukan secara rutin agar mendapat hasil yang optimal.

5. Mencegah Penuaan Dini

xx manfaat madu klanceng

Foto: freepik.com

Selain dikonsumsi, madu klanceng juga dapat digunakan sebagai toner untuk wajah. Caranya cukup mencampurkan madu klanceng dengan air lemon, aduk hingga rata. Setelah itu aplikasikan ke wajah Moms. Ramuan ini dipercaya dapat mencegah penuaan dini pada kulit Moms.

Baca Juga : Manfaat Madu Bagi Ibu Menyusui

Manfaat Madu Klanceng untuk Kesehatan

Sudah bukan rahasia lagi kalau madu klanceng mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Di beberapa negara, madu klanceng yang dicampurkan dengan minuman hangat dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Campuran dari madu klanceng dengan bahan-bahan alami juga sering digunakan untuk mengobati pilek, batuk dan penyakit bronkitis. Tak hanya itu, masih banyak manfaat madu klanceng untuk kesehatan yang perlu Moms ketahui. Simak yuk Moms!

6. Mengatasi Penyakit Diabetes

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa madu klanceng dapat menurunkan kadar glukosa di dalam darah.

Manfaat madu klanceng mengandung senyawa bioaktif polifenol yang sudah sejak lama dan secara tradisional digunakan untuk mengobati diabetes.

7. Menyembuhkan Luka

xx manfaat madu klanceng

Foto: freepik.com

Madu klanceng juga dipercaya memiliki sifat antiseptik yang baik untuk penyembuhan luka.

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa, madu klanceng digunakan sebagai salep untuk luka bekas operasi atau luka lainnya.

Penelitian tersebut juga menunjukan bahwa sangat ampuh pengobatan luka.

8. Anti Kanker

Beberapa bukti ilmiah menunjukan bahwa madu klanceng merupakan agen antikanker yang sangat baik. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa sifat antioksidan yang ada di dalam madu dapat mencegah pembentuan sel kanker dalam tubuh.

Madu mengandung senywa polifenol dengan efek antikanker. Polifenol, yang juga dikenal dengan sifat antioksidannya, sangat membantu dalam mencegah perkembangbiakan sel kanker di dalam tubuh.

9. Menyembuhkan Penyakit Katarak

xx manfaat madu klanceng

Foto: freepik.com

Madu klanceng juga memiliki manfaat untuk mengobati penyakit mata. Kandungan senyawa polifenol yang terdiri dari flavonoid, asam fenolik, karotenoid, dan vitamin memiliki sifat anti katarak dan sangat bermanfaat untuk kesehatan mata.

Konsumsi madu klanceng dengan rutin Moms bisa terhindar dari penyakit katarak.

Baca Juga: 6 Manfaat Minum Madu Setiap Hari

10. Sebagai Obat Antiperadangan

Manfaat madu klanceng lainnya yang bisa kita rasakan adalah manfaatnya sebagai antiperadangan.

Jenis madu ini mengandung senyawa fenolik yang dapat melawan proses peradangan di dalam tubuh. Fungsi ini mirip dengan reaksi antioksidan yang dapat mencegah terjadinya stres oksidatif yang dapat mengakibatkan munculnya berbagai masalah kesehatan pada tubuh, seperti tumor dan kanker.

Selain dapat dikonsumsi apa adanya, madu klanceng juga dapat dijadikan campuran minuman kesehatan sebagai pengganti gula.

Beberapa produk kesehatan seperti salep (obat oles luar) juga sudah menjadikan madu klanceng sebagai salah satu komposisi pembuatnya.

11. Mengandung Antioksidan

xx manfaat madu klanceng

Foto: freepik.com

Manfaat madu klanceng ini datang dari kandungan hidrogen peroksida, flavonoid, senyawa fenolik, dan peptida antibakterial.

Beberapa penelitian mengungkap bahwa konsumsi madu klanceng dapat menyembuhkan infeksi akibat bakteri E. coli, B. subtilis, P. syringae, M. luteus, B. megaterium, dan B. brevis.

Hidrogen perokside juga merangsang produksi sitokin yang merupakan respon tubuh untuk membunuh bakteri jahat.

Hidrogen peroksida dapat menarik leukosit ke daerah luka serta dapat menstimulasi limfosit B, limfosit T, dan neutrofil untuk melawan bakteri.

Baca Juga: 7+ Cara Mengatasi Batuk pada Anak yang Alami, Salah Satunya dengan Jus Lemon!

Perbedaan Madu Klaneng dan Madu Lainnya

xx manfaat madu klanceng

Foto: freepik.com

Manfaat madu klanceng memang cukup banyak. Tapi selain manfaat madu klanceng, tahukah Moms apa saja perbedaan madu ini dengan madu lainnya? Yuk kita simak.

  • Rasanya lebih asam dibanding madu lainnya

Umumnya, madu memang identik dengan rasa yang manis, tidak dengan madu klanceng. Pada madu ini, Moms akan merasakan sedikit asam karena kadar keasaman madu ini mencapai 3,05-4,55.

Tekstur madu klanceng juga lebih encer dari madu biasa karena kadar airnya lebih banyak, yakni berkisar antara 30-35 persen. Dari segi warnanya, madu klanceng ini memiliki warna yang agak cokelat.

Selain madu, lebah klanceng juga menghasilkan bee pollen dan propolis yang sering diolah menjadi produk kesehatan karena memiliki manfaat bagi manusia.

Bee pollen adalah butiran tepungsari bunga jantan yang merupakan makanan tambahan bagi lebah, sedangkan propolis adalah lem lebah untuk melindungi sarang dari serbuan predator.

  • Harganya lebih mahal

Dari segi harga, madu klanceng berharga lebih mahal dari madu biasa karena memang lebah klanceng tidak menghasilkan madu yang berlimpah, yakni hanya 100-200 ml saja per 3 bulan.

Meskipun demikian, peminat lebah klanceng sangat banyak, lebahnya pun relatif lebih mudah dibudidayakan.

Lebah ini tidak bersifat agresif dalam mempertahankan sarangnya sehingga berisiko kecil menimbulkan cedera pada manusia akibat gigitan lebah.

Baca Juga: 5 Manfaat Serai untuk Kesehatan, Coba Sekarang!

Demikian penjelasan mengenai manfaat madu klanceng untuk tubuh ya Moms. Jangan lupa untuk mencoba madu klenceng di rumah ya Moms.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait