Kesehatan

15 November 2020

Manfaat Masker Green Tea, Efektif Melindungi dari Kanker Kulit

Green tea atau teh hijau sudah populer di dunia kesehatan sebagai salah satu bahan alami yang ampuh untuk menyehatkan tubuh dan mengobati berbagai penyakit.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Green tea atau teh hijau sudah populer di dunia kesehatan sebagai salah satu bahan alami yang ampuh untuk menyehatkan tubuh dan mengobati berbagai penyakit.

Teh hijau dibuat dari tanaman yang disebut Camellia sinensis, yang merupakan tanaman yang sama yang digunakan untuk membuat teh hitam dan oolong. Melansir dari Academy of Nutrition and Dietetics, ritual mengonsumsi green tea sudah ada sejak berabad-abad silam terutama di Asia yakni pada tahun 2737 SM.

Sejak saat itu, green tea mulai populer di kalangan masyarakat dan dikonsumsi dalam jumlah besar. Selain dalam bentuk teh, green tea juga tersedia dalam bentuk kapsul dan suplemen.

Baca Juga: Kulit Kering? Lembapkan dengan Serum yang Mengandung Beauty Green Tea

Green tea tidak mengandung lemak, karbohidrat, atau protein, dan tidak ada kalori. Namun, green tea mengandung senyawa yang disebut katekin, epicatechin, epicatechin-3-gallate, epigallocatechin, dan EGCG.

Katekin ini digunakan untuk melawan kanker, antioksidan, probiotik, dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Sehingga tak heran jika green tea kerap menjadi menu andalan jika ingin menurunkan berat badan.

Selain itu, green tea juga mengandung kalium dan kafein. Dalam satu cangkir green tea, mengandung 25-29 mg kafein. Green tea tak hanya baik untuk kesehatan, ada segudang manfaat lainnya yang bisa Moms dapatkan saat menjadikan green tea sebagai masker wajah.

Manfaat Masker Green Tea untuk Wajah

Tak hanya digunakan untuk meningkatkan fungsi otak maupun menurunkan berat badan, green tea juga punya khasiat yang untuk kesehatan kulit wajah. Karenanya, green tea kerap menjadi bahan utama atau campuran dalam berbagai produk kosmetik, salah satunya masker wajah. Berikut manfaat masker green tea untuk kesehatan kulit wajah.

1. Melindungi dari Kanker Kulit

Manfaat green tea

Foto: Orami Photo Stocks

Green tea mengandung polifenol dan enam jenis katekin, dengan epigallocatechin gallate (EGCG) dan epicatechin gallate (ECG) yang memiliki peran yang besar untuk kesehatan kulit. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan.

Antioksidan adalah molekul yang memiliki kemampuan melawan radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas adalah senyawa yang dapat membahayakan tubuh, kesehatan, dan kulit Anda jika kadarnya terlalu tinggi. Mereka dapat menyebabkan kerusakan sel, dan telah dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk kanker.

Menurut sebuah studi tahun 2010 berjudul Green tea prevents non-melanoma skin cancer by enhancing DNA repair, kekuatan antioksidan EGCG dapat membantu memperbaiki kerusakan DNA yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Selain itu, EGCG dapat membantu melindungi Anda dari kanker kulit non melanoma.

Baca Juga: Green Tea untuk Kesuburan dan Pengaruh Buruknya!

2. Melawan Penuaan Dini

Manfaat Green Tea

Foto: Orami Photo Stocks

Sebuah studi tahun 2003 berjudul Green Tea Linked To Skin Cell Rejuvenation menunjukkan bahwa antioksidan EGCG, yang banyak terkandung dalam green tea, memiliki kemampuan untuk meremajakan sel-sel kulit yang rusak. Dengan melindungi dan memperbaiki sel kulit, antioksidan ini dapat melawan tanda-tanda penuaan dan membuat kulit kusam terlihat lebih sehat.

Vitamin yang terkandung dalam green tea, terutama vitamin B-2, juga dapat membuat kulit tampak lebih awet muda. Vitamin B-2 memiliki kemampuan untuk menjaga kadar kolagen, yang dapat meningkatkan kekencangan kulit lho, Moms.

3. Mengurangi Kemerahan dan Iritasi

Manfaat Green Tea

Foto: Orami Photo Stocks

Green tea memiliki sifat anti-inflamasi dan kandungan polifenol yang tinggi pada green tea.

Sifat anti-inflamasi teh hijau dapat membantu mengurangi iritasi kulit, kemerahan pada kulit, dan pembengkakan. Mengoleskan teh hijau ke kulit Anda juga dapat meredakan luka ringan dan sengatan matahari.

Karena sifat anti-peradangannya, studi berjudul Green tea in dermatology

juga menemukan teh hijau topikal menjadi obat yang efektif untuk banyak kondisi dermatologis. Dapat meredakan iritasi dan gatal yang disebabkan oleh psoriasis, dermatitis, dan rosacea, serta dapat membantu mengobati keloid.

Baca Juga: Ini Aturan yang Benar Minum Teh Hijau Untuk Diet

4. Mengobati Jerawat

Manfaat Green Tea

Foto: Orami Photo Stocks

Apakah Moms memiliki permasalahan kulit berjerawat? Mulai sekarang Moms bisa mencoba masker green tea untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sebab, sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba dalam teh hijau dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk jerawat dan kulit berminyak.

Menurut penelitian berjudul Green Tea and Other Tea Polyphenols: Effects on Sebum Production and Acne Vulgaris polifenol dalam teh hijau, bila dioleskan ke kulit, membantu mengurangi sekresi sebum, yang dapat menyebabkan jerawat.

Polifenol dalam teh hijau juga memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dengan cara merusak membran bakteri. Artinya teh hijau bisa menjadi alat yang bermanfaat untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

5. Melembabkan Kulit

Manfaat Green Tea

Foto: Orami Photo Stocks

Teh hijau mengandung beberapa vitamin, di antaranya vitamin E yang dikenal dengan kemampuannya menutrisi dan melembabkan kulit. Dalam satu studi berjudul The use of green tea extract in cosmetic formulations: not only an antioxidant active ingredient, peserta menerapkan formulasi eksperimental ekstrak teh hijau ke lengan bawah mereka selama 15 dan 30 hari.

Di akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa partisipan mengalami peningkatan kelembaban kulit dan pengurangan kekasaran kulit.

Baca Juga: Bikin Sendiri Ramuan Kecantikan Berbahan Teh Hijau

6. Menenangkan Kulit Terbakar

Manfaat Green Tea

Foto: TribunStyle.com

Kulit yang terbakar karena sinar matahari tentu sangat tidak nyaman ya, Moms. Namun jangan khawatir, dengan green tea, Moms bisa mengurangi nyeri dan menyembuhkan kulit terbakar.

Sebab, green tea mengandung asam tanat dan teobromin yang dapat membantu meredakan nyeri dan menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari. Selai itu, green tea mengandung vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat membantu mengurangi peradangan akibat sengatan sinar matahari.

7. Mengobati Psoriasis

Manfaat Green Tea

Foto: Orami Photo Stocks

Kulit kering dan bersisik bukanlah sesuatu yang ingin ditangani siapa pun, tetapi penelitian menunjukkan bahwa bahan aktif dalam teh hijau memiliki potensi besar untuk melawan gangguan kulit seperti psoriasis.

Sebuah studi tahun 2007 berjudul Green tea polyphenol induces caspase 14 in epidermal keratinocytes via MAPK pathways and reduces psoriasiform lesions in the flaky skin mouse model, menemukan bahwa ekstrak yang terbuat dari teh memiliki kekuatan untuk menghilangkan tanda-tanda penyakit inflamasi pada hewan, dan bukti awal menunjukkan bahwa ekstrak tersebut juga bekerja untuk manusia.

Baca Juga: 7 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Wajah

8. Mengurangi Minyak pada Kulit

Manfaat Green Tea

Foto: Orami Photo Stocks

Kandungan mengecilkan pori-pori Anda dan mengurangi produksi sebum (minyak kulit alami) Anda. Hal ini menyebabkan kulit tidak terlalu berminyak tanpa bahan kimia yang keras di sebagian besar produk komersial.

Satu studi berjudul Outcomes of 3% Green Tea Emulsion on Skin Sebum Production in Male Volunteers, menemukan bahwa menggunakan produk yang hanya mengandung tiga persen ekstrak teh hijau dapat menurunkan produksi sebum hingga 70 persen! Artinya teh hijau merupakan teh terbaik untuk manfaat kulit wajah.

Cara Membuat Masker Green Tea

Untuk merasakan khasiat green tea untuk kesehatan kulit secara langsung, Moms bisa membuat sendiri masker green tea dengan bahan-bahan alami dan tentunya campuran teh hijau. Berikut beberapa cara membuat masker green tea.

1. Masker Green Tea untuk Kulit Berjerawat

Manfaat Green Tea

Foto: Popbela.com

Pertama, ambil daun teh sebanyak segenggam atau dua genggam tangan kemudian basahi dengan air hangat. Kedua, campur daun teh dengan madu atau gel lidah buaya.

Ketiga, Oleskan campuran tersebut di area wajah yang rawan berjerawat. Keempat, Biarkan masker selama 10 hingga 20 menit. Lalu bilas dengan air.

Namun, apabila Moms lebih suka masker wajah dengan tekstur mirip pasta, tambahkan 1/2 sendok teh soda kue ke dalam campuran. Perlu diketahui bahwa soda kue dapat menghilangkan minyak alami pada kulit wajah dan jika tak cocok dapat menyebabkan iritasi kulit.

Selain kedua cara tersebut, Moms juga bisa memasukkan daun teh ke dalam blender atau food processor lalu menghaluskannya hingga menjadi bubuk. Lakukan perawatan dengan masker green tea ini sebanyak dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: 4 Masker Alami Untuk Mengencangkan Kulit Wajah

2. Masker Green Tea untuk Kulit Glowing

Manfaat Green Tea

Foto: Orami Photo Stocks

Kandungan vitamin pada green tea sangat baik untuk mencerahkan kulit. Nah, berikut bahan dan cara membuat masker green tea untuk kulit glowing.

Bahan-bahan

  • 1/2 sdt bubuk matcha green tea
  • 1/2 sdt teh hijau seduh
  • 1/2 sdt bubuk tanah liat bentonit
  • 2 sdt air yang disaring
  • 2-3 tetes minyak esensial pohon teh
  • 1/2 sdt serbuk arang aktif

Cara Membuat Masker Green untuk Kulit Glowing

  1. Campurkan semua bahan-bahan bubuk yakni bubuk tanah liat bentonit dan bubuk green tea.
  2. Tambahkan bahan-bahan cair lainnya yakni minyak pohon teh dan air yang sudah disaring. Kemudian pastikan konsistensinya sesuai dengan yang diinginkan.
  3. Oleskan campuran tersebut ke kulit wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Lalu tunggu selama 15 menit.
  4. Cuci bersih dengan air hangat lalu pakai skin care.

3. Masker Green Tea untuk Mengatasi Bruntusan

Manfaat Green Tea

Foto: Orami Photo Stocks

Green tea memiliki efek yang menenangkan kulit, sehingga ampuh untuk mengusir bruntusan di wajah. Berikut cara membuat masker green tea untuk mengatasi bruntusan.

Bahan-bahan

  • Teh hijau asli
  • Madu
  • Air hangat
  • Wadah kecil
  • Kuas

Cara Membuat Masker Green Tea untuk Mengatasi Bruntusan

  1. Tuang air hangat ke dalam wadah kecil secukupnya.
  2. Masukkan teh hijau ke wadah lalu tambahkan madu murni secukupnya. Tidak disarankan menggunakan madu dengan campuran gula atau rasa-rasa lainnya ya, Moms.
  3. Setelah semua bahan dimasukkan. Langkah berikutnya adalah aduk hingga rata.
  4. Aplikasikan masker menggunakan kuas ke wajah lalu diamkan selama 15-30 menit. Kemudian tunggu masker hingga mengering.
  5. Bilas wajah menggunakan air bersih.

Moms bisa melakukan perawatan masker ini 1-3 kali seminggu untuk hasil yang memuaskan.

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami Ini Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

4. Mengatasi Mata Bengkak dan Lingkaran Hitam pada Mata

Manfaat Green Tea

Foto: Orami Photo Stocks

Jika Moms mengalami pembengkakan di sekitar mata, masker green tea bisa mengatasi permasalahan hal tersebut.

Cara Membuat Masker Green Tea untuk Mengatasi Mata Bengkak

  1. Seduh atau rendam dua kantong teh hijau.
  2. Peras kantong untuk menghilangkan air. Masukkan kantong teh hijau ke dalam lemari es selama 10 hingga 20 menit.
  3. Tutup mata lalu letakkan kantong green tea yang dingin di atas kelopak mata selama 30 menit.

Mengapa green tea bisa meredakan mata bengkak? Karena green tea mengandung kafein, sedangkan kompres dingin akan membantu meredakan bengkak.

Itulah manfaat masker green tea untuk kesehatan wajah. Apakah Moms tertarik untuk mencoba masker green tea?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait