Kesehatan

14 Oktober 2021

8 Manfaat Daun Lompong, Bisa Menangkal Radikal Bebas

Cari tahu manfaatnya, yuk
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Manfaat daun lompong diketahui oleh masyarakat kita sebagai salah satu daun yang banyak digunakan sebagai bahan makanan.

Daun lompong diperkirakan sudah sejak tahun 1950-an. Daun ini banyak dimasak oleh masyarakat Jawa sebagai olahan tumisan, dimasak bersama dengan santan kelapa, hingga dijadikan sebagai pembungkus olahan buntil khas Jawa Tengah.

Tentu saja daun lompong yang digunakan haruslah daun lompong muda sehingga teksturnya jadi lebih empuk dengan rasa yang tidak pahit sehingga banyak disukai.

Baca Juga: Manfaat Daun Kesum yang Jadi Tanaman Khas Kalimantan Barat

Apa Itu Daun Lompong?

Daun Lompong

Foto: shopify.com

Mungkin beberapa di antara Moms masih ada yang belum mengetahui apa itu daun lompong. Kita mungkin lebih mengenal daun lompong dengan nama daun talas.

Daun lompong atau daun talas adalah jenis tanaman yang termasuk dalam kategori umbi-umbian yang berasal dari Asia Tengah dan Asia Tenggara.

Indonesia termasuk salah satu negara yang banyak ditanami tanaman ini. Pasalnya, tanah di Indonesia sangat cocok untuk tumbuhan daun lompong. Jadi Moms juga bisa menanam sendiri tumbuhan daun lompong di pekarangan rumah.

Tanaman bernama ilmiah Colocasia esculenta L ini memiliki bentuk daun seperti perisai yang cukup besar. Tulang daun tidak besar dengan bagian batang daun yang cukup besar. Tinggi dari tanaman ini bisa mencapai 1,5 meter dari atas tanah sehingga termasuk dalam jenis tanaman perdu.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Rambutan, Bisa Menyuburkan Rambut Juga!

Manfaat Daun Lompong untuk Kesehatan Tubuh

Daun Lompong

Foto: pinimg.com

Daun lompong tak hanya bisa dimanfaatkan menjadi olahan makanan saja, tetapi juga bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat daun lompong untuk kesehatan di antaranya adalah:

1. Untuk Menangkal Radikal Bebas

Manfaat daun lompong yang pertama adalah bisa menangkal radikal bebas. Dalam daun lompong terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga bagus untuk Moms konsumsi secara rutin.

Hal ini diperkuat dalam jurnal penelitian yang berjudul Phytochemical Analysis and Antioxidant Activity of Colocasia esculenta (L.) Leaves. Dari penelitian ini ditemukan adanya kandungan antioksidan dalam daun lompong.

Jenis kandungan antioksidan yang ada dalam daun lompong adalah senyawa fenolik dan karetenoid. Keduanya ini mampu melindungi sel dalam tubuh serta memperbaiki sel yang rusak.

Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga bisa melindungi sel-sel vital dalam tubuh dari stres oksidatif. Dengan begitu, penyakit kronis bisa diminimalisir lagi.

Baca Juga: 8 Manfaat Bauksit dalam Kehidupan Manusia

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat daun lompong adalah bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Dalam daun lompong terdapat kandungan vitamin B6 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan imunitas.

Tidak hanya ada kandungan vitamin B saja, tapi dalam daun ini juga ada kandungan vitamin C dalam jumlah yang cukup banyak. Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Melancarkan Sirkulasi Darah

Kandungan vitamin B6 dalam daun lompong juga mampu membantu transportasi oksigen yang ada dalam tubuh. Dengan lancarnya transportasi oksigen, maka sirkulasi darah dalam tubuh juga bisa menjadi lebih lancar.

Selain bisa melancarkan sirkulasi darah, manfaat daun lompong lainnya juga bisa menstabilkan tekanan darah dalam tubuh karena di dalamnya terdapat kandungan zat kalium tinggi.

Dengan lancarnya sirkulasi dan kestabilan darah, maka nutrisi yang didapat oleh dalam tubuh bisa lebih maksimal.

Baca Juga: 10 Manfaat Lempuyang untuk Kesehatan dan Kecantikan, Yuk Disimak!

4. Mencegah Kanker

Manfaat daun lompong lainnya adalah bisa mencegah kanker. Daun lompong yang memiliki kandungan vitamin C, antioksidan, dan anti kanker, ternyata bisa menghambat pertumbuhan tumor penyebab kanker dalam tubuh.

Saat pertumbuhan tumor bisa dihambat, maka perkembangan proliferasi sel kanker dalam tubuh juga bisa diturunkan.

Jenis kanker yang bisa dibantu pencegahannya adalah kanker usus besar dan kanker payudara.

5. Menurunkan Hipertensi

Manfaat daun lompong ternyata juga bisa menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Terdapat kandungan saponin, tanin, karbohidrat, dan flavonoid yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi bisa menjadi salah satu penyebab stroke. Jadi kalau tekanan darah tinggi bisa dikontrol dengan baik, makan risiko sakit stroke bisa menurun.

Baca Juga: 10 Manfaat Minyak Lintah, Bisa untuk Hilangkan Jerawat

6. Mencegah Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes juga dibantu untuk dicegah dengan cara rutin mengonsumsi daun lompong.

Manfaat daun lompong untuk mencegah penyakit diabetes adalah Menurut salah satu jurnal yang berjudul Uji Esktrak Etanol Daun Talas (Colocasia Esculenta L), dijelaskan kalau salah satu kandungan dalam daun lompong bisa mencegah naiknya gula darah dalam tubuh.

7. Mencegah Anemia

Ada satu kandungan dalam daun lompong yang bisa bermanfaat dalam kesehatan, yakni zat besi. Kandungan zat besi dalam daun lompong yang sangat tinggi ini bisa membantu Moms mencegah penyakit anemia.

Zat besi adalah salah satu mineral yang sangat penting dalam membantu perkembangan sel darah merah dalam tubuh. Zat besi juga diperlukan untuk mengangkut dan mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.

Baca Juga: Daun Sente: Fakta, Manfaat, dan Efek Sampingnya

8. Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat daun lompong yang terakhir adalah bisa mengatasi masalah pencernaan. Daun lompong ini punya kandungan serat yang sangat kaya sehingga bagus dikonsumsi karena bisa membantu sistem pencernaan berfungsi dengan lebih baik.

Daun lompong juga bisa membantu pertumbuhan bakteri mikroba baik seperti escherichia coli dan lactobacillus acidophilus yang berada di dalam usus.

Dengan pertumbuhan bakteri baik dalam usus, maka beragam masalah pencernaan seperti susah BAB hingga radang usus bisa dihindari.

Sistem pencernaan yang terjaga dengan baik juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh karena nutrisi dari makanan yang masuk dalam tubuh akan diserap dengan baik oleh tubuh.

Ada banyak manfaat daun lompong yang bisa Moms dapatkan bukan? Jadi, apakah Moms tertarik untuk mengonsumsi tanaman ini?

  • https://www.healthline.com/nutrition/taro-leaves#bottom-line
  • http://jurnalmadani.com/mobile/detailberita/2954/2020/06/22/manfaat-daun-talas-dan-cara-mengolahnya-jadi-obat-kesehatan
  • https://www.briliofood.net/foodpedia/20manfaat-daun-talas-untuk-kesehatan-menjaga-keindahan-kulit-1907301.html
  • https://bungabunga.co.id/daun-lompong/
  • https://www.atmago.com/berita-warga/manfaat-tanaman-lompong-atau-daun-talas-untuk-kesehatan-kita_0cfa8b5c-2c21-4056-8ead-8e98e8cda3ac
  • https://nilaigizi.com/gizi/detailproduk/434/Daun-lompong-talas,-segar
  • http://blokbojonegoro.com/2019/11/19/siapa-yang-tahu-lompong-punya-khasiat-menurunkan-tekanan-darah/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait