Kesehatan

13 April 2021

19 Manfaat Sauna untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Tingkatkan Kebahagiaan!

Sauna memiliki beragam manfaat yang baik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Salah satu cara yang bisa dicoba untuk merelaksasi tubuh adalah dengan pergi ke sauna. Kita bisa menikmati aktivitas mandi uap atau pemanasan tubuh agar badan lebih rileks.

Ternyata, sauna telah dipopulerkan Bangsa Maya dari 3.000 tahun yang lalu, menurut Harvard Health Publications. Setelahnya, hal tersebut diadaptasi beragam bangsa dan negara.

Ruangan tempat sauna biasanya memiliki suhu antara 70 hingga 100° Celcius atau 158 ° hingga 212 ° Fahrenheit.

Penggunaan sauna dapat meningkatkan suhu kulit sekitar 40 ° Celcius atau 104 ° Fahrenheit.

Saat suhu kulit naik, keringat juga banyak diproduksi. Denyut jantung naik ketika tubuh berusaha untuk tetap dingin.

Jenis-jenis Sauna

jenis sauna

Foto: Orami Photo Stock

Ada beberapa jenis sauna, berdasarkan cara penghangat ruangan.

  • Pembakaran kayu: Kayu digunakan untuk memanaskan ruangan dan batu. metode pembakaran kayu biasanya memiliki kelembapan rendah dan suhu tinggi.
  • Dipanaskan dengan listrik: Sama seperti dengan pembakaran kayu, sauna yang dipanaskan dengan listrik memiliki suhu tinggi dan kelembapan rendah. Pemanas listrik, dipasang ke lantai, memanaskan ruangan.
  • Ruang inframerah: Sauna inframerah-jauh (FIRS) berbeda dengan pembakaran kayu dan pemanas listrik. Lampu khusus menggunakan gelombang cahaya untuk menghangatkan tubuh seseorang, bukan seluruh ruangan. Suhu biasanya lebih rendah daripada metode lain, tetapi orang tersebut berkeringat dengan cara yang sama. Biasanya, sauna inframerah bersuhu sekitar 60 ° Celcius.
  • Ruang uap: Ini berbeda dari sauna. Alih-alih panas kering, ruang uap melibatkan kelembapan tinggi dan panas lembab.

Manfaat Sauna untuk Kesehatan Tubuh

Lalu, adakah manfaat dari sauna untuk kesehatan tubuh kita? Ternyata ada, lho Moms dan Dads!

Ini dia beberapa manfaat yang bisa tubuh Moms rasakan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Scrub di Bawah 50 Ribu Untuk Bikin Wajah Mulus

1. Menurunkan Risiko Kematian

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan secara online oleh JAMA Internal Medicine, orang-orang yang duduk di sauna setidaknya seminggu sekali bisa menurunkan risiko kematian akibat sebab apapun sebesar 22 persen!

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

XX-Kelainan-Jantung-Bawaan-Pada-Bayi,-Moms-Sudah-Tahu--Hero.jpg

Foto: Orami Foto Stock

Studi yang dilakukan di Finlandia, diikuti 2.315 pria berusia 42 hingga 60 tahun selama 20 tahun menunjukkan bahwa orang yang menggunakan sauna mungkin memiliki risiko kematian lebih rendah akibat penyakit kardiovaskular.

Walau begitu, bagi penderita penyakit jantung harus memeriksakan diri ke dokter dan mendapatkan rekomendasi sebelum menggunakan cara ini ya Moms.

3. Membuat Perasaan Lebih Bahagia

Depresi dan stres adalah penyakit mental yang paling umum, namun masih belum ada "obat" untuk itu.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Psychosomatic Medicine, pasien dengan depresi ringan hingga sedang akan mengalami peningkatan kesehatan mental yang signifikan setelah duduk di sauna selama 15 menit sehari, 5 hari seminggu.

Baca Juga: Manfaat Pijat Bayi Baru Lahir dan Waktu yang Tepat untuk Melakukannya

4. Mengurangi Asma

Manfaat sauna untuk kesehatan tubuh - mengurangi asma (shutterstock).jpg

Foto: Orami Foto Stock

Sauna dapat membantu membuka saluran udara, mengendurkan dahak, dan mengurangi stres. Sehingga, penderita asma setidaknya merasa terbebas dari beberapa gejala asma setelah menggunakan metode pemandian ini.

5. Membuat Nafsu Makan Menjadi Normal

Sauna dapat membantu mengatur nafsu makan kita menjadi normal, menurut penelitian di Psychosomatic Medicine.

Para peneliti melihat kadar ghrelin, hormon yang berhubungan dengan nafsu makan, yang berada di tubuh kita mencapai kisaran normal selama sauna berlangsung.

6. Mengeluarkan Racun

Makanan sehat untuk kulit wajah pria.png

Foto: Orami Foto Stock

Panasnya sauna membuat suhu tubuh naik serta pembuluh darah membesar yang menyebabkan aliran darah meningkat.

Saat panas dari darah mulai bergerak ke permukaan kulit, sistem saraf tubuh mulai mengirimkan sinyal ke jutaan kelenjar keringat yang menutupi tubuh manusia. Saat kelenjar keringat dirangsang, mereka menghasilkan keringat.

Berkeringat karena pemandian ini dapat membantu mengurangi kadar tembaga, seng, nikel, merkuri, dan bahan kimia.

7. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur yang lebih nyenyak dapat dihasilkan dari penggunaan sauna.

Cara ini dapat melepas endorfin dari tubuh. Penurunan endorfin yang lambat dan menenangkan ini adalah kunci tidur menjadi nyenyak.

8. Membersihkan Kulit

7 Rekomendasi Sabun Pemutih Badan untuk Bikin Kulit Cerah dan Mulus

Foto: Orami Foto Stock

Sauna merupakan salah satu strategi kecantikan dalam hal membersihkan kulit.

Ketika tubuh mulai memproduksi keringat, kulit akan terasa bersih dan sel-sel kulit mati diganti menjadi kondisi yang lebih baik.

Berkeringat membilas bakteri keluar dari lapisan epidermis dan saluran keringat. Membersihkan pori-pori telah terbukti meningkatkan sirkulasi kapiler, sekaligus memberikan kualitas kulit yang tampak lebih lembut.

Baca Juga: 3 Alasan Ibu Hamil Mengelus Perutnya, Bisa Membuat Rileks Juga

9. Membakar Kalori

Proses berkeringat saat sauna membutuhkan energi yang cukup besar. Energi tersebut diperoleh dari konversi lemak dan karbohidrat dalam proses tubuh yang membakar kalori.

Tubuh mengkonsumsi kalori karena adanya percepatan aktivitas jantung.

Saat aktivitas jantung meningkat dan membutuhkan lebih banyak oksigen, tubuh mulai mengubah lebih banyak kalori menjadi energi yang dapat digunakan.

10. Menurunkan Berat Badan

Kenapa Berat Badan Naik saat Haid?

Foto: Orami Foto Stock

Sauna adalah cara yang bagus untuk menurunkan berat badan. Selama mandi, detak jantung meningkat secara substansial karena panas.

Kalibrasi ilmiah menunjukkan bahwa sesi 20 menit pada suhu sekitar 170 derajat Fahrenheit membakar lebih dari 500 kalori.

Metabolisme tubuh bertambah cepat seperti halnya latihan fisik dan merupakan metode yang bagus untuk menjaga berat badan.

11. Meningkatkan Kinerja Selama Olahraga Ketahanan

Tubuh memiliki tingkat toleransi panas tertentu. Melakukan sauna secara teratur meningkatkan ambang toleransi panas.

Hal ini mengarah pada peningkatan yang signifikan dalam olahraga ketahanan karena biasa memiliki tingkat toleransi panas yang lebih tinggi sehingga merasa lebih sedikit kelelahan dan dapat mempertahankan tingkat energi dalam jangka waktu yang lama serta meningkatkan kinerja.

12. Rambut Terlihat Bagus

cara-merawat-rambut.jpg

Foto: Orami Foto Stock

Tubuh manusia memiliki kelenjar khusus yang disebut kelenjar sebaceous di kulit kepala.

Menghabiskan waktu di sauna mengaktifkan kelenjar sebaceous sehingga membantu membuat rambut terlihat bagus.

Baca Juga: 10 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

13. Membantu Memulihkan Diri Setelah Olahraga

Saat ini, banyak gym memiliki sauna, yang merupakan cara yang sangat efektif untuk pulih dari olahraga.

Limbah metabolisme dihilangkan saat berkeringat melakukan pemandian ini. Aliran darah ke otot yang lelah dan tegang meningkat melalui sauna, membantu mereka pulih dengan cepat dan merasa rileks lebih cepat.

14. Terlihat Lebih Muda

Wajah Berminyak Bikin Awet Muda, Mitos atau Fakta-1.jpg

Foto: Orami Foto Stock

Sauna adalah cara yang bagus untuk melatih kulit.

Seiring bertambahnya usia, lebih banyak sel mati menumpuk di pori-pori kulit karena kulit menjadi kurang elastis.

Beberapa sesi bisa meningkatkan aliran darah ke kulit yang membantu pertumbuhan kulit baru dan juga menghilangkan semua sel mati yang menumpuk sebelumnya.

Minyak yang merupakan pelembap alami dan antibiotik yang ada di kulit dimobilisasi melalui sauna. Ini membantu Moms untuk terlihat lebih muda secara signifikan.

15. Membantu Menenangkan Kondisi Kronis

Mandi sauna telah dikaitkan dengan peningkatan rasa sakit dan gejala yang terkait dengan gangguan muskuloskeletal seperti osteoarthritis, rheumatoid arthritis, dan fibromyalgia.

Cara ini juga dapat mengurangi tingkat peradangan dalam darah. Dalam beberapa kondisi nyeri kronis, peradangan menjadi tidak teratur sehingga menyebabkan rasa sakit dan kelelahan yang serius, dan metode pemandian ini tampaknya mengurangi penanda tersebut.

Namun, ini bukan penyembuhan ya Moms hanya penangguhan sementara.

16. Melindungi Paru-paru

Apakah Kanker Paru-Paru Non-Perokok Beda dengan Perokok Ini Penjelasannya!.jpg

Foto: Orami Foto Stock

Sauna dapat meningkatkan fungsi paru-paru, bahkan jika Moms menderita asma atau masalah pernapasan kronis, dan mengurangi risiko terkena flu atau pneumonia.

17. Merilekskan Aliran Darah

Arteri yang kaku dan tegang meningkatkan risiko masalah kardiovaskular dan berbagai penyakit.

Semakin kaku arteri kemungkinan Moms mengalami serangan jantung atau menderita semacam bypass.

Sauna selama setengah jam dipercaya dapat merelaksasi arteri dan meningkatkan kesehatan jantung yang baik.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang Harus Moms Ketahui

18. Aliran Darah Lancar

Sauna dapat mengalir ke seluruh tubuh, termasuk ke otak.

Aliran darah yang lancar sangat responsif terhadap tekanan dan juga meningkatkan detak jantung.

19. Mengurangi Tekanan Darah

Tekanan Darah Normal secara Umum.jpg

Foto: Orami Foto Stock

Sauna selama setengah jam dapat mengurangi risiko penyakit pembuluh darah, seperti tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, dan penyakit neuro-kognitif

Nah, Moms, itulah manfaat sauna untuk kesehatan. Mana yang paling Moms rasakan selama ini?

  • https://www.finnleo.com/pages/health-and-wellness
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/313109
  • https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/8-unexpected-benefits-sauna-that-will-impress-you.html
  • https://www.bustle.com/p/7-health-benefits-of-saunas-you-probably-didnt-know-about-9987543
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait