Tren

2 Juli 2021

5+ Manfaat Wheatgrass untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Berat Badan!

Wheatgrass juga kaya nutrisi dan antioksidan lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Jadi pusat perhatian dalam dunia kesehatan yang mengusung tema alami, wheatgrass kini menjadi idola di mana-mana mulai dari bar jus hingga toko makanan kesehatan. Wheatgrass dibuat dari daun tanaman gandum biasa yang baru berkecambah, Triticum aestivum. Siapa sangkan ada banyak manfaat wheatgrass untuk kesehatan.

Dilansir dari webmd, wheatgrass tumbuh di daerah beriklim sedang di seluruh Eropa dan Amerika Serikat dan dapat hidup di dalam atau di luar ruangan. Banyak orang menanam wheatgrass sendiri dengan memasukkan biji gandum ke dalam air dan kemudian memanen daunnya. Namun, bisa juga dibeli dalam bentuk jus, bubuk, maupun suplemen.

Beberapa mengklaim itu dapat melakukan segalanya mulai dari detoksifikasi hati hingga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Namun, banyak manfaat wheatgrass yang diklaim belum dibuktikan atau dipelajari.

Manfaat Wheatgrass untuk Kesehatan

Daripada penasaran berikut ini beberapa manfaat wheatgrass:

1. Tinggi Nutrisi dan Antioksidan

Manfaat wheatgrass Tinggi Nutrisi dan Antioksidan

Foto: website/freepik

Wheatgrass adalah sumber yang sangat baik dari berbagai vitamin dan mineral. Ini sangat tinggi vitamin A, C dan E, serta zat besi, magnesium, kalsium dan asam amino.

Dari 17 asam amino, delapan dianggap esensial, artinya tubuh Moms dan Dads tidak dapat memproduksinya dan Anda harus mendapatkannya dari sumber. Seperti semua tanaman hijau, wheatgrass juga mengandung klorofil, sejenis pigmen tanaman hijau yang dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan.

Manfaat wheatgrass juga mengandung beberapa antioksidan penting, termasuk glutathione dan vitamin C dan E berdasarkan sumber Mini Reviews in medicinal chemistry.

Antioksidan adalah senyawa yang melawan radikal bebas untuk mencegah kerusakan sel dan mengurangi stress oksidatif. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa antioksidan dapat membantu melindungi terhadap kondisi tertentu, seperti penyakit jantung, kanker, radang sendi, dan penyakit neurodegeneratif.

Dalam satu penelitian, wheatgrass menurunkan stres oksidatif dan meningkatkan kadar kolesterol pada kelinci yang diberi diet tinggi lemak.

Selain itu, satu penelitian dari Methods and finding in experimental and clinical pharmacology, mengungkap suplementasi dengan wheatgrass meningkatkan kadar antioksidan glutathione dan vitamin C .

Mengingat bahwa penelitian tentang wheatgrass terbatas pada penelitian tabung dan hewan, diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan bagaimana antioksidannya dapat mempengaruhi manusia.

Baca Juga: 11+ Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan, Luar Biasa!

2. Dapat Mengurangi Kolesterol

Manfaat Wheatgrass Dapat Mengurangi Kolesterol

Foto: website/freepik

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan di seluruh tubuh. Meskipun Moms dan Dads membutuhkan kolesterol untuk membuat hormon dan menghasilkan empedu, terlalu banyak kolesterol dalam darah dapat menghalangi aliran darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian pada hewan telah menemukan bahwa manfaat wheatgrass dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Dalam sebuah penelitian Acta Poloniae Pharmaceutica, tikus dengan kolesterol tinggi diberi jus wheatgrass. Mereka mengalami penurunan kadar kolesterol total, kolesterol LDL "jahat", dan trigliserida.

Menariknya, efek wheatgrass mirip dengan atorvastatin, obat resep yang biasa digunakan untuk mengobati kolesterol darah tinggi.

Studi lain melihat efeknya pada kelinci yang diberi diet tinggi lemak. Setelah 10 minggu, melengkapi dengan wheatgrass membantu menurunkan kolesterol total dan meningkatkan kolesterol HDL "baik", dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Terlepas dari hasil yang menjanjikan ini, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana suplemen wheatgrass dapat mempengaruhi kadar kolesterol pada manusia.

Baca Juga:Cari Tahu Manfaat Gandum untuk Kesehatan Tubuh, Cocok untuk Menu Diet

3. Dapat Membantu Membunuh Sel Kanker

Manfaat wheatgrass Dapat Membantu Membunuh Sel Kanker

Foto: website/freepik

Berkat kandungan antioksidannya yang tinggi, beberapa penelitian tabung reaksi menemukan bahwa wheatgrass dapat membantu membunuh sel kanker.

Menurut satu penelitian tabung reaksi, ekstrak wheatgrass menurunkan penyebaran sel kanker mulut sebesar 41 persen.

Dalam penelitian tabung reaksi lainnya, wheatgrass menyebabkan kematian sel dan mengurangi jumlah sel leukemia hingga 65 persen dalam tiga hari pengobatan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jus wheatgrass juga dapat membantu, bila dikombinasikan dengan pengobatan kanker tradisional, meminimalkan efek samping.

Satu studi menemukan bahwa jus wheatgrass menurunkan risiko gangguan fungsi sumsum tulang, komplikasi umum kemoterapi, pada 60 orang dengan kanker payudara.

Namun, masih belum ada bukti tentang potensi efek anti kanker dari wheatgrass pada manusia. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami bagaimana hal itu dapat berdampak pada perkembangan kanker pada manusia.

4. Dapat Membantu dalam Regulasi Gula Darah

Dapat Membantu dalam Regulasi Gula Darah

Foto: website/freepik

Gula darah tinggi dapat menyebabkan beragam gejala, termasuk sakit kepala, haus, sering buang air kecil, dan kelelahan.

Seiring waktu, gula darah tinggi dapat menimbulkan konsekuensi serius seperti kerusakan saraf, infeksi kulit, dan masalah penglihatan.

Beberapa penelitian pada hewan telah menemukan bahwa wheatgrass dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Dalam sebuah penelitian, memberikan wheatgrass kepada tikus diabetes memodifikasi kadar enzim tertentu yang membantu menurunkan kadar gula darah. Studi lain dalam advance pharmacology science, menemukan bahwa mengobati tikus diabetes dengan ekstrak wheatgrass selama 30 hari menghasilkan penurunan kadar gula darah secara signifikan.

Penelitian tentang efek wheatgrass pada gula darah terbatas pada hewan. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami bagaimana hal itu dapat memengaruhi gula darah pada manusia.

5. Dapat Meredakan Peradangan

Dapat Meredakan Peradangan

Foto: website/freepik

Peradangan adalah respons normal yang dipicu oleh sistem kekebalan untuk melindungi tubuh dari cedera dan infeksi.

Namun, peradangan kronis diyakini berkontribusi pada kondisi seperti kanker, penyakit jantung, dan gangguan autoimun.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wheatgrass dan komponennya dapat membantu mengurangi peradangan.

Satu studi kecil pada 23 orang melihat efek jus wheatgrass pada kolitis ulserativa, penyakit yang ditandai dengan peradangan di usus besar. Minum hanya di bawah 1/2 cangkir (100 ml) jus wheatgrass selama satu bulan mengurangi keparahan penyakit dan pendarahan dubur pada pasien dengan kolitis ulserativa.

Manfaat wheatgrass juga kaya akan klorofil, pigmen tanaman dengan sifat anti-inflamasi yang kuat. Satu studi tabung reaksi menunjukkan bahwa klorofil menghambat aktivitas protein tertentu yang memicu peradangan.

Selanjutnya, penelitian tabung reaksi lain menemukan bahwa senyawa dalam klorofil mengurangi peradangan pada sel yang diekstraksi dari arteri. Sebagian besar penelitian difokuskan pada senyawa tertentu dalam wheatgrass atau efek wheatgrass pada kondisi tertentu. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengukur potensi efek anti-inflamasinya pada populasi umum.

6. Bisa Membantu Penurunan Berat Badan

Bisa Membantu Penurunan Berat Badan

Foto: website/freepik

Banyak orang sudah mulai menambahkan jus wheatgrass ke dalam makanan mereka sebagai cara cepat dan nyaman untuk meningkatkan penurunan berat badan. Apakah Moms dan Dads tertarik?

Manfaat wheatgrass mengandung thylakoids, yaitu kompartemen kecil yang ditemukan pada tumbuhan yang mengandung klorofil dan menyerap sinar matahari untuk fotosintesis.

Meskipun tidak ada bukti bahwa wheatgrass itu sendiri dapat meningkatkan penurunan berat badan, beberapa penelitian menemukan bahwa melengkapi dengan tilakoid dapat meningkatkan rasa kenyang dan meningkatkan penurunan berat badan.

Dalam satu penelitian kecil dari Appetite, melengkapi makanan tinggi karbohidrat dengan tilakoid meningkatkan perasaan kenyang, dibandingkan dengan placebo. Demikian pula, sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa melengkapi dengan tilakoid meningkatkan rasa kenyang dengan memperlambat pengosongan perut dan meningkatkan pelepasan hormon yang mengurangi rasa lapar.

Studi lain di Phytotherapy Research, menemukan bahwa pemberian tilakoid pada tikus dengan diet tinggi lemak mengakibatkan penurunan asupan makanan dan berat badan, dibandingkan dengan kelompok kontrol. Namun, perlu diingat bahwa tilakoid juga dapat ditemukan di banyak sumber makanan lain, termasuk sayuran hijau dan sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan selada.

Terlebih lagi, penelitian ini menggunakan konsentrasi tilakoid yang jauh lebih besar daripada konsentrasi yang biasanya ditemukan pada wheatgrass.

Juga tidak ada penelitian tentang efek wheatgrass pada penurunan berat badan secara khusus. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat pengaruhnya terhadap penurunan berat badan pada manusia.

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Yoghurt Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Untuk mendapatkan manfaat wheatgrass secara maksimal, cobalah mengonsumsi satu porsi wheatgrass setiap hari atau dua hari sekali. Perhatikan setiap perubahan pada tubuh Moms dan Dads. Kalian mungkin ingin membuat catatan di akhir setiap hari untuk membantu memetakan saat Anda mengalami efek samping atau saat melihat dampak lain, seperti peningkatan energi.

Penting untuk menemukan dosis dan waktu yang sesuai untuk kalian. Trial and error dapat membantu memutuskan apakah lebih baik dikonsumsi saat perut kosong atau setelah makan.

Jika Anda menggunakan wheatgrass untuk masalah kesehatan tertentu, lihat perubahan gaya hidup lain yang dapat membantu lebih lanjut dalam meningkatkan kesehatan. Dokter mungkin juga dapat merekomendasikan perubahan tertentu dalam diet atau rutinitas.

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19548286/ - Phytotherapy Research
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23632035/ - Appetite
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26156538/ - Mini Rev Medical
  • https://www.healthline.com/nutrition/wheatgrass-benefits#TOC_TITLE_HDR_7
  • https://www.healthline.com/health/food-nutrition/wheatgrass-benefits#bloodpressure https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20508870/ - Methods Find Pharmacology
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21485304/ - Acta Poloniae
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17571966/ - Nutrition and Cancer
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3876669/ - Advance Pharmacology Science
  • https://www.webmd.com/food-recipes/wheatgrass
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/320210
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/wheatgrass/faq-20058018
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait