Parenting

PARENTING
8 Maret 2021

Pentingnya Me-Time untuk Kebahagiaan Moms

Me-time membantu kurangi stres sebagai seorang ibu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Dalam menjalani kehidupan sebagai ibu, baik itu sebagai ibu bekerja atau ibu rumah tangga, Moms telah melakukan banyak kegiatan. Mulai dari mengurus anak, memenuhi kebutuhan suami, juga mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Tentunya, dengan segala rutinitas ini dapat membuat Moms merasa lelah. Karena itu penting bagi Moms agar sesekali melakukan me-time di tengah kesibukan.

Baca Juga: 5 Cara Ryana Dea Meluangkan Waktu untuk Quality Time bersama Keluarga

Pentingnya Me-Time Agar Ibu Bahagia

me-time.jpg

Foto: mnn.com

Menurut psikolog Rena Masri, S.Psi, M.Si, Psikolog, melakukan me-time itu penting sebagai cara untuk mengelola stres sehingga membuat ibu jadi lebih bahagia.

"Me-time dapat membantu untuk mengelola stres sehingga bisa memperbaiki perasaan dan membuat ibu lebih nyaman dan bahagia. Jika ibu bahagia, ia akan merasa lebih nyaman, santai, tidak stres dan tertekan. Sehingga, muncul perasaan bahagia dan nyaman," jelas Rena.

Lebih lanjut Rena menjelaskan, bahwa ibu bahagia adalah ibu yang merasa nyaman dan tidak tertekan, tidak emosional, serta bisa berpikir secara positif.

"Sehingga, ibu yang bahagia bisa mengurus anak dengan lebih baik, hubungan dengan suami dan anak juga menjadi lebih baik, dan yang terpenting, ibu merasa senang," lanjutnya.

Baca Juga: Moms Ingin Punya Me-Time? Apakah Terlalu Egois? Tidak Sama Sekali

Dampak Tidak Melakukan Me-Time

me-time-3.jpg

Foto: ariseministries.net

Jika Moms jarang atau sudah terlalu lama tidak melakukan me-time, bukan tidak mungkin akan memengaruhi emosi yang bisa berdampak pada hubungan keluarga, baik dengan suami dan anak.

"Jika sudah lama tidak melakukan me-time, seorang ibu bisa menjadi stres dan tertekan, kestabilan emosi mudah terganggu sehingga menjadi mudah marah, sedih, capek atau lelah," terang Rena.

Bila hubungan dengan suami dan anak terganggu karena perasaan stres ini, seorang ibu dapat memiliki perasaan tidak dihargai, tidak disayangi, terlalu lelah, stres dan tertekan.

Ketika perasaan negatif ini tidak dikelola lebih lanjut, bisa memunculkan gangguan-gangguan, atau keluhan psikologis yang lebih berat.

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Ibu Rumah Tangga dan Ibu Bekerja Sama-sama Rentan Stres Berkepanjangan

Cara Membagi Waktu Me-Time dan Mengurus Anak

me-time-2.jpg

Foto: medium.com

Menurut Rena, sebaiknya cari tahu dahulu jenis hobi atau kegiatan favorit yang dapat membuat Moms merasa lebih nyaman ketika melakukannya. Selain itu, aktivitas me-time ini bisa disesuaikan dengan usia Si Kecil.

"Kalau usia anak masih kecil dan belum bisa ditinggal di rumah, coba cari aktivitas yang bisa dilakukan di rumah. Misalnya, membuat kue dengan menggunakan tutorial lewat ponsel," jelas Rena.

Namun, jika Si Kecil sudah cukup besar, Moms dapat me-time dengan memanfaatkan waktu saat anak berada di sekolah, misalnya dengan bersosialisasi dan berkumpul dengan teman-teman.

"Saat anak sekolah, kita bisa memanfaatkan waktu seperti relaksasi, ke salon dan melakukan creambath, atau sekadar berkumpul dengan teman-teman lama untuk mengobrol, sharing," ungkap Rena.

Sehingga, contoh kegiatan me-time di atas dapat membuat Moms menjadi lebih nyaman dan mengurangi stres karena rutinitas harian yang padat sebagai seorang ibu.

Dalam rangka selebrasi Women's Day, Moms bisa melakukan me-time sambil shopping di Orami, lho!

Dapatkan berbagai potongan sampai dengan Rp50.000 selama bulan Maret 2021, Flash Deal setiap Senin pukul 10.00-18.00, dan Bundling Super Pack dari 8-31 Maret 2021!

Moms bisa berbelanja kebutuhan Moms dan Si Kecil dengan harga miring. Jangan lewatkan promo Women's Day ini ya, selamat berbelanja Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait