Scroll untuk melanjutkan membaca

10 Jenis Olahraga Saat Puasa Ramadan dan Waktu Terbaik yang Dianjurkan

Jaga tubuh tetap aktif dan sehat ya, Moms!
10 Jenis Olahraga Saat Puasa Ramadan dan Waktu Terbaik yang Dianjurkan

Tak terasa bulan Ramadan akan kita sambut lagi di tahun 2022 ini. Namun, ini jangan jadi alasan untuk melewatkan olahraga saat puasa ya, Moms!

Rutinitas makan dan tidur akan berubah saat berpuasa di bulan Ramadan.

Moms mungkin juga memanfaatkan waktu ini untuk membentuk pola hidup sehat. Nah, melakukan olahraga di bulan puasa terbilang aman dan boleh dijalani, lho.

Meski begitu, hanya beberapa olahraga saja yang dianjurkan, Moms.

Waktu Terbaik Olahraga Saat Puasa

Cara Berolahraga dengan Aman Saat Puasa.jpeg

Foto: Cara Berolahraga dengan Aman Saat Puasa.jpeg (https://huffingtonpost.com/)

Foto: Orami Photo Stocks

Perlu diingat, dalam Asian Journal of Sports Medicine menjelaskan kalau puasa Ramadan tidak bisa dianggap sebagai sebuah diet yang berbeda.

Alasannya karena pola dan jadwal makan, minum, dan tidur akan berubah.

Untuk puasa yang sehat, Moms tidak hanya memerhatikan asupan makanan dan minuman saat sahur dan berbuka.

Moms perlu menggerakkan tubuh dengan melakukan berbagai jenis olahraga saat puasa.

Melansir HealthXChange, waktu terbaik olahraga saat puasa yakni seperti berikut:

  • Pagi hari setelah matahari terbit atau setelah sahur
  • Sore hari sebelum buka puasa
  • Sore hari setelah buka puasa

Keuntungan olahraga setelah sahur yaitu energi tubuh sedang tinggi-tingginya untuk bergerak.

Sementara itu, ada sebagian orang yang memilih olahraga mendekati buka puasa agar dapat langsung makan dan minum.

Baca Juga: Tata Cara dan Niat Puasa Ayyamul Bidh, Puasa Sunnah Tengah Bulan dengan Pahala Setara Setahun Puasa

Jenis Olahraga Saat Puasa Ramadan

Tidak ada yang salah bila Moms ingin berolahraga di bulan Ramadan. Mengingat banyak manfaat yang dapat diperoleh saat melakukannya.

Berikut ini beberapa rekomendasi jenis olahraga saat puasa Ramadan yang bisa dilakukan. Selamat mencoba, Moms!

1. Yoga

olahraga saat puasa yoga.jpg

Foto: olahraga saat puasa yoga.jpg (yogadailytips.com)

Foto: Orami Photo Stocks

Penting untuk memerhatikan bentuk latihan fisik sehingga tidak membuat tubuh dehidrasi sebelum waktu berbuka tiba.

Salah satu olahraga saat puasa yang direkomendasikan adalah yoga.

Ketika berpuasa, tentu kekuatan kita tidak seperti biasanya. Moms bisa memilih berbagai gerakan yoga yang ringan dan tidak berlebihan.

Gerakan yoga untuk pemula biasanya cukup mudah untuk dijalani.

2. Jalan Cepat

jenis_olahraga_saat_puasa-1.width-800.jpg

Foto: jenis_olahraga_saat_puasa-1.width-800.jpg (Orami Photo Stock)

Foto: goodhousekeeping.com

Karena lari jadi sesuatu yang melelahkan, maka sebaiknya lakukan olahraga jalan cepat sebagai gantinya.

Jalan cepat memiliki ragam manfaat untuk tubuh juga lho, Moms. Mengutip Mayo Clinic, beberapa manfaat dari olahraga jalan cepat yaitu:

  • Mempertahankan berat badan yang sehat
  • Mencegah atau membantu mengelola penyakit jantung
  • Memperkuat tulang dan otot
  • Meningkatkan suasana hati
  • Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh

Sebelum jalan cepat, Moms bisa melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan berjalan perlahan.

Lakukan selama 5-10 menit untuk memanaskan otot dan mempersiapkan tubuh untuk berolahraga.

Baca Juga: Si Kecil Malas Bergerak? Ini 5 Tips Agar Anak Suka Olahraga

3. Naik Turun Tangga

Olahraga saat Puasa.jpg

Foto: Olahraga saat Puasa.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Pernahkah merasa lelah akibat naik turun tangga? Ini menjadi alternatif olahraga saat puasa lainnya, lho.

Gerakan sederhana ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, seperti:

Karena sedang dalam keadaan puasa, aturlah intensitas olahraga ini dengan kekuatan masing-masing.

4. Push Up

manfaat-push-up.jpg

Foto: manfaat-push-up.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Manfaat push up untuk tubuh tak perlu diragukan lagi. Gerakan olahraga saat puasa ini juga bisa jadi inspirasi.

Rasakan otot pada perut yang lebih kencang ketika rutin menerapkan olahraga ini.

Bahkan tak memerlukan alat olahraga tertentu, hanya beralas lantai saja bisa langsung dipraktikkan, lho.

Waktu terbaik untuk melakukan gerakan olahraga saat puasa ini bisa di pagi hari setelah sahur.

5. Jogging Lambat

Jogging

Foto: Jogging

Foto: Orami Photo Stock

Ragu ingin berlari atau jogging untuk membakar kalori di saat puasa? Sebaiknya, lakukan jalan lambat atau dikenal slow jogging.

Jogging lambat dapat mengurangi risiko timbulnya penyakit, seperti:

  • Diabetes
  • Kegemukan
  • Aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah karena penumpukan plak)

Baca Juga: Berikut 18 Arti Mimpi Berenang, Mulai dari Lokasi hingga Cara!

Saat melakukan jogging lambat, Moms dapat membakar lebih banyak kalori daripada berjalan biasa.

Berjalan lambat sekitar 3-5 kilometer membakar sekitar 200-300 kkal.

6. Sit Up

olahraga-saat-puasa-sit-up.jpg

Foto: olahraga-saat-puasa-sit-up.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Menurut National Health Service, orang dewasa harus melakukan beberapa jenis olahraga fisik setiap hari.

Olahraga fisik apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali.

Salah satu olahraga saat puasa lainnya adalah dengan sit up. Ini gerakan yang cukup praktis dan dapat dilakukan siapapun.

Manfaatnya bisa mengecilkan perut dalam waktu yang cepat, lho.

7. Bersepeda

Apakah Bersepeda Efektif untuk Turunkan Berat Badan-3.jpg

Foto: Apakah Bersepeda Efektif untuk Turunkan Berat Badan-3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jenis olahraga saat berpuasa di bulan Ramadan yang tak kalah menarik adalah bersepeda.

Melansir Harvard Health, ada beberapa manfaat yang dirasakan dalam melakukan olahraga bersepeda:

  • Mencegah nyeri dan kekauan pada sendi tubuh
  • Latihan aerobik yang bagus untuk jantung, otak, dan pembuluh darah
  • Membentuk otot bokong, kaki, dan paha
  • Dapat membantu kegiatan sehari-hari khususnya keseimbangan
  • Meningkatkan kepadatan tulang

Selain itu, bersepeda juga dapat meningkatkan mood, lho, Moms.

Baca Juga: Ibu Hamil Puasa, Berbahayakah untuk Kesehatan Janin?

Biasanya sepedaan membuat tubuh terasa haus dengan cepat. Moms bisa memilih waktu terbaik olahraga seperti mendekati jam berbuka puasa.

8. Cross-Training

sportswoman-doing-sit-ups-with-medicine-ball-o.width-800.jpg

Foto: sportswoman-doing-sit-ups-with-medicine-ball-o.width-800.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika ingin melakukan olahraga di rumah saja, cross training bisa adalah gerakan yang dilakukan saat puasa Ramadan.

Gerakannya yang mudah dan bisa dilakukan tanpa alat, membuat cross training menjadi pilihan yang tepat untuk para Moms di rumah.

Mengutip Wodify, beberapa gerakan cross-training yang bisa dilakukan untuk pemula yaitu:

Untuk waktu olahraga, American College of Sports Medicine menyarankan durasi 150 menit olahraga per minggu.

Untuk alternatifnya, bisa dilakukan sekitar 30 menit selama 5 hari seminggu.

9. Sepeda Statis

manfaat-sepeda-statis.jpg

Foto: manfaat-sepeda-statis.jpg (Orami Photo Stocks)

Foto: Orami Photo Stock

Jika kondisi tidak memungkinkan untuk olahraga di luar, Moms bisa dengan sepeda statis.

Olahraga saat puasa ini lebih praktis dan bisa dilakukan kapan saja sesuai kebutuhan Moms.

Manfaat sepeda statis tak hanya baik untuk pembentukan otot, namun juga melatih ketangkasan dan keseimbangan tubuh.

Waktu terbaik untuk melakukan ini adalah setelah berbuka puasa dan tidak mendekati jam tidur.

10. Tai Chi

olahraga saat puasa tai-chi.jpg

Foto: olahraga saat puasa tai-chi.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Pernahkah mendengar Tai Chi? Ini termasuk dalam olahraga saat puasa yang dianjurkan.

Tai Chi adalah serangkaian latihan fisik yang mengutamakan peregangan dan daya fokus tinggi.

Gerakan bela diri ini terkadang digambarkan sebagai meditasi untuk meningkatkan ketenangan diri.

Untuk pemula sangat cocok karena bisa dijalani dengan mudah.

Baca Juga: Ketahui Waktu Sahur Terbaik Menurut Nabi Muhammad SAW!

Manfaat Olahraga Saat Puasa Bulan Ramadan

manfaat olahraga saat puasa

Foto: manfaat olahraga saat puasa

Foto: Orami Photo Stock

Mungkin bagi para Moms, berolahraga saat sedang berpuasa di bulan Ramadan tentu menjadi hal yang mustahil dilakukan.

Nyatanya, olahraga yang dilakukan saat sedang berpuasa memiliki segudang manfaat, lho, Moms!

Berikut ini adalah berbagai manfaat dari olahraga saat berpuasa di bulan Ramadan.

1. Mengoptimalkan Hormon dalam Tubuh

Saat berpuasa, Moms pasti mengalami perubahan jadwal makan dan mungkin mengurangi mobilitas.

Perubahan kebiasaan ini, ternyata sangat memengaruhi hormon dalam tubuh.

Dilansir melalui Prospect Medical, olahraga dapat menjadi aktivitas yang membantu menyeimbangkan dan mengoptimalkan hormon dalam tubuh.

2. Cegah Penyakit Diabetes

olahraga saat puasa, apa saja.jpg

Foto: olahraga saat puasa, apa saja.jpg (Orami Photo Stock)

Foto: Orami Photo Stock

Dehidrasi adalah salah satu alasan yang membuat para Moms pasti menjadi takut untuk olahraga, bukan?

Faktanya, manfaatnya cukup banyak untuk kesehatan.

Pengoptimalan hormon menjadi salah satu faktor penting dari penurunan berat badan dan penambahan massa otot.

Selain itu, hormon juga akan membantu Moms lebih sensitif terhadap insulin, sehingga apat mencegah penyakit diabetes.

Baca Juga: Intermittent Fasting: Metode, Manfaat, dan Rekomendasi Menu Dietnya

3. Meningkatkan Metabolisme

Mengutip Medical News Today, olahraga dan puasa merupakan kombinasi yang dapat meningkatkan metabolisme.

Alhasil, tubuh akan terhindar dari penyakit dan menghambat penuaan.

Ini dikarenakan tubuh menjadi memiliki waktu untuk memecah karbohidrat menjadi energi.

Enzim diusus akan memecah makanan dan berakhir sebagai molekul dalam darah.

4. Cegah Penumpukan Lemak

olahraga-saat-puasa-turunkan-lemak.jpg

Foto: olahraga-saat-puasa-turunkan-lemak.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Hal serupa sulit ditemui apabila kita tidak berpuasa. Makanan yang masuk terus menerus, tidak memberikan jeda untuk tubuh mengolahnya sehingga terjadi penumpukan lemak.

Akibatnya, metabolisme tubuh tidak seimbang bahkan memburuk, dan mudah terserang penyakit.

5. Membakar Lebih Banyak Lemak

Sebuah studi yang diunggah melalui Healthline menunjukkan adanya signifikansi pembakaran lemak hingga 20% setelah berpuasa 8 hingga 12 jam.

Jenis olahraga saat puasa yang dianjurkan adalah treadmill dan bersepeda.

Lakukan treadmill selama 15 hingga 30 menit atau 1 jam bersepeda. Ini untuk membakar lebih lebih banyak saat berpuasa di bulan Ramadan.

Baca Juga: Apakah Suntik KB Membatalkan Puasa? Ini Jawabannya!

Tips Olahraga Saat Puasa

4 Jenis Olahraga Saat Puasa 02.jpg

Foto: 4 Jenis Olahraga Saat Puasa 02.jpg (shutterstock.com)

Foto: Orami Photo Stock

Jangan takut duluan berolahraga di bulan Ramadan, Moms.

Seperti diketahui sebelumnya, waktu terbaik olahraga saat puasa bisa dilakukan dari berbagai pilihan.

Bagi yang tak ingin repot, bisa melakukan olahraga mendekati waktu berbuka puasa.

"Jumlah olahraga yang disarankan saat berpuasa, sangat tergantung pada intensitas latihan sebelum Ramadhan," kata dr. Fadzil Hamzah, Staf Senior Panitera, Departemen Kedokteran Olahraga dan Latihan di Rumah Sakit Umum Changi (CGH).

Sehingga itu, terbilang cukup fleksibel dan tetap baik untuk kesehatan tubuh bukan?

Itu dia Moms, beberapa jenis gerakan olahraga saat puasa bulan Ramadan untuk menjaga tubuh tetap fit dan bugar.

Semoga tetap sehat dan semangat menjalani puasa, ya!

  • https://www.acsm.org/blog-detail/acsm-blog/2017/05/16/science-of-exercise
  • https://blog.wodify.com/post/the-15-best-crossfit-wod-for-beginners
  • https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/the-top-5-benefits-of-cycling
  • https://www.nhs.uk/live-well/exercise/
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/walking/art-20046261
  • https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/fasted-cardio-when-to-eat-workout#1.-Try-it:-Fasted-cardio-could-help-you-burn-more-fat
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/intermittent-fasting-and-working-out#why-it-might-not
  • https://www.prospectmedical.com/resources/wellness-center/working-out-while-intermittent-fasting
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3289179/
  • https://www.healthxchange.sg/fitness-exercise/exercise-tips/best-times-to-exercise-during-ramadan