Kesehatan

30 April 2021

Yuk, Aktif Melakukan 4 Jenis Olahraga Saat Puasa Ramadan Ini Moms!

Buat tubuh tetap aktif dan sehat ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Amelia Puteri

Rutinitas makan dan tidur Moms akan berubah saat berpuasa di bulan Ramadan. Moms mungkin juga memanfaatkan waktu ini untuk membentuk pola hidup sehat. Nah, salah satu yang dapat dilakukan adalah olahraga saat puasa.

Perlu diingat, dalam Asian Journal of Sports Medicine, puasa Ramadan tidak bisa dianggap sebagai sebuah diet yang berbeda. Alasannya karena pola dan jadwal makan, minum dan tidur berubah.

Untuk puasa yang sehat, Moms tidak hanya memerhatikan asupan makanan dan minuman saat sahur dan berbuka. Moms perlu menggerakkan tubuh dengan melakukan jenis olahraga saat puasa.

Baca Juga: Tubuh Lebih Bugar, Ini Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Menyusui di Bulan Ramadan

Manfaat Berolahraga Saat Puasa Bulan Ramadan

manfaat olahraga saat puasa

Foto: Orami Photo Stock

Mungkin bagi para Moms, berolahraga saat sedang berpuasa di bulan Ramadan tentu menjadi hal yang mustahil dilakukan.

Belum lagi resiko dehidrasi jika olah raga dilakukan masih jauh dari waktu buka puasa. Ini membuat para Moms pasti menjadi takut untuk olahraga, bukan?

Nyatanya, olahraga yang dilakukan saat sedang berpuasa memiliki segudang manfaat, lho, Moms! Asalkan, jangan memaksakan diri dan lakukan di waktu yang tepat. Bisa saat setelah sahur maupun sebelum berbuka.

Berikut ini adalah berbagai manfaat dari olahraga saat berpuasa di bulan Ramadan.

1. Mengoptimalkan Hormon dalam Tubuh

Saat berpuasa, Moms pasti mengalami perubahan jadwal makan dan mungkin mengurangi mobilitas. Perubahan kebiasaan ini, ternyata sangat mempengaruhi hormon dalam tubuh.

Dilansir melalui Prospect Medical, olahraga dapat menjadi aktivitas yang membantu menyeimbangkan dan mengoptimalkan hormon dalam tubuh.

Pengoptimalan hormon menjadi salah satu faktor penting dari penurunan berat badan dan penambahan massa otot. Selain itu, hormon juga akan membantu Moms lebih sensitif terhadap insulin, sehingga apat mencegah penyakit diabetes.

Baca Juga: Kenali Hormon Penting dan 6 Hal yang Memengaruhi Produksi ASI

2. Meningkatkan Metabolisme

Mengutip Medical News Today, olahraga dan puasa merupakan kombinasi yang dapat meningkatkan metabolisme. Alhasil, tubuh akan terhindar dari penyakit dan menghambat penuaan.

Ini dikarenakan tubuh menjadi memiliki waktu untuk memecah karbohidrat menjadi energi. Enzim diusus akan memecah makanan dan berakhir sebagai molekul dalam darah.

Hal serupa sulit ditemui apabila kita tidak berpuasa. Makanan yang masuk terus menerus, tidak memberikan jeda untuk tubuh mengolahnya sehingga terjadi penumpukan lemak. Akibatnya, metabolisme tubuh tidak seimbang bahkan memburuk, dan mudah terserang penyakit.

Baca Juga: 6 Cara Mempercepat Metabolisme Tubuh

3. Membakar Lebih Banyak Lemak

Sebuah studi yang diunggah melalui Healthline menunjukkan adanya signifikansi pembakaran lemak hingga 20% setelah berpuasa 8 hingga 12 jam.

Jenis olahraga yang dianjurkan adalah treadmill dan bersepeda. Sedangkan waktu yang dianjurkan adalah sebelum makan, sehingga Moms dapat melakukannya sebelum berpuka puasa.

Lakukan treadmill selama 15 hingga 30 menit atau 1 jam bersepeda untuk membakar lebih lebih banyak saat berpuasa di bulan Ramadan.

Baca Juga: Lari di Treadmill Saat Hamil, Apakah Aman Dilakukan?

Jenis Olahraga Saat Puasa Bulan Ramadan

Tidak ada yang salah bila Moms ingin berolahraga di bulan Ramadan, mengingat banyak manfaat yang dapat diperoleh saa melakukannya. Tetapi, penting untuk memerhatikan bentuk latihan fisik tersebut sehingga tidak membuat tubuh dehidrasi sebelum waktu berbuka tiba.

Kenali tubuh dan kapasitas diri untuk membantu menentukan bentuk olah raga yang tepat. Karena saat berpuasa, tentu kekuatan kita tidak seperti biasanya.

Berikut ini beberapa rekomendasi jenis olahraga saat puasa Ramadan yang bisa dilakukan. Selamat mencoba, Moms!

1. Jalan Cepat

jenis_olahraga_saat_puasa-1.width-800.jpg

Foto: goodhousekeeping.com

Karena lari jadi sesuatu yang melelahkan, maka sebaiknya lakukan latihan jalan cepat sebagai gantinya. Jalan cepat memiliki ragam manfaat untuk tubuh juga lho, Moms.

Mengutip Mayo Clinic, beberapa manfaat dari olahraga jalan cepat yaitu:

  • Mempertahankan berat badan yang sehat.
  • Mencegah atau membantu mengelola berbagai kondisi, termasuk penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2.
  • Memperkuat tulang dan otot.
  • Meningkatkan suasana hati.
  • Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh.

Sebelum jalan cepat, Moms bisa melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan berjalan perlahan selama 5-10 menit untuk memanaskan otot dan mempersiapkan tubuh untuk berolahraga.

Baca Juga: Si Kecil Malas Bergerak? Ini 5 Tips Agar Anak Suka Olahraga

2. Jogging Lambat

Jogging

Foto: Orami Photo Stock

Bila jogging biasa akan cepat membuat Moms haus, maka rekomendasi jenis olahraga saat puasa yang bisa dilakukan adalah jogging lambat atau slow jogging.

Jogging lambat dapat mengurangi risiko timbulnya penyakit, seperti:

  • Diabetes
  • Kegemukan
  • Aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah karena penumpukan plak)

Saat melakukan jogging lambat, Moms dapat membakar lebih banyak kalori daripada berjalan biasa. Berjalan lambat 3-5 kilometer membakar sekitar 200-300 kkal.

Menurut National Health Service, orang dewasa harus melakukan beberapa jenis aktivitas fisik setiap hari. Aktivitas fisik apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali.

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik untuk Ibu Hamil, Marathon, Jogging atau Sprint?

3. Bersepeda

Apakah Bersepeda Efektif untuk Turunkan Berat Badan-3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jenis olahraga saat berpuasa di bulan Ramadan yang tak kalah menarik adalah bersepeda. Jika kondisi tidak memungkinkan untuk olahraga bersepeda, Moms bisa olahraga dengan sepeda statis.

Melansir Harvard Health, ada beberapa manfaat yang dirasakan dalam melakukan olahraga bersepeda:

  • Memudahkan persendian. Posisi bersepeda dapat membuat sendi terasa lebih baik, bersepeda cocok bagi orang yang menderita nyeri atau kekakuan sendi karena usia.
  • Bagus untuk jantung. Mendorong pedal saat bersepeda merupakan latihan aerobik yang bagus untuk jantung, otak, dan pembuluh darah.
  • Membangun otot. Pada fase kekuatan mengayuh, Moms menggunakan otot glutes di bokong, paha depan, dan otot di betis. Sementara saat fase pemulihan, otot yang digunakan yaitu di bagian paha belakang dan otot di bagian depan pinggul.
  • Dapat membantu kegiatan sehari-hari. Manfaat bersepeda termasuk untuk keseimbangan, berjalan, berdiri, ketahanan, dan memanjat tangga.
  • Membangun kepadatan tulang. Kegiatan perlawanan, seperti mendorong pedal, menarik otot, dan menarik tulang, dapat meningkatkan kepadatan tulang.

Selain itu, bersepeda juga dapat meningkatkan mood, lho, Moms. Setelah sibuk dengan aktivitas dari pagi hingga sore, berkeliling dengan sepeda dan mengajak rekan atau keluarga dinilai cukup ampuh mempengaruhi mood.

Baca Juga: 4 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Anak

4. Cross-Training

sportswoman-doing-sit-ups-with-medicine-ball-o.width-800.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika ingin melakukan olahga di rumah saja, cross training bisa menjadi salah satu jenis gerakan olahraga yang dilakukan saat puasa Ramadan. Gerakannya yang mudah dan bisa dilakukan tanpa alat, membuat cross training menjadi pilihan yang tepat untuk para Moms di rumah.

Mengutip Wodify, beberapa gerakan cross-training yang bisa dilakukan untuk pemula yaitu:

  • Squat jump
  • Sit-up
  • Push-up
  • Lunges
  • Lompat tali

Untuk waktu olahraga, American College of Sports Medicine menyarankan durasi 150 menit olahraga per minggu, atau sekitar 30 menit selama lima hari seminggu.

Itu dia Moms, beberapa jenis gerakan olahraga saat puasa bulan Ramadan untuk menjaga tubuh tetap fit dan bugar. Semoga tetap sehat dan semangat menjalani puasa, ya!

  • https://www.acsm.org/blog-detail/acsm-blog/2017/05/16/science-of-exercise
  • https://blog.wodify.com/post/the-15-best-crossfit-wod-for-beginners
  • https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/the-top-5-benefits-of-cycling
  • https://www.nhs.uk/live-well/exercise/
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/walking/art-20046261
  • https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/fasted-cardio-when-to-eat-workout#1.-Try-it:-Fasted-cardio-could-help-you-burn-more-fat
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/intermittent-fasting-and-working-out#why-it-might-not
  • https://www.prospectmedical.com/resources/wellness-center/working-out-while-intermittent-fasting
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3289179/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait