Rupa-rupa

15 September 2021

Ini Alasan Pentingnya Me Time untuk Ibu Rumah Tangga yang Sibuk

Manfaat me time ternyata tak hanya untuk Moms, tetapi juga untuk orang-orang di sekitar lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Dengan padatnya aktivitas setiap hari, rasanya hampir mustahil untuk menjadwalkan waktu untuk diri kita sendiri ya Moms? Untuk menyeimbangakan segala hal, sangat penting bagi Moms untuk memiliki me time.

Secara umum, me time adalah upaya untuk memberikan diri sendiri waktu untuk istirahat dari segala hiruk pikuk tugas sehari-hari.

Moms harus pintar-pintar membagi dan menyesuaikan waktu untuk diri sendiri dan mengurus pekerjaan sehari-hari. Sebab manfaat me time tidak hanya untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk kesejahteraan mental.

Baca Juga: 3+ Cara Membagi Waktu antara Keluarga dan Pekerjaan ala Tyna Kanna

Alasan Pentingnya Me Time

me time

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip artikel dari Harvard Medical School, ada alasan logis mengapa tiap orang terutama ibu rumah tangga sangat membutuhkan me time.

Ingat, mengasuh anak dan mengurus rumah tangga sangat menguras tenaga. Ini membutuhkan pemikiran seperti layaknya CEO yang terjadi di korteks prefrontal, tempat untuk pengendalian diri dan keputusan rasional.

Supaya area korteks prefrontal tetap bekerja, ia membutuhkan stamina dan tenaga yang cukup.

Nah, ketika Moms lelah, maka tugas ini akan beralih ke amigdala, yakni bagian emosional otak yang bertugas untuk memutuskan apakah sesuatu harus dilewati atau ditinggalkan.

Jadi, saat Moms lelah, bukan tidak mungkin Moms akan mengambil keputusan yang kurang rasional. Oleh karena itu, Moms kini paham pentingnya me time dan istirahat yang sering dilakukan bukanlah hal yang buruk.

Baca Juga: Ini 11 Cara Menghilangkan Stres Pikiran, Olahraga Hingga Berhubungan Seks

Awalnya mungkin Moms berpikir bahwa ini egois, namun coba pertimbangkan kenyataan bahwa orang-orang di sekitar juga akan mendapat manfaat dari me time yang Moms lakukan.

Ingat, tidak ada yang suka berurusan dengan orang yang sedang stres atau kelelahan karena biasanya mereka tidak banyak membantu dan malah menimbulkan banyak masalah baru.

Meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi stres dengan cara me time juga dapat memiliki manfaat psikologis yang luar biasa juga.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa stres dapat mempercepat proses penuaan, merusak pola tidur yang penting, melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Moms lebih rentan terhadap masalah kesehatan mental seperti depresi.

Jadi, mulai lakukan hal-hal yang membuat Moms merasa sehat dan seimbang dari sisi mental, emosional, dan spiritual. Dengan begini, Moms akan membawa kesabaran yang lebih besar dan sikap yang lebih positif dalam hubungan.

Moms akan kembali menjadi orangtua, pasangan, dan anggota tim yang bisa bekerja lebih efektif.

Baca Juga: Ini 5 Cara Mengatasi Burnout, Syndrome Akibat Stres Bekerja, Catat!

Manfaat Me Time untuk Moms

me time

Foto: Orami Photo Stock

Berikut adalah beberapa manfaat me time yang perlu Moms pahami:

1. Mengurangi Stres dan Membuat Moms Rileks

Jika Moms tidak memprioritaskan me time, maka Moms akan merasa lebih lelah, lebih lelah, dan lebih terburu-buru.

Berada di bawah tekanan terus-menerus akan meningkatkan stres dan akhirnya Moms akan kelelahan. Luangkan waktu untuk bersantai, mengisi ulang baterai tubuh dan menurunkan tingkat stres.

2. Mengisi Daya Otak untuk Lebih Produktif

Memiliki daftar tugas yang tidak ada habisnya dan bekerja dari saat Moms bangun hingga saat tertidur itu tidak sehat. Otak manusia tidak dibangun untuk fokus yang lama.

Moms perlu istirahat secara teratur jika ingin tetap produktif. Melakukan sesuatu yang menyenangkan di waktu istirahat itu akan menyegarkan dan membuat Moms kembali ke jalur semula.

3. Meningkatkan Konsentrasi dan Membantu Pemecahan Masalah

Jika Moms telah memaksakan diri untuk fokus menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah dan sepertinya Moms tidak mendapatkan apa-apa, istirahatlah.

Melakukan sesuatu yang Moms sukai akan membantu Moms rileks dan tidak membuat otak terlalu tertekan. Moms akan sering menemukan bahwa solusi tiba-tiba datang kepada Moms karena Moms tidak berusaha memaksanya.

Baca Juga: Yuk Coba! Ini 6 Ide Pekerjaan Sampingan yang Cocok Untuk Moms

4. Luangkan Waktu untuk Menemukan Diri Sendiri dan Pemikiran yang Lebih Dalam

Semua orang perlu meluangkan waktu untuk berhenti dan mengevaluasi diri sendiri sesekali. Apa yang penting bagi hidup Moms? Apa nilai inti yang Moms utamakan? Apa tujuan Moms?

Terkadang Moms begitu sibuk dengan tugas sehari-hari sehingga lupa tentang apa yang Moms inginkan dan siapa diri Moms sebenarnya.

Jika Moms tidak menyelaraskan tindakan dengan tujuan, maka Moms bisa menjadi tidak bahagia dan merasa tidak lengkap.

5. Meningkatkan Kualitas Hubungan

Menjadikan diri sendiri sebagai prioritas menunjukkan kepada orang lain bahwa Moms menghargai kebutuhan diri sendiri. Jika Moms tidak menghargai diri sendiri maka orang lain dapat mulai memanfaatkannya.

Hargai diri sendiri dan orang lain akan ikut menghargai Moms.

Me time juga akan memberi Moms energi dan membuat Moms merasa lebih sehat dan lebih bahagia menempatkan diri sendiri pada posisi yang lebih baik untuk mencintai dan mendukung orang-orang yang Moms sayangi.

6. Keseimbangan Kehidupan Kerja

Memahami pentingnya menjaga kebutuhan diri sendiri membuatnya lebih mudah untuk menciptakan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik.

Moms akan belajar untuk mengatakan "tidak" dan pergi daripada mengambil setiap tugas dan membuat diri sendiri tersiksa.

Dengan begini, maka Moms sangat mungkin untuk mengelola hal-hal penting dalam hidup dengan lebih efektif.

7. Kesejahteraan yang Lebih Besar

Melakukan hal-hal yang Moms sukai saat me time akan membuat Moms merasa lebih bahagia. Merasa lebih bahagia membuat lebih positif, sehat, dan lengkap.

Meluangkan waktu untuk bersenang-senang, bersantai atau melakukan sesuatu hanya untuk diri sendiri pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan dan rasa harga diri.

Baca Juga: 5 Tips Agar Pekerjaan Lancar untuk Work-At-Home Mom

Cara Mendapatkan Me Time

me time

Foto: Orami Photo Stock

Setelah memahami pentingnya me time dan manfaat me time, kini Moms pasti berpikir bagaimana cara mendapatkan me time yang berkualitas.

Terlebih jika Moms memiliki anak atau pekerjaan yang penuh tekanan dan menuntut, tidak diragukan Moms sudah tahu betapa sulitnya menemukan bahkan lima menit hanya untuk diri sendiri.

Ingat, perawatan diri, bagaimanapun, adalah sesuatu yang Moms tidak boleh merasa bersalah. Dengan membiarkan diri sendiri waktu untuk memanjakan diri, memulihkan diri, dan bersantai, Moms akan memperkuat begitu banyak bidang lain dalam hidup.

Selain itu, mencapai me time yang berkualitas jauh lebih penting daripada kuantitas.

Jadi, daripada menghabiskan beberapa jam yang sering terganggu oleh telepon, email, atau anggota keluarga, jauh lebih bermanfaat untuk menghabiskan bahkan hanya setengah jam, sepenuhnya untuk diri sendiri.

Seperti dengan bersantai atau dengan cara apa pun yang paling Moms sukai.

Nah, berikut ini adalah daftar kegiatan sederhana yang dapat Moms lakukan saat me time di rumah:

  • Ambil masker dan segelas minuman kesukaan Moms saat berendam di bak mandi air hangat.
  • Baca beberapa bab (atau keseluruhan) buku favorit di kedai kopi lokal atau minum kopi untuk pergi dan membaca di bawah pohon rindang di taman.
  • Pergi ke salon untuk perawatan kuku dan membaca artikel yang penuh dengan gosip selebritis yang menarik.
  • Bebas dari gadget selama sehari, smartphone, dan elektronik apapun!
  • Pergi ke spa untuk mendapatkan sesi pijat khusus.
  • Menonton acara televisi kesukaan sendiri.
  • Ikut kelas melukis, menari, atau sebagainya.
  • Belanja perabot rumah yang menarik.
  • Meditasi.
  • Jalan-jalan

Itu dia Moms, manfaat dan alasan pentingnya melakukan me time. Jangan lupa sisihkan waktu untuk relaksasi dan mencintai diri sendiri, ya!

  • https://www.health.harvard.edu/blog/me-time-sounds-good-but-when-exactly-2018020513212
  • https://www.webmd.com/balance/features/prioritizing-time-for-yourself-for-health
  • https://www.blissderby.co.uk/blog/2019/why-me-time-is-so-important-for-mind-body-and-soul
  • https://www.claritychi.com/importance-of-me-time/
  • https://www.clairebuck.com/benefits-of-me-time/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait