Resep

RESEP
22 Juni 2020

Resep Kue Lapis alias Kue Pepe untuk Camilan WFH

Manis dan lengket, enak dinikmati bersama teh tawar hangat saat WFH
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Selain kue kering, biasanya kue-kue basah juga disajikan saat Lebaran. Salah satunya kue adalah lapis atau kue pepe. Mungkin lebaran sudah lewat, namun Moms bisa membuatnya di rumah untuk camilan WFH lho!

Kue lapis beras disebut juga kue pepe di masyarakat Betawi. Orang Malaysia, Singapura, dan Brunei yang juga familiar dengan kue ini menyebutnya “kueh lapis”. Bahkan, Moms juga bisa menemukannya di Belanda.

Seperti namanya, kue lapis memiliki banyak lapisan dengan minimal dua warna berbeda yang diselang-seling. Namun, kue pepe berbeda dengan kue lapis legit (spekuk). Kue pepe lengket dan basah, terbuat dari tepung beras, dan dikukus. Sementara itu, lapis legit empuk seperti bolu padat karena terbuat dari terigu dan dipanggang.

Resep kue lapis untuk camilan WFH menggunakan tepung beras, santan, gula, garam, dan pewarna. Hasilnya adalah kue lapis yang cenderung lembek. Kalau Moms ingin teksturnya lebih kenyal, Moms bisa mencampurkan tepung ketan putih dan tapioka atau sagu.

Kue lapis klasik berwarna hijau dan putih. Di Betawi, kue pepe seringkali memiliki lapisan merah di atasnya dan lapisan putih yang tebal di dasarnya. Semua lapisan ini dikukus satu per satu agar warnanya tidak bercampur, sehingga memasaknya cukup lama dan membutuhkan kesabaran.

Resep Kue Pepe untuk Camilan WFH

Resep kue lapis untuk camilan WFH ini agak berbeda karena menggunakan pandan dan daun jeruk, sehingga lebih wangi.

Siap mempraktikkan resep kue pepe untuk Camilan WFH, Moms? Siapkan loyang loaf (persegi panjang) atau loyang kotak (persegi), yuk!

Bahan:

  • 200 gram tepung beras
  • 200 gram sagu
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 liter santan
  • 3 lembar daun pandan, sobek-sobek
  • 3 lembar daun jeruk purut, sobek-sobek
  • Pewarna makanan hijau atau pasta pandan

Cara Membuat Kue Pepe untuk Camilan WFH:

  1. Masak santan, pandan, dan daun jeruk sambil diaduk-aduk sampai mendidih di panci. Matikan api. Buang pandan dan daun jeruknya.
  2. Di wadah berbeda, campur tepung beras, sagu, gula pasir, dan garam dalam wadah. Aduk rata.
  3. Tuangkan campuran santan sedikit demi sedikit ke campuran tepung sambil diaduk rata menggunakan sendok sayur. Pastikan adonan tidak bergerindil.
  4. Bagi adonan menjadi dua. Satu bagian diberi pewarna hijau, satu lagi dibiarkan putih. Sisihkan.
  5. Olesi loyang dengan minyak sayur tipis-tipis atau lapisi dengan plastik tahan panas. Masukkan loyang ke kukusan dan panaskan. Jangan lupa melapisi tutup kukusan dengan serbet agar uap tidak menetes ke kue dan membuat permukaannya tidak rata.
  6. Buka tutup kukusan. Tuangkan satu sendok sayur adonan putih ke loyang dan tutup kembali kukusan. Masak selama lima menit sampai lapisan agak mengeras.
  7. Buka tutup kukusan lagi. Tuangkan satu sendok sayur adonan hijau ke atas lapisan putih tadi dan kukus selama lima menit.
  8. Lanjutkan menyelang-nyeling menuangkan adonan putih dan hijau sampai semua adonan habis.
  9. Setelah adonan terakhir dituangkan, kukus kue lapis selama 20 menit.
  10. Matikan api. Keluarkan loyang berisi kue lapis dari kukusan. Diamkan hingga dingin.
  11. Keluarkan kue pepe dari loyang, lalu potong-potong menggunakan pisau yang dilapisi plastik atau diolesi sedikit minyak sayur agar tidak lengket. Sajikan.

Tips:

  • Umumnya setiap lapis kue pepe dibuat tipis-tipis sehingga lapisannya banyak. Namun, kalau Moms ingin lebih cepat jadi, Moms bisa menuangkan adonan agak lebih banyak sehingga lapisannya lebih tebal. Jangan lupa tambahkan waktu mengukus tiap lapisan, ya, agar mengeras sebelum dituangi lapisan berikutnya.
  • Jika ingin kue lapis dengan aroma lebih netral, Moms bisa meniadakan penggunaan daun pandan dan daun jeruk.
  • Moms bisa menggantikan pewarna hijau atau pasta pandan dengan campuran 100 ml air yang diblender bersama 10 lembar daun suji dan 10 lembar daun pandan, lalu disaring. Pewarna dan perasa alami ini menghasilkan aroma yang lebih nikmat. Jika demikian, gunakan 900 ml santan di awal, lalu tambahkan 100 ml santan ke adonan putih dan 100 ml air pandan suji ke adonan hijau.
  • Resep kue pepe untuk camilan WFH ini bisa divariasikan warnanya. Misalnya, cokelat dan putih atau rainbow.

Kue lapis yang manis lengket enak disajikan bersama teh tawar hangat. Yuk, Moms, coba resep kue lapis untuk camilan WFH ini!

Artikel Terkait