Resep

RESEP
9 November 2020

3 Resep Sushi yang Wajib Dicoba di Rumah, Mudah!

Makanan khas Jepang satu ini memang lezat dan bikin ketagihan. Yuk, coba buat di rumah!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Intan Aprilia

Apakah Moms dan keluarga pecinta sushi? Walau identik dengan ikan mentah di Jepang, Moms dapat berkreasi dengan topping yang berbeda di rumah.

Biasanya dalam berbagai resep sushi dan pembuatan sushi oleh koki, alat penggulung sushi yang terbuat dari bambu akan digunakan untuk membuat gulungan sushi yang ideal, padat, dan cepat.

Moms dapat membeli penggulung sushi dari bambu yang banyak beredar di pasaran dengan harga yang terjangkau.

Sedangkan untuk rasa sushi yang lebih otentik dan nikmat seperti buatan restoran, Moms membutuhkan cuka sushi dan kecap sushi yang juga dapat ditemukan di supermarket yang menjual barang impor atau secara online.

Jika Moms khawatir dengan kandungan alkoholnya, tenang, saat ini terdapat beberapa produk yang telah dijual tanpa mengandung alkohol.

Untuk beras yang digunakan, memang lebih ideal jika Moms menggunakan beras Jepang yang bentuknya lebih bulat, namun menggunakan beras biasa yang tersedia di rumah juga tidak masalah.

Menanak nasi sushi sebenarnya tidak terlalu sulit, cucilah beras seperti biasa atau sesuai petunjuk dari bungkusnya. Tambahkan cuka sushi mengikuti takaran yang dianjurkan.

Nasi sushi yang bagus untuk dipakai adalah yang lengket dan pulen. Selalu gunakan nasi sushi yang sudah dingin pada suhu ruangan.

Baca Juga: Resep Udon Goreng ala Restoran Jepang yang Mudah Diikuti

Untuk kondimen, restoran Jepang akan menyediakan kecap sushi, wasabi, dan acar jahe merah. Kecap sushi berbeda dengan kecap asin Jepang yang biasa, teksturnya lebih encer dan telah dicampur sedikit gula.

Sedangkan acar jahe merah disediakan untuk “mencuci lidah” setelah makan sushi agar tidak amis dan mulut kembali terasa segar dan netral.

Kehadiran wasabi tidak hanya sebagai penyedap rasa dan kondimen saja, melainkan memiliki kegunaannya sendiri.

Dalam salah satu penelitian, wasabi menunjukkan sifat antibakteri dan cukup efektif melawan bakteri yang biasanya datang dari makanan, misalnya E. coli.

Karena beberapa topping sushi disajikan mentah, memakannya bersama wasabi dipercaya dapat membantu membunuh bakteri agar tidak membahayakan kesehatan.

Moms penasaran bagaimana resep sushi yang bisa dibikin di rumah? Yuk simak ulasannya!

Baca Juga: Resep Katsu Kare ala Jepang, Lezat!

1. Resep Sushi Rumahan

Resep sushi yang bisa dicoba di rumah

Foto: freepik.com

Membuat resep sushi rumahan tentunya memiliki keuntungan tersendiri, misalnya saja dapat mengatur isian sushi sesuai kegemaran anggota keluarga, dapat menikmati sushi sesuka hati dengan lebih hemat, atau merasa lebih higienis.

Bahan:

  • Nori lembaran khusus sushi (rumput laut lembaran)
  • Nasi sushi
  • Isian sushi (dipilih sesuai selera), misalnya salmon/tuna sashimi grade ataupun yang matang, udang, crabstick, alpukat, wortel, timun, stik keju, telur dadar, atau lain-lain

Pilihan Kondimen:

Cara Membuat:

  1. Masak nasi sushi terlebih dahulu dan biarkan mendingin pada suhu ruangan.
  2. Persiapkan isian sushi, potong-potong dengan bentuk memanjang.
  3. Siapkan penggulung bambu dan taruh lembaran nori di atasnya. Jika Moms berencana membuat sushi roll dengan nasi di luar dan nori di dalam, Moms dapat melapisi plastik di atas gulungan bambu agar nasi tidak menempel.
  4. Ratakan nasi sushi pada permukaan nori, tidak perlu terlalu tebal. Sisakan area kosong sekitar 3 cm tanpa nasi. Ratakan dengan bantuan centong nasi. Untuk mencegah nasi menempel, Moms dapat membasahi tangan dan centong dengan air.
  5. Susun berbaris secara vertikal isian sushi di posisi sedikit ke tengah. Setelah selesai menyusun, gulung sushi dari arah bawah ke atas, pastikan sushi tergulung dengan padat, namun tidak terlalu kencang agar isinya tidak keluar dari samping atau hancur di dalam. Untuk mengunci gulungan, basahi pinggiran nori yang disisakan sebelumnya dengan jari yang dibasahi air.
  6. Menggunakan pisau yang tajam, potong sushi sesuai selera. Sajikan bersama kondimen.

Baca Juga: Resep Salmon Mentai Kekinian, Super Gampang!

2. Resep Sushi untuk Anak

Resep sushi untuk anak, dapat disisipkan sayuran

Foto: freepik.com

Sushi dapat menjadi pilihan hidangan yang menarik untuk Si Kecil yang sulit makan sayur atau ikan.

Selain itu, mengajak Si Kecil ikut membuat sushi juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dihabiskan bersama-sama.

Resep sushi untuk anak dapat menggugah selera makannya dengan isian sushi yang berwarna-warni.

Bahan:

  • Nori lembaran khusus sushi (rumput laut lembaran)
  • Nasi sushi
  • Isian sushi, misalnya sosis, ikan salmon/tuna matang, udang, crabstick, alpukat, wortel, timun, stik keju, telur dadar, ayam, sapi, atau lainnya.
  • Tobiko (opsional), telur ikan terbang yang bentuknya butiran kecil dan berwarna cerah, seperti orange atau hijau.

Pilihan Kondimen:

  • Mayonnaise
  • Kecap sushi

Cara Membuat:

  1. Masak nasi sushi terlebih dahulu dan biarkan mendingin pada suhu ruangan. Moms bisa mencampur rata tobiko dengan nasi agar bentuknya lebih menarik.
  2. Persiapkan isian sushi, potong-potong dengan bentuk memanjang. Pilih kombinasi warna yang menarik dan terang agar Si Kecil suka.
  3. Siapkan penggulung bambu dan taruh lembaran nori di atasnya. Lapisi plastik jika Moms berencana membuat sushi roll dengan nasi di luar dan nori di dalam agar nasi tidak menempel di gulungan bambu.
  4. Ratakan nasi sushi pada permukaan nori dan jangan terlalu tebal. Moms dapat mengajak Si Kecil meratakan nasi dengan bantuan centong nasi. Sisakan sedikit bagian nori sekitar 3 cm untuk mengunci gulungan nanti. Untuk mencegah nasi menempel, basahi tangan dan centong dengan air.
  5. Susun berbaris secara vertikal isian sushi di posisi sedikit ke tengah. Moms dan Si Kecil bisa bereksperimen dengan kombinasi isian yang berbeda-beda.
  6. Menggunakan pisau yang tajam, potong sushi sesuai selera. Biasanya satu gulungan sushi dapat dipotong menjadi 8 buah.

Baca Juga: 3 Resep MPASI Tuna yang Mudah Dibuat

3. Resep Sushi ala Jepang

Resep sushi ala Jepang tidak membutuhkan terlalu banyak bahan

Foto: freepik.com

Pengertian sushi sendiri di Jepang adalah nasi yang diberi cuka dan dilengkapi ikan atau sayuran.

Sushi roll (makizushi), hanyalah satu jenisnya yang populer dan disukai. Masih ada beberapa jenis tipe sushi lainnya, seperti Nigiri, Gunkan, Temaki, Inari, dan Chirashi.

Resep sushi ala Jepang yang dibahas di sini adalah yang bentuk yang paling populer dan cukup mudah dikreasikan, yaitu sushi roll atau makizushi.

Resep sushi ala Jepang biasanya tidak terlalu banyak menggabungkan berbagai bahan. Isiannya sederhana, bernutrisi, dan lezat dinikmati dengan kondimen khas Jepang.

Agar mendapatkan nutrisi yang lebih lengkap, biasanya orang Jepang gemar menyantap sushi bersama edamame rebus, miso soup, salad rumput laut, dan lain-lain.

Bahan:

  • Nori lembaran khusus sushi (rumput laut lembaran)
  • Nasi sushi
  • Isian sushi, misalnya ikan salmon atau tuna segar maupun matang, timun, atau tamago (telur dadar manis).

Kondimen:

  • Kecap sushi
  • Wasabi
  • Ichimi Togarashi (bubuk cabe Jepang)

Cara Membuat:

  1. Siapkan nasi sushi yang sudah berada pada suhu ruangan. Untuk membuat Tamago, masak telur dadar menggunakan sedikit gula untuk memberikan rasa yang manis.
  2. Potong-potong memanjang bahan-bahan isian sushi.
  3. Letakkan nori di atas penggulung bambu, ratakan nasi di permukaannya dengan menyisakan sedikit (sekitar 3 cm) pinggiran nori untuk mengunci gulungan kelak. Usahakan tidak terlalu tebal.
  4. Susun isian sushi. Pada resep sushi ala Jepang, biasanya isian terdiri dari satu atau dua bahan saja. Moms dapat menggabungkan ikan dengan timun untuk rasa yang segar.
  5. Gulung sushi dari arah bawah ke atas, kunci gulungan dengan membasahi sedikit ujung sisa nori dan tempelkan.
  6. Menggunakan pisau yang tajam, potong gulungan sushi menjadi enam bagian. Sajikan dengan kecap sushi dan wasabi.

Baca Juga: Ibu Hamil Makan Sushi, Perhatikan 3 Hal Ini!

Itu dia berbagai varian resep sushi yang bisa dibuat di rumah. Menggulung sushi pada awalnya akan terasa sulit, tapi dengan beberapa kali latihan, sushi buatan Moms pasti tidak kalah dengan yang di restoran. Yuk, coba buat!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait