Kesehatan

30 April 2021

Ini 5 Penyebab Telinga Bayi Keluar Cairan Seperti Ingus, Tak Selalu Karena Infeksi,

Penyebabnya bukan hanya infeksi lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Adeline Wahyu

Melihat telinga bayi keluar cairan seperti ingus tntunya membuat Moms merasa sangat khawatir. Apakah keluarnya cairan tersebut menandakan bahwa Si Kecil terserang infeksi telinga?

Sebenarnya, keluarnya cairan dari telinga merupakan hal wajar. Mengingat kotoran telinga atau otorrhea juga dapat dikeluarkan dalam bentuk cair.

Kotoran telinga yang keluar dalam bentuk cair adalah minyak alami yang diproduksi oleh tubuh untuk mencegah debu, bakteri, dan benda asing lainnya masuk ke dalam telinga

Namun, kondisi lain, seperti beberapa kondisi di bawah ini juga dapat menjadi penyebab telinga bayi keluar cairan seperti ingus.

Baca Juga : Mengenal Otitis Media, Infeksi Telinga Pada Bayi

Penyebab Telinga Bayi Keluar Cairan Seperti Ingus

Seringkali, telinga mengeluarkan kotoran telinga. Ini adalah minyak yang diproduksi tubuh secara alami. Fungsi kotoran telinga adalah memastikan bahwa debu, bakteri, dan benda asing lainnya tidak masuk ke telinga.

Namun, kondisi lain, seperti gendang telinga pecah, dapat menyebabkan darah atau telinga bayi keluar cairan sepert ingus. Cairan semacam ini menandakan telinga sedang erluka atau terinfeksi dan membutuhkan perhatian medis.

Berikut beberapa penyebab lainnya telinga bayi keluar cairan seperti ingus.

1. Infeksi Telinga Bayi (Otitis Media)

telinga bayi berair, benarkah karena infeksi 1

Foto: parents.com

Otitis media atau infeksi telinga bagian tengah juga menjadi penyebab umum telinga bayi keluar cairan seperti ingus.

Mengutip National Health Services, ototitis media terjadi ketika virus atau bakteri masuk ke telinga tengah, yang berada di belakang gendang telinga.

Anak-anak yang masih berusia antara 6 bulan hingga 2 tahun lebih rentan terhadap infeksi telinga dibandingkan anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa.

Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh bayi dan ukuran serta bentuk tuba eustachius (bagian dari telinga tengah) mereka yang belum benar-benar berkembang.

Infeksi telinga bayi seringkali terjadi ketika mereka mengalami pilek, alergi atau infeksi sinus. Otitis media dapat menyebabkan cairan menumpuk di belakang gendang telinga.

Jika cairan sudah terlalu banyak, ada risiko perforaasi gendang telinga yang dapat menyebabkan telinga bayi berair.

Kesulitan pendengaran, kehilangan keseimbangan, demam, lebih sering menangis daripada biasanya, muntah, diare, dan nafsu makan menurun merupakan gejala umum dari otitis media.

2. Air

telinga bayi berair, benarkah karena infeksi 2

foto: babycentre.co.uk

Penyebab telinga bayi keluar cairan seperti ingus bisa jadi dari air, baik itu air mandi ataupun air mata yang sebelumnya masuk ke saluran telinga.

Jika cairan yang Moms lihat dari dalam telinga bayi terlihat sangat bening, maka besar kemungkinan cairan itu adalah air. Jadi, tidak ada yang perlu Moms khawatirkan lagi.

3. Trauma Telinga

telinga bayi berair, benarkah karena infeksi 3

Foto: mommynearest.com

Bayi dan anak kecil seringkali meletakkan benda kecil ke telinganya, yang tanpa disadari dapat menyebabkan infeksi tingkat rendah dan keluarnya cairan yang berwarna seperti nanah.

Jika yang mengenai saluran telinga cukup tajam, maka cairan yang keluar mungkin disertai pula dengan bercak darah, menurut Seattle Children.

Benda-benda yang biasanya tersangkut di seluran telinga atau hidung bayi meliputi:

  • Potongan krayon
  • Makanan
  • Mainan kecil atau bagian mainan
  • Serangga
  • Biji-bijian

Selain itu, kebiasaan membersihkan telinga bayi menggunakan cotton bud juga dapat menyebabkan trauma. Ini menjadi penyebab telinga bayi keluar cairan seperti ingus yang lainnya.

Baca Juga : Jangan Anggap Sepele Sakit Telinga Pada Anak

4. Darah

telinga bayi berair, benarkah karena infeksi 4

Foto: nbcnews.com

Telinga bayi keluar cairan berwarna merah atau disertai dengan bercak darah.

Ini menandakan bahwa telinga Si Kecil terluka atau terinfeksi, misalnya seperti adanya goresan kecil yang terjadi pada lapisan saluran telinga.

Akan tetapi, kondisi lain, seperti gendang telinga yang pecah juga dapat menyebabkan keluarnya darah dari dalam telinga bayi. Kondisi ini memerlukan tindakan medis.

5. Penyebab yang Kurang Umum

telinga bayi berair, benarkah karena infeksi 5

Foto: parenting.firstcry.com

Ada penyebab lain telinga bayi keluar cairan seperti ingus yang jarang terjadi.

Baik susu sapi ataupun susu formula berbahan dasar kedelai memiliki potensi alergi yang tinggi dan salah satu manifestasi yang umum ditemui adalah telinga bayi berair.

Lendir atau cairan kemudian dapat menumpuk di telinga dan menyebabkan telinga bayi berair. Selain itu, kondisi ini juga bisa menyebabkan sakit telinga hingga otitis media.

Penyebab langka lainnya termasuk patah tulang tengkorak, baik hanya pada salah satu tulang tengkorak ataupun mastoiditis.

Mengatasi Telinga Bayi Berair

Biasanya dokter akan meresepkan antibiotik untuk beberapa jenis infeksi dan mengatasi telinga bayi keluar cairan seperti ingus.

Untuk membantu meringankan sakit telinga, banyak orang menggunakan kompres hangat di telinga atau menggunakan pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen.

Namun ada beberapa cara mengatasi telinga bayi keluar cairan seperti ingus dengan cara alami di bawah ini.

1. Mengompres Minyak Hangat

Telinga Bayi Keluar Cairan Seperti Ingus, Yuk Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Foto: Orami Photo Stocks

Jika cairan sudah berhenti sempurna dan tidak terjadi gendang telinga pecah, taruh beberapa tetes minyak zaitun atau minyak wijen yang dihangatkan di kain dan kompres di telinga yang terkena.

Ini menjadi cara alami mengatasi telinga bayi keluar cairan seperti ingus yang bisa dicoba di rumah.

2. Tetap Terhidrasi

Tubuh memerlukan cairan agar tetap terhidrasi, terlebih pada kasus telinga bayi keluar cairan seperti ingus.

Meskipun telah minum antibiotik namun tak terlalu efektif, minum lebih banyak air adalah cara alami untuk membuat Si Kecil tetap terjaga.

Berikan cairan atau ASI sesering mungkin pada Si Kecil. Menelan dapat membantu membuka tabung eustachius sehingga cairan yang terperangkap dalam telinga dapat mengalir.

Minum asetaminofen atau ibuprofen untuk meredakan nyeri atau demam pada bayi.

Baca Juga: Ada Benjolan di Belakang Telinga Bayi, Yuk Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya!

3. Angkat Kepala Bayi

Ini Tips Redakan Telinga Bayi Keluar Cairan Seperti Ingus-3.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Cara mengatasi telinga bayi keluar cairan seperti ingus adalah atur posisi kepalanya. Angkat sedikit kepala bayi di boks untuk meningkatkan drainase sinus.

Dengan ini saluran yang menghubungkan antara jalur pernapasan dan telinga akan membuat Si Kecil lebih nyaman.

Jangan letakkan bantal di bawah kepala bayi. Sebagai gantinya, letakkan satu atau dua bantal di bawah kasur untuk membuat lapisan kasur lebih tinggi.

4. Menggunakan Obat Tetes

Mengutip studi dalam National Library of Medicine, tetes erbal dapat meredakan nyeri untuk anak-anak dengan infeksi telinga.

Obat tetes telinga yang mengandung ekstrak bahan alami seperti bawang putih, mullein, lavender, dan minyak zaitun dapat membantu meredakan peradangan dan nyeri.

Ini menjadi cara mengatasi telinga bayi keluar cairan seperti ingus yang lainnya.

5. Hirup Uap Air Hangat

2 Kendurkan Dahak Dengan Uap.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Mengatasi telinga bayi keluar cairan seperti ingus adalah dengan membatunya menghirup uap.

Infeksi pada telinga terkait dengan saluran pernapasan bagian atas. Dengan menghirup udara lembap dapat membantu meringankan rasa sakit dengan mengurangi pembengkakan di saluran napas bagian atas dan mengurangi tekanan pada gendang telinga.

Buatlah rendaman air panas dan biarkan Si Kecil menghirup uapnya. Posisikan mereka sehingga saluran hidung mereka berada di atas uap. Jika memungkinkan, buat anak membungkukkan tubuh ke depan dan menggantungkan handuk di belakang kepala mereka.

Hiruplah dalam 5–10 menit dan ulangi sesuai kebutuhan.

6. Perawatan ke Dokter

Begini 3 Langkah Membersihkan Hidung Bayi yang Aman Menurut Dokter Anak

Foto: Orami Photo Stocks

Terlepas dari berapa lama telinga bayi keluar cairan seperti ingus, segera hubungi dokter anak jika anak tiba-tiba mengalami gangguan pendengaran, nyeri hebat, pusing, demam tinggi, leher kaku, atau kemerahan, bengkak, atau nyeri di sekitar telinga.

Segera konsultasikan dengan dokter jika anak memiliki saluran telinga dan tanda-tanda infeksi, seperti cairan yang tampak seperti nanah atau darah mengalir dari telinga, atau gejala terus berlanjut 48 jam setelah minum antibiotik.

Nantinya, dokter akan melihat saluran telinga dan gendang telinga anak dengan sebuah otoskop. Sebuah otoskop berisi cahaya kecil untuk melihat kondisi penyebab telinga bayi keluar cairan seperti ingus.

Untuk membuatnya lebih mudah, dokter mungkin akan meminta posisi anak di pangkuan orang tuanya agar ia tak mudah bergerak selama pemeriksaan.

Baca Juga: Bolehkah Anak Diimunisasi saat Sakit? Cari Tahu Dulu Faktanya

Itulah beberapa penyebab telinga bayi berair. Jadi, apakah Moms dapat mengetahui manakah yang menyebabkan keluarnya cairan dari telinga Si Kecil?

Segera hubungi dokter untuk memastikan kondisi Si Kecil ya, Moms.

  • https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/ears-nose-and-throat/middle-ear-infection-otitis-media
  • https://www.seattlechildrens.org/conditions/a-z/ear-discharge/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23274083/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait