Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Masalah Fertilitas | Dec 29, 2017

12 Penyebab Telat Haid, Tidak Selalu Karena Hamil Lho

Bagikan


12 Penyebab Telat Haid, Tidak Selalu Karena Hamil Lho

Kehamilan adalah hal pertama yang dipikirkan wanita saat mereka terlambat haid. Namun, apakah kehamilan satu-satunya penyebab terlambat haid?

Menurut Robin Elise Weiss, PhD, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi telat datang bulan selain kehamilan. Dalam banyak kasus, perubahan sederhana pada rutinitas sehari-hari dapat berdampak pada terlambat menstruasi.

Penyebab Terlambat Haid

Berikut adalah 12 penyebab terlambat haid yang paling umum:

1. Stres

Dalam tekanan fisik atau emosional, tubuh akan menghasilkan hormon stres adrenalin dan kortisol. Peningkatan hormon ini memaksa otak untuk menentukan fungsi tubuh mana yang penting dan mana yang tidak penting sampai periode stres berakhir. Kondisi ini mengakibatkan perubahan siklus menstruasi.

2. Penyakit

Jika Moms sakit, entah demam biasa atau yang lebih serius, stres bisa membuat tubuh mencapai fase fungsi yang dijelaskan tadi. Jadi, ovulasi bisa terjadi lebih lambat dari biasanya atau tidak sama sekali. Artinya, menstruasi juga akan terjadi terlambat atau bahkan tidak haid sama sekali.

3. Berat Badan

Berat badan dapat memengaruhi hipotalamus, yaitu kelenjar dalam otak yang bertanggung jawab mengatur berbagai proses dalam tubuh, termasuk siklus haid.

Baik penurunan berat badan secara ekstrem maupun kelebihan berat badan dapat menyebabkan berbulan-bulan tanpa berovulasi atau lapisan endometrium tumbuh terlalu cepat dan menjadi tidak stabil, sehingga terjadi menstruasi yang berat, tidak teratur, atau terlambat.

Baca juga: Gangguan Makan Penyebab Infertilitas?

4. Olahraga Berlebihan

Berolahraga secara berlebihan tanpa mengonsumsi cukup kalori dapat menyebabkan gangguan menstruasi dan tubuh tidak menghasilkan cukup estrogen untuk menyelesaikan siklus haid.

5. Perubahan Jadwal

Perubahan jadwal, misalnya kerja malam -- bukan siang hari atau sebaliknya -- dapat mengacaukan metabolisme tubuh, yang berakibat pada terlambat haid.

6. Menyusui

Jika Moms menyusui, Moms mungkin tidak mengalami menstruasi selama beberapa waktu, karena prolaktin (hormon yang bertanggung jawab untuk produksi ASI) juga menekan ovulasi.

7. Pengobatan

Kontrasepsi hormonal seperti pil, suntik, atau implan yang menghentikan tubuh agar tidak berovulasi menyebabkan terlambat haid atau bahkan tidak menstruasi sama sekali. Beberapa obat lain juga dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur, yaitu antidepresan, antipsikotik, kortikosteroid, dan obat kemoterapi.

8. Ketidakseimbangan Hormon

Polycystic ovarian syndrome (PCOS) adalah ketidakseimbangan hormon wanita karena tidak adanya ovulasi. Kondisi ini dapat menyebabkan kista pada ovarium dan mencegah ovulasi terjadi secara teratur.

Baca juga: Telat Datang Bulan? Waspadai PCOS!

9. Gangguan Tiroid

Bila tiroid, yaitu kelenjar yang bertanggung jawab atas metabolisme tubuh, tidak berfungsi dengan baik, maka akan terjadi menstruasi yang tidak normal. Tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme) dapat menyebabkan menstruasi lebih ringan dan jarang terjadi. Tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme) juga dapat menyebabkan menstruasi jarang terjadi namun lebih berat.

Baca juga: Waspadai Tiroid Saat Hamil!

10. Perimenopause

Usia rata-rata wanita mengalami menopause adalah 51 tahun. Namun 2 sampai 8 tahun sebelumnya, wanita dapat mengalami apa yang dikenal sebagai perimenopause atau premature menopause, yakni periode ketika tubuh secara bertahap menghasilkan lebih sedikit estrogen dan bergerak menuju menopause. Selama masa ini, tidak jarang terjadi perubahan siklus haid.

11. Penyakit Kronis

Misalnya penyakit Celiac, yang ditandai dengan intoleransi gluten. Setiap penyakit kronis yang tidak diobati atau tidak terdiagnosis adalah pemicu stres pada sistem tubuh dan dapat menyebabkan terlambat haid.

12. Salah Perhitungan

Siklus menstruasi berbeda-beda pada tiap wanita. Terkadang Moms menganggap terlambat haid tetapi sebenarnya salah perhitungan.

Apakah Moms punya pengalaman terlambat haid yang ternyata bukan karena hamil? Bagikan pengalaman Moms di bawah sini, ya.

(ROS)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.