Trimester 1

15 Januari 2021

6 Manfaat Buah Jeruk untuk Ibu Hamil, Bisa Mencegah Sembelit!

Ternyata manfaatnya sangat banyak lho, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Jeruk adalah salah satu buah yang terkenal di dunia. Buah berwarna jingga ini merupakan sumber vitamin C yang baik untuk tubuh. Rasanya yang asam memberikan kesan segar saat dikonsumsi, khususnya saat cuaca panas.

Selain dikonsumsi secara langsung, buah jeruk juga sering diolah menjadi selai, jus atau makanan lainnya. Bahkan, buah yang satu ini juga sering dijadikan campuran salad buah. Banyak sekali kan manfaat buah jeruk ini.

Tak hanya rasa yang enak dan memberikan efek segar saat dikonsumsi, buah jeruk kaya akan berbagai nutrisi lain yang memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang Harus Moms Ketahui

Menurut data US Department of Agriculture, jeruk mengandung vitamin C, vitamin B1 atau thiamine, folate dan potassium. Selain itu, buah jeruk juga mengandung serat yang dapat membantu sistem pencernaan serta mineral yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan

manfaat buah jeruk

Foto: Orami Stock Photos

Kandungan nutirisi yang tinggi dan beragam di dalam buah ini memberikan banyak manfaat buah jeruk untuk kesehatan. Senyawa flovanoids yang ada di dalam buah jeruk dapat memberikan efek untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada manusia menunjukkan bahwa, manfaat buah jeruk jika dikonsumsi setiap hari selama empat minggu dapat memberikan efek penghancur darah dan menurunkan tekanan darah secara signifikan.

Seperti yang dijelaskan dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Selain itu, kandungan serat yang ada di dalam buah jeruk dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Buah jeruk merupakan sumber asam sitrat yang baik dan dipercaya dapat memabantu mencegah pembentukan batu ginjal. Kalium sitrat merupakan obat untuk penderita batu ginjal. Sementara sitrat dalam jeruk dipercaya juga memiliki efek yang sama.

Manfaat buah jeruk lainnya adalah dapat mencegah anemia. Anemia adalah suatu kondisi yang ditandai dengan rendahnya kadar sel darah merah atau hemoglobin, sehingga kemampuannya untuk membawa oksigen menurun. Hal ini biasanya disebabkan karena kekurangan zat besi.

Meskipun jeruk bukan sumber zat besi yang baik, jeruk merupakan sumber asam organik yang sangat baik, seperti vitamin C (asam askorbat) dan asam sitrat.

The British Journal of Nutrition menjelaskan bahwa manfaat buah jeruk, terutama kandunagn vitamin C dan asam sitrat yang ada di dalamnya, dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari saluran pencernaan.

Manfaat buah jeruk untuk mencegah anemia dapat dirasakan saat Moms juga konsumsi makanan kaya akan zat besi.

Manfaat Buah Jeruk untuk Ibu Hamil

Manfaat buah jeruk juga bisa dirasakan oleh ibu hamil. Jeruk merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi selama kehamilan. Baik setelah diolah menjadi jus ataupun dimakan secara langsung.

Namun, kalau ingin mendapatkan manfaat buah jeruk yang maksimal, sebaiknya Moms konsumsi secara utuh atau tidak perlu diolah apalagi yang dijual secara kemasan. Karena jeruk olahan yang dikemas mengandung bahan pengawet yang tidak baik untuk ibu hamil.

Buah jeruk juga dapat dikonsumsi kapan saja, bahkan saat perut masih dalam keadaan kosong. Tidak ada batasan kapan atau bagaimana buah jeruk dapat dikonsumsi.

Baca Juga : Begini Dosis Vitamin C untuk Ibu Hamil yang Aman dan Cocok

Jeruk kaya akan vitamin C, zat besi, seng, dan asam folat. Manfaat buah jeruk saat hamil dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, memperkuat perkembangan otak, dan juga memberi manfaat pada warna kulit.

Konsumsi jeruk selama trimester pertama kehamilan sangat dianjurkan karena membantu perkembangan otak janin.

Namun, konsumsi buah jeruk juga tidak boleh berlebihan karena dapat memberikan efek negatif terhadap tubuh. Melansir parentingfirstcry.com dosis vitamin C harian untuk ibu hamil adalah 85 miligram atau setara dengan tiga buah jeruk setiap hari.

Namun, jumlah tersebut tentunya harus dikurangi saat Moms konsumsi makanan sumber vitamin C lainnya agar tidak kelebihan di dalam tubuh. Karena, segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memberikan efek negatif terhadap tubuh.

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat buah jeruk untuk ibu hamil yang wajib diketahui.

1. Meningkatkan dan Menjaga Sistem Imun Ibu Hamil

manfaat buah jeruk

Foto: Orami Stock Photos

Manfaat buah jeruk yang pertama adalah menjaga sistem imun ibu hamil. Sistem kekebalan tubuh atau imunitas merupakan hal yang penting selama masa kehamilan.

Mengutip familyeducation.com sistem kekebalan tubuh sangat berhubungan. Karena gangguan terhadap sistem imun dapat meningkatkan risiko keguguran atau bayi lahir secara prematur.

Selain itu, sistem imun yang terganggu dapat menyebabkan ibu hamil mengalami gangguan kesehatan seperti flu, keracunan makanan, dan infeksi saluran kemih.

Dr. James Betoni, ahli kandungan yang berbasis di Boise mengatakan bahwa, perubahan dalam sistem kekebalan menyebabkan peningkatan kerentanan terhadap infeksi virus, bakteri, dan parasit tertentu.

Saat ibu hamil terkena infeksi, hal itu mungkin saja menularkan kepada janin melalui plasenta dan ketika hal itu mungkin berdampak serius bagi bayi.

Masalah tersebut dapat diatasi dengan konsumsi makanan bergizi, seperti buah dan sayuran. Konsumsi buah jeruk dapat membantu meningkatkan sistem imun pada ibu hamil.

Jeruk kaya akan vitamin C yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh wanita dan bayi. Manfaat buah jeruk lainnya adalah melepaskan zat besi dan seng yang penting untuk sistem kekebalan tubuh.

Konsumsi jeruk sesuai takaran sajian, bisa membantu menurunkan risiko alergi saat hamil. Nutrisi di dalam buah jeruk juga dapat mendukung perkembangan tulang rawan, jaringan, pembuluh darah, dan tulang pada bayi.

Baca Juga : Selain Jeruk, Ini 4 Buah Penambah Kekebalan Tubuh yang Patut Dikonsumsi

2. Membantu Perkembangan Otak Bayi

buah jeruk bagus untuk perkembangan otak janin

Foto: Orami Stock Photos

Jeruk adalah sumber vitamin B6 dan asam folat yang baik untuk perkembangan otak janin. Konsumsi jeruk saat hamil dapat membantu perkembangan otak bayi dan mencegah cacat pada bayi yang disebabkan oleh terganggunya pembentukan tabung saraf.

Seperti yang diketahui terganggunya pembentukan tabung saraf dapat menyebabkan kelainan pada otak dan sumsum tulang belakang pada bayi. Kandungan folat dalam jeruk dapat membantu dalam pembentukan sel darah, pertumbuhan jaringan baru, dan perkembangan plasenta yang sehat.

Namun, asupan folat yang berlebihan dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan tinggi. Jadi, tetap harus diperhatikan jumlah konsumsi untuk mendapatkan manfaat buah jeruk selama hamil ya Moms, jangan terlalu berlebihan.

3. Membantu Mencegah Sembelit pada Ibu Hamil

manfaat buah jeruk bisa mencegah sembelit

Foto: Orami Stock Photos

Sembelit adalah masalah yang sangat umum dialami banyak wanita selama proses kehamilan. Beberapa ibu hamil mengalami sembelit atau gangguan pencernaan pada tahap awal kehamilan. Hanya saja masalah ini tidak akan berlangsung lama.

Gangguan pencernaan pada ibu hamil disebabkan oleh berbagai hal, seperti perubahan kadar hormon sehingga usus akan lebih lama memproses pergerakan tinja melalui usus besar. Hal ini data meningkatkan air yang diserap usus besar dari tinja, yang membuatnya lebih padat dan sulit untuk dikeluarkan.

Selain itu, sembelit juga dapat disebabkan oleh vitamin prenatal. Jenis vitamin ini penuh dengan zat besi, mineral penting yang terkadang bisa kekurangan selama kehamilan. Zat besi dapat menyebabkan sembelit dan kotoran keras berwarna hitam.

Penyebab lainnya adalah adanya tekanan dalam rahim. Saat hamil, rahim dapat membesar dan menekan usus, sehingga membuat usus lebih sulit untuk mengeluarkan tinja melalui usus. Sehingga membuat ibu hamil dapat mengalami sembelit atau gangguan pencernaan.

Masalah perut seperti gangguan pencernaan dapat diatasi dengan banyak konsumsi makanan yang mengandung serat, seperti buah dan sayuran.

Manfaat buah jeruk di sini, adalah memberikan asupan serat dan juga selulosa yang dapat membantu mengatur pergerakan usus dan menyembuhkan sembelit. Selain mencegah sembelit, manfaat buah jeruk juga dapat meredakan masalah perut lain, seperti kembung.

Baca Juga : Ini Langkah Mengatasi Sembelit Saat Hamil

4. Mengontrol Tekanan Darah pada Ibu Hamil

buah jeruk bisa mengontrol hipertensi

Foto: Orami Stock Photos

Hipertensi merupakan masalah yang juga sering dialami oleh ibu hamil. Sekitar 10% ibu hamil di Amerika Serikat mengalami masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Tekanan darah yang tidak normal selama kehamilan memang menjadi perhatian. Karena dapat memberikan risiko kepada ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandung.

Tekanan darah tinggi selama kehamilan dapat disebabkan oleh beberapa hal, gaya hidup misalnya. Ibu hamil yang menjalankan gaya hidup tidak sehat dapat menyebabkan kelebihan berat badan sehingga tekanan darah akan terus naik.

Penyebab lainnya adalah jenis kehamilan. Wanita yang mengalami kehamilan pertama lebih cenderung lebih mudah mengalami tekanan darah tinggi. Untungnya, risiko ini akan lebih rendah pada kehamilan berikutnya.

Selain itu, menurut menurut American Society for Reproductive Medicine metode kehamilan yang menggunakan teknologi bantu, seperti IVF dapat meningkatkan kemungkinan tekanan darah tinggi pada wanita hamil.

Faktor umur juga dapat menjadi penyebab wanita mengalami tekanan darah tinggi selama hamil. Wanita yang memiliki tekanan darah tinggi sebelum kehamilan berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi terkait selama kehamilan dibandingkan dengan mereka yang memiliki tekanan darah normal sebelum kehamilan.

Untuk itu, Moms bisa memanfaatkan manfaat buah jeruk. Kandungan kalium yang tinggi pada jeruk dapat membantu mengatur kadar tekanan darah pada ibu hamil dan memberikan efek lega dari hipertensi.

5. Menjaga Tubuh Ibu Hamil Tetap Terhidrasi

buah jeruk untuk ibu hamil

Foto: Orami Stock Photos

Dehidrasi ringan biasanya tidak berbahaya selama kehamilan asalkan ibu hamil mendapatkan cukup cairan. Namun, dehidrasi dapat bertambah parah dan berbahaya bagi ibu dan bayi.

Dehidrasi dapat menurunkan kadar cairan ketuban, yang dapat memengaruhi perkembangan bayi, menyebabkan persalinan prematur, dan dapat memengaruhi produksi ASI.

Dehidrasi dapat menyebabkan kekurangan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan ibu hamil dan perkembangan bayi.

Baca Juga : 5 Cara Mencegah Dehidrasi Saat Hamil, Simak di Sini Moms!

Selain rajin konsumsi air putih, buah jeruk juga dapat membantu ibu hamil terhindar dari dehidrasi. Manfaat buah jeruk ini didapat dari kandungan natrium dan kalium yang ada di dalam buah jeruk dapat menjaga keseimbangan kadar cairan dalam tubuh.

Dengan kandungan air 88%, jeruk membantu keseimbangan air dan hidrasi dalam tubuh.

6. Bermanfaat untuk Kulit Ibu Hamil

buah jeruk bisa mencegah jerawat

Foto: Orami Stock Photos

Ibu hamil sering mengalami gangguan kulit, seperti tumbuhnya jerawat di wajah. Hal ini dikarenakan semua hormon yang ada di dalam tubuh mengeluarkan minyak berlebih dan menyebabkan jerawat.

Selain menggunakan pengobatan dari luar yang aman untuk ibu hamil, disinilah manfaat buah jeruk akan bekerja. Konsumsi makanan sehat seperti buah jeruk dapat membantu mengatasi masalah jerawat terhadap ibu hamil.

Jeruk adalah antioksidan kuat; memakannya dapat memiliki efek menenangkan pada kulit, menjaganya tetap kencang serta memberikan kelembapan yang cukup untuk mencegah jerawat.

Baca Juga: Selain Jeruk, Ini 4 Buah Penambah Kekebalan Tubuh yang Patut Dikonsumsi

Manfaat buah jeruk memang sangat beragam. Konsumsi buah satu ini akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan termasuk kepada ibu hamil.

Namun, untuk Moms yang memiliki masalah dengan asam lambung sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum konsumsi buah yang kaya akan vitamin C ini agar tidak terjadi gangguan di dalam tubuh.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait