Di atas 5 tahun

12 Maret 2019

7 Tanda Moms Terlalu Mengekang Anak

Terlalu mengekang anak malah akan berbalik menimbulkan masalah lho, Moms.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Aturan dan disiplin memang harus ada untuk kebaikan anak sendiri, tapi tetap tidak boleh berlebihan sampai mengekang anak lho, Moms.

Menurut buku The Psychology of Parental Control: How Well-Meant Parenting Backfires dan beberapa penelitian ilmiah lain, terlalu banyak melarang anak sudah terbukti akan memicu masalah seperti:

  • Anak memiliki disiplin diri dan tangggung jawab yang rendah.
  • Beresiko membuat anak menjadi pelaku bully.
  • Anak memendam perasaan marah dan cenderung depresi.
  • Anak kurang bisa berpikir kritis dan hanya mengikuti perintah.
  • Anak sering membangkang dan melakukan tindakan beresiko secara sembunyi.
  • Hubungan orang tua dan anak yang tidak baik.

Supaya niat baik mendidik anak tidak berbalik jadi masalah, tidak ada salahnya kalau Moms melakukan introspeksi bila merasakan beberapa tanda terlalu mengekang anak berikut ini:

Baca Juga : Anak Kabur dari Rumah? Ini 5 Hal yang Harus Moms Lakukan!

1. Anak Sering Berbohong

7 tanda moms terlalu mengekang anak 1
Foto : Parentedge.in

Karena tahu akan dimarahi dan dihukum Moms bila melakukan kesalahan atau mencoba melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan aturan, anak jadi sering berbohong demi merasakan sedikit kebebasan.

Bila pola asuh Moms tidak kunjung berubah, anak akan semakin pandai berbohong agar terlihat baik dan menurut di depan Moms.

2. Anak Tidak Pernah Membawa Teman Ke Rumah

7 tanda moms terlalu mengekang anak 2
Foto : Yourfamilysolutions.com

Coba Moms perhatikan, seberapa sering buah hati membawa teman ke rumah? Bila nyaris tidak pernah, ingat lagi apakah sebelumnya Moms pernah memarahi atau melarang anak saat ada temannya?

Anak juga bisa saja enggan atau menolak temannya datang ke rumah, karena khawatir sikap Moms yang tanpa kompromi pada sekian banyak aturan di rumah akan membuat temannya tidak nyaman.

3. Tidak Sabar Menghadapi Tingkah Anak

7 tanda moms terlalu mengekang anak 3
Foto : Verywellfamily.com

Siapa nih, Moms yang sering tidak sabaran dan cepat kesal saat buah hati sesekali mengajak bercanda, bermain, atau melakukan keisengan?

Menganggap kesenangan kecil seperti tadi sebagai gangguan, membuang waktu, atau perilaku tidak disiplin bisa menjadi tanda terlalu mengekang anak lho, Moms.

4. Jarang Memberikan Anak Kesempatan Untuk Bermain

7 tanda moms terlalu mengekang anak 4
Foto : Parents.com

Jangankan bermain bersama teman, anak bahkan seringkali tidak punya kesempatan untuk istirahat sepulang sekolah karena harus segera pergi mengikuti berbagai jenis les untuk mendukung pendidikannya.

Walau awalnya dilakukan dengan niat untuk membuat anak menghabiskan waktunya secara produktif, memadati jadwal anak dengan berbagai aktivitas terstruktur tanpa menyisakan waktu untuk bermain juga bisa jadi tanda terlalu mengekang anak.

Baca Juga : 5 Cara Mengenali Kelebihan Anak agar Tumbuh Cerdas dan Percaya Diri

5. Memberikan Banyak Aturan Tanpa Menjelaskan Alasan

7 tanda moms terlalu mengekang anak 5
Foto : Majoresfotos.eu

Tanda terlalu mengekang anak yang paling mudah dikenali adalah menuntut anak mengikuti aturan yang Moms buat tanpa menjelaskan alasannya.

Saat anak bertanya kenapa, Orang tua yang melakukan ini biasanya sering mengucapkan “Pokoknya kata Moms begitu!” sebagai kalimat andalan.

Tidak heran, akhirnya anak merasa terkekang dan frustasi karena merasa pendapat dan pemikirannya tidak berarti bagi orang tua.

6. Sering Memberikan Ancaman

7 tanda moms terlalu mengekang anak 6
Foto : Aptparenting.com

Moms, mengingatkan konsekuensi yang akan terjadi saat anak tidak menurut itu tidak sama dengan memberikan ancaman yang membuat anak khawatir atau takut.

Bedakan kalimat “Memangnya kamu mau berdiri di depan kelas karena tidak menyelesaikan PR?“ dengan “Kalau PR tidak selesai, malam ini kamu tidur di luar saja” atau “Awas kalau tidak menurut, nanti Moms kirim ke sekolah berasrama.”

7. Sering Melontarkan Perkataan Yang Menyakiti Hati Anak

7 tanda moms terlalu mengekang anak 7
Foto : Abc13.com

Orang tua yang mengekang anak juga sering melakukan “pemerasan emosional” atau melontarkan perkataan yang menyakiti hati anak saat melakukan kesalahan atau tidak mau menurut.

Misalnya saja dengan kalimat seperti “Kamu sengaja tidak menurut karena tidak sayang Moms, kan?” atau “Kenapa sih kamu tidak bisa lebih pintar seperti kakakmu?”

Memberikan anak kesempatan untuk berekspresi, bermain, dan berkreasi sama pentingnya dengan aturan dan batasan dalam mendidik anak. Jangan sampai niat baik Moms malah merusak hubungan dengan anak seumur hidup.

Apa Moms punya strategi positif untuk mendisiplinkan anak agar tumbuh menjadi pribadi dengan karakter dan nilai hidup yang baik?

(WA)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait