ADVERTISEMENT

OLAHRAGA & KEBUGARAN
20 Januari 2022

Lebih Praktis, Ini 6 Manfaat Sepeda Statis bagi Kesehatan

Sepeda statis aman dilakukan di rumah

Foto: Orami Photo Stocks

Artikel ditulis oleh Nevy
Disunting oleh Debora

Rasanya, manfaat sepeda statis yang hanya dilakukan di dalam ruangan lebih efektif ketimbang bersepeda di luar ruangan.

Terkadang, bersepeda di luar ruangan tidak selalu berjalan sesuai rencana, karena terhalang cuaca yang tidak menentu.

Apalagi saat memasuki musim hujan tiba, hal tersebut menjadi pertimbangan utama.

Alih-alih sehat, terkena hujan saat bersepeda bisa saja menimbulkan gangguan kesehatan.

Bersepeda statis di dalam ruangan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh tanpa meninggalkan kenyamanan dalam rumah.

Baca Juga: 7+ Rekomendasi Sepeda Lipat Anak untuk Si Kecil, Modelnya Keren dan Cocok untuk Sunmori!

Manfaatnya Tidak Kalah Ketimbang Bersepeda di Luar Ruangan

ADVERTISEMENT

Foto: Sepeda Statis - www.walmart.com.jpg (www.walmart.com)

Foto: walmart.com

Mengendarai sepeda statis menjadi efektif untuk membakar kalori dan lemak tubuh, sekaligus memperkuat jantung paru-paru, dan otot kaki.

ADVERTISEMENT

Dibandingkan dengan beberapa jenis kardio lainnya, sepeda statis efektif dalam mengurangi tekanan pada persendian.

Berikut ini sejumlah manfaat sepeda statis:

1. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Manfaat sepeda statis yang pertama adalah meningkatkan kebugaran tubuh.

Bersepeda adalah cara terbaik untuk meningkatkan kinerja jantung dalam memompa darah.

ADVERTISEMENT

Latihan kardiovaskular atau aerobik, seperti bersepeda dapat memperkuat jantung, paru-paru, dan otot kaki.

Olahraga ini juga meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat sepeda statis lainnya dalam meningkatkan kebugaran tubuh:

  • Meningkatkan memori dan fungsi otak.
  • Menurunkan tekanan darah.
  • Meningkatkan kualitas tidur.
  • Meningkatkan kadar gula darah.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.
  • Menurunkan kadar stres dalam tubuh.
  • Meningkatkan energi saat beraktivitas.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bergantung pada intensitas latihan dan berat badan seseorang, sepeda statis dinilai mampu membakar lebih dari 600 kalori per jam.

Dilihat jumlah kalori yang terbakar, melakukan sepeda statis dinilai sangat baik untuk menurunkan berat badan berlebihan.

Ketika Moms membakar lebih banyak kalori dari makanan yang konsumsi, hal tersebut menjadi kunci penurunan berat badan.

3. Membakar Lemak dalam Tubuh

ADVERTISEMENT

Scroll untuk melanjutkan

Berolahraga dengan intensitas tinggi membantu membakar kalori, yang berujung pada hilangnya lemak membandel.

Jika sepeda statis dikombinasikan dengan diet rendah kalori hal tersebut efektif dalam mengurangi berat badan dan lemak tubuh.

Termasuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Moms bisa melakukannya selama 45 menit sebanyak tiga kali per minggu.

Batasi juga konsumsi kalori, yaitu sebesar 1.200 kkal per hari selama 12 minggu.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Alat Olahraga di Rumah dan Tips Memilihnya, Catat!

4. Memperkuat Tulang dan Sendi

Foto: Memperkuat Tulang dan Sendi.jpg

Foto: Orami Photo Stock

ADVERTISEMENT

Manfaat sepeda statis selanjutnya adalah memperkuat tulang dan sendi tanpa memberikan banyak tekanan seperti olahraga lainnya.

Bersepeda statis menjadi salah satu pilihan latihan yang baik untuk penderita masalah sendi atau cedera.

5. Memperkuat Kaki dan Otot Bagian Bawah Tubuh

Rutin bersepeda statis dapat membantu meningkatkan kekuatan kaki dan tubuh bagian bawah, terutama jika dilakukan dalam intensitas tinggi.

Mengayuh sepeda dapat membantu memperkuat betis, paha belakang, dan paha depan.

Selain itu, bersepeda statis dapat melatih otot punggung dan glutes.

Jika latihan dilakukan menggunakan sepeda dengan pegangan, Moms juga melatih otot tubuh bagian atas, termasuk bisep, trisep, dan bahu.

Baca Juga: Penyebab Nyeri Otot setelah Olahraga

ADVERTISEMENT

6. Dinilai Lebih Aman daripada Bersepeda di Luar Ruangan

Foto: kalori-bersepeda.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat sepeda statis yang terakhir adalah lebih aman ketimbang bersepeda di luar ruangan.

Bersepeda di luar ruangan memang menjadi cara yang bagus untuk berolahraga, tetapi dapat menimbulkan bahaya tertentu.

Beberapa bahaya yang terjadi, seperti pengemudi yang lalai, permukaan jalan yang tidak rata atau licin, dan jarak pandang yang buruk.

Jika cuaca tidak bersahabat, seperti terlalu panas atau hujan, akan lebih sulit mengumpulkan motivasi untuk bersepeda di luar ruangan.

Bersepeda statis di dalam ruangan tidak perlu mengkhawatirkan tentang cuaca dan lalu lintas di sekitar.

ADVERTISEMENT

Moms tetap dapat berolahraga dengan aman pada suhu yang nyaman setiap saat.

Baca Juga: Makna Filosofi Sepeda, Kaya akan Pelajaran Hidup yang Berharga

Lakukan Ini untuk Mendapatkan Manfaat Sepeda Statis

Melansir dari Penn State Pro Wellness sepeda statis lebih aman digunakan ketimbang bersepeda di luar ruangan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Mengalami kelelahan otot atau cedera dari gerakan berulang atau posisi kaki yang salah saat mengayuh.
  • Dapat jatuh dari sepeda atau melukai diri sendiri jika tidak menyeimbangkan diri dengan benar.

Agar tetap aman dengan bersepeda statis, ini tips yang bisa dilakukan:

  • Selalu posisikan tubuh dan kaki dengan benar.
  • Jika mengalami rasa sakit atau kelelahan, beristirahatlah beberapa saat.
  • Jangan memaksakan diri dengan melampaui batas latihan, apalagi jika Moms baru pertama kali mencobanya.

Baca Juga: Ini Kelebihan dan Kekurangan Balancing Bike dan Sepeda dengan Roda Bantu, Pilih Mana?

Jika Moms memiliki masalah dengan keseimbangan, tekanan darah atau kesehatan jantung, diskusikan dengan dokter terlebih dulu sebelum melakukan olahraga ini.

Tujuannya adalah untuk memastikan olahraga aman dilakukan.

Dokter juga dapat menentukan intensitas dan durasi dengan kondisi kesehatan yang dialami.

Jadi, apakah Moms ingin mencoba olahraga yang satu ini?

  • https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/stationary-bike-workout
  • https://prowellness.childrens.pennstatehealth.org/7-great-benefits-of-a-stationary-bike-workout/
  • https://www.livestrong.com/article/13719717-indoor-cycling-benefits/

Sebelumnya

12 Deretan Makanan Pembentuk Otot, Ada Telur Lho, Moms!
Puji • 28 Des 2021

Selanjutnya

Tubuh Bugar dengan Olahraga Tabata, Ini 5 Rekomendasi Gerakannya
Nydia • 21 Jan 2022

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

Artikel Terkait
Artikel Pilihan Editor

ADVERTISEMENT