Trimester 1

10 Januari 2022

Bolehkah Ibu Hamil Makan Cumi?

Moms, sebenarnya apakah boleh makan cumi-cumi saat sedang hamil?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Widya Citra Andini

Moms yang sedang mengandung mungkin pernah bertanya, bolehkah ibu hamil makan cumi?

Cumi menjadi salah satu makanan laut favorit banyak orang. Sebut saja seperti cumi goreng tepung atau ditambahkan dengan saus asam manis.

Nah, mungkin ketika Moms sedang hamil, maka hal ini menjadi kekhawatiran.

Yuk, ketahui lebih lanjut terkait ibu hamil makan cumi serta risiko dan manfaat yang mungkin dirasakan!

Baca Juga: Makan Seafood saat Hamil, Begini Aturannya

Bolehkah Ibu Hamil Makan Cumi?

bolehkah ibu hamil makan cumi

Foto: Orami Photo Stock

Kabar baiknya, ibu hamil boleh makan cumu, namun dengan porsi yang pas dan tidak berlebihan.

Mengonsumsi sekitar 100 gr cumi setiap minggu dianggap aman selama kehamilan.

Bahkan, ini bisa mendatangkan manfaat bagi bayi yang sedang berkembang.

Ketika sedang hamil, artinya Moms memberikan makanan untuk 2 orang, yaitu diri sendiri dan Si Kecil dalam kandungan.

Dilansir dari British Nutrition Foundation, nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil harus seimbang.

Bukan hanya sebatas seberapa banyak makanan yang dikonsumsi, namun juga jenis makanan yang dipilih.

Perubahan hormon bahkan menuntut tubuh untuk meningkatkan penyerapan mineral, seperti zat besi dan kalsium.

Baca Juga: 10 Olahan Udang untuk Anak, Enak dan Sehat!

Manfaat Ibu Hamil Makan Cumi

manfaat ibu hamil makan cumi

Foto: Orami Photo Stock

Pada dasarnya, makanan laut menjadi sumber nutrisi yang penting dan baik untuk perkembangan otak.

Selain itu, ada sejumlah manfaat lain yang bisa dirasakan dari konsumsi cumi, seperti:

1. Merkuri Rendah

Pada saat yang sama makanan laut juga bisa mengandung merkuri dari lingkungan, yang dikenal sebagai neurotoksik.

Nah, hal ini yang bermasalah apabila dikonsumsi oleh ibu hamil,” ujar Jordi Julvez, dari Pusat Penelitian dalam Epidemiologi Lingkungan di Barcelona.

Namun, cumi menjadi aman karena terbilang mengandung merkuri yang cukup rendah.

Sehingga rendah risikonya memicu gangguan kesehatan pada bayi dan ibu hamil itu sendiri.

Menurut jurnal dari Current Problems in Pediatric and Adolescent Health Care, makanan laut yang memiliki kandungan merkuri tinggi terdapat pada:

  • Tilefish
  • Swordfish
  • Marlin dan king mackerel

Hindari jenis makanan laut tersebut untuk mencegah risiko tak diinginkan.

2. Kaya akan Omega 3

3 Manfaat Cumi untuk Kesehatan Ibu Hamil

Foto: Orami Photo Stock

Menariknya lagi, cumi memiliki manfaat untuk perkembangan otak.

Dilansir dari Heart Foundation, hal ini karena mengandung asam lemak omega 3, protein, dan nutrisi penting lainnya.

Diperkirakan, satu porsi 100 gr cumi dapat mengandung hingga 0,6g asam lemak omega-3.

Ini sekitar 7 hingga 11 gr yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap minggunya, lho.

3. Rendah Natrium

Umumnya, tubuh memang membutuhkan natrium untuk sehari-hari. Namun, kebanyakan natrium juga tak baik, karena bisa memicu penyakit jantung dan stroke.

Nah, manfaat ibu hamil makan cumi karena terbilang rendah kadar natriumnya.

Karenanya, pastikan makan cumi olahan dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan ya, Moms.

Baca Juga: Ibu Hamil Makan Sushi, Perhatikan 3 Hal Ini!

4. Menurunkan Kolesterol

ibu hamil makan cumi dan kolesterol.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Apa saja manfaat makan cumi bagi ibu hamil? Salah satunya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, lho.

Cumi-cumi diketahui rendah lemak dan dapat menjaga kolesterol tetap stabil.

Kolesterol yang terjaga selama kehamilan menurunkan risiko terkena stroke ataupun penyakit jantung.

5. Berat Badan Stabil

Kenaikan berat badan di masa kehamilan tentu saja umum terjadi.

Ibu hamil makan cumi manfaat lain yang bisa dirasakan yakni rendah kalori, Moms.

Diperkirakan, dalam 100 gram cumi memiliki jumlah kalori yang rendah, yaitu sekitar 1,4 gram.

Jadi tak perlu khawatir lagi berat badan bisa bertambah karena makan cumi atau calamari!

6. Tinggi akan Vitamin E

manfaat cumi ibu hamil dan calamari.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cumi-cumi memiliki jumlah selenium dan vitamin E yang baik untuk kesehatan.

Selenium, biasanya hadir dalam jumlah kecil di dalam tubuh.

Ini bekerja dengan vitamin E untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan janin.

Dikenal juga sebagai antioksidan, mineral ini berperan dalam memerangi kanker dan membantu menghambat pertumbuhan tumor.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Pakai Skincare? Ketahui Produk yang Aman!

7. Mengatasi Migrain Saat Hamil

Sakit kepala saat hamil kerap dirasakan sejumlah wanita.

Sulit untuk memprediksi dan mencegah sakit kepala seperti migrain timbul. Namun, makan cumi-cumi dapat membantu, lho.

Hal ini karena kandungan vitamin B2 yang tinggi dalam cumi cukup bermanfaat.

Tak hanya itu, bahkan senyawa ini juga bisa menambah energi dan produktivitas saat kehamilan, Moms.

8. Mengatasi Anemia

4 Makanan Khusus untuk Penderita Anemia Saat Hamil.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kekurangan darah atau anemia sering ditemukan saat hamil.

Ibu hamil makan cumi dapat merasakan khasiatnya, terutama untuk pembentukan sel darah merah.

Tinggi akan tembaga di dalam cumi dapat menghasilkan sel darah merah dengan lebih banyak.

Artinya, ini berperan dalam kesehatan sel saraf dan sistem kekebalan tubuh manusia.

Jangan pernah menyepelekan anemia saat hamil, karena dapat memicu kelahiran prematur sewaktu-waktu.

Baca Juga: Waspada, Ini 3 Dampak Negatif Mengonsumsi Sagu Berlebihan

Cara Aman Mengonsumsi Cumi Saat Hamil

cara aman mengonsumsi cumi saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Sekarang Moms sudah tahu bahwa ibu hamil makan cumi ternyata aman dan bermanfaat.

Sekarang saatnya membahas tips mengonsumsi cumi saat hamil, Moms harus memerhatikan beberapa hal ini, yaitu:

1. Hindari Menggoreng Cumi

Hindari terlalu banyak makan cumi goreng karena dapat mengurangi nilai gizinya.

Selain itu, makanan yang digoreng juga menambahkan lemak jenuh yang tidak sehat. Hal ini bisa menyebabkan penambahan berat badan yang berlebihan.

2. Ketahui Kualitas Cumi

Jika ingin membeli cumi di pasar swalayan, periksa dengan baik tanggal kedaluwarsa dan kesegaran produk sebelum membelinya.

Sama dengan memilih ikan yang segar, cumi pun perlu dipastikan dalam keadaan sehat dan tidak berbau.

Pastikan beli dalam keadaan segar dan aman untuk dikonsumsi.

3. Bersihkan Cumi Sebelum Dimasak

Sebelum Moms memasak cumi, pastikan sudah membersihkan dengan baik.

Hal ini untuk membuang sisa-sisa kotoran dan kemungkinan bakteri di dalam tubuhnya. Potong bagian daging cumi yang tak layak dimasak ya, Moms.

4. Olah Cumi Hingga Matang

Jika ingin mengonsumsi cumi, coba dikelola dengan cara dikukus atau ditumis untuk menjaga nutrisinya agar tetap utuh.

Sehingga, tidak mengganggu kesehatan pencernaan atau memicu sembelit dan diare.

Pastikan cumi dimasak sampai benar-benar matang, ya, Moms.

Tambahkan hidangan cumi dengan sayuran segar agar menambah kelezatan dan juga rasanya yang beragam.

5. Jangan Konsumsi Cumi Jika Alergi

Cumi memang baik untuk kesehatan, tapi tak semua orang bisa mengonsumsinya.

Apabila Moms sudah memiliki alergi terhadap makanan laut, sebaiknya hindari makan cumi untuk menghindari dampak buruk yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Amankah Ibu Hamil Makan Telur Ikan?

Itulah hal yang harus diperhatikan ketika makan cumi saat hamil, ya, Moms! Jangan lupa untuk menyeimbangkan dengan nutrisi lainnya.

  • https://www.nutrition.org.uk/attachments/104_Nutrition%20in%20pregnancy.pdf?
  • https://www.heartfoundation.org.au/search/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3096006/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait