Kesehatan

18 Januari 2018

7 Aturan dan Cara Minum Teh Hijau untuk Diet, Jangan sampai Salah ya!

Tidak boleh lebih dari 2-3 gelas per hari ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Teh hijau untuk diet bukanlah hal yang asing didengar bukan? Tak jarang muncul juga pertanyaan, ”Dok, benar gak teh pahit dan teh hijau bisa bikin langsing? Kalau iya, sebaiknya diminum berapa kali dalam sehari?”.

Nah, menurut dr. Yohana Margarita, teh hijau merupakan minuman yang mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan ini berperan dalam menangkal radikal bebas yang dapat memicu kerusakan sel pada penyakit degeneratif seperti jantung, stroke, kanker, dan diabetes.

“Kandungan yang terdapat pada teh hijau diantaranya katekin, kafein, asam folat, kalium, dan kalsium,” ujar dr. Yohana. Beragam manfaat teh hijau sendiri menurunkan kolesterol, melindungi hati, menurunkan berat badan, melawan risiko penyakit jantung, memerangi sel kanker, dan teh hijau sebaiknya tidak diminum lebih dair 5 cangkir per hari.

Cara Minum Teh Hijau untuk Diet

Cara minum teh hijau untuk diet

Foto: Orami Photo Stock

Sebuah tinjauan yang lebih baru dari Cochrane Database of Systematic Reviews, ada dampak positif dari penggunaan teh hijau untuk diet. Berikut ini cara minum teh hijau untuk diet:

1. Hanya 2 sampai 3 Cangkir Sehari

Teh hijau kaya akan antioksidan dan senyawa nabati alami seperti tanin dan flavonoid. Kelebihan dapat menyebabkan keracunan atau dapat menyebabkan kerusakan pada hati. Hal ini juga diperkuat menurut University of Maryland Medical Center, Moms setidaknya perlu minum 2-3 cangkir sebagai cara minum teh hijau untuk diet.

Diperkirakan 1 cangkir teh hijau mengandung sekitar 120 hingga 320 miligram katekin dan 10 hingga 60 miligram kafein, meskipun ini tergantung cara Moms menyeduh teh hijau untuk diet. Cara minum teh hijau untuk diet sendiri adalah dengan menyeduh daun teh hijau sejati serta tidak menggunakan tambahan gula.

2. Jangan Pernah Minum Teh Hijau Saat Perut Kosong

Cara minum teh hijau untuk diet selanjutnya adalah Moms tidak boleh minum dalam keadaan perut kosong. Tentunya, memulai hari dengan dosis kafein dapat memberikan tenaga saat Moms memulai hari. Tapi, hal ini juga memengaruhi keseimbangan perut. Sebagai gantinya, minumlah segelas air hangat dengan jeruk nipis dan madu atau cukup pilih buah.

Baca Juga: Ini 5 Akibat yang Terjadi pada Tubuh Jika Terlalu Sering Minum Teh

3. Hindari Minum Teh Hijau Seusai Makan

Banyak orang menggunakan cara minum teh hijau untuk diet setelah makan tanpa menyadari bahwa minum teh hijau segera setelah makan dapat menghambat penyerapan zat gizi. Artinya, apa pun yang Moms makan tidak diserap dengan baik karena kafein dan tanin bertindak sebagai penghalang. Ini juga dapat mengencerkan cairan lambung yang mengakibatkan pencernaan tidak benar. Jadi sebaiknya minum teh hijau 30-45 menit sebelum atau sesudah makan.

4. Hindari Minum di Malam Hari

Hindari cara minum teh hijau untuk diet di malam hari karena dapat mengganggu pola tidur dan dapat meningkatkan tingkat stres. Selain itu, bila dikonsumsi secara berlebih kafein dalam dosis besar dapat menimbulkan masalah bagi mereka yang berisiko mengalami masalah jantung atau dengan tekanan darah tinggi.

5. Jangan Menggunakan Kembali Kantong Teh Hijau yang Telah Terpakai

Tidak hanya kandungan kafein dalam kantong teh yang sudah digunakan sangat tinggi, kantong teh basah juga rentan terhadap serangan mikroba. Sebagai aturan, jangan pernah menggunakannya lebih dari dua kali. Karena itu, cara minum teh hijau untuk diet yang terbaik adalah menggunakan daun teh hijau untuk secangkir teh Moms.

6. Hindari Penambah Perasa Buatan

Hindari penambahan kalori ekstra dari pemanis seperti gula, madu, susu atau krim sebagai cara minum teh hijau untuk diet jika Moms ingin meniadakan manfaatnya. Dengan menambahkan 1 sendok teh madu dan 1 sendok makan krim, cara minum teh hijau untuk diet ini akan sia-sia.

Karena, kalori dalam kandungan teh hijau untuk diet akan bertambah menjadi 86kalori. Tapi, secangkir teh hijau polos hanya memiliki 2 kalori, sehingga cocok sebagai minuman untuk rencana diet Moms maupun Dads.

7. Minum Lebih Banyak Air Putih

Saat menentukan cara minum teh hijau untuk diet, Moms pun tidak boleh melupakan untuk tetap konsumsi air putih. Karena, teh hijau bersifat diuretic, yang dapat menyebabkan sering buat air kecil. Jadi, lebih baik minum air putih yang banyak untuk menghidrasi tubuh Moms.

Studi yang diterbitkan National Library of Medicine selama satu tahun pada 173 wanita menemukan bahwa minum lebih banyak air dikaitkan dengan penurunan lemak dan berat badan yang lebih besar, terlepas dari diet atau olahraga.

Baca Juga: Dampak Minum Teh Terlalu Banyak, Ternyata Tidak Selalu Menyehatkan!

Cara Menyeduh Teh Hijau untuk Diet

Cara menyeduh teh hijau untuk diet

Foto: Orami Photo Stock

Lalu, untuk mendapatkan manfaat teh hijau untuk diet, Moms atau Dads juga harus membuatnya dengan benar. Dan menyiapkan teh hijau dengan benar juga dapat meningkatkan rasanya.

Cara menyeduh teh hijau untuk diet yaitu pertama, pastikan air yang digunakan teh antara 160 dan 180 derajat celcius. Kedua, seduh teh hijau di dalam air hanya 2 hingga 3 menit, melakukannya secara berlebihan dapat mencegah daun teh melepaskan rasa berlebihan yang dapat membuat teh menjadi pahit.

Ketiga, tambahkan 2 gram daun teh ke 177 ml air. Ini adalah perbandingan yang tepat antara daun teh dan air untuk membuat secangkir teh yang sehat dan enak.

Agar meningkatkan rasa, Moms dapat menambahkan beberapa daun mint sebagai cara minum teh hijau untuk diet. Campuran lain untuk menambah rasa bisa seperti teh hijau dan lemon, teh hijau dan kayu manis.

Idealnya, Moms haruslah memilih cara minum teh hijau untuk diet dengan daun segar dan tidak menggunakan teh yang berada di kantong. Karena, menggunakan kantong teh mengurangi potensi reaksi kimia.

Jika teh kantong adalah satu-satunya pilihan, buka kantong dan tuangkan air langsung ke isinya. Sedangkan untuk bagian pembuatan bir itu sendiri, jangan biarkan airnya mendidih sepenuhnya. Sebagai gantinya, tuangkan air ke atas teh tepat sebelum mendidih, lalu biarkan teh terendam selama 3-4 menit

Jenis Teh Hijau untuk Diet

Jenis teh hijau untuk diet

Foto: Orami Photo Stock

Jenis teh hijau untuk diet apa yang terbaik menurunkan berat badan? Jenis teh hijau terbaik untuk turunkan berat badan adalah teh oolong, teh matcha, dan teh hijau daun lepas. Teh hitam lebih teroksidasi dan hal ini membuatnya tidak banyak mengandung katekin. Teh hijau beraroma memang bagus namun kemungkinan mengandung pengawet.

Yang patut diingat adalah Moms atau Dads bila menjadikan teh hijau untuk diet jangan menambahkan gula rafinasi. Teh hijau untuk diet dianggap aman untuk dikonsumsi. Namun, bila Moms atau Dads sensitif dengan kafein maka baiknya tidak dikonsumsi pada sore dan malam hari.

Meskipun ekstrak teh hijau atau suplemen EGCG dapat menyebabkan sedikit peningkatan dalam laju metabolisme dan pembakaran lemak, efeknya sederhana jika menyangkut penurunan berat badan.

Namun, setiap sedikit bertambah, dan mungkin bekerja lebih baik bila dikombinasikan dengan strategi penurunan berat badan efektif lainnya seperti makan lebih banyak protein dan mengurangi karbohidrat.

Tentu saja, jangan lupa bahwa manfaat teh hijau tidak hanya sekedar menurunkan berat badan. Itu juga sehat karena berbagai alasan lainnya.

Perlu diingat bahwa sebagian besar penelitian telah meneliti ekstrak atau suplemen teh hijau yang mengandung antioksidan teh hijau terisolasi.

Baca Juga: 10 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Wajah, Yuk Simak!

Sebagai perbandingan, efek minum teh hijau mungkin minimal, meskipun asupan teratur mungkin memiliki manfaat jangka panjang. Jadi, tak ada salahnya menjadikan teh hijau untuk diet sebagai salah satu cara Moms untuk penurunan berat badan.

  • https://berrymaple.com/green-tea-with-ginger-and-lemon-for-weight-loss/
  • https://www.urbancompany.com/blog/lifestyle/health/green-tea-for-weight-loss/
  • http://news-ontime.com/Nov.1/Shark-Tank-Diet8.0/SS/SlimTone.html?cep=CfJrWaPV7GPDSeFZKDnRTGs9Dg45t2Blh0CVQljXkxW4PhSpEqElWDJFNnCwG_K3RdUgjDvle2ICNvpoJsd6Nqtso4l85GMcUNeazyprN6TNWLX1QlLD3UX17dygxL_L9EJarShnN12slUsdx0uVuNzTIWkXnrsd5sp87Ob2Pf7A3VI65zYCliJCc6rZv7n2kFMTfUxrUu90u0pJ0E4h1wB9_1xTrmee2v7JTN_WEdFEP50F8D7Y9JWsb4z-WVw8MUYJ_VxtHhMokkO7HkIKtL3hOaeCJdV9l4341cstdsMZZbjakc4pqCEN3nYzu6Ro3xj77infY8oOJ2a8hudPudwl80NOyACgkwbXngazsBZY-AjafovlGIXkRfCV2P-s&lptoken=16d918ac6894853631c8#
  • https://www.stylecraze.com/articles/green-tea-for-weight-loss/
  • https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/weight-loss/weight-loss-how-much-and-when-should-you-have-green-tea/photostory/68598083.cms
  • https://www.timesnownews.com/health/article/green-tea-benefits-weight-loss-tea-how-many-cups-should-you-drink-per-day-to-lose-belly-fat-tips-to-brew-it-the-right-way/388144
  • https://www.cochranelibrary.com/cdsr/doi/10.1002/14651858.CD008650.pub2/abstract
  • https://www.healthline.com/nutrition/green-tea-detox-diet
  • https://thebeautygypsy.com/green-tea-weight-loss/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait