Parenting

17 April 2021

13 Fakta Anak Kedua, Unik dan Menarik!

Anak kedua biasanya cenderung lebih aktif dan pemberontak dibanding anak pertama
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Adeline Wahyu

Daftar isi artikel

Jika anak pertama dikenal sebagai pelindung keluarga dan cenderung jadi pemimpin, anak kedua biasanya dikenal sebagai pemberontak atau terkadang bisa sangat manja, terlebih kalau ia anak bungsu.

Kalau dibandingkan dengan anak sulung dan bungsu, anak kedua dari tiga bersaudara atau anak tengah memang lebih jarang dibicarakan.

Anak kedua seringkali jadi ajang “pembenaran” pengasuhan orang tua yang kurang tepat pada anak pertama. Sehingga biasanya anak kedua dididik lebih keras dibandingkan anak pertama.

Fakta Anak Kedua

Nah, lantas apa saja fakta anak kedua yang patut Moms ketahui? Simak di bawah ini, yuk.

1. Tekanan untuk Berprestasi Lebih Tinggi

Unik dan Menarik, Inilah 7 Fakta Anak Kedua!1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Fakta anak kedua yang pertama adalah memiliki tekanan untuk berprestasi lebih tinggi. Sebuah penelitian dari Journal of Population Economics menemukan bahwa anak-anak kedua sering memiliki standar pendidikan yang lebih tinggi dibanding kakaknya.

Biasanya, hal ini sering disebabkan karena kinerja sang kakak yang lebih rendah di sekolah dan keinginan orang tua untuk meningkatkan hasil pendidikan anak berikutnya. Maka, orang tua menempatkan beban pendidikan yang lebih tinggi pada anak kedua dibanding anak pertama.

Biasanya orang tua akan memberikan perhatian dan pengawasan ekstra untuk anak kedua.

Baca Juga: Anak Sakit Gigi? Ini 8 Cara Mengatasinya

2. Lebih Mandiri

Fakta anak kedua yang selanjutnya adalah lebih mandiri. Penelitian dari Journal of Adolescence menyatakan bahwa anak kedua punya otonomi lebih besar daripada anak pertama. Jika Moms punya dua anak atau lebih, pasti Moms sudah menyadari hal ini. Dengan anak pertama, Moms merasa anak tersebut seperti kertas putih.

Moms memantau semua yang mereka lakukan sampai detail terkecil. Saat anak kedua, Moms biasanya akan lebih santai dan rileks. Karena hal inilah mungkin anak kedua akan jadi lebih tangguh dan mandiri.

3. Cenderung Lebih Nakal, Terutama Anak Laki-laki

Unik dan Menarik, Inilah 7 Fakta Anak Kedua!4.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Fakta anak kedua yang selanjutnya adalah cenderung lebih nakal, terutama anak laki-laki. Dalam sebuah studi pada tahun 2017 yang berjudul Birth Order and Deliquency, para peneliti menemukan bahwa memang anak yang lahir di urutan kedua cenderung lebih nakal dibanding anak pertama, terutama anak laki-laki.

Namun, hal ini dilakukan semata-mata untuk mencari sedikit perhatian, Moms.

Baca Juga: Ternyata, Ini Penyebab Bibir Kering pada Anak

4. Lebih Aktif

Fakta anak kedua yang selanjutnya adalah lebih aktif. Dibandingkan anak pertama, anak kedua biasanya lebih aktif, Moms. Beberapa orang tua mengeluhkan anak-anak kedua mereka selalu memasuki suatu tempat baru kemudian berlarian.

Mereka mengatakan bahwa anak kedua tidak pernah bisa diam, sedangkan anak pertama bisa lebih tenang. Bahkan, saat ini ada pula penelitian dari American Journal of Epidemiology yang menunjukkan bahwa anak-anak kedua memang lahir lebih aktif, punya tekanan darah dan berat badan lebih rendah dibanding anak pertama.

5. Punya Contoh

Unik dan Menarik, Inilah 7 Fakta Anak Kedua!3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Fakta anak kedua yang selanjutnya adalah mereka punya contoh. Moms, pada anak kedua, mereka memiliki keunggulan yakni menjadikan kakaknya sebagai contoh. Saat melihat kakaknya berjerawat dan gagal dalam bahasa Inggris, anak kedua tahu apa yang dibutuhkan untuk mempersiapkannya agar tidak mengalami hal serupa.

Jadi setidaknya, saat anak kedua nanti lahir dan berbuat onar serupa dengan sang kakak, Moms pun tahu cara mengatasinya.

6. Merasakan Semua Keuntungan

Fakta anak kedua yang selanjutnya adalah bisa merasakan semua keuntungan. Anak kedua pasti merasakan semua keuntungan yang dirasakan pula oleh kakaknya. Saat anak pertama sudah tidak suka dengan mainannya, anak kedua langsung memilikinya.

Tentu saja tidak hanya punya mainan milik kakaknya dulu, Moms pun pasti membelikan mainan baru pula untuknya. Hasilnya, anak kedua pasti punya lebih banyak mainan dibanding anak pertama.

Baca Juga: 5 Langkah Mengatasi Asam Lambung Pada Anak

7. Kepribadiannya Sangat Berbeda dengan Anak Pertama

Unik dan Menarik, Inilah 7 Fakta Anak Kedua!2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Fakta anak kedua yang selanjutnya adalah kepribadiannya sangat berbeda dari sang kakak. Sebenarnya, berapa pun anak yang Moms dan Dads miliki, mereka semua pasti punya kepribadian yang berbeda satu sama lain. Bahkan saat bayinya pun sudah pasti berbeda.

Tapi, anak pertama dan kedua biasanya lebih menonjol. Apabila anak pertama aktif, anak kedua cenderung lebih pasif dan sebaliknya.

8. Pembawa damai

Fakta anak kedua yang mungkin tidak Moms sadari, bagaimana kedua saudara mereka akan bereaksi, mereka mengetahui dua sisi dari sebuah pertengkaran.

Mereka mungkin pandai menciptakan perdamaian dan berdebat. Mereka tahu bagaimana melihat perspektif yang berbeda dalam situasi tertentu.

Baca Juga: Selain Supel, Ini 7 Sifat Anak dengan Zodiak Aquarius!

9. Lebih Fleksibel

anak kedua

Foto: Orami Photo Stock

Fakta anak kedua mungkin lebih fleksibel karena kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan situasi yang berbeda.

Anak tengah seringkali mandiri dan cenderung berpikir di luar kotak. Mereka bisa menjadi pemain tim dan mitra yang luar biasa.

Ingatlah bahwa sindrom anak kedua bukanlah kelainan klinis. Dengan perhatian yang cermat pada kebutuhan individu setiap anak, semua saudara kandung dapat berkembang dengan kuat dan sehat.

10. Benci Bila Dibandingkan

Fakta anak kedua lainnya adalah bencil bila dibandingkan. Ketika Moms membandingkan anak-anak, anak kedua Moms mungkin tersinggung dan melakukan hal yang berlawanan dengan apa yang ingin dia lakukan. Hindari perbandingan di antara saudara kandung.

Anak kedua Moms berisiko lebih tinggi mengalami masalah emosional, terutama jika dia merasa tidak dicintai atau diabaikan. Tidak cukup memperhatikan kebutuhan, perkembangan, dan prestasinya juga akan membuatnya tidak termotivasi.

Pastikan Moms mendukung yang kedua atau tengah seperti yang dilakukan untuk yang lain. Bantulah mereka untuk menyadari bahwa mereka spesial untuk kita seperti anak-anak yang lain.

11. Introvert atau Ekstrovert

fakta anak kedua

Foto: Orami Photo Stock

Harga diri yang rendah mungkin berkembang sebagian karena kurangnya perhatian yang cukup dari orang tua. Di satu sisi, anak-anak dengan harga diri rendah mungkin menghindar dari orang lain dan menghindari bersosialisasi.

Harga diri yang rendah dapat menyebabkan ekspresi kemarahan dan mudah tersinggung.

Baca Juga: Kisah Nabi Yusuf dan Berbagai Nilainya yang Bisa Diajarkan pada Anak

12. Merindukan Kasih Sayang Ibu

Fakta anak kedua Moms mungkin tidak menanggapi cinta dan kasih sayang dengan cara yang sama seperti anak pertama. Jika Moms merasa anak kecil tidak menyayangi atau menginginkan perhatian, pikirkan lagi.

Dia membutuhkan cinta sebanyak yang bisa kita berikan padanya. Dia mungkin mencoba menunjukkan kepada kita bahwa dia tidak senang dengan jumlah perhatian Moms dan menginginkan lebih dari yang ada.

Menghabiskan waktu khusus dengan setiap anak, meskipun hanya selama 10 menit sehari, dapat membantu.

13. Mencoba Untuk Menarik Perhatian

fakta anak-anak

Foto: Orami Photo Stock

Fakta anak kedua berikutnya, mungkin mereka selalu mencari perhatian kita dengan mengajukan terlalu banyak pertanyaan atau mencari bantuan dalam segala hal.

Mereka mungkin menolak untuk melakukan sesuatu sendiri dan sangat bergantung pada orang tua atau saudara kandung lainnya.

Mereka bisa saja nakal dan melakukan hal-hal yang akan menarik perhatian kita.

Nah, Moms itulah beberapa fakta anak kedua yang mungkin belum Moms ketahui. Tetap ingat, ketika anak kedua nanti lahir, sang kakak pun membutuhkan penyesuaian akan kehadiran adiknya.

Jadi, tidak perlu terburu-buru untuk meminta sang kakak aktif membantu Moms, ya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait