Kesehatan

KESEHATAN
15 Maret 2019

Apa itu Fatty Liver? Kenali Gejalanya dan Hindari Penyebabnya

Fatty liver adalah nama lain dari penyakit perlemakan hati. Apa itu Moms?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Fatty liver adalah nama lain dari penyakit perlemakan hati. Apa itu Moms? Sebenarnya, lemak yang ada di hati itu merupakan hal yang normal terjadi pada tubuh, namun hati hanya bisa menolerir lemak sebanyak 5-10 persen dari berat hati yang Moms miliki.

Jika penumpukan lemak yang ada di hati lebih dari berat hati Moms, maka hal tersebut dapat membuat hati menjadi bengkak dan berujung pada timbulnya penyakit.

Biasanya, penyakit fatty liver cenderung tidak membahayakan, tapi bila dibiarkan terlalu lama, maka dapat menimbulkan gangguan hati lanjutan seperti sirosis.

Hal ini diperkuat dari penjelasan Christina Lindenmeyer, MD, ahli gastroenterologi di Klinik Cleveland di Ohio, mengatakan bahwa penyakit hati adalah spektrum entitas klinis.

“Ini merupakan kelainan ringan pada fungsi hati yang benar-benar jinak tanpa signifikansi klinis, namun bisa menjadi parah sampai menyebabkan penyakit hati akut atau kronis, bahkan penyakit hati stadium akhir dengan gagal hati," kata Dr. Lindenmeyer.

Baca Juga: Yuk, Deteksi Dini Gangguan Fungsi Hati Pada Bayi!

Gejala Fatty Liver

1 pkhkyy3x pko3cgknv e1g

Foto: liverline.com

Ada beberapa jenis dari penyakit fatty liver, pertama adalah fatty liver yang disebabkan oleh alkohol, kedua yang tidak disebabkan alkohol, dan ketiga yang disebabkan karena ibu sedang mengandung.

Saat fatty liver menyerang tubuh, biasanya pada bagian perut atas kanan penderita akan terasa sakit. Selain itu, penderita juga lebih cepat lelah dan berat badan turun drastis.

Gejala fatty liver hampir mirip dengan penyakit lambung gastritis, seperti muntah, mual, dan nafsu makan hilang.

Baca Juga: Hati-hati! 6 Penyakit Karena Konsumsi Gula Pada Minuman Setiap Hari

Hindari Penyebab Fatty Liver

liver doctor what to eat if you have fatty liver

Foto: liverdoctor.com

Mengatasi penyebab fatty liver dapat dilakukan dengan cara menghindari penyebabnya, yaitu gaya hidup yang salah.

Menurut penjelasan Steven Flamm, Gastroenterology & Hepatology Specialist di Northwestern Memorial Hospital Chicago, cara menghindari risiko kerusakan liver adalah dengan tidak mengonsumsi alkohol dan makan makanan berlemak.

Moms bisa mengurangi konsumsi daging merah dengan daging ayam atau ikan. Selain itu dengan mengonsumsi banyak sayur, buah-buahan, dan biji-bijian utuh. Moms juga bisa rutin berolahraga dan berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi fatty liver dalam tubuh.

Baca Juga: Ketahui Bahaya Fatty Liver Disease yang Mengintai Anak Obesitas

Lakukan pemeriksaan darah secara rutin untuk mengetahui kondisi hati. Moms juga bisa mendapatkan vaksin hepatitis A dan B untuk usaha mengurangi risiko infeksi pada hati yang dapat memperparah kerusakan hati. Yuk Moms, mulai hidup sehat dari sekarang!

(IRN)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait