3-12 bulan

3-12 BULAN
3 Juni 2020

Coba Ide Fingerfood Mudah dari 5 Bahan Ini untuk Si Kecil

Mempersiapkan fingerfood untuk bayi ternyata mudah dan murah!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Dina Vionetta

Memperkenalkan fingerfood untuk bayi mungkin akan menjadi waktu yang menyenangkan, sekaligus menegangkan.

Membayangkan adanya kekacauan cipratan makanan, alergi yang mungkin terjadi, dan potensi tersedak yang berbahaya, akan cukup membuat Moms berhati-hati.

Meski begitu, ada banyak ide fingerfood untuk bayi yang bisa Moms lakukan untuk meminimalisir rasa khawatir tersebut.

“Tidak ada aturan tertentu dalam hal kapan bayi dapat mulai memakan makanan ringan dan apa yang harus dimakan,” kata William Dietz, MD, PhD, direktur M. Redstone Global Center for Prevention and Wellness at the Milken Institute School of Public Health at the George Washington University in Washington, DC, dan co-editor of the American Pediatric Association’s serta American Pediatric Association (AAP)

Baca Juga: 5 Resep Finger Food Sederhana Untuk Si Kecil

Apa yang Perlu Diketahui Setiap Orang Tua

Ketika memilih fingerfood untuk bayi, para ahli sepakat bahwa yang terbaik adalah memulai dengan potongan kecil makanan lunak yang mudah larut.

“Ketika seorang bayi mengembangkan pola lidah yang lebih baik untuk mengontrol makanan dan juga mengunyah yang lebih matang, dia dapat 'mengunyah' makanan yang lebih baik, seperti potongan buah dan sayuran," tambahnya.

Moms bisa memilih beberapa makanan di bawah ini sebagai fingerfood untuk bayi yang enak dan bernutrisi.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus DIperhatikan Saat Memilih Camilan Untuk Bayi

1. Roti

Coba Ide Fingerfood Mudah Ini untuk Si Kecil -1.jpg

Foto: Pinterest.com

Bahkan, bayi yang tidak dapat mengambil barang dengan jarinya pun dapat memegang sepotong roti di tangannya dan mengisapnya sampai larut menjadi berantakan dan lengket.

Moms bisa memberikan potongan roti atau bahkan roti panggang sebagai fingerfood untuk bayi.

Moms bisa menawarkan roti gandum yang dicampur kayu manis di atasnya dan disajikan dengan potongan-potongan blueberry atau melon untuk menambah rasa manis.

Atau tambahkan telur dan brokoli cincang juga akan memberi cita rasa gurih.

2. Keju

Coba Ide Fingerfood Mudah Ini untuk Si Kecil -2.jpg

Foto: Comsummeraffair.com

Ramah anak, mengandung protein, sarat dengan kalsium dan mineral pembentuk tulang lainnya. Siapa yang tidak menyukai keju?

Jika bayi tidak menunjukkan tanda-tanda alergi susu, maka sangat aman untuk memberikan keju lembut sejak umur 6 bulan.

Mulailah untuk mengenalkan keju sebagai fingerfood untuk bayi dengan keju yang bervariasi seperti mozzarella atau cheddar, baik diparut atau dipotong dadu terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Manfaat Keju Untuk Kesehatan, Mengusir Penyakit Jantung dan Penyakit Kronis Lainnya

3. Ikan

Coba Ide Fingerfood Mudah Ini untuk Si Kecil -3.jpg

Foto: Healthylittlefoodies.com

Ikan adalah makanan yang hampir sempurna karena memiliki protein, kalsium dan zat besi, dan sarat omega-3 yang sehat untuk jantung.

Moms bisa memberikan ikan berdaging putih seperti ikan cod atau salmon yang dipanggang, direbus atau dan biarkan bayi menyantapnya dengan dipotong kecil terlebih dulu.

Pastikan ikan benar-benar matang. Yang paling penting, pastikan untuk menghilangkan tulang kecil apa pun telah bersih agar tidak ikut tertelan oleh Si Kecil.

4. Bakso

Coba Ide Fingerfood Mudah Ini untuk Si Kecil -4.jpg

Foto: Mjandhungryman.com

Bayi memang belum siap untuk steak, tetapi Moms bisa menambah asupan dagingnya dengan memberi bakso lunak yang terbuat dari daging ayam atau sapi giling.

Untuk memastikan baso tidak terlalu keras untuk bayi, Moms bisa menambahkannya dalam sup.

Potong bakso menjadi potongan-potongan yang sangat kecil, letakkan beberapa di atas piring dan biarkan kesenangan dimulai.

Berikan sedikit demi sedikit dan tetap awasi waktu makannya. Bayi mungkin tergoda untuk memasukkan semuanya ke dalam mulutnya sekaligus, atau bahkan membuang-buangnya ke lantai.

Baca Juga: Resep Bakso Sapi Roll yang Lezat dan Nikmat

5. Telur

Coba Ide Fingerfood Mudah Ini untuk Si Kecil -5.png

Foto: Pinterest.com

Moms mungkin pernah mendengar bahwa ada beberapa makanan yang harus dihindari saat memberikan MPASI pada bayi, termasuk telur.

Namun, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan untuk memperkenalkan makanan pencetus alergi lebih awal, antara 6 dan 11 bulan justru untuk mencegah alergi.

Setelah dokter memberi izin untuk memberikan telur kepada Si Kecil, cara termudah untuk memasukkannya ke dalam makanan bayi adalah dengan merebusnya, kemudian memotong kuning telur menjadi irisan kecil.

Atau, telur orak-arik yang lembut juga akan menjadi fingerfood untuk bayi yang enak dan bernutrisi.

Biarkan Si Kecil menikmati waktu makannya. Ide fingerfood untuk bayi akan berkembang saat Moms mencoba menerapkan beberapa resep saat memasaknya.

Baca Juga: Apa Boleh Memberikan Makanan Vegetarian untuk MPASI Bayi?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait