Scroll untuk melanjutkan membaca

TRIMESTER 1
24 Oktober 2022

20 Jus untuk Ibu Hamil dan Janin yang Sehat dan Menyegarkan

Selain segar, juga punya banyak manfaat
20 Jus untuk Ibu Hamil dan Janin yang Sehat dan Menyegarkan

Salah satu memenuhi asupan gizi untuk janin dan Moms selama kehamilan, yaitu dengan konsumsi jus untuk ibu hamil.

Ada banyak makanan dan minuman bergizi yang bisa dikonsumsi ibu hamil, termasuk juga jus.

Moms perlu tahu apa saja jus untuk ibu hamil yang baik untuk kesehatan Moms dan janin.

Selain membantu Si Kecil dalam kandungan bisa tumbuh secara maksimal, jus untuk ibu hamil juga berguna untuk menjaga kesehatan dan stamina para bumil, nih!

Baca Juga: Profil Memes Prameswari, Wanita yang Memakai Baju Pengantin Bersama Sule!

Daftar Jus untuk Ibu Hamil yang Baik untuk Kandungan

Beragam buah dengan kandungan kaya akan gizi cocok disajikan menjadi menu jus untuk ibu hamil.

Berikut ini beberapa jus yang bisa dipilih.

1. Jus Apel

Jus Apel

Foto: Jus Apel (rawito.co.uk)

Jus apel bisa jadi pilihan jus untuk ibu hamil di trimester 1.

Biasanya, Moms di awal kehamilan mungkin akan mengalami masalah pencernaan.

Untuk membantu masalah ini, campurkan sedikit seledri atau bayam dengan jus apel.

Kombinasi pektin dalam apel dan asam oksalik pada bayam dapat membersihkan kotoran di usus besar yang telah mengendap berhari-hari.

Zat pektin dalam apel juga membantu menurunkan kadar kolesterol yang mengganggu fungsi jantung.

2. Jus Alpukat

Punya manfaat yang baik untuk ibu hamil dan janin, jus alpukat jadi pilihan jus untuk ibu hamil selanjutnya.

Melansir data dari U.S Department of Agriculture, kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi di dalam alpukat tidak saja menjadi sumber energi yang dibutuhkan ibu hamil, tapi juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi. 

Kandungan asam amino di dalamnya juga dibutuhkan untuk mencegah kecacatan pada janin.

Baca Juga: 7 Contoh Perilaku Jujur dan Manfaatnya dalam Kehidupan, Yuk Ajarkan pada Si Kecil Sedini Mungkin!

3. Leci

Buah Leci

Foto: Buah Leci (Tasteofhome.com)

Selain kandungan protein, lemak, vitamin C, fosfor, dan zat besi, buah leci mengandung sukrosa dan glukosa yang melimpah.

Mengonsumsi buah leci pada malam hari dapat menambah cadangan energi untuk keesokan harinya.

4. Blewah

Kandungan beta-karoten, pro-vitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom pada blewah dapat mengurangi peradangan dan memulihkan luka peradangan jaringan usus.

Gula alami dan enzim yang dikandung blewah mempunyai fungsi penyerapan yang baik pada usus akibat makan yang tergesa-gesa.

5. Jus Wortel untuk Ibu Hamil

Jus Wortel

Foto: Jus Wortel (Orami Photo Stock)

Jus untuk ibu hamil berikutnya adalah jus wortel.

Jus wortel dapat menjadi tambahan energi instan saat ibu hamil merasa letih dan lesu.

Selain itu, jus wortel juga dapat mengurangi kadar gula darah pada ibu hamil yang memiliki diabetes serta mencegah darah tinggi dan pre-eklampsia.

Wortel mengandung vitamin B dan asam folat yang baik untuk perkembangan sistem saraf dan otak bayi.

Folat juga dapat mengurangi risiko cacat lahir pada saraf seperti spina bifida.

Centers for Disease Control and Prevention menganjurkan agar ibu hamil mengonsumsi asam folat setiap hari saat hamil.

Sebanyak 400 mcg pada 3 bulan pertama kehamilan, 600 mcg pada 4 - 9 bulan kandungan, dan 500 mcg saat menyusui.

6. Pepaya

Suka pepaya? Moms bisa pilih jus untuk ibu hamil yang satu ini, terutama menggunakan pepaya yang matang.

Pepaya yang sudah matang kaya akan vitamin A, B dan C.

Selain itu, buah tropis ini juga merupakan sumber beta karoten, kolin, kalsium, magnesium, asam folat, potasium, dan serat yang baik dan dibutuhkan oleh ibu hamil.

7. Jus Jeruk

Jus Jeruk

Foto: Jus Jeruk

Jeruk tidak hanya enak dimakan langsung buahnya, tapi juga jadi jus untuk ibu hamil yang punya banyak manfaat.

Seperti yang kita ketahui, jeruk mengandung vitamin C yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Jeruk juga dapat menghilangkan sumbatan lendir di tenggorokan, rongga hidung, paru-paru dan perut.

Bahkan, jeruk berguna juga untuk membersihkan liver dan menghilangkan rasa sakit di tubuh akibat influenza.

Campuran sari jeruk nipis dan madu bisa digunakan untuk menyembuhkan radang tenggorokan dan amandel.

The American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi 600 mikrogram asam folat per hari.

Baca Juga: Cara Cek BI Checking, untuk Mengetahui Skor Kredit Sebelum Mengajukan KPR!

8. Jus Buah Pir

Perut sering mual karena kadar asam yang tinggi? Coba konsumsi jus untuk ibu hamil yang satu ini.

Jus buah pir baik untuk ibu hamil, karena mampu membantu mengatasi rasa tidak enak di perut akibat kadar asam yang berlebihan yang berasal dari makanan berkalori tinggi, berminyak dan pedas.

9. Delima

Buah Delima

Foto: Buah Delima

Membantu membersihkan mulut dan gigi, serta mencegah infeksi sehingga membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

Delima juga mengurangi resiko luka otak pada janin (Hypoxic ischemik) yang terjadi pada 2 : 1000 kelahiran.

Baca Juga: Hari Osteoporosis Sedunia 2022: Ayo, Terus Aktif Bergerak agar Tulang Kuat hingga Usia Senja!

8. Jus Tomat

Manfaat jus tomat untuk ibu hamil adalah dapat membantu pembentukan glycogen dalam liver sehingga baik untuk menjaga stamina tubuh.

Garam mineral dalam tomat meningkatkan nafsu makan dan merangsang aliran air liur sehingga memungkinkan makanan dicerna dengan baik.

9. Semangka

Jus Semangka

Foto: Jus Semangka

Jus semangka juga masuk daftar jus untuk ibu hamil yang tidak hanya menyegarkan, tapi juga berguna membantu memperbaiki kandungan darah.

Bagi ibu hamil penderita diabetes, mengonsumsi secara teratur jus semangka dapat menjaga kadar gula darah.

10. Kelengkeng

Buah ini banyak mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, asam tartaric, vitamin A dan B.

Sebagai salah satu sumber energi, buah yang sangat manis ini berguna untuk meningkatkan stamina sehabis sakit. 

Kelengkeng sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi bagi wanita hamil yang lemah atau setelah melahirkan.

Memakan buah ini secukupnya secara teratur dapat menambah nafsu makan dan mencegah anemia.

Akan tetapi sebaiknya ibu mengonsumsi secukupnya, karena kalau berlebihan akan membuat tubuh menjadi panas akibat kelebihan energi.

11. Jus Belimbing

Jus Belimbing

Foto: Jus Belimbing

Meminum jus buah belimbing dan menelannya secara perlahan dapat mencegah dan mengatasi infeksi mulut serta tenggorokan.

Campuran belimbing dan madu juga dapat membantu melancarkan keluarnya urine.

Belimbing pun baik dijadikan jus untuk ibu hamil muda karena kandungan karbohidrat, vitamin, komponen karoten, asam organik, dan mineral di dalamnya bisa jadi nutrisi yang sangat baik untuk janin serta ibu hamil.

Baca Juga: 8 Cara Mengasuh Anak Autis dengan Penuh Kasih Sayang yang Wajib Moms Praktikkan

12. Mentimun

Mentimun dapat mengatasi sakit punggung, kram otot dan gangguan kulit selama kehamilan.

Selain itu mentimun juga mengandung silicat yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan jaringan otot, tendon,

13. Jus Mangga untuk Ibu Hamil

Jus Mangga

Foto: Jus Mangga

Jus untuk ibu hamil berikutnya yang baik untuk ibu dan janin adalah jus mangga.

Karena tinggi akan vitamin A, C dan B6, 1 buah manga bisa memberikan tambahan energi yang cukup bagi ibu hamil.

Buah mangga pun bisa memenuhi kebutuhan asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Vitamin C dan vitamin A pada mangga bisa sangat baik untuk menjaga sistem imun tubuh dan juga janin.

Sementara vitamin B6 diperlukan untuk menunjang tumbuh kembang otak dan sistem janin.

14. Pisang

Pisang adalah salah salah satu buah yang cocok dikonsumsi ibu hamil. Melansir dari U.S Departement of Agriculture, buah pisang merupakan sumber yang baik dari potasium.

Buah pisang memiliki kandungan vitamin B6, vitamin C dan serat yang sangat baik untuk ibu hamil.

Tak hanya itu, menurut studi di Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, vitamin B6 juga bisa membantu Moms yang mual dan sering muntah.

Baca Juga: 7 Tanda Hubungan Abusive, Bisa Berdampak Buruk bagi Fisik dan Mental!

15. Lemon

Jus Lemon

Foto: Jus Lemon

Jus untuk ibu hamil selanjutnya yang punya banyak manfaat adalah jus lemon.

Dalam studi di Iranian Red Crescent Medical Journal, diungkap bahwa mencium wangi lemon bisa sangat berguna untuk menghilangkan mual saat hamil.

Lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang bisa membantu sistem pencernaan dan mencegah konstipasi.

Moms bisa mengonsumsi lemon dengan air, teh, atau menggunakan buah ini di dalam masakan.

16. Buah Berry

Jus untuk ibu hamil yang terakhir berasal dari berbagai macam buah beri.

Buah berry seperti bluberi, raspberry, stroberi, blackberry, dan goji bery adalah buah-buahan yang kaya akan karbohidrat, vitamin C, serat dan juga folat.

Karbohidrat bisa membantu Moms untuk mendapatkan energi dan juga memberikan gizi pada bayi yang masih di kandungan.

Moms juga bisa menggabungkan jus buah beri dengan pisang untuk mendapatkan vitamin yang lebih komplit.

Baca Juga: Konsumsi Paracetamol untuk Ibu Hamil, Amankah?

17. Jus Pir

Jus Pir

Foto: Jus Pir

Jus pir juga masuk ke dalam daftar jus buah yang bagus untuk ibu hamil.

Jus lezat ini mengandung serat, kalium, dan folat yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Kandungan serat pada jus pir dipercaya bisa meredakan sembelit, yang merupakan gejala kehamilan umum.

Kandungan kaliumnya juga dianggap dapat menjaga kesehatan jantung ibu hamil dan janin.

18. Jus Jambu Merah

Jus untuk ibu hamil lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah jus jambu merah.

Jus ini mengandung segudang nutrisi yang bisa meredakan berbagai gejala kehamilan yang mengganggu, seperti vitamin C, vitamin E, polifenol, karotenoid, isoflavonoid, hingga folat.

Dilansir dari Medical News Today, beragam kandungan jus jambu ini dapat membantu otot tubuh rileks, menyehatkan sistem pencernaan, serta meredakan sembelit.

19. Jus Anggur

Jus Anggur

Foto: Jus Anggur (Istockphoto.com)

Jika Moms bosan mengonsumsi anggur, olah saja menjadi jus.

Jus yang baik untuk ibu hamil ini mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan, misalnya vitamin C dan K, folat, antioksidan, serat, pektin, hingga asam organik.

Berbagai kandungan nutrisi anggur ini diyakini ampuh dalam membantu ibu hamil menghadapi perubahan biologis yang kerap terjadi saat kehamilan.

Antioksidan yang dikandung anggur, seperti flavonol, tannan, linalool, antosianin, dan geraniol, juga bisa mencegah infeksi pada ibu hamil.

20. Jus Aprikot

Jus aprikot mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, zat besi, kalium, hingga beta karoten.

Berbagai nutrisi ini dipercaya bisa mendukung pertumbuhan janin.

Selain itu, kandungan zat besi yang dimiliki oleh jus untuk ibu hamil ini juga bisa mencegah anemia.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Pijatan, Aman dan Efektif!

Pentingnya Nutrisi saat Hamil

Pentingnya Nutrisi saat Hamil

Foto: Pentingnya Nutrisi saat Hamil

Bagi calon bayi yang masih berada di kandungan, ibu adalah satu-satunya penyalur nutrisi yang diperlukannya.

Akibat harus memenuhi gizi untuk berdua, maka ibu harus memastikan setiap makanan yang dikonsumsi dapat memenuhi kebutuhan gizi untuk perkembangan janin.

Sangat penting untuk melakukan pola makan seimbang ketika masa kehamilan dan memasukan buah dan sayur di dalamnya.

Buah dan sayur sendiri adalah jenis makanan yang sangat diperlukan oleh ibu dan anak untuk tetap sehat.

Nah, perlu diketahui juga nih Moms, buah atau sayuran yang sudah dikemas dalam bentuk frozen sering kali memiliki nutrisi yang sama manfaatnya dengan buah yang segar.

Ketika hamil sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi untuk mencegah kekurangan kalori.

Dalam studi di jurnal Federation of American Societies for Experimental Biology dijelaskan bahwa ketika ibu hamil banyak mengonsumsi junk food , akan membuat calon bayi menyukai makanan berlemak dan tinggi gula ketika lahir hingga dewasa.

Manfaat Jus Buah untuk Ibu Hamil

Perkembangan Janin

Foto: Perkembangan Janin (Orami Photo Stocks)

Buah dan sayuran biasanya dipenuhi oleh nutrisi.

Ketika Moms pintar memilih buah dan sayuran yang diperlukan, Moms akan mendapatkan banyak vitamin, serat, dan juga mineral yang dibutuhkan oleh Moms serta janin

Mengonsumsi jus buah juga bisa membantu Moms mencegah konstipasi. Konstipasi sendiri adalah sebuah kondisi atau gejala yang sering terjadi saat kehamilan.

Tidak hanya selalu ada pada makanan, berbagai macam gizi dapat Moms temui dalam bentuk jus buah yang enak dan menyegarkan.

Karena itu, tambahkan asupan jus untuk ibu hamil untuk menjaga kecukupan nutrisi selama kehamilan.

Selain lebih praktis dan punya banyak manfaat, jus buah pun rasanya bervariasi, jadi tidak akan membuat Moms bosan.

Baca Juga: 8 Doa Pembuka dan Penutup Acara Pertemuan, Pengajian, Pelatihan, dan Acara Resmi Lainnya

Nah, itu dia Moms berbagai macam jus untuk ibu hamil yang bisa Moms pilih untuk menghilangkan mual, hingga memenuhi nutrisi tubuh bumil dan juga janin!

  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/786651/nutrients
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4020031/
  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/786652/nutrients
  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/786651/nutrients
  • https://faseb.onlinelibrary.wiley.com/doi/pdf/10.1096/fj.12-217653