Trimester 1

26 Mei 2021

15+ Jus untuk Ibu Hamil yang Baik untuk Janin

Jaga kesehatan dengan jus buah segar saat mengandung
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Intan Aprilia

Jus untuk ibu hamil sangat penting untuk dikonsumsi agar Si Kecil yang masih berada kandungan bisa tumbuh secara maksimal.

Tak hanya itu, jus untuk ibu hamil sendiri pun sangat berguna untuk menjaga kesehatan dan stamina para bumil, nih!

Daftar Jus untuk Ibu Hamil

Jangan minum jus untuk ibu hamil sembarangan, Moms. Akan lebih baik Moms mengetahui berbagai macam jus yang bagus untuk ibu hamil.

Berikut adalah jus bagi ibu hamil yang dapat menjadi menu pilihan sehari-hari :

1. Apel

Jus untuk Ibu Hamil

Foto: Orami Photo Stock

Jus untuk ibu hamil yang pertama adalah apel. Biasanya Moms di awal kehamilan Untuk mengatasi gangguan tidur, campurkan sedikit seledri atau bayam dengan jus apel.

Kombinasi pektin dalam apel dan asam oksalik pada bayam dapat membersihkan kotoran di usus besar yang telah mengendap berhari-hari. Zat pektin dalam apel juga membantu menurunkan kadar kolesterol yang mengganggu fungsi jantung.

2. Alpukat

Jus untuk ibu hamil selanjutnya adalah alpukat. Dilansir dari U.S Department of Agriculture, kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi di dalamnya tidak saja menjadi sumber energi yang dibutuhkan ibu hamil, tapi juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi. Kandungan asam amino di dalamnya juga dibutuhkan untuk mencegah kecacatan pada janin.

Baca Juga: Ingin Segera Hamil? 7 Makanan Ini Bisa Mempercepat Kehamilan

3. Leci

Jus untuk Ibu Hamil

Foto: Orami Photo Stock

Selain kandungan protein, lemak, vitamin C, fosfor, dan zat besi, buah leci mengandung sukrosa dan glukosa yang melimpah.

Mengonsumsi buah leci pada malam hari dapat menambah cadangan energi untuk keesokan harinya.

4. Blewah

Kandungan beta-karoten, pro-vitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom pada blewah dapat mengurangi peradangan dan memulihkan luka peradangan jaringan usus.

Gula alami dan enzim yang dikandung belewah mempunyai fungsi penyerapan pada usus akibat makan tergesa-gesa.

5. Wortel

Jus untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Jus untuk ibu hamil berikutnya adalah jus wortel. Jus wortel dapat menjadi energi instan saat ibu hamil merasa letih lesu.

Selain itu, jus wortel juga dapat mengurangi kadar gula darah pada ibu hamil dengan gangguan diabetes dan mencegah darah tinggi dan pre-eklampsia.

Wortel mengandung vitamin B dan asam folat yang baik untuk perkembangan sistem saraf dan otak bayi. Folat juga dapat mengurangi risiko cacat lahir pada saraf seperti spina bifida.

Centers for Disease Control and Prevention menganjurkan agar ibu hamil mengonsumsi asam folat setiap hari saat hamil. Sebanyak 400 mcg pada 3 bulan pertama kehamilan, 600 mcg pada 4-9 bulan kandungan, dan 500 mcg saat menyusui.

6. Pepaya

Jus untuk ibu hamil selanjutnya adalah pepaya. Pepaya bisa sangat berguna untuk ibu hamil ketika pepayanya sudah matang. Peppaya yang sudah matang kaya akan vitamin A, B dan C. Selain itu, buah tropis ini juga merupakan sumber beta karoten, kolin, kalsium, magnesium, asam folat, potasium, dan serat yang baik dan dibutuhkan oleh ibu hamil.

7. Jeruk

Jus untuk Ibu Hamil

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang kita ketahui, jeruk mengandung vitamin C yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh, juga menghilangkan sumbatan lendir di tenggorokan, rongga hidung, paru-paru dan perut.

Berguna pula untuk membersihkan liver dan menghilangkan rasa sakit di tubuh akibat influenza. Campuran sari jeruk nipis dan madu untuk menyembuhkan radang tenggorokan dan amandel.

Baca Juga: Apa Beda Folat dan Asam Folat? Mana Yang Harus Dikonsumsi Saat Program Hamil?

8. Pir

Jus pir baik untuk ibu hamil, sebab mampu membantu mengatasi rasa tidak enak di perut akibat kadar asam yang berlebihan yang berasal dari makanan berkalori tinggi, berminyak dan pedas.

9. Delima

Jus untuk Ibu Hamil

Foto: Orami Photo Stock

Membantu membersihkan mulut dan gigi, serta mencegah infeksi sehingga membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.

Delima juga mengurangi resiko luka otak pada janin (Hypoxic ischemik) yang terjadi pada 2 : 1000 kelahiran.

Baca Juga: 22 Manfaat Tomat untuk Wajah dan Kesehatan, Luar Biasa!

8. Tomat

Jus tomat membantu pembentukan glycogen dalam liver sehingga baik untuk menjaga stamina tubuh.

Garam mineral dalam tomat meningkatkan nafsu makan dan merangsang aliran air liur sehingga memungkinkan makanan dicerna dengan baik.

9. Semangka

Jus untuk Ibu Hamil

Foto: Orami Photo Stock

Semangka adalah jus untuk ibu hamil yang tidak hanya menyegarkan, tapi juga berguna membantu memperbaiki kandungan darah.

Bagi ibu hamil penderita diabetes, mengonsumsi secara teratur jus semangka dapat menjaga meningkatnya gula darah.

10. Kelengkeng

Buah ini banyak mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, asam tartaric, vitamin A dan B. Sebagai salah satu sumber energi, buah yang sangat manis ini berguna untuk meningkatkan stamina sehabis sakit. 

Kelengkeng sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi bagi wanita hamil yang lemah atau setelah melahirkan.

Memakan buah ini secukupnya secara teratur dapat menambah nafsu makan dan mencegah anemia.

Akan tetapi sebaiknya ibu mengonsumsi secukupnya, karena kalau berlebihan akan membuat tubuh menjadi panas akibat kelebihan energi.

11. Belimbing

Jus untuk Ibu Hamil

Foto: Orami Photo Stock

Meminum jus buah belimbing dan menelannya secara perlahan dapat mencegah dan mengatasi infeksi mulut dan tenggorokan. Campuran belimbing dan madu juga dapat membantu melancarkan keluarnya urin.

Belimbing pun baik untuk diminum saat hamil muda karena kandungan karbohidrat, vitamin, komponen karoten, asam organik, dan mineral di dalam buah ini bisa jadi nutrisi yang sangat baik untuk janin dan ibu hamil.

Baca Juga: 7 Manfaat Timun Rebus untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

12. Timun

Mengatasi sakit punggung, kram otot dan gangguan kulit selama kehamilan. Jus timun kaya dengan silicat berfungsi untuk meningkatkan kekuatan jaringan otot, tendon, ligamen, peningkatan corak kulit, rambut, kuku, dan tulang rawan. 

Baca Juga: 29+ Manfaat Buah Mangga, Bisa Turunkan Risiko Kanker Lho!

13. Mangga

Jus untuk Ibu Hamil

Foto: Orami Photo Stock

Jus untuk ibu hamil berikutnya yang baik adalah jus mangga. Karena tinggi akan vitamin A, C dan B6, satu buah manga bisa memberikan tambahan energi bagi ibu hamil.

Tak sampai sana, mangga pun bisa memenuhi kebutuhan asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Vitamin C dan vitamin A pada mangga bisa sangat baik untuk menjaga sistem imun tubuh dan juga janin. Sementara vitamin B6 diperlukan untuk menunjang tumbuh kembang otak dan sistem janin.

14. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang cocok untuk dijadikan jus untuk ibu hamil. Dilansir dari U.S Departement of Agriculture pun menjelaskan bahwa buah ini sumber yang baik dari potasium.

Buah pisang memiliki kandungan vitamin B6, vitamin C dan serat yang sangat baik untuk ibu hamil.

Tak hanya itu, menurut penelitian di tahun 2014 vitamin B6 juga bisa membantu Moms yang mual dan sering muntah.

Wah, pisang bisa jadi jus untuk ibu hamil muda yang cocok nih, Moms!

Baca Juga: Menyegarkan, Berikut 11 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

15. Lemon

Jus untuk Ibu Hamil

Foto: Orami Photo Stock

Jus untuk ibu hamil selanjutnya yang bisa Moms pilih adalah lemon.

Dalam sebuah studi mengenai aromaterapi lemon, dilaporkan mencium wangi lemon bisa sangat berguna untuk menghilangkan mual saat hamil.

Lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang bisa membantu sistem pencernaan dan mencegah konstipasi.

Moms bisa mengonsumsi lemon dengan air, teh, atau menggunakan buah ini di dalam masakan.

16. Buah Berry

Jus untuk ibu hamil yang terakhir berasal dari berbagai macam buah beri. Buah berry seperti blueberry, raspberry, stawberry, blackberry, dan goji bery adalah buah-buahan yang kaya akan karbohidrat, vitamin C, serat dan juga folat.

Karbohidrat bisa membantu Moms untuk mendapatkan energi dan juga memberikan gizi pada bayi yang masih di kandungan.

Moms juga bisa menggabungkan jus buah beri dengan pisang untuk mendapatkan vitamin yang lebih komplit.

Baca Juga: Konsumsi Paracetamol untuk Ibu Hamil, Amankah?

Pentingnya Nutrisi saat Hamil

4 Manfaat Minum Jus Wortel untuk Ibu Hamil

Foto: Orami Photo Stock

Bagi calon bayi yang masih berada di kandungan, ibu adalah satu-satunya penyalur nutrisi yang diperlukannya.

Akibat harus memenuhi gizi untuk berdua, maka ibu harus memastikan setiap makanan yang dikonsumsi dapat memenuhi kebutuhan gizi untuk perkembangan janin.

Sanggat penting untuk melakukan diet seimbang ketika masa kehamilan dan memasukan buah dan sayur di dalamnya. Buah dan sayur sendiri adalah jenis makanan yang sangat diperlukan oleh ibu dan anak untuk tetap sehat.

Nah perlu diketahui juga nih Moms, buah atau sayuran yang sudah dikemas dalam bentuk frozen seringkali memiliki nutrisi yang sama manfaatnya dengan buah yang segar.

Ketika hamil sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi untuk mencegah kekurangan kalori.

Sebuah jurnal menjelaskan, ketika Moms menyukai junk food dan banyak mengonsumsinya ketika hamil, hal tersebut akan membuat calon bayi menyukai makan makanan berlemak dan tinggi gula ketika lahir hingga akhir masa hidupnya.

Buah dan sayuran biasanya dipenuhi oleh nutrisi. Ketika Moms pintar memilih buah dan sayuran yang diperlukan, Moms akan mendapatkan banyak vitamin, serat, dan juga mineral yang dibutuhkan oleh Moms dan juga janin

Mengonsumsi jus buah juga bisa membantu Moms mencegah konstipasi. Konstipasi sendiri adalah sebuah kondisi atau gejala yang sering terjadi saat kehamilan.

Tidak hanya selalu ada pada makanan, berbagai macam gizi dapat ibu temui dalam bentuk jus buah yang enak dan menyegarkan. Jus buah untuk ibu hamil pun diperlukan. Selain lebih praktis, jus buah untuk ibu hamil pun rasanya bervariasi.

Nah, itu dia Moms berbagai macam jus untuk ibu hamil yang bisa Moms pilih untuk menghilangkan mual, hingga memenuhi nutrisi tubuh bumil dan juga janin!

Baca Juga: 15 Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar, Yuk Coba!

Untuk mendapatkan nutrisi jus untuk buah hamil yang baik sendiri bisa dilakukan dengan cara menggabungkan berbagai macam jenis buah yang cocok untuk ibu hamil di atas ya, Moms!

  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/786651/nutrients
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4020031/
  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/786652/nutrients
  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/786651/nutrients
  • https://faseb.onlinelibrary.wiley.com/doi/pdf/10.1096/fj.12-217653
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait