Kesehatan

8 Agustus 2021

Penyebab Langit-Langit Mulut Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ini yang bisa bikin langit-langit mulut bengkak dan cara mengobatinya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Intan Aprilia

Langit-langit mulut adalah area di dalam mulut yang terdiri dari pelat bertulang di depan dan bagian lunak di belakang tanpa tulang. Bagian ini berfungsi sebagai penghalang antara rongga mulut dan hidung. Sayangnya, suatu hari Moms atau anggota keluarga lainnya pasti pernah sesekali merasakan gangguan, seperti misalnya langit-langit mulut bengkak dan sakit.

Pembengkakan di langit-langit mulut mungkin disebabkan oleh beberapa penyebab potensial, yang sebagian besar akan sembuh dengan pengobatan sederhana.

Dalam kasus yang lebih jarang, sangat mungkin langit-langit mulut bengkak dan bernanah ini terjadi akibat kondisi yang lebih serius.

Baca Juga: 7 Cara Alami Mengobati Sariawan yang Bisa Dicoba

Ada beberapa gejala lain yang mungkin menyertai pembengkakan, seperti lecet atau luka lainnya, mulut terasa kering, kejang otot, rasa sakit atau ketidaknyamanan yang bikin Moms jadi sulit mengunyah makanan.

Lantas, apa saja sih penyebab langit-langit mulut bengkak dan cara mengobatinya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Penyebab Langit-Langit Mulut Bengkak dan Sakit

Penyebab Langit-Langit Mulut Bengkak dan Sakit

Foto: healthline.com

Mengutip Medical News Today, ada beberapa penyebab langit-langit mulut membengkak yang perlu Moms waspadai, antara lain:

1. Luka di Mulut

Luka di mulut dapat menyebabkan pembengkakan langit-langit mulut.

Sariawan adalah penyebab paling umum, ia bisa muncul di gusi, pipi, atau bibir. Dalam beberapa kasus, mereka mungkin muncul di langit-langit mulut.

Luka bisa menyebabkan nyeri, lecet, dan bengkak. Beberapa orang mungkin merasakan nyeri atau bengkak sebelum nyeri muncul.

Sebelum menjadi bintik-bintik atau lecet yang jelas, luka dingin dan sariawan dapat menyebabkan pembengkakan di langit-langit mulut. Kondisi seperti stres dan perubahan hormonal dapat memicu sariawan.

Virus umum yang disebut virus herpes simpleks juga bisa menyebabkan luka dingin.

Kebanyakan luka dingin berlangsung sekitar seminggu dan hilang tanpa pengobatan. Biasanya, luka dingin muncul di bibir, tetapi bisa muncul di area langit-langit keras.

2. Cedera atau Trauma

Salah satu alasan mengapa langit-langit mulut bengkak dan sakit adalah cedera atau trauma.

Beberapa penyebab trauma yang paling umum meliputi:

  • Makan makanan keras yang dapat memengaruhi langit-langit mulut.
  • Makan atau minum makanan yang sangat panas.
  • Goresan dari sepotong makanan yang tajam.

3. Dehidrasi

Dehidrasi juga bisa menyebabkan langit-langit mulut bengkak dan sakit.

Dehidrasi dapat menyebabkan mulut kering, yang dapat menyebabkan pembengkakan jika seseorang tidak mengambil langkah untuk meredakan kondisi tersebut.

Beberapa penyebab umum dehidrasi dan mulut kering meliputi:

  • Asupan alkohol yang berlebihan, pasalnya alkohol mendorong tubuh untuk mengeluarkan lebih banyak urin, yang dapat membuat dehidrasi. Dehidrasi bisa menyebabkan mulut kering. Mulut kering yang berlebihan dapat menyebabkan pembengkakan atau nyeri di langit-langit mulut.
  • Tidak minum cukup air yang mengarah pada ketidakseimbangan elektrolit. Elektrolit adalah mineral dalam cairan tubuh, darah, dan urin. Mempertahankan kadar elektrolit yang memadai sangat penting untuk fungsi tubuh yang benar. Ketika kadar elektrolit menjadi terlalu rendah atau terlalu tinggi, kamu mungkin mengalami sejumlah gejala, termasuk pembengkakan di langit-langit mulut. Seseorang dengan dehidrasi yang menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit mungkin juga merasa sangat lemah atau mengalami kejang otot.
  • Konsumsi obat tertentu.
  • Keringat berlebih, terutama pada hari-hari panas atau saat berolahraga.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Minum Minuman Isotonik? Berikut Penjelasannya

4. Mucoceles

Penumpukan lendir dapat terbentuk di dalam kista kental yang muncul di langit-langit mulut yang disebut mukosil.

Mucoceles biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan biasanya terjadi setelah cedera ringan, seperti luka di langit-langit mulut.

Mereka biasanya tidak memerlukan perawatan dan dapat meledak sendiri.

Jika seseorang memiliki mukosil yang sangat besar atau cenderung kambuh, dokter dapat mengeringkannya dengan aman.

5. Papilloma Skuamosa

Human papillomavirus (HPV) bertanggung jawab atas pembentukan papiloma skuamosa. Ini adalah massa non-kanker yang dapat terbentuk di langit-langit mulut.

Massa ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, setelah ditemukan dan didiagnosis, pengidapnya harus mendapatkan perawatan yang tepat. Ada kemungkinan dokter perlu melakukan operasi untuk mengangkat massa tersebut.

6. Kondisi Lain

Terkadang, pembengkakan langit-langit mulut mungkin disebabkan oleh kondisi medis yang mendasari, seperti kanker mulut atau virus hepatitis.

Kanker mulut sebenarnya jarang terjadi. Menurut American Cancer Society, sekitar 51.540 orang di Amerika Serikat akan menerima diagnosis kanker mulut pada tahun 2018.

Baca Juga: Bau Mulut Jadi Salah Satu Tanda Kanker Mulut? Begini Penjelasan Ahli

Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Kapan Harus Periksa ke Dokter

Foto: healthline.com

Jika penyebab langit-langit mulut bengkak yang Moms derita mudah diidentifikasi, seperti makan makanan yang terlalu panas, Moms mungkin tidak perlu mengunjungi dokter. Moms cukup memberi waktu luka bakar untuk sembuh.

Namun, beberapa orang memerlukan perawatan medis untuk pembengkakan di langit-langit mulut.

Ada beberapa pertanyaan yang perlu ditanyakan pada diri sendiri saat mencoba memutuskan apakah Moms harus menemui dokter atau tidak:

  • Seberapa parah rasa sakitnya? Jika pembengkakan dan nyeri yang disebabkan oleh masalah ini menjadi terlalu sulit untuk ditangani, Moms mungkin memerlukan perhatian medis.
  • Apakah pembengkakannya semakin parah, tetap sama, atau menyusut? Jika pembengkakan tidak kunjung hilang setelah seminggu, temui dokter segera.
  • Gejala lain apa yang dialami? Jika Moms memiliki beberapa gejala lain, Moms mungkin ingin segera memeriksakan diri ke dokter. Diagnosis dini dapat membantu mendapatkan pengobatan lebih cepat.

Baca Juga: 5 Penyebab Luka di Mulut Balita, Tak Selalu Sariawan

Mengobati Langit-Langit Mulut Bengkak

Mengobati Langit-Langit Mulut Bengkak

Foto: healthline.com

Dalam kebanyakan kasus, seseorang dapat mengobati atap mulut yang bengkak di rumah atau menunggu hingga sembuh dengan sendirinya.

Cedera umum, seperti luka bakar akibat minuman panas, biasanya bisa sembuh hanya dalam beberapa hari.

Sariawan juga biasanya hilang dengan sendirinya. Dalam beberapa kasus, seseorang mungkin ingin menggunakan obat untuk membantu mengurangi frekuensi atau tingkat keparahan luka di mulut.

Sementara dalam kasus dehidrasi atau ketidakseimbangan elektrolit, orang dapat meningkatkan asupan cairannya. Yang terbaik adalah minum minuman non-alkohol, seperti air atau teh herbal.

Baca Juga: 4 Cara Mengobati Gusi Bengkak pada Anak, Efektif!

Jika elektrolit terlalu rendah, seseorang dapat mempertimbangkan untuk minum minuman olahraga atau jus untuk membantu memulihkan keseimbangan.

Dan jika langit langit mulut bengkak dan bernanah, maka segeralah cari bantuan medis dari dokter.

Pilihan pengobatan untuk kanker dapat mencakup pembedahan, radiasi, atau kemoterapi.

Langkah Mencegah Langit-Langit Mulut Bengkak

Langkah Mencegah Langit-Langit Mulut Bengkak

Foto: sinussnoringent.com

Tidak mungkin mencegah semua kemungkinan penyebab bengkak di langit-langit mulut.

Namun, ingatlah hal-hal ini jika Moms merasa cukup rentan mengalami langit-langit mulut bengkak.

  • Tunggu makanan atau minuman dingin. Jangan makan makanan yang terlalu panas atau minuman yang mendidih. Keduanya bisa membakar kulit halus di mulut.
  • Mengunyah pelan-pelan. Makanan keras tidak hanya melukai gigi, tetapi juga dapat merusak gusi dan kulit di langit-langit keras. Kunyah dengan gigitan kecil dan dengan lembut.
  • Hindari stres. Sariawan mungkin lebih mungkin muncul selama masa stres. Ambil langkah-langkah untuk menghilangkan stres seperti olahraga, meditasi, dan berlatih pernapasan dalam. Jika Moms membutuhkan lebih banyak bantuan untuk mengelola stres, carilah bantuan dari terapis profesional atau psikolog.

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/323028#causes
  • https://www.cancer.org/cancer/oral-cavity-and-oropharyngeal-cancer/about/key-statistics.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait