Gizi

16 November 2021

13 Makanan yang Mengandung Estrogen, Ada Edamame yang Baik untuk Kesuburan!

Menjaga kadar estrogen bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung estrogen
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Estrogen adalah hormon yang memainkan berbagai peran dalam tubuh. Salah satunya berkontribusi pada kesehatan tulang. Ternyata, terdapat beragam jenis makanan yang mengandung estrogen loh Moms. Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Melansir WebMD, dari hasil penelitian ditemukan estrogen memiliki fungsi utama mengontrol perubahan reproduksi pada wanita. Akan tetapi, terdapat peran lain dalam tubuh pria dan wanita, seperti dukungan untuk jantung, pembuluh darah, kekuatan tulang, perlindungan otak, dan pengaturan suasana hati.

Tingkat estrogen seseorang dapat berubah karena berbagai alasan. Bagi sebagian orang, mengelola efek ini mungkin memerlukan perawatan seperti terapi penggantian hormon.

Estrogen juga bisa ditemukan dalam bentuk makanan, yang disebut fitoestrogen. Dalam penelitian yang masih berlangsung tentang efek nutrisi nabati menunjukkan, makanan yang mengandung estrogen dapat meniru atau meningkatkan manfaat kesehatan hormon alami.

Berikut adalah beberapa alasan pentingnya mengonsumsi makanan yang mengandung estrogen, yaitu:

  • Bantuan terhadap Wanita yang Menopause. Tingkat estrogen wanita menurun seiring bertambahnya usia, menyebabkan perubahan pada tubuh yang disebut sebagai menopause. Studi menunjukkan bahwa fitoestrogen dapat membantu meringankan beberapa gejala fisik menopause, seperti frekuensi hot flashes dan kekeringan pada vagina.
  • Meningkatkan Kesehatan Tulang. Estrogen membantu menjaga kepadatan tulang yang sehat, mengurangi risiko osteoporosis pada pria dan wanita. Studi menunjukkan bahwa fitoestrogen dari makanan dapat mendukung efek ini, meningkatkan kesehatan tulang jangka panjang.
  • Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung. Studi menunjukkan fitonutrien dapat membantu mengelola kolesterol. Mempertahankan kadar kolesterol baik menjaga arteri seseorang bebas dari penumpukan lemak, mengurangi risiko masalah jantung dan stroke.
  • Dapat Mengurangi Risiko Kanker. Menurut penelitian, kadar estrogen dan fitoestrogen yang lebih tinggi dikaitkan dengan tingkat kanker payudara yang lebih rendah. Fitoestrogen juga telah terbukti membunuh sel kanker prostat, efek yang terus dipelajari para ilmuwan untuk penggunaan nutrisi dalam pencegahan atau manajemen kanker.

Baca Juga: Waspadai Kelebihan Estrogen Memengaruhi IVF

Makanan yang Mengandung Estrogen untuk Kesehatan

hormon estrogen

Foto: foodmatters.com

Ada cukup banyak makanan yang mengandung estrogen yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk lignan, isoflavon, resveratrol, flavonoid seperti quercetin. Masing-masing memiliki sifat antioksidan. Berikut adalah makanan terbaik yang mengandung estrogen seperti dilansir dari WebMD dan Medical News Today.

1. Biji Rami

Biji rami adalah sumber makanan terkaya lignan (polifenol ditemukan pada tanaman). Para peneliti percaya mereka menurunkan risiko kanker payudara. Moms bisa menaburkan biji rami di banyak hidangan, memanggangnya menjadi roti dan kue, atau mencampurnya menjadi smoothie dan olesan.

2. Bawang Putih

Konsumsi bawang putih secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol, mengurangi tekanan darah, dan mencegah pembekuan – semua faktor risiko penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bawang putih dapat memengaruhi kadar estrogen dalam tubuh, mungkin membantu mengurangi pengeroposan tulang terkait usia. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mempelajari efek ini.

3. Anggur Merah

Anggur merah kaya akan resveratrol, seorang peneliti fitoestrogen percaya mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengatur kadar kolesterol. Studi lain menemukan bahwa fitoestrogen dalam anggur merah dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker, terutama di kalangan wanita pascamenopause.

4. Biji Wijen

Biji wijen mudah ditambahkan ke hampir semua makanan – dan dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol. Studi menunjukkan biji wijen memengaruhi tingkat estrogen, dengan aktivitas antioksidan kuat melawan faktor risiko penyakit kronis.

5. Sayuran Cruciferous

Sayuran seperti brokoli, kubis Brussel, dan kangkung mengandung fitoestrogen dengan sifat anti-kanker dan anti-inflamasi. Diet kaya sayuran cruciferous juga dikaitkan dengan rendahnya risiko banyak penyakit kronis, termasuk masalah jantung.

5. Kacang

Kacang-kacangan seperti kacang mete, almond, kacang tanah, dan pistachio adalah sumber fitoestrogen yang menyehatkan jantung dan mudah ditambahkan ke dalam menu diet. Tetapi karena sebagian besar kacang mengandung kalori dan lemak yang tinggi, pastikan untuk membatasi porsinya.

Baca Juga: Tiroksin, Hormon yang Dikeluarkan Kelenjar Tiroid ke Aliran Darah

Makanan yang Mengandung Estrogen untuk Kesahatan Payudara

hormon estrogen

Foto: mariongluckclinic.com

Seperti diketahui, estrogen memiliki fungsi utama mengontrol perubahan reproduksi pada wanita. Namun, estrogen juga memiliki beberapa manfaat lainnya, salah satunya adalah menjaga kesehatan payudara.

Dari hasil penelitian diketahui beberapa makanan yang mengandung estrogen juga dapat mengurangi risiko kanker payudara dan prostat. Berikut adalah dua makanan yang mengandung estrogen dan dapat menjaga kesehatan payudara.

7. Kedelai

Kedelai mengandung isoflavon tingkat tinggi, makanan yang mengandung estrogen ini dapat mengurangi risiko kanker payudara dan prostat. Kedelai juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral penting. Dapat mendukung kesehatan jantung sebagai alternatif pengganti daging merah dan olahan.

8. Persik

Karena kandungan lignannya yang tinggi, hasil penelitian menunjukkan bahwa makan dua porsi buah persik atau nektarin seminggu mengurangi risiko kanker payudara wanita. Peneliti menemukan efek serupa dari mengonsumsi blueberry dan stroberi.

Baca Juga: Cari Tahu Ciri-Ciri Wanita Hormon Tinggi Estrogen dan Testosteron

Makanan yang Mengandung Estrogen untuk Kesuburan

hormon estrogen

Foto: miracare.com

Estrogen bertanggung jawab untuk proses penting dalam tubuh, termasuk mengembangkan karakteristik seksual wanita, mengatur siklus menstruasi hingga menopause, memobilisasi kolesterol, mendukung kepadatan tulang, memastikan libido yang sehat, pematangan sperma, dan fungsi ereksi pada pria, menjaga kesehatan fungsi otak, serta mengendalikan peradangan.

Seperti diketahui, kedelai merupakan salah satu makanan yang mengandung isoflavon tingkat tinggi yang berfungsi mengurangi risiko kanker payudara dan prostat. Berikut adalah beberapa makanan dari kedelai yang dapat membantu kesuburan.

9. Natto

Natto adalah makanan tradisional Jepang yang terbuat dari kedelai yang difermentasi. Kandungan isoflavon mencapai 82,29 mg per 100g.

Menurut sebuah studi tahun 2020 di Jepang, tampaknya ada hubungan antara mengonsumsi produk kedelai yang difermentasi dengan penurunan risiko kematian dari berbagai penyebab berbeda.

Selain itu, penelitian yang sama mencatat bahwa natto mengandung nattokinase, enzim yang mungkin memiliki manfaat kardiovaskular.

Meski begitu, penting dicatat bahwa hasil temuan ini harus ditafsirkan dengan hati-hati, karena para peneliti tidak dapat menyesuaikan temuan mereka untuk memperhitungkan faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi peluang kematian seseorang.

10. Tempe

Tempe merupakan makanan yang terbuat dari kedelai utuh yang difermentasi. Kandungan isoflavonnya mencapai 60,61 mg per 100g.

Tempe juga menjadi makanan yang mengandung estrogen dan dapat ditemukan dengan mudah.

Seseorang dapat membeli tempe di toko, baik yang polos maupun yang diberi tambahan rasa. Ada berbagai cara untuk menyiapkan dan memasak tempe, termasuk mengasinkan, mengukus, atau memanggang.

11. Miso

Miso juga pasta khas Jepang yang terbuat dari fermentasi kedelai, beras, atau barley yang dimasak. Pasta ini mengandung 41,45 mg isoflavon per 100g. Biasanya miso memberikan rasa umami pada masakan, yang dalam bahasa Jepang berarti rasa gurih.

Ada varietas miso yang berbeda, termasuk putih, merah, dan coklat, dan masing-masing memiliki rasa yang sedikit berbeda. Seseorang dapat menambahkan miso ke sup atau semur dan menggunakannya untuk mengasinkan daging.

12. Tahu

Makanan yang mengandung estrogen terbuat dari kedelai lainnya adalah tahu. Tahu padat yang dimasak mengandung 22,05 mg isoflavon per 100g.

Tahu merupakan sumber protein penting untuk pola makan nabati. Orang mungkin lebih suka memilih tahu organik non-transgenik.

Seseorang dapat menambahkan tahu ke tumis atau mengasinkan dan memanggangnya. Orang juga bisa menggunakan tahu sebagai pengganti telur untuk membuat orak-arik.

13. Edamame

Kacang edamame rebus mengandung 17,92 mg isoflavon per 100g. Kacang edamame adalah kacang kedelai utuh yang belum matang. Makanan yang mengandung estrogen ini dapat didapat dalam bentuk segar, beku, sebagai saus maupun camilan.

Kacang edamame dapat ditambahkan dalam dalam tumisan dengan ayam, pak choi, kol hijau, dan wortel yang diiris tipis. Tambahkan jahe segar, bawang putih, dan tamari untuk makanan yang sehat dan lezat.

Baca Juga: 5 Dampak Hormon Tidak Seimbang Pada Tubuh Wanita

Itulah beragam makanan yang mengandung estrogen sesuai dengan peruntukannya. Meskipun memiliki beragam manfaat, Moms harus ingat bahwa tetap konsumsi makanan apa pun dengan tidak berlebihan, termasuk makanan yang mengandung estrogen.

  • https://www.webmd.com/diet/foods-high-in-estrogen#3
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/foods-high-in-estrogen#edamame-beans
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait