Kesehatan

12 November 2020

12 Manfaat Bayam Merah, untuk Antikanker Hingga Meredakan Asma

Ternyata bayam merah baik untuk kulit hingga organ ginjal. Bahkan manfaat bayam merah untuk mengatasi penyakit asma juga ada!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Putriana
Disunting oleh Amelia Puteri

Daftar isi artikel

Bayam merah atau biasa disebut bayam Cina merupakan salah satu tanaman bernilai ekonomis tinggi.

Meski bayam merah memiliki rasa yang sama dengan bayam hijau, tetapi kandungan zat warnanya menjadikan manfaat bayam merah sebagai sumber antioksidan yang lebih unggul.

Sama seperti bayam pada umumnya, tumbuhan bernama Latin Amaranthus dubius ini juga memiliki segudang manfaat. Bayam jenis ini memiliki daun dan batang berwarna merah keunguan.

Bayam merah dapat tumbuh di daerah beriklim panas yang banyak terpapar sinar matahari, termasuk di Indonesia. Apa saja manfaat bayam merah? Cari tahu lebih lanjut berikut ini, Moms.

Manfaat Bayam Merah

Manfaat bayam merah salah satunya memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh seperti karbohidrat kompleks, serat, air, serta vitamin A, B, C, K, folat, dan mineral seperti kalium, zat besi, kalsium dan magnesium.

Selain itu, bayam merah memiliki kandungan anthocyanin yang memberikan warna merah keunguan pada sayuran ini dan memiliki sifat antioksidan.

1. Mencegah Risiko Kanker

minnesota.cbslocal.com.jpg

Foto: minnesota.cbslocal.com

Bayam merah mengandung asam amino, zat besi, fosfor, vitamin E, potasium, vitamin C, dan magnesium yang bekerja sama untuk membasmi pertumbuhan sel kanker. Antioksidan dalam sayuran ini juga memainkan peran utama dalam mencegah timbulnya kanker.

Berdasarkan penelitian di laboratorium yang dilakukan Journal of Postgraduate Medicine, ditemukan bahwa manfaat bayam merah yang memiliki antioksidan tinggi bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.

Sayangnya temuan ini butuh dikaji lebih lanjut karena masih terbatas pada hasil penelitian di laboratorium, dan belum teruji secara klinis pada manusia.

Antioksidan adalah senyawa yang dapat melawan radikal bebas, yakni senyawa yang dapat menyebabkan kerusakan jika kadarnya terlalu tinggi dalam tubuh kita.

Radikal bebas banyak dikaitkan dengan berbagai penyakit, termasuk diabetes, penyakit jantung, hingga kanker. Menurut penelitian, tubuh manusia perlu menjaga keseimbangan radikal bebas dan antioksidan tertentu.

Ketika radikal bebas melebihi jumlah antioksidan,hal ini dapat menyebabkan keadaan yang disebut stres oksidatif. Stres oksidatif yang berkepanjangan dapat merusak DNA dan molekul penting lainnya di tubuh hingga terkadang menyebabkan kematian sel.

Sebenarnya, tubuh kita memiliki pertahanan antioksidan sendiri untuk mengendalikan radikal bebas. Namun, antioksidan juga dapat ditemukan dalam makanan, terutama pada buah-buahan, sayuran, dan makanan nabati utuh lainnya.

Beberapa vitamin, seperti vitamin E dan C, merupakan antioksidan yang efektif. Dan kedua vitamin ini terkandung dalam bayam merah.

2. Mengatasi Keluhan Anemia

manfaat bayam merah

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat bayam merah yang lain yakni memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan dapat menurunkan risiko anemia alias kurang darah.

Zat besi sangat bermanfaat untuk kelancaran dan kesehatan aliran darah sehingga konsumsi rutin bayam merah dapat meningkatkan kadar hemoglobin dan memurnikan darah. Hal ini akan secara alami melancarkan aliran darah.

Menurut penelitian di National Institutes of Health, zat besi adalah mineral yang secara alami ada di banyak makanan atau difortifikasi ke beberapa produk makanan.

Mineral ini juga tersedia dalam bentuk suplemen makanan. Besi merupakan komponen penting dari hemoglobin, yakni protein eritrosit (sel darah merah) yang befungsi mengantarkan oksigen dari paru-paru ke jaringan.

Karenanya zat besi mendukung metabolisme otot dan jaringan ikat yang sehat serta diperlukan untuk pertumbuhan fisik, perkembangan neurologis, fungsi sel, dan sintesis beberapa hormon.

Baca Juga: Benarkah Ada Manfaat Jus Sayuran untuk Tubuh? Begini Penjelasannya

3. Memperbaiki Fungsi Ginjal

Bolehkah Hamil Jika Hanya Memiliki Satu Ginjal? 1

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat bayam merah yang dikonsumsi secara teratur ternyata dapat meningkatkan fungsi ginjal, terutama karena kandungan seratnya yang tinggi.

Batang daun dari bayam merah juga memiliki lebih banyak manfaat untuk ginjal karena tinggi akan vitamin A, C, K, dan B9 (folat). Tak hanya itu, bayam merah juga mengandung beta-karoten yakni senyawa yang memberikan warna kemerahan pada sayur dan buah.

Beta karoten memiliki banyak fungsi baik bagi tubuh, salah satunya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan mata.

Jika Moms senang makan salad, tak ada salahnya menambahkan bayam merah ke dalamnya untuk kekayaan tekstur dan nutrisi. Moms juga bisa mengolah bayam merah dengan cara mengukus maupun menumisnya.

4. Membantu Menyembuhkan Penyakit Disentri

sciencesource.com.jpg

Foto: sciencesource.com

Tahukah Moms, ternyata batang bayam memiliki manfaat untuk membantu mengatasi penyakit disentri. Hal ini tak lepas dari fungsi serat larut dalam bayam merah yang bisa membantu menyerap air serta membersihkan saluran pencernaan.

Kandungan antosianin dalam manfaat bayam merah juga turut membantu memerangi bakteri penyebab penyakit disentri.

Antosianin merupakan jenis antioksidan yang baik untuk mencegah atau mengurangi risiko penyakit. Antosianin mengurangi risiko beberapa masalah kesehatan yang dapat ditunjukkan melalui efek langsung dan tidak langsung.

Efek langsungnya adalah mengurangi risiko sejumlah penyakit kronis dengan membantu melawan radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif.

Efek tidak langsung yang dimiliki antosianin adalah melibatkan regulasi proliferasi sel dan apoptosis melalui pengurangan stres oksidatif dan peroksidasi lipid.

5. Membantu Mengurangi Gejala Asma

manfaat bayam merah-2

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang sudah disinggung dalam poin-poin sebelumnya, beta-karoten memiliki kegunaan dalam membantu mengatasi berbagai penyakit kronis.

Manfaat bayam merah memiliki kandungan gizi yang baik serta kandungan beta-karoten tinggi yang dapat membantu mencegah timbulnya asma.

Hal ini karena senyawa beta-karoten dapat meningkatkan fungsi sistem pernapasan dan membersihkan sumbatan dalam tabung bronkial.

Manfaat bayam merah lainnya adalah mengandung folat, salah satu jenis vitamin yang juga memberikan manfaat tambahan bagi penderita asma.

Sebuah penelitian besar yang diterbitkan dalam The Journal of Allergy and Clinical Immunology edisi Juni 2009 menemukan bahwa orang dengan kadar folat plasma rendah lebih mungkin menderita asma daripada mereka yang memiliki kadar folat tinggi dalam darahnya.

Artinya semakin tinggi kadar folat, semakin besar manfaatnya. Bayam juga merupakan sumber nutrisi anti-asma yang baik, termasuk magnesium, vitamin C, vitamin E dan vitamin B6.

Baca Juga: Ini Dia 13 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil yang Luar Biasa

6. Sumber Kalsium yang Baik untuk Tubuh

manfaat bayam merah-3

Foto: Orami Photo Stock

Bayam merah adalah sumber vitamin K dan tidak diragukan lagi bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan osteoporosis atau pengeroposan kepadatan tulang.

Mengonsumsi bayam merah dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium dan protein matriks tulang sehingga kekuatan tulang pun dapat terjaga secara optimal.

7. Meningkatkan Kesehatan Mata

0fe199e6920dbe22de4390db41b19cd6.jpg

Foto: pinterest.com

Manfaat bayam merah lainnya adalah kaya akan vitamin A. Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan mata karena dapat meningkatkan penglihatan dan mempertahankannya.

Apalagi dalam gaya hidup moderen, mata adalah organ yang pertama terpengaruh karena penggunaan ponsel pintar, laptop dan lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk memasukkan makanan yang memiliki kandungan vitamin A yang baik, seperti bayam merah.

Bayam kaya akan zeaxanthin dan lutein, yaitu karotenoid yang membentuk pigmen warna pada beberapa jenis sayuran termasuk bayam merah.

Mata manusia juga mengandung pigmen ini dalam jumlah tinggi. Pigmen ini yang melindungi mata kita dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari.

Selain itu, beberapa penelitian termasuk penelitian dari Investigative Ophthalmology & Visual Science menunjukkan bahwa zeaxanthin dan lutein bekerja untuk mencegah degenerasi makula dan katarak, yang merupakan penyebab utama kebutaan.

Tak hanya untuk menjaga penglihatan yang sehat, vitamin A juga berfungsi memelihara kerja organ dan sistem kekebalan tubuh, serta membangun pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam rahim.

Baca Juga: 14 Manfaat Buah Kolang-kaling untuk Kesehatan, Bisa Menguatkan Tulang

8. Meningkatkan Kesehatan Kulit

manfaat bayam merah-4

Foto: Orami Photo Stock

Selain vitamin A, manfaat bayam merah juga kaya akan vitamin C yang bisa mendukung produksi kolagen pada kulit. Kolagen ini berperan sebagai antioksidan pelindung kulit.

Dengan begitu, manfaat bayam merah sebagai penunjang proses peremajaan kulit sudah tidak diragukan lagi. Vitamin C dalam bayam merah akan bekerja meregenerasi sel kulit mati dan digantikan dengan sel-sel baru sehingga kulit tampak lebih cerah serta sehat.

9. Menyehatkan dan Menguatkan Akar Rambut

manfaat bayam merah-5

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat bayam merah berikutnya adalah dapat menyehatkan rambut. Pigmentasi dalam bayam merah dapat mengatasi kelebihan produksi pigmen melanin yang bisa mencegah perubahan warna rambut terlalu dini.

Itu tandanya bayam merah bisa menghambat tumbuhnya uban di rambut. Selain itu, rambut juga akan lebih sehat dan berkilau.

Selain memperlambat tumbuhnya uban, salah satu manfaat bayam merah untuk kecantikan adalah memperkuat akar rambut. Sehingga kerontokan rambut pun akan berkurang.

Manfaat bayam merah untuk kecantikan cukup banyak lho, sehingga menambahkan bayam merah dalam daftar diet sehat sangat bisa membantu menjaga kecantikan rambut dan kulit selain dengan menggunakan produk perawatan.

10. Membantu Mengontrol Kadar Kolesterol dan Gula Darah

gardeningknowhow.com.jpg

Foto: gardeningknowhow.com

Selain menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah, serta melawan kanker, manfaat bayam merah juga dipercaya dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah.

Sebuah penelitian terhadap tikus memperlihatkan bahwa bayam merah dapat mengurangi kadar gula darah, trigliserida, dan kolesterol. Akan tetapi, manfaat bayam merah yang satu ini belum teruji pada manusia, sehingga masih belum dapat digunakan sebagai pengobatan.

Baca Juga: Manfaat Wortel Bagi Kesehatan, Moms Wajib Tahu!

11. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

rareseeds.com.jpg

Foto: rareseeds.com

Sebuah penelitian dari Free Radical Biology and Medicine menggunakan ekstrak bayam merah yang mengandung nitrat oksida, dilakukan guna menguji efek sayuran tersebut pada kinerja tubuh setelah olahraga, kesehatan pembuluh darah, dan kelancaran aliran darah.

Penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak bayam merah mampu merangsang pembentukan nitrat oksida alami di dalam tubuh.

Efek ini terlihat dapat memperbaiki kelenturan pembuluh darah, membantu memperlancar aliran darah, menjaga kesehatan jantung, dan membantu menurunkan tekanan darah meski dalam jumlah sedikit.
Hanya saja penelitian ini masih terbatas pada studi berskala kecil. Untuk memastikan efek bayam merah untuk kesehatan pembuluh darah dan potensinya sebagai obat, masih diperlukan studi ilmiah lebih lanjut.

12. Meningkatkan Kekebalan Tubuh pada Ibu Hamil

manfaat bayam merah-6

Foto: Orami Photo Stock

Selama menjalani masa-masa kehamilan, makanan serta minuman yang dikonsumsi selama masa kehamilan perlu diperhatikan dengan baik.

Apalagi nutrisi dari ibu hamil sangat penting tak hanya bagi kebutuhan janin, namun Moms perlu menjaga asupan makanan untuk membantu kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Salah satu makanan yang direkomendasikan adalah bayam merah. Manfaat bayam merah untuk meningkatkan daya tahan tubuh lekat dengan kandungan vitamin A dan C yang tinggi.

Namun, perlu dicatat bahwa bayam merah juga kaya akan oksalat, yakni anti-nutrisi yang dapat menyebabkan komplikasi pada beberapa orang, terutama bagi yang memiliki masalah ginjal.

Lebih lanjut, beberapa ahli percaya bahwa diet yang sangat tinggi oksalat tetapi rendah kalsium dapat menyebabkan masalah yang terkait dengan kekurangan kalsium, karena oksalat dapat menghalangi kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.

Itulah Moms 12 manfaat bayam merah bagi kesehatan dan kecantikan. Meski penelitian-penelitian mengenai manfaat bayam merah masih belum banyak, namun sayuran ini memang sudah umum digunakan sebagai bahan makanan, termasuk di Indonesia.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya memasukkan bayam merah sebagai pilihan makanan sehat untuk moms konsumsi sehari-hari.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait