Kesehatan

KESEHATAN
17 Oktober 2020

10 Manfaat Daun Sereh, Bisa Meringankan Gejala PMS Lho!

Dapatkan segudang manfaat dari daun sereh yang bisa meningkatkan kesehatan ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms tentu tidak asing dengan daun sereh. Salah satu rempah untuk memasak ini ternyata punya banyak manfaat. Apa saja manfaat daun sereh? Simak ulasannya di sini.

Daun sereh (Cymbopogon citratus) adalah tanaman tinggi dan bertangkai yang memiliki aroma lemon segar dan rasa seperti jeruk yang gampang dijumpai. Ini adalah bahan umum dalam beberapa masakan dan bisa berfungsi juga sebagai pengusir serangga.

Minyak esensial daun sereh juga dapat digunakan dalam aromaterapi untuk menyegarkan udara, mengurangi stres, dan meningkatkan mood.

Batang bawah dan umbi tanaman sereh terkadang juga ditambahkan ke dalam teh, bumbu perendam, kari, dan kaldu. Selain digunakan sebagai penyedap rasa, minyak atsiri daun sereh dan daun sereh juga digunakan untuk tujuan pengobatan, beberapa di antaranya didukung oleh bukti ilmiah.

Satu sendok makan daun sereh segar memiliki sekitar lima kalori, yang sebagian besar berasal dari karbohidrat (serat) dan protein menurut data US Department of Agriculture. Mineral dalam daun sereh meliputi kalsium (3 mg), kalium (34 mg), mangan (0,2 mg), magnesium (2,9 mg), dan zat besi (0,4 mg).

Daun sereh juga mengandung vitamin tertentu meski dalam jumlah yang sangat sedikit, seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan niasin. Minyak rasa daun sereh juga memberikan lebih banyak kalori secara signifikan, karena biasanya merupakan kombinasi dari minyak goreng seperti minyak canola dan ekstrak daun sereh.

Dengan segudang kandungannya, ternyata banyak juga lho Moms manfaat daun sereh.

Baca Juga: 6 Manfaat Sabun Serai untuk Kulit

Manfaat Daun Sereh

Apa saja manfaat daun sereh? Berikut daftarnya.

1. Memiliki Sifat Antioksidan

10 Manfaat Daun Sereh -1.jpg

Foto: Plantdecors.com

Manfaat daun sereh yang pertama adalah memiliki sifat antioksidan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, daun sereh mengandung beberapa antioksidan yang dapat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit.

Antioksidan penting di dalam daun sereh tersebut adalah asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin. Antioksidan ini dapat membantu mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner.

2. Memiliki Sifat Antimikroba

Manfaat daun sereh yang selanjutnya adalah memiliki sifat antimikroba. Rebusan daun sereh yang dicampurkan dengan teh dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang, berkat sifat antimikroba yang dimilikinya.

Menurut studi in vitro pada 2012 yang diterbitkan oleh National Institutes of Health, minyak esensial dari daun daun sereh menunjukkan kemampuan antimikroba terhadap bakteri Streptococcus mutans, yakni bakteri yang paling bertanggung jawab atas kerusakan gigi.

Penelitian lebih lanjut menemukan bahwa minyak daun sereh dan ion perak dapat bekerja sama melawan beberapa jenis bakteri dan jamur secara in vitro.

Baca Juga: DIY Menghitamkan Rambut dengan Daun Urang Aring

3. Memiliki Sifat Anti-Inflamasi

10 Manfaat Daun Sereh -3.jpeg

Foto: Spicemountain.co.uk

Manfaat daun sereh yang selanjutnya adalah memiliki sifat anti-inflamasi. Manfaat daun sereh yang pertama adalah memilikiPeradangan dianggap berperan dalam banyak kondisi, termasuk penyakit jantung dan stroke.

Menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Center, dua senyawa utama dalam daun sereh, citral dan geranial, dianggap bertanggung jawab atas manfaat anti-inflamasi.

Senyawa dalam daun sereh ini disebut bermanfaat untuk membantu menghentikan pelepasan penanda penyebab peradangan tertentu di tubuh.

4. Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat daun sereh yang selanjutnya adalah mengurangi risiko kanker. Jeruk dalam daun sereh juga dianggap memiliki kemampuan antikanker yang bermanfaat melawan beberapa jalur sel kanker.

Beberapa komponen daun sereh membantu untuk melawan kanker. Ini terjadi baik dengan menyebabkan kematian sel secara langsung atau meningkatkan sistem kekebalan sehingga tubuh lebih mampu melawan kanker dengan sendirinya.

Teh daun sereh terkadang digunakan sebagai terapi adjuvan selama kemoterapi dan radiasi. Namun ini hanya boleh digunakan di bawah bimbingan ahli onkologi.

5. Membantu Meningkatkan Sistem Pencernaan

10 Manfaat Daun Sereh -5.jpg

Foto: Everydaygluttenfreegourmet.ca

Manfaat daun sereh yang selanjutnya adalah meningkatkan sistem pencernaan. Secangkir teh daun sereh adalah obat alternatif untuk sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya.

Sebuah studi 2012 tentang hewan pengerat yang diterbitkan oleh National Institutes of Health menunjukkan bahwa daun sereh juga efektif melawan tukak lambung.

Penelitian tersebut menemukan bahwa minyak atsiri dari daun daun sereh bermanfaat untuk membantu melindungi lapisan lambung dari kerusakan akibat aspirin dan etanol. Penggunaan aspirin secara teratur adalah penyebab umum tukak lambung.

"Daun sereh telah digunakan dalam pengobatan Tiongkok sejak zaman kuno untuk mengobati ketidaknyamanan terkait perut seperti sembelit, kembung atau gangguan pencernaan," kata Garima Goyal, seorang ahli diet yang juga ahli nutrisi bersertifikat.

Tanaman ini memiliki elemen pendingin yang membantu menenangkan perut yang teriritasi sekaligus menjaga fungsi pencernaan. "Komponen utama dalam daun sereh disebut citral yang membantu proses pencernaan," tambahnya.

Baca Juga: Pentingnya Daun Katuk untuk Melancarkan dan Menghasilkan ASI Eksklusif

6. Dapat Bertindak sebagai Diuretik

Manfaat daun sereh yang selanjutnya adalah dalat bersifat sebagai diuretik. Dalam dunia kesehatan herbal dan tradisional, daun sereh dikenal sebagai diuretik.

Diuretik akan membuat badan lebih sering mengeluarkan air kencing, membersihkan tubuh dari kelebihan cairan dan natrium. Diuretik sering diresepkan jika mengalami gagal jantung, gagal hati, atau edema.

Pada 2001, Pakistan Journal of Scientific and Industrial Research mengevaluasi efek teh daun sereh pada tikus, yang menunjukkan aktivitas diuretik yang mirip dengan teh hijau tanpa menyebabkan kerusakan organ atau efek samping lainnya. Dalam penelitian tersebut, teh daun sereh diberikan kepada tikus selama periode enam minggu.

7. Membantu Mengurangi Tekanan Darah Sistolik Tinggi

10 Manfaat Daun Sereh -7.jpg

Foto: Thetruthaboutcancer.com

Manfaat daun sereh yang selanjutnya adalah mengurangi tekanan darah sistolik tinggi. Dalam sebuah studi observasi 2012 yang dipublikasikan dalam Medical Forum, sebanyak 72 relawan pria diberi teh daun sereh atau teh hijau untuk diminum.

Pria yang minum teh daun sereh mengalami penurunan tekanan darah sistolik sedang dan sedikit peningkatan tekanan darah diastolic, dan juga memiliki detak jantung yang jauh lebih rendah.

Namun, para peneliti mengingatkan bahwa pria dengan masalah jantung sebaiknya menggunakan daun sereh secukupnya. Ini dapat membantu menghindari penurunan detak jantung yang berbahaya atau peningkatan tekanan diastolik.

8. Membantu Mengatur Kolesterol

Manfaat daun sereh yang selanjutnya adalah mengatur kolesterol. Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research menunjukkan bahwa ekstrak minyak daun sereh membantu menurunkan kolesterol pada hewan.

Penurunan kolesterol ini juga tergantung pada dosisnya. Pada 2011, penelitian lebih lanjut pada tikus mengkonfirmasi keamanan jangka panjang hingga 100 mg minyak esensial daun sereh setiap hari.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk melihat apakah teh daun sereh memiliki efek yang sama dengan minyak daun sereh.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

10 Manfaat Daun Sereh -9.jpeg

Foto: Industryglobalnews24.com

Manfaat daun sereh yang selanjutnya adalah menurunkan berat badan. Teh daun sereh dapat digunakan sebagai teh detoks untuk memulai metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Meski begitu, sebagian besar penelitian tentang daun sereh dan penurunan berat badan bersifat anekdot, bukan ilmiah.

Karena, daun sereh adalah diuretik alami, jika Anda meminumnya dalam jumlah yang cukup maka berat badan mungkin turun beberapa kilogram.

Secara umum, mengganti minuman ringan dan minuman manis lainnya dengan teh herbal seperti daun sereh dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, Anda tidak boleh minum teh daun sereh secara eksklusif karena dapat meningkatkan risiko efek samping lainnya.

10. Membantu Meringankan Gejala PMS

Manfaat daun sereh yang selanjutnya adalah meringankan gejala PMS. Teh daun sereh digunakan sebagai obat alami untuk kram menstruasi, kembung, dan hot flashes. Tidak ada penelitian khusus tentang daun sereh dan PMS, tetapi, secara teori khasiatnya yang menenangkan perut dan anti-inflamasi dapat membantu.

Selain itu, menurut artikel yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, minyak daun sereh bermanfaat dalam membantu mendinginkan tubuh.

“Yang terbaik adalah menyajikan daun sereh sebagai bahan minuman panas setelah makan agar berfungsi dengan baik. Penelitian juga menunjukkan bahwa minyak yang diekstrak dari daun sereh membantu mengendurkan otot. Itulah mengapa masuk akal untuk menggunakannya untuk gejala PMS umum seperti sakit kepala, nyeri sendi dan otot dan kram. Karena ini adalah makanan kaya antioksidan yang sehat dengan sifat anti-inflamasi,” jelasnya.

Memilih dan Menggunakan Daun Sereh

Setelah mengetahui manfaat daun sereh, penting bagi Moms untuk tahu cara memilih dna menggunakan daun sereh. Tidak ada cukup penelitian tentang dosis harian yang direkomendasikan untuk daun sereh.

Untuk membatasi risiko efek samping, mulailah dengan satu cangkir setiap hari. Jika tubuh dapat mentolerir dengan baik, Moms bisa minum lebih banyak.

Untuk membuat teh daun sereh, Moms bisa menuangkan 1 cangkir air mendidih di atas 1 hingga 3 sendok teh daun sereh yang segar atau kering. Seduh setidaknya selama lima menit kemudian saring tehnya.

Moms bisa menikmatinya saat panas, atau tambahkan es batu untuk es teh daun sereh.

Moms bisa mendapatkan teh daun sereh di sebagian besar toko makanan alami atau online. Sebaiknya, pilih daun sereh organik yang tidak diolah dengan pestisida sintetis.

Jika digunakan sebagai obat, daun sereh dapat diminum, dioleskan pada kulit, atau dihirup sebagai pengobatan aromaterapi.

“Daun sereh juga mendapatkan reputasi yang baik dalam koktail. Banyak resep koktail herbal seperti koktail Soho menggunakan bahan ini karena rasanya yang gurih. Batang daun sereh segar bahkan bisa digunakan sebagai sedotan atau pengaduk alami untuk minuman,” kata dia.

Jika tidak suka minum daun sereh, cobalah memasaknya. Tambahkan satu atau dua batang ke sup favorit, bahkan itu cocok dengan mie ayam. Moms juga bisa menambahkannya ke bumbu ayam atau ikan sebelum dipanggang. Moms juga bisa makan daun sereh mentah, namun cincang dengan baik karena cenderung berserat.

Saat akan menggunakan daun sereh dalam teh, sup, kaldu, atau cairan lainnya, hancurkan bagian bawah batang untuk mengeluarkan minyak aromatik.

Kemudian, celupkan potongan tersebut ke dalam cairan sehingga minyak aromatik terlepas. Buang batangnya sebelum makan atau minum minuman.

Dalam resep lain, Moms mungkin perlu memotong atau mencincang umbi atau bagian bawah batang sebelum menambahkan kari, salad, bumbu rendaman, atau tumis.

Suka dengan aroma menenangkan yang menyelimuti saat memasuki ruang spa? Banyak pujian diberikan kepada daun sereh karena aromanya yang menenangkan. Minyak daun sereh diekstraksi melalui proses distilasi uap dari daun sereh kering.

Menghirup aroma minyak esensial daun sereh atau memijatnya melalui kulit dapat mengirimkan pesan ke sistem limbik otak, wilayah yang memengaruhi sistem saraf.

Moms juga bisa mencobanya di rumah untuk menambahkan nuansa menanakan saat mandi. Cukup tambahkan beberapa tetes minyak esensial daun sereh ke dalam bathtube untuk mendapatkan perendaman yang meremajakan.

Minyak esensial daun sereh juga bisa digunakan sebagai pengusir serangga alami. Minyak daun sereh, ekstrak dari tanaman daun sereh, biasanya digunakan dalam sebagian besar lilin dan semprotan serangga yang tersedia secara komersial. Aroma dari daun sereh yang menenangkan tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk.

Itulah beberapa manfaat daun sereh. Daun sereh bisa digunakan dengan berbagai cara. Baik sebagai tambahan makanan, berbentuk teh, aromaterapi atau pengusir hama, berbagai manfaat itu akan didapatkan tentu dengan takaran yang diperlukan.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait