Kesehatan

22 April 2021

8 Manfaat Grapefruit untuk Kesehatan

Intip manfaat grapefruit untuk kesehatan Moms dan keluarga berikut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Disebut juga jeruk limau gedang, sebaiknya Moms mengetahui manfaat grapefruit untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Buah satu ini memang tidak sepopuler buah-buah golongan sitrus lainnya, namun nutrisi di dalamnya tidak dapat dipandang sebelah mata, lho!

Buah berdaging merah yang merah yang memiliki perpaduan rasa manis, asam, dan sedikit pahit ini sebenarnya telah lama diketahui dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan jika dikonsumsi dengan benar.

Nah, berikut ini ulasan selengkapnya, ya, Moms!

Baca Juga: 14 Manfaat Kulit Jeruk yang Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Grapefruit untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat grapefruit yang bisa Moms dapatkan untuk kesehatan Moms, Dads, dan juga Si Kecil, di antaranya adalah:

1. Kaya akan Antioksidan

5 Manfaat Grapefruit Untuk Anak 1.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat grapefruit yang paling besar karena buah ini mengandung antioksidan yang kuat. Grapefruit juga kaya akan vitamin C yang penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh seseorang.

Kandungan antioksidannya tidak hanya datang dari vitamin C, tapi juga kandungan antioksidan kuat lainnya yang mampu melawan dan mengurangi risiko terkena penyakit kronis.

Namun, sebenarnya buah yang berasal dari daerah beriklim subtropis ini juga mengandung berbagai antioksidan kuat lain, seperti:

  • Beta-karoten: Akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, dan tidak diketahui bisa mengurangi penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan gangguan penglihatan seperti degenerasi makular.
  • Lycopene: Memiliki potensi untuk mencegah pertumbuhan jenis kanker tertentu, melambatkan pertumbuhan tumor, dan mengurangi efek samping pengobatan kanker.
  • Flavanones: Memiliki khasiat antiinflamasi alami yang menurunkan darah dan kadar kolesterol, serta menurunkan tekanan penyakit jantung.

2. Mengatasi Insomnia

5 Manfaat Jeruk Limau Gedang (Grapefruit) Untuk Anak 2.jpg

Foto: freepik.com

Apabila Moms memiliki kesulitan tidur di malam hari, coba mulai konsumsi grapefruit secara rutin setiap harinya. Sebagai salah satu buah dengan kandungan tryptophan, manfaat grapefruit sangat baik untuk mengatasi gangguan tidur, seperti insomnia. Mengapa demikian?

Tryptophan adalah salah satu dari banyak asam amino yang ditemukan dalam makanan yang mengandung protein. Di dalam tubuh, asam amino digunakan untuk membuat protein tetapi memiliki fungsi lain, yaitu menghasilkan molekul-molekul penting.

Dikutip dari International Journal of Biochemistry & Cell Biology, tryptophan akan diubah tubuh menjadi molekul pembentuk hormon serotonin yang mempengaruhi tidur dan hormon melatonin yang memicu kantuk dan berperan dalam mengatur siklus tidur.

Untuk itu, manfaat grapefruit mampu mengatasi insomnia.

Perlu dipahami, insomnia bukan hal yang bisa dianggap sepele. Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai sebab, dan apabila tidak segera diatasi dapat mengganggu suasana hati, menurunkan produktivitas, memicu masalah perilaku, mengganggu konsentrasi keesokan harinya, serta dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Fatalnya, dilansir dari laman American Journal of Managed Care, insomnia kronis dapat mengakibatkan berbagai penyakit kronis, termasuk artritis, penyakit kardiovaskular, diabetes, dan depresi. Jadi, jangan pernah abaikan kualitas tidur yang cukup ya, Moms.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan 5 Jenis Jeruk untuk Masakan

3. Mencegah Terjadinya Dehidrasi

5 Manfaat Jeruk Limau Gedang (Grapefruit) Untuk Anak 3.jpg

Foto: freepik.com

Ketika tubuh kekurangan cairan, maka disebut dengan dehidrasi. Dehidrasi bisa berbahaya karena mengganggu kerja tubuh sehingga tidak berjalan optimal.

Cara paling mudah untuk mencegahnya, yaitu minum air putih cukup dan sesuaikan dengan tingkat aktivitas. Selain itu, Moms bisa makan buah-buahan dengan kadar air yang tinggi untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Grapefruit disebut sebagai buah dengan kandungan air tertinggi, yaitu 92 persen. Hal ini membuat buah ini baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk mampu mencegah terjadinya dehidrasi.

“Pada dasarnya, semua sistem dan proses dalam tubuh kita membutuhkan air. Ketika tubuh terhidrasi dengan tepat, maka kinerja organ-organ di dalamnya juga berjalan dengan baik,” ungkap Wesley Delbridge, RD, ahli diet yang berbasis di Phoenix

Sekitar 20% dari asupan cairan harian sebenarnya berasal dari makanan. Jadi, Moms dapat menambahkan beberapa grapefruit untuk mendekati target hidrasi tubuh harian dan pilih yang lebih berat dari dua buah dengan ukuran yang sama.

Baca Juga: Selain Jeruk, Ini 4 Buah Penambah Kekebalan Tubuh yang Patut Dikonsumsi

4. Mengendalikan Berat Badan

5 Manfaat Jeruk Limau Gedang (Grapefruit) Untuk Anak 4.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat grapefruit berikutnya, yaitu membantu menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini karena kandungan serat dan air dalam grapefruit cukup tinggi, sehingga buah satu ini dapat dijadikan camilan sehat untuk rasa kenyang yang lebih lama.

Baik anak-anak hingga orang dewasa, tetap harus memantau perkembangan berat badan agar berada dalam rentang ideal. Sebab, obesitas atau kelebihan berat badan hanya akan mendatangkan masalah untuk kesehatan.

Pada anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan, tetap harus dijaga berat badannya agar terhindar dari risiko mengalami diabetes di masa mendatang. Pada orang dewasa, obesitas juga meningkatkan penyakit kronis, dapat mengurangi kesuburan, dan menjadi kehamilan berisiko bagi wanita.

Untuk itu, jadikan grapefruit dan buah-buahan kaya serat lainnya sebagai camilan sehat keluarga, ya!

Baca Juga: Sumber Vitamin B1 Anak untuk Hindari Beri-beri

5. Mencegah Resistensi Insulin

5 Manfaat Jeruk Limau Gedang (Grapefruit) Untuk Anak 5.jpg

Foto: freepik.com

Menurut studi yang dilansir National Institutes of Health, konsumsi grapefruit sebelum makan besar terbukti bisa menurunkan kadar insulin dan mencegah resistensi insulin.

Studi dalam Journal of Medicinal Food pada tahun 2006 menemukan bahwa orang yang makan grapefruit sebelum makan memiliki lonjakan insulin yang lebih rendah dikaitkan dengan lebih sedikit insulin.

Sebagaimana Moms tahu, resistensi insulin membuat kadar gula darah dan insulin melonjak drastis sehingga meningkatkan risiko terjadinya diabetes tipe-2. Nah, Moms bisa memberikan grapefruit pada anak untuk manfaat berikut ini.

Walau manfaat grapefruit sangat baik untuk tubuh dan kesehatan anak, sebaiknya buah ini tidak dulu dikonsumsi saat Si Kecil sedang minum obat.

Makan grapefruit bersama dengan obat dapat mengganggu proses metabolisme obat sehingga menimbulkan efek samping yang berbahaya.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat grapefruit berikutnya untuk tubuh, yaitu dapat membantu menurunkan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL). Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi tahun 2006 di Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Disebutkan, grapefruit mampu menurunkan LDL sebanyak 15,5 persen.

Dalam studi tersebut, para peneliti mengamati 57 pasien berusia 39 hingga 72 tahun yang memiliki kolesterol tinggi dan telah menjalani operasi bypass untuk masalah jantung.

Selama satu bulan, beberapa makan grapefruit setiap hari (baik yang berwarna merah atau putih) sementara yang lain tidak. Hasilnya, mereka yang rutin makan grapefruit mengalami penurunan kolesterol jahat, sedangkan kelompok yang lain tidak.

Kolesterol jahat (LDL) adalah jenis lemak yang dapat menumpuk di arteri dan meningkatkan risiko serangan jantung hingga serangan stroke. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk menerapkan gaya hidup yang sehat, salah satunya dengan makan buah grapefruit secara rutin.

Baca Juga: 7 Manfaat Jeruk Bali Merah (Pomelo) Untuk Anak

7. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Membantu Menurunkan Tekanan Darah.jpg

Foto: freepik.com

Bagi Moms yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi, coba jadikan grapefruit sebagai jenis buah-buahan yang sehat. Sebab, manfaat grapefruit berikutnya, yaitu mampu menurunkan tekanan darah sistolik.

Hal ini terjadinya karena kadar kalium pada grapefruit yang tinggi, sehingga dapat menetralkan efek negatif natrium.

Semua warna grapefruit dikemas dengan kebaikan, vitamin, dan nutrisi. Namun, grapefruit yang merah dan merah muda paling baik untuk dikonsumsi. Hal ini karena mereka memiliki tingkat antioksidan yang lebih tinggi, seperti beta karoten dan lycopene.

Lycopene adalah salah satu kelompok karotenoid atau pigmen yang memberikan warna pada grapefruit. Makan makanan yang kaya karotenoid dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

8. Menjaga Kesehatan Rambut

Menjaga Kesehatan Rambut.jpg

Foto: freepik.com

Ingin rambut yang sehat dan indah? Selain memakai produk perawatan rambut yang tepat, ternyata makanan yang dikonsumsi juga berpengaruh, lho! Makanan bernutrisi dapat mendukung kesehatan rambut secara menyeluruh.

Coba makan grapefruit untuk mewujudkannya, ya, Moms! Kombinasi berbagai komponen nutrisi di dalam grapefruit ternyata baik juga untuk pertumbuhan rambut yang kuat, indah, dan sehat, seperti:

  • Vitamin C, membantu rambut tumbuh dengan sehat dan melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Ekstrak bijinya memiliki fungsi anti bakteri alami, yang dapat mencegah ketombe dan penyumbatan folikel, sehingga rambut bisa tumbuh tanpa gangguan.
  • Sari buahnya membantu menjaga kelancaran peredaran darah, termasuk di kulit kepala. Dengan peredaran darah yang baik di kulit kepala, kondisi kulit kepala dan rambut bisa tetap sehat.

Nah, itulah informasi sekilas tentang manfaat grapefruit untuk kesehatan tubuh. Jadi, jangan ragu lagi untuk mencoba grapefruit sebagai pilihan buah-buahan yang sehat dan juga bernutrisi, ya, Moms!

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16219483/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16579728/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16506849/
  • https://www.health.com/food/grapefruit-facts
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16579728
  • https://www.ajmc.com/view/may06-2308ps221-s229
  • https://www.healthline.com/nutrition/tryptophan#section1
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait