Kesehatan

3 April 2021

18 Manfaat Kurma untuk Kesehatan, Baik untuk Ibu Hamil

Bernutrisi dan mengenyangkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Intan Aprilia

Mendengar kata kurma, apa yang terlintas dalam pikiran, Moms? Ya, buah yang berasal dari Timur Tengah ini terkenal menjadi salah satu menu favorit untuk berbuka puasa. Ada banyak manfaat kurma untuk ibu hamil, lho.

Rasanya yang manis dengan kandungan gula alami membuat kurma menjadi favorit banyak orang. Mari simak manfaat buah kurma untuk ibu hamil yang patut Moms ketahui

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh, Coba Sekarang!

Manfaat Kurma untuk Kesehatan

manfaat kurma.jpg

Foto: freepik.com

1. Kaya Akan Nutrisi

Sumber manfaat kurma terdapat dari kandungan nutrisinya yang sangat banyak. U.S. Department of Agriculture menjelaskan informasi nutrisi berikut untuk satu buah kurma dengan total 7 gram, yaitu:

  • Kalori: 20
  • Lemak: 0 g
  • Natrium: 0,14 mg
  • Karbohidrat: 5.3g
  • Serat: 0.6 g
  • Gula: 4 g
  • Protein: 0,2 g

Kurma bukanlah sumber lemak yang signifikan. Melihat data dari U.S. Department of Agriculture di atas, dapat diketahui bahwa jumlah lemak dalam kurma adalah 0 gram.

Kurma memasok protein dalam jumlah minimal. Sertakan sumber protein lain, seperti daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan, untuk memenuhi kebutuhan harian.

2. Mengandung Banyak Antioksidan

Kurma mengandung banyak antioksidan yang mampu melindungi sel dari radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul yang dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit memori dan otak, jantung, juga kanker.

Journal of the American College of Nutrition menjelaskan bahwa kurma mengandung antioksidan yang paling tinggi dibanding buah sejenis seperti buah ara dan plum kering. Antioksidan-antioksidan tersebut adalah:

  • Flavonoid: Mengurangi inflamasi dan mengurangi risiko diabetes, Alzheimer, dan beberapa jenis kanker.
  • Karotenoid: Menjaga kesehatan jantung dan mencegah risiko penyakit mata seperti degenerasi makula.
  • Asam fenolik: Antiinflamasi, serta mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

3. Baik Sebagai Pemanis Alami

Satu buah kurma mengandung lebih dari 5 gram karbohidrat, yang sebagian besar berasal dari gula.

Selain itu, kurma terasa sangat manis karena memiliki kandungan fruktosa yang tinggi, yaitu dua kali lebih manis dari glukosa.

Ada sekitar setengah gram serat dalam kurma rata-rata. Kandungan gula meningkat dan serat berkurang saat buah matang.

Indeks glikemik kurma dapat berkisar antara 43 dan 55 tergantung pada varietas dan tingkat kematangannya. Meskipun manis, kurma ternyata merupakan makanan rendah glisemik, menurut jurnal Nutrition.

Kurma menjadi pengganti gula putih yang baik, ditambah kandungan serat dan antioksidannya yang sehat bagi tubuh.

Cara terbaik mendapatkan manfaat kurma yang satu ini adalah membuat pasta kurma. Campur kurma dan air di blender sampai kental seperti pasta.

Sebagai catatan, kurma punya kalori yang cukup tinggi, jadi jangan dikonsumsi secara berlebihan ya, Moms.\

Baca Juga: Mengenal 10 Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

manfaat kurma untuk ibu hamil.jpg

Foto: freepik.com

Moms telah mengetahui nutrisi dalam buah kurma. Kini, mari ketahui apa saja manfaat kurma untuk ibu hamil.

Studi yang diungkapkan oleh Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, kurma aman dan bermanfaat bagi ibu dan bayinya.

Namun, sebaiknya mengonsumsi kurma dalam jumlah yang sedang dan tidak berlebihan. Lebih jelasnya tentang manfaat kurma untuk ibu hamil, ini ulasannya.

Selain terkenal membantu proses persalinan, ada beberapa manfaat kurma untuk ibu hamil yang bisa didapatkan, yaitu:

4. Memberikan Energi pada Bumil

Manfaat kurma untuk ibu hamil yang pertama adalah bertambahnya energi pada tubuh.

Selama Moms hamil, tentunya membutuhkan lebih banyak energi dari biasanya. Nah, mengonsumsi beberapa kurma setiap hari punya manfaat dalam memasok gula yang dibutuhkan, bersama dengan nutrisi lainnya.

5. Mencegah Cacat Lahir

Manfaat kurma untuk ibu hamil yakni bisa menjadi sumber folat yang baik untuk ibu hamil. Dilansir dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), asam folat dapat mencegah cacat bawaan yang terkait dengan otak dan sumsum tulang belakang.

WHO merekomendasikan suplemen folat dan asupan makanan kaya folat sebelum dan selama kehamilan, untuk mencegah cacat bawaan lahir.

Selain itu, manfaat kurma untuk ibu hamil muda juga bisa dirasakan.

6. Mengatur Tekanan Darah Bumil

Selama masa kehamilan, ada baiknya Moms untuk memerhatikan tekanan darah. Mengonsumsi kurma dapat memberikan manfaat untuk ibu hamil tua dengan mengatur tekanan darah saat hamil.

Manfaat buah kurma mengandung kalium yang mampu menjaga keseimbangan air dan garam, mengatur tekanan darah, dan menghindari kram otot saat hamil.

Hal ini karena bila kekurangan kalium, maka dapat meningkatkan risiko tekanan darah, penyakit kardiovaskular, dan stroke.

7. Pembentukan Tulang dan Gigi Bayi

Kurma mengandung magnesium, yang merupakan mineral penting dalam pembentukan janin di kandungan. Melansir Advanced Biomedical Research, magnesium juga berperan penting dalam membantu pembentukan gigi dan tulang pada bayi.

Tidak hanya itu, kandungan magnesium juga dapat mengatur kadar gula darah dan tekanan darah.

Manfaat kurma untuk ibu hamil muda juga membantu mencegah defisiensi magnesium kehamilan, yang dapat meningkatkan risiko kronis kronis, preeklamsia, disfungsi plasenta, dan persalinan prematur.

Baca Juga: 4 Manfaat Beras Merah untuk Diabetes, Sehat Banget!

8. Buah yang Kaya Serat

Buah kurma menjadi salah satu buah yang mengandung serat tinggi.

Untuk itu, manfaat kurma untuk ibu hamil yang selanjutnya untuk ibu hamil yaitu mampu menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan mencegah terjadinya sembelit.

Namun, tetap perhatikan porsi yang dimakan karena terlalu banyak serat juga berpotensi sebabkan diare.

9. Mengurangi Sembelit

Masalah umum yang bisa dialami selama hamil terkait dengan pencernaannya. Makanan yang dikonsumsi bisa menjadi salah satu aspek yang memengaruhi daya pencernaan.

Bila makanan yang dikonsumsi tersebut memiliki kandungan serat yang sedikit, ini bisa membuat pencernaan bekerja lebih berat. Salah satu manfaat kurma untuk ibu hamil adalah kandungan seratnya yang tinggi.

Karena kurma merupakan sumber serat yang kaya, manfaat kurma untuk ibu hamil yakni juga untuk pencernaan.

Berperan dalam menjaga sistem pencernaan kita tetap sehat dan membantu meredakan sembelit terkait kehamilan. Mereka membuat perut kenyang, mengurangi kadar kolesterol, dan membantu menjaga berat badan yang sehat.

Jika Moms secara rutin mengonsumsi buah kurma, kandungan serat yang terdapat di dalam buah kurma bisa membantu proses pencernaan menjadi lebih lancar.

10. Memberikan Vitamin K untuk Bayi

Manfaat kurma untuk ibu hamil ini mungkin tak pernah terpikirkan oleh Moms.

Bayi biasanya lahir dengan kadar vitamin K rendah, jenis vitamin yang membantu pembekuan dan perkembangan tulang Si Kecil. Jika ibu mengkonsumsi kurma selama dan setelah kehamilan, bayi dapat memperoleh sejumlah vitamin ini melalui ASI.

Baca Juga: 15 Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil, Bisa Mencegah Kanker!

11. Mengandung Zat Besi

Manfaat kurma untuk ibu hamil muda yakni dirasakan bagi yang memiliki tekanan darah rendah.

Kurma mengandung sejumlah zat besi dan dapat membantu mencegah anemia selama kehamilan. Zat besi menjaga hemoglobin dalam tubuh dan memperkuat kekebalan tubuh Moms dan janin di dalam kandungan.

12. Menjaga Keseimbangan Garam Air

Tahukah Moms bahwa manfaat kurma untuk ibu hamil lainnya untuk menjaga kadar garam dalam tubuh, lho.

Menurut WHO, kurma mengandung banyak kalium, yang menjaga keseimbangan garam air, mengatur tekanan darah, dan menghindari kram otot. Kekurangan mineral ini bisa meningkatkan risiko tekanan darah, penyakit kardiovaskular, dan stroke.

13. Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat kurma untuk ibu hamil juga dirasakan bagi yang memiliki kadar gula tinggi.

Sebuah penelitian dalam Nutrition Journal, menunjukkan bahwa bagi penderita diabetes yang mengonsumsi kurma, kadar glukosa postprandial mereka tidak meroket.

Gargi Sharma, Ahli Gizi Rumah Sakit Bhatia, Mumbai, menjelaskan bahwa GI atau Glycemic Index adalah peringkat relatif karbohidrat dalam makanan, sesuai dengan bagaimana mereka mempengaruhi kadar glukosa darah.

Semakin tinggi GI makanan, semakin tinggi pula risiko kadar gula meningkat dalam aliran darah. Inilah mengapa pasien diabetes sebaiknya mengonsumsi makanan dengan tingkat GI lebih rendah.

Manfaat buah kurma memiliki GI yang rendah, sehingga bisa dikonsumsi pengidap diabetes. Manfaat kurma untuk pasien diabetes bisa dirasakan ketika makan berbagai jenis kurma atau mencampurnya dengan yogurt biasa.

"Dalam studi lain mengatakan bahwa pasien diabetes dapat mengonsumsi 8 hingga 10 kurma dalam sehari. Setara dengan 7-10 kurma yang digunakan dalam penelitian lain,” kata Gargi mengutip Hindustan Times.

14. Sumber Nutrisi dan Vitamin yang Lengkap

Manfaat kurma untuk ibu hamil 6 bulan ke atas yakni sebagai sumber nutrisi yang sangat baik.

Kurma sangat rendah lemak, tidak memiliki kolesterol, dan mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin B-kompleks, vitamin A, zat besi, kalsium, tembaga, natrium, kalium, magnesium, mangan, dan selenium.

Karena kandungan nutrisi ini, buah manis tersebut dikatakan berpotensi menjadi salah satu makanan terbaik untuk masa depan. Jadi jangan ragu untuk makan kurma saat hamil ya Moms.

15. Mencegah Terjadinya Diabetes Sejak Dini

Manfaat kurma untuk ibu hamil juga dirasakan oleh anak ketika ia lahir nanti.

Bagi Moms yang membiasakan mengonsumsi berbagai camilan manis, sebaiknya mulai dikurangi ya, Moms. Karena camilan manis berbahaya bagi ibu dan janin dalam jangka panjang.

Si Kecil bisa menjadi lebih rentan terserang penyakit diabetes, yang tentunya akan sangat mengganggu bagi masa depan mereka. Nah, salah satu pengganti camilan manis yang bisa Moms suguhkan ialah buah kurma.

Kandungan flavonoid dalam buah kurma bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, kandungan gula dalam kurma juga diproses lebih lama oleh tubuh, sehingga aman dikonsumsi selama kehamilan.

16. Menjaga Kesehatan dan Pertumbuhan Tulang

Di masa tumbuh kembangnya, tentunya penting untuk menjaga proses kesehatan dan pertumbuhan tulang yang tidak bisa dianggap remeh. Ini manfaat kurma untuk ibu hamil yang lain yang bisa didapatkan untuk Si Kecil.

Untuk membantu kesehatan tulang janin, coba merasakan manfaat kurma dengan mengonsumsinya secara rutin.

Mengutip Nakhil Dates, buah kurma mengandung magnesium, mangan, dan selenium. Nutrisi ini penting untuk meningkatkan kekuatan tulang dan pemurnian darah.

Selain itu, terdapat juga sekitar 140 miligram kandungan potasium di dalam kurma yang bisa meningkatkan kepadatan tulang dengan mengurangi jumlah kalsium yang dibuang oleh ginjal.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Timun? Temukan Jawabannya di Sini!

17. Melancarkan Persalinan

Manfaat kurma untuk ibu hamil 7 bulan ke atas juga cukup banyak, yakni melancarkan persalinan.

Sebuah studi penelitian, wanita yang makan enam kurma per hari dalam sebulan menjelang persalinan memiliki peluang lebih tinggi untuk melahirkan normal, dan memiliki pelebaran serviks yang lebih tinggi.

Selain itu, dengan kandungan kalsium yang tinggi, kurma bisa menjadi stimulus agar tulang janin menjadi lebih padat, kuat, dan tidak mudah keropos.

18. Memicu Kontraksi

Pada Journal of Obstetrics and Gynecology, menemukan 77 wanita makan tujuh potong kurma mulai minggu ke-37 kehamilan mereka.

Para peneliti menemukan bahwa wanita ini mengalami peningkatan hormon oksitoksin, untuk meningkatkan kontraksi menjelang persalinan.

Meski tidak terlalu signifikan dan dibutuhkan penelitian lebih lanjut, manfaat kurma untuk ibu hamil ini bisa Moms rasakan.

Kurma bisa dimakan dalam semua tahap kehamilan. Moms hanya perlu berhati-hati tentang jumlah kurma yang akan Moms makan.

  • Pada trimester pertama, sembelit adalah masalah umum pada ibu hamil, dan kurma membantu mencegahnya. Namun, sebaiknya makan dalam jumlah sedang pada awal kehamilan, terutama jika Moms memiliki masalah gula darah atau strep grup B.
  • Pada trimester kedua, kita berisiko tinggi terkena diabetes gestasional. Moms perlu mendapatkan saran dokter saat berencana memasukkannya ke dalam makanan sehari-hari kita.
  • Pada trimester ketiga, makan kurma bisa membuat persalinan kita juah lebih cepat dan mudah. Ibu hamil dapat makan enam buah kurma sehari mulai dari minggu ke 36, yaitu empat minggu sebelum perkiraan tanggal jatuh tempo.

Beberapa ibu hamil menghindari konsumsi kurma selama musim panas karena diyakini dapat menghasilkan panas dan sakit perut atau suhu tubuh. Tapi ini belum terbukti secara ilmiah.

Kurma tidak memiliki efek samping jika dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Namun, jika Moms memakannya secara berlebihan, ini dapat menyebabkan berat badan kehamilan yang berlebihan, meningkatnya gula darah, risiko mengembangkan diabetes gestasional, dan kerusakan gigi jika kebersihan mulut yang buruk.

Baca juga: 10 Manfaat Buah Srikaya, Luar Biasa!

Itu dia Moms, 18 manfaat kurma untuk ibu hamil dan Si Kecil. Wah, ternyata ada banyak sekali, ya!

Namun, selalu ingat agar tidak mengonsumsi kurma secara berlebihan, ya! Mengingat kandungan gula yang cukup tinggi.

  • https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-dates
  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/341482/nutrients
  • https://nutritionj.biomedcentral.com/articles/10.1186/1475-2891-10-59
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15670984/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5637148/
  • https://www.who.int/elena/titles/folate_periconceptional/en/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5590399/
  • https://www.who.int/elena/titles/guidance_summaries/potassium_intake/en/
  • https://nutritionj.biomedcentral.com/articles/10.1186/1475-2891-10-59
  • http://nakhildates.com/dates-for-kids/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait