Kesehatan Umum

15 Agustus 2021

7 Manfaat Teh Tawar, Bisa Bantu Melunturkan Lemak Lho!

Manfaat teh tawar ternyata bukan kesekedar kesehatan semata tapi juga untuk penurunan berat badan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Karla Farhana

Apakah Moms atau Dads meminum teh dengan tambahan gula? Untuk sebagian besar orang, jawabannya adalah iya. Apakah itu membuat teh sendiri dengan memasukkan gula pasir ke dalam cangkir atau menyeruput es teh yang sudah disiapkan dari botol. Padahal ada banyak manfaat teh tawar dibanding teh yang disajikan dengan pemanis.

Namun dalam skala sejarah teh yang lebih luas, zat aditif seperti gula (dan susu) merupakan perkembangan terkini. Faktanya, teh tradisional mewakili upaya ribuan tahun, semuanya dikhususkan untuk menanam daun yang rasanya enak sendiri.

Seiring waktu, petani dan perajin teh telah mengubah teh dari ramuan obat yang tidak menyenangkan menjadi minuman sehari-hari yang populer, yang dicintai di seluruh dunia.

Karena itu, tentu dapat dipahami keinginan untuk menambahkan 1-2 sendok teh gula ke dalam campuran sarapan Moms maupun Dads.

Tidak semua teh bisa memenuhi cita rasa tinggi para perajin teh tradisional, dan selera modern dilatih untuk mengharapkan rasa manis. Meski demikian, tak ada salahnya mencoba teh tawar.

Manfaat Teh Tawar

Teh tanpa gula alias teh tawar tentu banyak disajikan dalam menu makanan bahkan beberapa rumah makan memberikannya secara Cuma-cuma. Padahal, ada banyak manfaat teh tawar hangat, seperti:

1. Mengandung Antioksidan

manfaat teh tawar

Foto: Orami Photo Stock

Antioksidan dikenal memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Mengonsumsi teh tawar dapt membantu menghilangkan radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel dalam tubuh.

Antioxidant effects of tea: evidence from human clinical trials menjelaskan antioksidan dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis.

Teh sendiri mengandung polifenol yaitu sejenis antioksidan yang hanya ditemukan dalam makanan dan minuman tertentu. Kelompok polifenol, termasuk katekin, theaflavin dan thearubigins, merupakan sumber utama antioksidan dalam teh dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan .

Faktanya, satu penelitian pada tikus meneliti peran theaflavin dalam teh hitam dan risiko diabetes, obesitas, dan peningkatan kolesterol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa theaflavin menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Namun, hal ini akan berbanding terbalik jika mengonsumsi teh tawar dengan tambahan gula.

Baca Juga: 4 Tips Menyimpan Teh Yang Tepat

2. Manfaat Teh Tawar: Blokir Lemak

Tak hanya itu polifenol ternyata dapat memblokir lemak agar tidak diserap di usus. Sehingga, menjadikan manfaat teh tawar untuk diet. Karena tidak memakai gula tentu the akan memiliki rasa yang kuat dan tidak semua orang sukai.

Walaupun begitu, manfaat teh tawar untuk diet akan sebanding dengan pencapaian tujuan penurunan berat badan. Hanya saja, jangan berharap keajaiban datang dalam cangkir teh semata.

Penurunan berat badan yang nyata membutuhkan pendekatan gaya hidup menyeluruh yang mencakup perubahan pola makan dan aktivitas seperti olahraga.

3. Manfaat Teh Tawar: Bagus untuk Kesehatan Jantung

manfaat teh tawar

Foto: Orami Photo Stock

Teh mengandung kelompok antioksidan lain yang disebut flavonoid, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain teh, flavonoid dapat ditemukan dalam sayuran, buah-buahan, anggur merah, dan cokelat hitam.

The American Journal of Medicine mengungkap mengonsumsi teh tawar secara teratur dapat membantu mengurangi banyak risiko penyakit jantung termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, peningkatan kadar trigliserida, dan obesitas.

Satu studi terkontrol secara acak menemukan bahwa minum teh hitam selama 12 minggu secara signifikan menurunkan nilai trigliserida sebesar 36%, menurunkan kadar gula darah sebesar 18% dan menurunkan rasio plasma LDL/HDL sebesar 17%.

Tak ayal manfaat teh tawar hangat dalam rutinitas sehari-hari merupakan cara termudah memasukkan antioksidan ke dalam makanan Moms atau Dads serta berpotensi mengurangi risiko komplikasi kesehatan di masa depan.

Baca Juga: Ingin Lebih Sehat? Yuk Coba Konsumsi 5 Jenis Teh Herbal Ini!

4. Manfaat Teh Tawar: Dapat Membantu Mengurangi Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi memengaruhi sekitar 1 miliar orang di seluruh dunia. Hal ini dapat meningkatkan risiko gagal jantung dan ginjal, stroke, kehilangan penghlihatan dan serangan jantung. Perubahan pola makan serta gaya hidup dapat menurunkan tekanan darah Moms dan Dads.

Sebuah studi acak terkontrol melihat peran teh dalam menurunkan tekanan darah. Peserta minum tiga cangkir teh hitam setiap hari selama enam bulan. Hasil penelitian Effects of Black Tea on Blood Pressure: A Randomized Controlled Trial menemukan bahwa mereka yang minum teh mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik yang signifikan, dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Namun, penelitian tentang efek teh pada tekanan darah beragam.

Minum teh setiap hari, serta menggabungkan modifikasi gaya hidup lainnya seperti strategi manajemen stres, dapat bermanfaat bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

5. Manfaat Teh Tawar: Turunkan Berat Badan

manfaat teh tawar

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat teh tawar untuk perut utamanya the hijau yaitu menurunkan berat badan. Lantaran, teh hijau memiliki jenis katekin yang paling kuat, yang disebut EGCG.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ekstrak teh hijau kaya EGCG atau meminum teh hijau yang diperkaya katekin mengalami penurunan berat badan yang cukup (sekitar 3 pon selama 3 bulan).

Untuk mendapatkan jumlah EGCG yang sama dengan yang digunakan dalam penelitian, Anda perlu minum sekitar 6-7 cangkir teh hijau khas setiap hari. Teh hijau ekstra bisa berisiko.

Meskipun jarang, ekstrak teh dosis tinggi yang ditemukan di beberapa suplemen penurun berat badan telah dikaitkan dengan kerusakan hati yang serius.

6. Manfaat Teh Tawar: Kurang Risiko Kanker

Ada lebih dari 100 jenis kanker yang berbeda, dan beberapa tidak dapat dicegah. Meski demikian, polifenol yang ditemukan dalam teh tawar dapat membantu mencegah kelangsungan hidup sel kanker.

Satu studi tabung reaksi dari Mechanisms of cancer prevention by green and black tea polyphenols menganalisis efek polifenol dalam teh pada sel kanker. Ini menunjukkan bahwa teh hitam dan hijau dapat berperan dalam mengatur pertumbuhan sel kanker dan mengurangi perkembangan sel baru.

Studi lain menganalisis efek polifenol dalam teh hitam pada kanker payudara. Itu menunjukkan bahwa teh hitam dapat membantu mengatasi penyebaran tumor payudara yang bergantung pada hormon.

Meskipun teh hitam tidak boleh dianggap sebagai pengobatan alternatif untuk kanker, beberapa penelitian telah menunjukkan potensi teh hitam untuk membantu mengurangi kelangsungan hidup sel kanker. Penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk lebih jelas menentukan hubungan antara teh hitam dan sel kanker.

7. Manfaat Teh Tawar: Dapat Meningkatkan Fokus

manfaat teh tawar

Foto: Orami Photo Stock

Teh mengandung kafein dan asam amino yang disebut L-theanine, yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus. L-theanine meningkatkan aktivitas alfa di otak, menghasilkan relaksasi dan fokus yang lebih baik.

Studi telah menemukan bahwa minuman yang mengandung L-theanine dan kafein memiliki dampak terbesar pada fokus karena efek L-theanine pada otak.

Ini mungkin mengapa banyak orang melaporkan energi yang lebih stabil setelah minum teh, dibandingkan dengan minuman berkafein lain seperti kopi

Baca Juga: Apa Manfaat Teh bagi Ibu Hamil?

Setelah mengetahui berbagai manfaat teh tawar, tentu tak ada salahnya menghilangkan gula di dalamnya karena dapat juga menghilangkan rasa asli teh tersebut.

Berbagai macam rasa di dunia teh dapat ditelusuri kembali ke perbedaan halus dalam kondisi pertumbuhan, varietas tanaman teh, tanggal panen, dan gaya kerajinan yang semuanya digabungkan untuk menciptakan lapisan rasa yang tak ada habisnya dalam teh jadi, dan semuanya. yang bisa hilang sama sekali di bawah sebungkus gula.

Jadi, apakah Moms dan Dads minum teh dengan atau tanpa gula?

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17017850/

https://jamanetwork.com/journals/jamainternalmedicine/fullarticle/1108657

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/14519827/

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait