10 Mei 2024

15 Menu Sarapan Praktis, Cocok Bagi Moms yang Terburu-buru

Tidak butuh waktu lama untuk menyiapkannya

Sebelum beraktivitas sehari-hari, Moms disarankan untuk sarapan. Namun, dengan keterbatasan waktu yang ada pasti Moms akan memilih menu sarapan praktis untuk dihidangkan.

Ini karena sarapan di pagi hari dapat memberikan energi yang kita butuhkan untuk beraktivitas dan meningkatkan fokus.

Selain itu, sarapan juga akan menentukan kondisi tubuh kita selama seharian beraktivitas, lho Moms!

Menurut sebuah penelitian John Hopkins, sarapan di pagi hari juga memiliki dapat membuat tubub menjadi lebih sehat, seperti:

  • Jantung yang lebih sehat
  • Pencernaan yang lebih baik
  • Tulang lebih kuat
  • Peningkatan metabolisme

Tetapi meskipun terdapat banyak manfaat sarapan untuk tubuh, nyatanya masih banyak orang yang melewatkan sarapan. Mungkin Moms salah satunya.

Terlalu padatnya aktivitas di pagi hari kerap jadi alasan kita melewatkan sarapan.

Padahal, banyak lho Moms menu-menu sarapan praktis yang bisa disiapkan dalam waktu singkat. Bahan-bahannya pun tidak sulit didapatkan.

Apa saja sih menu sarapan yang bisa disiapkan dalam waktu singkat? Intip daftar ini yuks Moms!

Baca Juga : Jangan Kesiangan, Ini Waktu Sarapan yang Baik dan Tepat!

Daftar Menu Sarapan Praktis yang Bisa Moms Buat

Seperti yang telah disinggung sebelumnya sarapan memiliki ragama manfaat baik yang dapat dirasakan oleh tubuh manusia.

Maka dari itu, sangatlah penting untuk tidak melewatkan sapran di pagi hari, ya Moms.

Namun, biasanya dengan keterbatasan waktu di pagi hari membuat Mom kesulitan untuk memilih menu makanan yang tepat.

Tak perlu repot-repot, Moms bisa mendapatkan sejumlah nutrisi melalui beberapa menu sarapan praktis di bawah ini.

Baca Juga: 6 Resep Menu Sarapan Pagi Anak yang Sehat, Bergizi dan Tidak Membosankan

1. Aneka Olahan Telur

Telur, Menu Sarapan Praktis
Foto: Telur, Menu Sarapan Praktis (pexels)

Telur bisa dibilang juaranya menu sarapan. Moms dapat membuat aneka olahan telur untuk sarapan dengan waktu yang singkat.

Bisa telur rebus setengah matang dengan garam dan merica, telur dadar, telur mata sapi, omelet dengan berbagai isian, atau telur orak-arik.

Selain itu, telur juga merupakan salah satu bahan makanan yang mudah untuk Moms jumpai.

Kabar baiknya lagi ternyata telur juga memiliki protein lengkap untuk membantu mengembangkan otot.

Beberapa protein yang terkandung pada telur seperti, vitamin D, B6, dan B12 dan mineral seperti seng dan tembaga.

Maka, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi telur sebagai menu praktis sarapan, lho Moms!

Salah satu olahan telur yang mungkin bisa Moms coba sebagai menu sarapan adalah omelet wortel.

Bahan-bahan: Telur, susu UHT, keju, wortel parut.

Cara membuat: Kocok semua bahan, tambahkan garam dan merica secukupnya. Goreng hingga kuning keemasan.

2. Nasi goreng

Nasi Goreng, Menu Sarapan Praktis (Orami Photo Stock)
Foto: Nasi Goreng, Menu Sarapan Praktis (Orami Photo Stock)

Tak sedikit yang mengatakan jika orang Indonesia kalau belum bertemu nasi artinya belum makan. Nah, nasi goreng bisa menjadi salah satu menu andalan untuk sarapan.

Moms hanya perlu menyiapkan beberapa bumbu yang sudah dihaluskan atau dipotong lalu dicampurkan dengan nasi dan topping lainnya seperti bakso atau sosis.

Tambahkan nasi dan kecap, lalu jangan lupa dengan telur. Voila! Sarapan praktis dan mengenyangkan siap disantap.

Baca Juga : Icip-Icip 7 Jenis Sandwich dari Berbagai Negara Yuk Moms!

3. Sandwich

Sandwich Telur, Menu Sarapan Praktis
Foto: Sandwich Telur, Menu Sarapan Praktis (Instagram.com/kewpieusa)

Buat Moms yang lebih menyukai roti untuk sarapan, sandwich bisa jadi alternatif.

Cara membuatnya yang tak memakan banyak waktu membuat menu sarapan praktis ini banyak digemari.

Moms dapat mengisi roti dengan telur, smoked beef atau tuna kalengan, keju slice, selada, dan potongan tomat.

Tambahkan sedikit mayones untuk menambah cita rasa. Cepat dan mudah kan Moms?

4. Pancake

Pancake, Menu Sarapan Praktis (Orami Photo Stock)
Foto: Pancake, Menu Sarapan Praktis (Orami Photo Stock)

Bagi Moms yang suka santapan manis untuk sarapan, mungkin Moms dapat membuat pancake di pagi hari.

Menu yang bercita rasa manis ini mudah sekali dibuat dan tak memakan banyak waktu di pagi hari, lho Moms.

Bahkan kini telah tersedia tepung instan pancake yang hanya Moms perlu tambahkan air putih saja.

Namun, jika ingin membuat adonan pancake sendiri, bisa banget, lho Moms.

Moms hanya membutuhkan tepung terigu, telur, susu cair, dan baking powder. Sebagai topping, Moms bisa pilih madu atau maple sirup.

Baca Juga: Brunch, Jam Makan Santai antara Sarapan dan Makan Siang

5. Sereal

Sereal, Menu Sarapan Praktis (Orami Photo Stock)
Foto: Sereal, Menu Sarapan Praktis (Orami Photo Stock)

Sereal dingin adalah menu sarapan praktis yang mudah dan kerap dikonsumsi oleh banyak orang di pagi hari.

Faktanya tak hanya mudah ternyata sereal juga terbuat dari biji-bijian olahan dan sering diperkaya dengan vitamin dan mineral.

Biasanya sereal disajikan dengan susu, yogurt atau buah.

Bahan-bahan: Sereal, susu UHT, buah potong.

Cara membuat: Taruh sereal dalam mangkuk, tambahkan susu UHT. Moms juga bisa tambahkan potongan-potongan buah seperti apel atau strawberry.

6. Smoothies atau Jus Buah

Jus Buah, Menu Sarapan Praktis
Foto: Jus Buah, Menu Sarapan Praktis (Orami Photo Stock)

Untuk sarapan yang lebih sehat, smoothies dan jus buah bisa Moms pilih. Agar lebih sehat, Moms bisa mengganti gula dengan madu.

Dengan warna-warni buah yang cantik, Si Kecil juga pasti semangat untuk sarapan.

Ada sejumlah manfaat dari mengkonsumsi smoothie, seperti:

  • Meningkatkan asupan serat
  • Meningkatkan kadar vitamin C
  • Dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi

Bahan-bahan: Buah potong, susu UHT, yogurt, madu, es batu

Cara membuat: Campur semua bahan di dalam blender. Sajikan.

Baca Juga: Coba Buat 5 Resep Smoothies ini untuk Si Kecil yang Tidak Suka Sayur

7. Roti Bakar

Roti Bakar, Menu Sarapan Praktis (Orami Photo Stock)
Foto: Roti Bakar, Menu Sarapan Praktis (Orami Photo Stock)

Manfaatkan toaster yang ada di rumah. Sediakan juga berbagai selai untuk dinikmati dengan roti bakar. Simple dan cukup mengenyangkan.

Roti bakar menjadi menu sarapan praktid yang bisa Moms buat untuk sehari-hari.

Agar tak terlihat monotn Moms hanya perlu mengganti topping yang berbeda-beda.

Bahan-bahan: Roti tawar, margarin, aneka selai.

Cara membuat: Oleskan margarin pada roti, bakar sebentar. Sajikan dengan aneka selai. Makin lezat jika disantap bersama secangkir teh atau susu hangat.

Oatmeal adalah makanan sarapan populer yang terdiri dari gandum dan cairan, seperti air, susu sapi,...

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb