Pasca Melahirkan

16 Juli 2020

Pori-pori Tersumbat saat Menyusui, Bagaimana Mengatasinya?

Moms bisa mengatasinya dengan membasuh menggunakan kain
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ketika menyusui Si Kecil, bintik-bintik putih mungkin sering muncul akibat pori-pori yang tersumbat, atau sebagai reaksi normal terhadap perubahan kadar hormon dalam tubuh Moms.

Penelitian dalam Journal of Obstetric, Gynecologic & Neonatal Nursing terhadap 117 wanita menyusui, menemukan bahwa sebanyak 4,5 persen salurannya tersumbat di beberapa titik selama tahun pertama menyusui.

Baca Juga: Penanganan Mastitis, Payudara Bengkak pada Ibu Menyusui

Saluran yang tetap tersumbat ini lama kelamaan dapat menyebabkan mastitis, infeksi yang menyakitkan di payudara.

Meskipun saluran susu yang tersumbat bisa terasa sakit, namun dapat diobati dengan obat rumahan kok. Nah, apa saja tanda jika pori-pori payudara tersumbat? Yuk kita simak.

Tanda Pori-pori Tersumbat saat Menyusui

tanda pori-pori payudara tersumbat

Foto: Orami Photo Stock

Ada beberapa gejala yang bisa Moms ketahui jika payudara mengalami pori-pori tersumbat. Kulit di atas area tersebut akan terasa lembut dan berwarna merah.

Moms mungkin akan melihat lepuh putih kecil berukuran sekitar 1 mm, di ujung puting. Ini disebut bleb, dan mungkin disebabkan oleh kumpulan lemak dari susu.

“Pori-pori akan tertutup bintik-bintik putih, dapat berupa sisa ASI atau sisa keringat,” jelas dr. Nia Wulan Sari, Konselor Laktasi RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

Moms dapat menghilangkan blebs dengan cara menggosoknya secara lembut menggunakan kain yang bersih, hangat, dan agak basah setelah mandi.

Baca Juga: Tanda Kehamilan Bisa Dideteksi Lewat Payudara?

Moms juga bisa melepaskannya perlahan dengan tangan, namun pastikan kuku kita bersih terlebih dahulu ya. Bayi Moms bahkan bisa menghilangkannya juga saat menyusui.

Selain itu tanda lainnya menurut dr. Nia, saat payudara diperah, aliran ASI nya tidak akan lancar, ASI pun hanya akan menetes atau tidak memancar keluar.

Cara Mengatasi Pori-pori Tersumbat saat Menyusui

tanda pori-pori payudara tersumbat

Foto: Orami Photo Stock

Memiliki pori-pori payudara yang tersumbat memang rasanya tidak akan nyaman. Moms pasti ingin menghilangkannya sesegera mungkin.

“Kita perlu membersihkan area puting dan areola dengan kapas yang dibasuh dengan air hangat, jika perlu digosok pelan area puting yang tertutup kotoran,” saran dr. Nia.

Moms disarankan untuk memersihkan area tersebut terutama sebelum dan sesudah menyusui Si Kecil ya.

Moms juga bisa mencoba cara menyusui Si Kecil dengan menjuntai. Moms bisa melakukannya dengan posisi sambil membungkuk di atas bayi, sehingga gravitasi membantu menghilangkan sumbatan ASI pada payudara.

Baca Juga: Selain Katuk, Ketahui 5 Makanan Pelancar ASI Ini

Apa pun posisi menyusui yang Moms gunakan, pastikan bayi mendapat asupan ASI banyak setiap menyusui, sehingga anak mendapatkan kebutuhan ASI-nya.

Jika Moms ingin Si Kecil bisa menyusui dengan benar, Moms bisa meminta bantuan dari spesialis menyusui. Moms bisa berkunjung ke bidan tau dokter laktasi.

.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait