Program Hamil

31 Mei 2021

7 RSIA Bandung dan Klinik yang Paling Diminati para Moms

Mulai dari RS Hermina Pasteur hingga RS Bersalin Buah Hati
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Anggia Hapsari
Disunting oleh Adeline Wahyu

Daftar isi artikel

Biasanya, jumlah Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) memang tidak sebanyak Rumah Sakit Umum. Apalagi jika Moms sedang mencari RSIA Bandung yang nyaman.

Meski demikian, RSIA biasanya lebih banyak diminati Moms yang sedang hamil dan Moms yang memiliki anak berusia di bawah 10 tahun.

Hal ini karena RSIA biasanya tidak “bercampur” dengan orang dewasa lain atau orang lain dengan riwayat penyakit tertentu. Sehingga, jika ingin memeriksakan kandungan, melahirkan, atau mengunjungi dokter anak, Moms dan Dads akan merasa lebih tenang.

Selain itu, menurut pregnancybirthbaby.org.au, melahirkan di RSIA akan membuat Moms lebih nyaman karena akan terasa lebih “dekat” dengan bidan atau sosok lain yang akan membantu proses melahirkan. Sehingga Moms akan menjadi lebih relaks.

Saat memilih RSIA Bandung yang tepat, pastikan RSIA tersebut memiliki fasilitas lengkap untuk bersalin. Sebut saja mulai dari USG 3D, USG 4D, konselor laktasi, Neonatal Intensive Care Unit (NICU), hingga Pediatric Intensice Care Unit (PICU).

Daftar RSIA Bandung

Jika Moms dan Dads berdomisili di Bandung, Jawa Barat, tentunya saat ini sudah mulai mencari informasi tentang lokasi RSIA Bandung.

Di Bandung terdapat beberapa rumah sakit bersalin maupun rumah sakit ibu dan anak yang akan memberikan pelayanan terbaik.

RSIA Bandung itu tersedia dalam bentuk rumah sakit swasta maupun pemerintah. Simak RSIA Bandung berikut:

1. Klinik Bersalin Bumi Ambu

Bumi ambu

Foto: bumiambu

Kabarnya, tidak sembarangan orang yang bisa melahirkan di sini. Mereka yang bisa melahirkan di sini adalah para Moms yang bisa menyelesaikan "Pekerjaan Rumah" dari para bidan.

Pekerjaan Rumah tersebut adalah ikhtiar untuk melakukan proses melahirkan secara gentle birth. Selain layanan gentle birth, untuk Moms yang ingin melakukan proses delayed crop clamping (penundaan pemotongan tali pusat) bisa melakukannya di sini.

Tali pusat bayi yang baru lahir akan dibiarkan dan dirawat dengan sepenuh hati, hingga tali pusat tersebut "putus" dan berhenti berdenyut.

Yang menarik, jika Moms ingin melahirkan di sini, Bumi Ambu menyediakan kamar-kamar sendiri yang homey dan mengedepankan suasana melahirkan di rumah. Sangat homey namun tetap memberi kesan tenang di hati.

Alamat: Jl Permata Inten I No 30, Cisaranten Kulon, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung 40293

Telepon: 082126122500

Baca juga: 12 Penyebab Bayi Muntah, Cari Tahu Moms!

2. RS Hermina Pasteur

RS Hermina Pasteur

Foto: halodoc.com

RSIA Bandung yaitu Rumah Sakit Hermina Pasteur mulai berdiri dan beroperasi pada tahun 2004. Rumah sakit ini memiliki beberapa fasilitas untuk menunjang kebutuhan ibu dan anak, seperti klinik fetomaternal dan klinik perina.

Selain itu, di sini juga tersedia PICU (Pediatric Intensive Care Unit) dan ICU/NICU (Intensive Care Unit/Neonatal Intensive Care Unit).

Yang unik, RS Hermina Pasteur juga memiliki terapi bobath. Apakah itu? Terapi ini merupakan konsep penanganan pasien dengan disfungsi motorik, sensorik, persepsi, dan kognitif karena kelainan sistem saraf.

Alamat: Jalan Dr. Djunjunan No. 107, Pasteur, Kota Bandung

Telepon: (022) 607 2525, 1500 488

3. RSIA Graha Bunda

rsia grha bunda

Foto: rsia-grhabunda.com

RSIA Bandung bertajuk RSIA Graha Bunda ini terletak di pusat perumahan terbesar di Bandung, yakni Antapani dan Arcamanik, serta berseberangan dengan Mall Lucky Square. Sangat strategis.

Salah satu fasilitas yang dimiliki oleh rumah sakit ini yakni USG 4D. Pelayanan USG 4D di RSIA Grha Bunda pun akan ditangani oleh dokter yang. Ada pula layanan senam hamil untuk Moms yang membutuhkannya.

Ada banyak dokter kandungan unggulan yang berpraktik di RSIA Grha Bunda di antaranya dr Anita Deborah, SpOG(K), dr Hartanto Bayuaji, SpOG, dan dr Hanom Husni Syam, SpOG(K).

Alamat: Jalan Terusan Jalan Jakarta No 15-17, Bandung

Telepon: (022) 8725 6789

4. RSKIA Harapan Bunda

Harapan Bunda Bandung

Foto: harapanbunda.com

Moms yang berdomisili di Bandung dan sedang mencari RSIA Bandung dapat menambatkan hati ke RS KIA Harapan Bunda.

Rumah sakit ini memiliki berbagai pelayanan dan fasilitas lengkap untuk Moms yang sedang hamil seperti senam hamil, prenatal yoga, baby growth massage, USG 3D dan 4D.

Rumah sakit ini pro partus normal dan menyediakan fasilitas ILA atau Intrathecal Labor Analgesia. ILA merupakan salah satu metode induksi persalinan dengan cara menyuntikkan obat bius ke pasien saat persalinan dengan pembukaan 4 atau lebih.

Beberapa dokter kandungan yang praktik di RSKIA Harapan Bunda yakni dr Mulyanusa A.R, SpOG(K)MKes, dr Arief Tribawono, SpOG, dan dr Rima Yulia, SpOG(K)MKes.

Alamat: Jalan Pluto Raya Blok C, Margahayu Raya, Bandung

Telepon: (022) 750 6490

5. Bumi Sehat Bahagia Bidan Farida

Rumah sakit bersalin

Foto: bumisehatbidanfarida.business.site

Meski bukan menjadi RSIA Bandung, tapi Rumah bersalin milik Bidan Farida ini juga menjadi salah satu favorit Moms.

Bidan Fahira dan para bidan lainnya di sini mendukung proses melahirkan dengan gentle birth. Tak hanya itu saja, Moms juga bisa melakukan water birth di sini.

Agar Moms yang akan melahirkan merasa lebih nyaman di klinik bersalin, Moms bisa memilih berbagai pilihan kamar homey dengan kelas VIP, kelas 1, dan kelas 2.

Di Bumi Sehat Bahagia Bidan Farida, Moms juga bisa mendapatkan fasilitas lain seperti foto bayi, luluran setelah melahirkan, USG 4D, baby spa, hingga aromatherapy agar Moms bisa lebih relaks.

Uniknya, klinik ini tidak berada di jalan besar di Bandung. Moms dan Dads harus menyusuri gang kecil untuk mencapai klinik bersalin ini. Tapi, tetap saja Bumi Sehat Bahagia Bidan Farida menjadi salah satu destinasi melahirkan yang paling banyak dicari para Moms di Bandung.

Alamat: Jl Sukamulya III RT 6 RW 9, Suka Asih, Kopo, Kota Bandung 40231

Telepon: 085794732979

6. RSIA Humana Prima

rsia humana prima

Foto: humanaprima.id

Tahukah Moms bahwa RSIA Humana Prima merupakan rumah sakit ibu dan anak tipe C milik swasta yang berada di wilayah Bandung? Beberapa pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit ini antara lain ultrasonografi (USG) dan elektrokardiogram (EKG).

Moms yang “mengejar” dokter kandungan seperti dr Nuniek Kharismawati, SpOG, dr Selvie S. Ticoalu, SpOG, dan dr Annisa, SpOG dapat berkonsultasi dengan para dokter tersebut di RSIA Bandung ini.

Alamat: Jalan Rancabolang No. 21, Manjahlega, Kota Bandung

Telepon: (022) 7563489

7. RS Hermina Arcamanik

RSIA Arcamanik

Foto: herminahospitals.com

Selain di Pasteur, ada lagi RS Hermina yang didirikan di Bandung, yakni RS Hermina Arcamanik. Rumah sakit ini sebenarnya dibuka pada tahun 2010 dengan gedung mencapai lima lantai.

RSIA Bandung ini memiliki ruang rawat khusus perina, serta PICU (Pediatric Intensive Care Unit) dan ICU/NICU (Intensive Care Unit/Neonatal Intensive Care Unit).

Di sini juga tersedia fasilitas penunjang lain seperti CT scan, EKG, hemodialisis, serta Klinik Tumbuh Kembang (KTK).

Alamat: Jalan A.H Nasution No. 50, Antapani, Bandung

Telepon: (022) 8724 2525

Demikian informasi tentang daftar RSIA Bandung . Untuk informasi lebih lanjut, jangan ragu kunjungi website-nya atau hubungi customer service via telepon.

  • http://harapanbunda.com/
  • http://humanaprima.id/
  • https://herminahospitals.com/
  • https://rsia-grhabunda.com/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait