Kesehatan

11 Agustus 2021

5 Manfaat Rumput Mutiara, Benarkah Bisa Mengobati Kanker?

Jangan lagi dipandang sebelah mata!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Dianggap sebagai tumbuhan liar, keberadaan rumput mutiara di sekitar pasti sering kali diabaikan. Ternyata, tumbuhan ini memiliki potensi untuk kesehatan, lho. Bahkan mulai populer dan dicari banyak orang.

Rumput mutiara adalah tanaman rumput liar yang termasuk ke dalam famili Rubiaceae dan dikenal banyak sebutan, salah satunya adalah daun mutiara.

Rumput ini tumbuh subur di tanah lembap, di kebun kosong yang basah, halaman rumah, pinggir jalan, dan selokan.

Bentuk daunnya kecil-kecil berkelompok mirip sebuah bintang dengan dihiasi bunga kecil berwarna putih, sehingga kalau dilihat dari jauh mirip sekali dengan mutiara, itulah sebabnya dinamakan rumput mutiara.

Di beberapa negara, seperti India dan Cina, tanaman ini telah digunakan sebagai salah satu obat herbal. Belakangan ini, rumput mutiara banyak menjadi sorotan karena diklaim bermanfaat untuk mencegah dan mengobati kanker.

Nah Moms, yuk simak informasi lengkap tentang rumput mutara berikut ini. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Simak Cara Menanam Rumput Gajah, Buat Taman Tampak Indah Nan Sederhana

Manfaat Rumput Mutiara

rumput mutara.jpg

Foto: pinterest.com

Secara rasa, karakter dari rumput mutiara adalah sedikit pahit, lembut, dan netral. Sejak dulu, banyak penelitian menyebut rumput mutiara kerap dikonsumsi untuk mengatasi demam.

Tidak hanya itu, tanaman ini juga telah digunakan dan efektif sebagai antiinflamasi, antibakteri, diuretik, peluruh demam dan detoksikan, pelancar peredaran darah, antitukak peptik, antidisentri, obat sehabis bersalin, dan obat gangguan pencernaan.

Kini, rumput mutiara juga dikenal dengan khasiatnya yang diduga dapat mengatasi kanker.

Pada tahun 2009 lalu, tim mahasiswa dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta menyabet juara berkat karya ilmiah mereka berjudul “Potensi Kemopreventif Ekstrak Etanolik Rumput Mutiara."

Dalam penelitiannya, tim yang terdiri dari 3 mahasiswa ini mencari hubungan antara rumput mutiara dengan penyakit kanker.

Selain itu, masih ada banyak lagi khasiat rumput mutiara yang dipercaya, yaitu:

1. Meningkat Imunitas Tubuh

Cara-Membuat-Imunitas-Anak-Lebih-Baik-Tanpa-Membuat-Mereka-Sakit-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Rumput Mutiara juga diketahui bermanfaat untuk mendukung daya tahan tubuh agar tetap kuat.

Sistem imunitas tubuh yang kuat berperan penting dalam melawan berbagai bakteri dan virus penyebab infeksi, sehingga tubuh akan jarang sakit.

Tak hanya itu, sistem imunitas tubuh yang kuat juga berperan penting dalam mendukung proses pemulihan ketika sakit, misalnya saat sedang flu.

2. Memelihara Kesehatan Organ Hati

Memiliki Masalah Kesehatan Mental, Perhatikan Ini Saat Mencoba Hamil 3

Foto: Orami Photo Stock

Tak hanya baik untuk imunitas tubuh, kandungan senyawa yang bersifat antioksidan dan antiradang pada rumput mutiara juga diketahui baik untuk kesehatan dan fungsi hati. Riset menunjukkan bahwa tanaman herbal ini dapat mengurangi peradangan di hati dan mencegah kerusakan hati.

Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut, Moms tidak bisa hanya mengandalkan rumput mutiara.

Agar hati tetap sehat, Moms juga perlu melakukan cara lain, seperti menjauhi minuman beralkohol, rokok, dan narkoba, rutin berolahraga, mendapatkan imunisasi hepatitis A dan hepatitis B, serta mempraktikkan hubungan seks aman.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua Ketika Anak Menderita Kanker

3. Menghambat Sel Kanker

Rumput mutiara diketahui mengandung banyak senyawa yang memiliki sifat antioksidan dan antikanker, seperti asam ursolat dan asam uleanolat.

Riset di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak rumput mutiara dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Namun, hingga kini belum ada riset yang dapat membuktikan bahwa rumput mutiara bermanfaat sebagai obat kanker layaknya kemoterapi.

4. Menjaga kesehatan dan fungsi otak

Kepala Anak Sering Terbentur, Waspada Gegar Otak Moms 2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Riset menunjukkan bahwa rumput mutiara memiliki sifat antioksidan yang kuat dan efek antiradang.

Efek tersebut menjadikan rumput mutiara baik dikonsumsi untuk memelihara fungsi dan kesehatan otak.

Orang yang rutin mengonsumsi makanan sehat ditambah suplemen tertentu, termasuk rumput mutiara, disebut memiliki daya ingat yang lebih baik dan berisiko lebih rendah untuk mengalami pikun atau demensia serta depresi.

Selain berbagai manfaat di atas, rumput mutiara juga kerap digunakan untuk mengatasi demam dan mengobati infeksi, misalnya pada penyakit tuberkulosis dan malaria. Sayangnya, efektivitas manfaat rumput mutiara tersebut masih belum diteliti lebih lanjut.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menurunkan Kesehatan Otak

5. Menangkal radikal bebas

Rumput mutiara diketahui mengandung banyak senyawa bioaktif yang memiliki sifat antioksidan, mulai dari fenol, saponin, tanin, flavonoid, hingga terpenoid. Hal ini menjadikan rumput mutiara baik dikonsumsi untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan radikal bebas.

Paparan radikal bebas berlebih merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti diabetes, kanker, dan penyakit kardiovaskular.

Radikal bebas juga dapat membuat tubuh menjadi lebih cepat mengalami penuaan, lho Moms.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Saat Terkena Malaria

Benarkah Rumput Mutiara Bersifat Antikanker?

close-up-researcher-holding-glassware_23-2148794430.jpg

Foto: freepik.com

Sebuah penelitian oleh mahasiswa UGM menemukan bahwa rumput mutiara ternyata dapat mencegah kanker tumbuh menjadi lebih ganas.

Mereka mengetahui hal ini setelah melakukan percobaan pada tikus putih.

Tikus putih diberi induksi oral senyawa karsinogen yang merangsang pertumbuhan kanker. Kemudian, tikus diberikan ekstrak rumput mutiara selama 10 minggu untuk diteliti perbedaannya.

Setelah 10 minggu, konsumsi ekstrak rumput ini terbukti dapat mencegah pembelahan sel kanker sebesar 30%, dibandingkan dengan kondisi tikus putih yang tidak diberi ekstrak.

Ekstrak rumput yang diberikan pada tikus putih juga dibuat dengan teliti dan tidak sembarangan.

Peneliti mengolah rumput dengan mengeringkan rumput di bawah sinar matahari selama 4 sampai 5 hari dan kemudian sisa dari rumput di ekstrak.

Baca Juga: 10 Fakta Seputar Kanker Payudara Yang Perlu Mama Tahu

Sebanyak 100 gram ekstrak rumput dapat menghasilkan 200 kapsul yang jika dipasarkan dapat mencapai harga Rp50.000 setiap 100 gramnya.

Agar rumput dapat memberikan hasil efektif, ekstrak rumput dapat dikonsumsi sebanyak 3 kali sehari.

Meskipun berfungsi pada tikus putih, belum ada penelitian lebih lanjut mengenai apakah tanaman ini efektif dalam mengatasi kanker pada manusia.

Jika Moms menderita kanker, sebaiknya segera menemui dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Puluhan tahun sudah sejak para peneliti terus meneliti berbagai jenis tanaman yang berpotensi mengatasi kanker, sehigga rumput mutiara bukanlah satu-satunya percobaan.

Meski demikian, penelitian dalam jangka waktu lama pun terkadang belum cukup untuk mengungkap apakah tanaman tertentu bersifat antikanker.

Sebagai contoh tanaman Madagascar periwinkle yang sudah diteliti selama belasan tahun dianggap bisa mengatasi kanker. Hingga kini, mekanisme yang terjadi pada tanaman ini belum berhasil direplikasi.

Baca Juga: Minuman Herbal Pencegah Kanker Terpopuler

Tumbuhan ini juga belum terbukti aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui serta penderita penyakit tertentu, seperti kerusakan hati berat.

Karena berpotensi menimbulkan efek interaksi obat, rumput mutiara juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani pengobatan dari dokter.

Nah, itu dia Moms informasi seputar rumput mutiara, serta hasil penelitian tentang khasiatnya untuk kanker.

  • https://www.greeners.co/flora-fauna/rumput-mutiara-berpotensi-sebagai-obat-antikanker/
  • https://ccrc.farmasi.ugm.ac.id/?page_id=124
  • https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/J157v04n01_03
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15273074/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait