Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Saat Trimester Tiga Mual Muntah, Perlukah Khawatir?

Bagikan


Banyak yang mengira mual muntah hanya muncul di trimester pertama. Jika mual muntah terjadi saat trimester tiga, perlukah ibu hamil merasa khawatir?

Trimester tiga adalah trimester akhir dari kehamilan. Pada masa ini, janin sedang pada tahap penyempurnaan dan semakin besar hingga memenuhi seluruh rongga rahim. Makin besar janin, maka Moms akan makin merasakan segala pergerakannya.

Saat trimester ketiga, Moms biasanya lebih berhati-hati dalam menjaga kehamilan. Oleh karena itu, ketika pada trimester akhir ini terjadi mual muntah, banyak ibu hamil yang merasa khawatir.

Masa persalinan yang semakin dekat dan berbagai perubahan alamiah akibat pembesaran rahim sering membuat ibu hamil cemas serta mengalami gangguan kesehatan.

Nah, salah satu keluhan yang kerap dialami ibu hamil pada trimester ini adalah kembalinya mual muntah seperti yang dialami saat trimester pertama kehamilan.

Saat kondisi ini terjadi, ibu hamil tak perlu langsung khawatir atau panik. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab, yaitu:

1. Meningkatnya produksi progesteron

Mual muntah saat trimester 3 umumnya dikarenakan peningkatan produksi hormon kehamilan alias progesteron. Peningkatan hormon ini bisa menyebabkan beberapa otot di tubuh, termasuk tenggorokan, menjadi lebih rileks.

Akibatnya, fungsi klep pada perut dan tenggorokan menjadi semakin lemah. Hal ini membuat asam maupun sisa makanan yang masih berada di lambung bisa kembali naik ke tenggorokan.

2. Ukuran rahim yang makin besar

Saat trimester tiga, ukuran rahim ibu hamil tentunya akan lebih besar. Membesarnya ukuran rahim ini bisa menekan lambung ke arah atas, sehingga kemungkinan terjadinya mual muntah juga makin tinggi.

3. Tanda melahirkan

Selain karena meningkatnya produksi progesteron dan ukuran rahim yang semakin membesar, mual muntah saat trimester ketiga juga bisa merupakan pertanda bahwa waktu persalinan semakin dekat.

Biasanya, mual muntah yang menandakan ini disertai dengan keluhan sakit pinggang, tekanan pada panggul, dan munculnya kontraksi perut.

Baca Juga: Mengapa Ibu Hamil Susah Tidur di Trimester Ketiga Kehamilan? 

Waspada preeklampsia

Ketiga penyebab mual muntah di atas memang tak perlu terlalu dikhawatirkan. Namun, mual muntah pada trimester ketiga juga bisa disebabkan oleh preeklampsia.

Perlu Moms tahu, preeklampsia merupakan kondisi kegawatan yang bisa mengakibatkan kejang, stroke, dan gangguan pernapasan pada ibu hamil.

Preeklampsia bisa dikenali. Biasanya, mual muntah pada trimester 3 yang disebabkan oleh preeklampsia akan disertai dengan keluhan nyeri perut hebat, sakit kepala, pembengkakan pada anggota tubuh, dan gangguan penglihatan. Jika gejala-gejala tersebut terjadi, jangan berpikir dua kali untuk mencari bantuan medis.

Baca Juga: Masuk Trimester Tiga, Kenali 7 Tanda Waktu Persalinan Sudah Makin Dekat

Mual muntah saat trimester tiga bisa dicegah

Tentunya morning sickness yang kerap terjadi pada trimester pertama tak ingin Moms rasakan lagi. Jangan khawatir, keluhan mual muntah saat trimester akhir bisa dicegah. Pastikan Moms melakukan langkah-langkah di bawah ini:

1. Makan dalam porsi kecil, tapi sering. Makan dalam porsi besar dalam satu waktu bisa bikin perut begah dan meningkatkan produksi asam lambung, sehingga risiko mual muntah saat trimester 3 pun meninggi.

Sebaliknya, bila ibu hamil makan dalam porsi kecil dan lebih sering, kejadian perut begah atau naiknya produksi asam di lambung bisa dihindari, yang artinya risiko mual muntah saat trimester akhir pun bisa diminimalkan.

2. Hindari makanan yang mengandung banyak minyak, pedas, dan asam. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan segar serta makanan sehat bergizi seimbang.

3. Konsumsi PRENAGEN mommy emesis secara rutin. Susu ini merupakan nutrisi khusus ibu hamil yang teruji klinis dapat menurunkan frekuensi mual muntah saat kehamilan. Ini karena kandungan vitamin B6, protein, asam folat, zat besi, dan kalsium yang dimilikinya.

Tersedia dalam dua varian rasa, yaitu cokelat dan vanila, dengan konsumsi PRENAGEN mommy emesis secara rutin bisa membantu Moms meminimalkan mual muntah saat trimester tiga.

Jika saat trimester tiga Moms mengalami mual muntah, jangan langsung khawatir. Untuk mencegah mual muntah pada trimester tiga, lakukan langkah-langkah pencegahan yang disebutkan di atas dan jadikan PRENAGEN mommy emesis sebagai sahabat, ya!

(RN/RH)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.