Parenting Islami

30 September 2021

Surat Yusuf untuk Ibu Hamil, Benarkah Bisa Membuat Bayi Terlahir Rupawan?

Banyak yang percaya surat yusuf untuk ibu hamil akan memberi efek pada janin
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Selain mengerjakan amalan shalih yang berpahala selama kehamilan, ternyata ada pula yang memiliki pandangan lain terkait dengan jenis kelamin dan paras bayi. Sebab, banyak yang percaya bahwa terus membaca surat Yusuf untuk ibu hamil anak laki-laki akan membuat wajah bayi tampan.

Hal ini dipercaya secara turun temurun, sehingga tak jarang surat tersebut terus diulang selama kehamilan. Ada ibu yang hamil muda rajin membaca Alquran, namun berulang-ulang membaca surat Yusuf. Ternyata, dia ingin memiliki anak laki-laki.

Ada juga yang sedang hamil tua dan melakukan hal yang sama. Ketika ditanya sebabnya, ternyata hasil USG menunjukkan janin berkelamin laki-laki, dan si ibu ingin anaknya terlahir dengan fisik setampan Nabi Yusuf AS.

Baca Juga: 7+ Amalan Ibu Hamil Menurut Islam, Yuk Lakukan Moms!

Surat Yusuf untuk Ibu Hamil

Surat Yusuf untuk Ibu Hamil -1

Foto: Orami Photo Stock

Memang ada fadhilah-fadhilah khusus dari ayat maupun surat-surat tertentu di dalam Alquran. Termasuk surat Yusuf untuk ibu hamil. Namun hal tersebut harus memiliki dasar yang bisa dipertanggungjawabkan dan tidak boleh berdasarkan dugaan atau keyakinan yang tidak beralasan.

Harus ada dalil shahih yang kemudian bisa dijadikan sandaran keyakinan dan nika diamalkan dengan baik bisa mengharapkan pahala juga. Dilansir Konsultasi Syariah, tidak ada dalam syariat yang menjelaskan bahwa ibu hamil dianjurkan membaca surat tertentu agar janinnya menjadi anak yang tampan.

Tidak diragukan lagi secara keseluruhan bahwa membaca Alquran adalah amalan yang baik dan berpahala. Namun bukan berarti seseorang bisa menyandarkan sesuatu kepada Alquran yang dikehendaki oleh keinginan pribadi.

Dalam Alquran, Allah SWT berfirman: “Dialah yang membentuk kamu dalam rahim sebagaimana dikehendaki-Nya. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS Ali Imran: 6).

Dalam bukunya, Imam Al Qurthubi RA menjelaskan: “Maksudnya Allah yang menciptakan; jelek atau tampan, hitam atau putih, tinggi atau pendek, sempurna atau cacat, dan lain sebagainya.” (Al Jami’ li Ahkamil Quran, 1:927).

Meski begitu, tidak mengapa seorang perempuan yang sedang hamil menyibukkan diri dengan membaca Alquran dan memperdengarkannya kepada janin, karena ada penelitian yang menjelaskan bawah suara-suara dari luar juga bisa mempengaruhi janin. Membaca surat lain atau surat Yusuf untuk ibu hamil tentu akan memberikan ketenangan.

Apabila suara yang didengar adalah suara orang yang membaca Alquran, diharapkan adanya keberkahan dan kebaikan yang akan berpengaruh terhadap janin tersebut tanpa merinci dan membatasi jenis keberkahan dan kebaikan tersebut.

Meskipun telah menjadi tradisi yang diyakini dan dijalani oleh banyak ibu hamil, ternyata tidak ada dalil yang menyebutkan bahwa bacaan Surat Yusuf untuk ibu hamil bermanfaat dan menjadikan anak yang dikandungnya menjadi anak yang tampan.

Dan bahkan di dalam surat yusuf untuk ibu hamil, tidak disebutkan ayat atau doa permohonan supaya mendapatkan anak yang tampan. Para ulama salaf terdahulu juga tidak ada yang memberikan anjuran bagi ibu hamil untuk selalu membacakan surat Yusuf untuk anaknya.

Bisa jadi adanya keyakinan itu karena menceritakan kisah hidup dari nabi Yusuf dalam surat tersebut. Namun sayang, yang terbayang dari sosok nabu Yusuf adalah sebatas penampilan fisiknya yang terkenal tampan, tanpa menyimak cerita secara keseluruhan.

Sebab, ayat yang mengandung makna permohonan agar dikaruniai anak yang sholeh justru berada di surat lain. Meski bukan permohonan agar mendapatkan anak yang tampan tapi anak yang sholeh, terdapat pada Surat Ash-Shaffaat yang menyebutkan doa dari Nabi Ibrahim:

Dalam surat tersebut, Nabi Ibrahim membuat pertolongan terkait dengan keturunannya agar diberi anak sebagai penyambung dakwahnya. “Wahai rabbi, anugerahkanlahkepadaku (seoranganak) yang termasuk orang-orang yang shalih,” (QS Ash-Shaffat: 100).

Atau doa lain yang Allah SWT ajarkan di surat lain: “Wahai Rabbi, anugerahkanlahkepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagaipenyenanghati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS Al-Furqan: 74).

Doa untuk mendapatkan anak yang shalih dan keturunan yang bertakwa tentunya jauh lebih baik daripada hanya permohonan untuk mendapatkan anak yang tampan. Karena penilaian Allah SWT tergantung pada amal, bukan pada bentuk fisik.

Hal ini sesuai dengan salah satu hadis dari Rasulullah SAW saat bersabda dalam sebuah hadis: “Sesungguhnya Allah tidak melihat bentuk fisik maupun harta kalian, akan tetapi Dia melihat pada hati dan amal kalian,” (HR Muslim).

Baca Juga: Kumpulan Doa Nabi Yusuf dan Manfaatnya untuk Kita, Yuk Amalkan!

Faedah Surat Yusuf

Surat Yusuf untuk Ibu Hamil -2

Foto: Orami Photo Stock

Meski tidak ada kaitannya membaca surat yusuf untuk ibu hamil dengan meminta keturunan yang tampan, namun surat Yusuf tetap saja memiliki keutamaan dan faedah yang luar biasa. Kebaikan surat Yusuf untuk bukan hanya untuk ibu hamil saja, tapi untuk umat muslim secara keseluruhan.

Bahkan, Allah SWT telah membuka kisah tentang kehidupan nabi Yusuf AS dalam surat tersebut dengan firman-Nya: “Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik dengan mewahyukan Alquran ini kepadamu.” (QS Yusuf: 3).

Secara tidak langsung, Allah SWT yang mengisahkan cerita tentang nabi yusuf tersebut. Karena disebut dengan sebaik-baik kisah, maka akan banyak faedah yang terkandung di dalamnya. Dan memang begitulah adanya.

Bagi yang membaca, mendengar, apalagi yang mengetahui maknanya, ayat-ayat di dalam surat Yusuf akan membawa ketenangan hati. Bukan hanya dilihat dari gaya penulisannya yang indah, tetapi juga artinya yang sangat menyentuh.

Oleh karena itu, ketika para sahabat sedang merasa bosan, mereka akan datang kepada Rasulullah SAW lalu beliau akan membacakan surat Yusuf sebagai penghibur. Kisah nabi Yusuf juga membuat kegundahan menjadi sirna, harapan yang kembali tumbuh dan semangat yang kian menyala.

Pelajaran dalam kisah nabi Yusuf juga mengajarkan di balik musibah yang menimpa, akan ada ada rencana lain dan lebih baik yang telah Allah SWT siapkan. Misalnya, saat beberapa kali nabi Yusuf menghadapi musibah, namun selalun menjadi kemuliaan dan kebahagiaan untuknya.

Contohnya saat nabi Yusuf di buang ke dalam sumur oleh saudara-saudaranya, dijadikan budak, dijebloskan ke dalam penjara, namun pada akhirnya beliau menjadi insan yang paling mulia di zamannya. Baik dalam pandangan manusia, maupun di hadapan pencipta-Nya.

Nabi yusuf juga menghadapi bujuk rayu dan godaan yang menggiurkan, namun beliau tetap teguh pendirian dan keimanannya. Ini dapat menjadi teladan bagi manusia dalam menghadapi ujian, baik yang menyenangkan maupun yang menyulitkan.

Baca Juga: 9 Cara Mendampingi Ibu Hamil dalam Islam, Dads Wajib Tahu!

Tips Menyehatkan Kulit Janin

Surat Yusuf untuk Ibu Hamil -3

Foto: Orami Photo Stock

Meski tidak ada dasar yang memiliki bukti kuat mengenai surat Yusuf untuk ibu hamil yang berpengaruh kepada ketampanan bayi, Moms bisa mencobanya atau tidak. Namun yang terpenting adalah tidak mempengaruhi kadar stres saat hamil.

Sebab, penelitian Women and Birth mencatat, kesehatan mental ibu hamil sebagian besar dapat terganggu oleh faktor relasional, pengalaman dan material. Ini harusmendapatkan perhatian dari lingkungan untuk menjaga kesehatan mental ibu hamil.

Sebenarnya selain bentuk paras, ada hal lain yang bisa Moms lakukan untuk mendapatkan anak yang menarik. Salah satunya bisa dilakukan dengan merawat kulit bayi meski pun masih berada di dalam kandungan.

Kellie Kong, seorang ahli gizi dari Department of Nutrition and Dietetics at KK Women's and Children's Hospital, berbagi tentang makanan yang dapat membantu janin untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Meski penelitian tentang makanan terbaik yang dapat dikonsumsi ibu hamil untuk kulit bayinya terbatas, namun secara umum, beberapa makanan telah menarik perhatian khusus untuk membantu mempercantik kulit. Misalnya dengan mengkonsumsi:

  • Ceri dan beri. Jenis lain sseperti blueberry, stroberi, raspberry, dan blackberry, termasuk di antara buah-buahan yang mengandung antioksidan tertinggi. Antioksidan ini dapat membantu mencegah penuaan dini dengan mengurangi efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas. Ini juga bisa membantu merawat kesehatan kulit bayi jika dikonsumsi oleh ibu hamil.
  • Ikan laut. Asam lemak esensial ini membantu memperbaiki membransel, yang pada dapat membantu memastikan elastisitas kulit bayi. "Ikan berlemak laut dalam seperti tuna, salmon, dan sarden kaya akan asam lemak omega-3," kata Kellie.
  • Alpukat. Ini merupakanbuah yang dikenal kaya akan vitamin C dan vitamin E. keduanya dikenal dengan sifat antioksidannya. Vitamin C juga membantu mengurangi peradangan dan penting untuk produksi kolagen dalamt ubuh. Ini juga dapat meningkatkan warna kulit bayi.
  • Tomat. Likopen, antioksidan kuat yang ditemukan pada tomat terutama pada kulitnya, menurut penelitian mampu membantu melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya dari paparan sinar matahari.

Selain surat Yusuf untuk ibu hamil yang sering dibaca, ada baiknya juga untuk mempelajari doa untuk anak lain dalam Alquran yang bisa menjadi usaha untuk mendapatkan bayi yang baik baik fisik maupun sikapnya.

  • https://www.researchgate.net/publication/312076807_Women's_mental_health_during_pregnancy_A_participatory_qualitative_study
  • https://www.arrisalah.net/baca-surat-yusuf-saat-hamil-anak-jadi-setampan-nabi-yusuf/
  • https://konsultasisyariah.com/10855-surat-yusuf-dan-maryam-bermanfaat-bagi-janin.html
  • https://www.healthxchange.sg/women/pregnancy/pregnancy-foods-improve-babys-complexion
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait