Balita dan Anak

24 Agustus 2020

Tahapan Perkembangan Bayi 20 Bulan: Ia Sudah Semakin Aktif!

Di usia 20 bulan, Si Kecil sudah bisa berkomunikasi dua arah dengan baik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ketika Si Kecil mencapai usia 20 bulan, mereka mungkin sudah mulai menunjukkan beragam perilaku utamanya memasuk fase terrible two.

Pada tahap ini pula Si Kecil seharusnya masih mempelajari hal-hal yang menyenangkan, tetapi mungkin ini saatnya Moms dan Dads mengajari mereka perilaku yang sesuai juga.

Sebagai orang tua, Moms dan Dads harus fokus membantu Si Kecil belajar bagaimana berinteraksi dengan dunia dan fokus membantu mereka mengembangkan kosakata yang lebih banyak agar memudahkan untuk berkomunikasi.

Selain itu, sebagai orang tua, Moms dan Dads pun perlu mengetahui bahwa kecemasan akan perpisahan adalah hal yang biasa pada usia ini. Moms dan Dads bisa mengatur rutinitas kecil dengan mengucapkan selamat tinggal dan menunjukkan kasih sayang saat pergi.

Ini akan membantunya memahami bahwa perpisahan itu normal, dan orang tua pergi begitu saja.

Lantas, seperti apa tahapan perkembangan bayi 20 bulan? Berikut ulasan lengkapnya.

Perkembangan Bayi 20 Bulan: Kemampuan

Perkembangan bayi 20 bulan, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Lalu apa saja kemampuan dalam perkembangan bayi 20 bulan yang bisa Moms dan Dads ketahui? Berikut ini pemaparannya menurut artikel medlineplus.gov:

Kemampuan Kognitif (Berpikir)

  • Penggunaan awal instrument atau alat
  • Mengikuti perpindahan visual yang bergerak dari satu tempat ke tempat lain.

Keterampilan Motorik Kasar

  • Memasuki usia 20 bulan, anak sedang senang-senangnya berjalan dan berlari.
  • Mulai berjalan naik turun tangga dengan pendampingan
  • Melompat
  • Berdiri dengan satu kaki selama minimal 1 detik

Keterampilan Motorik Halus (Penggunaan Otot Kecil di Tangan dan Jari)

  • Mencoret-coret
  • Bisa menggunakan sendok
  • Dapat menyalin lingkaran

Perkembangan Bahasa

  • Menggunakan 2 sampai 3 kata (selain mama atau dada)
  • Memahami dan mengikuti perintah sederhana (seperti "bawa ke ibu")
  • Menyebutkan gambar benda dan hewan
  • Menunjuk ke bagian tubuh yang dinamai
  • Mulai menjawab ketika dipanggil dengan nama
  • Menggabungkan 2 kata pada usia 16 hingga 24 bulan (Ada rentang usia di mana anak-anak dapat pertama kali menggabungkan kata menjadi kalimat. Bicaralah dengan pengasuh anak Anda jika balita tidak dapat membuat kalimat dalam 24 bulan.)

Perkembangan Sosial

  • Membantu membuka pakaian dan menyimpan barang-barang selama 18 sampai 24 bulan
  • Mendengarkan cerita saat diperlihatkan gambar dan dapat menceritakan tentang pengalaman terbaru dalam 24 bulan
  • Dapat mengambil bagian dalam permainan pura-pura dan permainan sederhana dalam waktu 24 hingga 36 bulan

Baca Juga: 4 Aspek Perkembangan Bayi 4 Bulan, Catat ya Moms!

Perkembangan Bayi 20 Bulan: Stimulasi

perkembangan bayi 20 bulan: stimulasi

Foto: Orami Photo Stock

Untuk bisa berkembang optimal, bayi 20 bulan juga butuh stimulasi lho Moms. Ada banyak pilihan stimulasi yang bisa Moms coba. Simak ulasannya.

1. Bermain Cat

Stimulasi untuk perkembangan bayi 20 bulan ini maka Moms atau Dads akan membutuhkan:

  • Cat jari
  • Kertas lilin
  • Kertas biasa
  • Selotip

Caranya:

  1. Letakkan kertas lilin di atas permukaan yang kokoh dan rekatkan untuk menghindari selip. Rekatkan kertas biasa di atasnya.
  2. Jatuhkan sedikit cat ke atas kertas. Celupkan jari Moms atau Dads ke dalamnya dan tunjukkan pada Si Kecil bagaimaan ia bisa mengoleskannya. Biarkan ia mencoba.
  3. Begitu ia mengetahui apa yang harus dilakukan, tambahkan lebih banyak warna untuk membuatnya menarik. Ajari dia secara bertahap tentang warna yang dia gunakan.
  4. Stimulasi bayi 20 bulan dengan cara ini membantu mengembangkan keterampilan motorik Si Kecil. Ini adalah cara yang bagus untuk mengenalkannya pada warna.

2. Bermain Sembunyikan Barang

Stimulasi untuk perkembangan bayi 20 bulan selanjutnya adalah bermain sembunyikan barang. Moms dan Dads memerlukan mainan atau benda kecil yang pas di tangan. Caranya bermain sembunyikan barang ini, yaitu:

  • Tunjukkan benda tersebut kepada Si Kecil
  • Sekarang letakkan di telapak tangan Moms atau Dads, dan pastikan Si Kecil melihat. Tutup jari secara perlahan di sekitar objek untuk menyembunyikannya dari pandangan. Kemudian, letakkan tangan di belakang punggung.
  • Tanyakan kepada Si Kecil keberadaan benda tersebut, dan perlahan-lahan angkat tangan ke depan.
  • Minta dia untuk menunjuk ke tangan yang menurutnya benda itu berada. Buka kepalan tangan secara perlahan untuk menunjukkan padanya apakah benda itu ada atau tidak. Begitu dia menemukan objek, ekspresikan keterkejutan dan kebahagiaannya.
  • Kegiatan ini akan mengajarkan Si Kecil tentang keabadian objek dan observasi. Stimulasi perkembangan bayi 20 bulan lewat kegiatan ini sangat menyenangkan.

3. Bantu Membersihkan

Stimulasi untuk perkembangan bayi 20 bulan selanjutnya adalah membantu membersihkan. Hal dibutuhkan untuk stimulasi bayi 20 bulan lewat kegiatan ini yaitu:

  • Sapu Kecil
  • Kain Bersih

Caranya:

  1. Mulailah dengan menyeka tempat yang aman menggunakan kain bersih. Cobalah memilih permukaan yang mudah diakses Si Kecil.
  2. Pastikan Si Kecil memerhatikan saat melakuan pembersihan.
  3. Berikan kain tersebut kepada Si Kecil dan minta dia untuk membersihkan tempatnya. Moms juga bisa memercikan beberapa tetes air ke permukaan untuk membersihkan lebih banyak barang pada Si Kecil.
  4. Harapannya, aktivitas ini akan membantu Si Kecil keterampilan motorik kasarnya.

4. Memasangkan

Stimulasi untuk perkembangan bayi 20 bulan selanjutnya adalah memasangkan. Moms dan Dads akan memerlukan benda apapun yang dimiliki Si Kecil seperti kaus kaki, jepit rambut, dan buku.

Caranya:

  1. Pastikan Moms dan Das melakukan aktivitas ini di tempat di mana Si Kecil memiliki akses yang mudah ke barang-barangnya.
  2. Angkat sebuah benda dari simpanan dan tunjukkan padanya. Beri nama objek tersebut.
  3. Sekarang minta dia untuk menemukan hal yang sama. Misalnya, jika memegang kaus kaki, beri tahu dia ‘itu kaus kaki mama, bisakah Anda menunjukkan kaus kaki Anda?’
  4. Puji dia saat dia berhasil mendapatkan kembali benda serupa.
  5. Kegiatan ini akan mengajarkan anak Anda tentang berbagai objek dan pencocokan dasar.

Baca Juga: Tahapan Perkembangan Bayi Minggu Ke-20

Perkembangan Bayi 20 Bulan: Nutrisi

perkembangan bayi 20 bulan: nutrisi

Foto: Orami Photo Stock

Moms, menginjak usia 2 tahun, Si Kecil butuh nutrisi yang lebih beragam lagi. Ini akan membantu tumbuh kembangnya secara optimal. Berikut ini beberapa makanan yang direkomendasikan untuk bayi 20 bulan.

1. Biji-bijian

Makanan untuk perkembangan bayi 20 bulan yang pertama adalah biji-bijian. Biji-bijian sangat sehat dan dapat dimasukkan ke dalam makanan Si Kecil. Moms dapat menambahkan biji-bijian sebagai makanan penambah berat badan bayi 20 bulan.

Adapun biji-bijian seperti Millet adalah sumber yang kaya vitamin B, magnesium, dan zat besi, dan barley dapat memberi makan Vitamin A, folat, dan protein.

Anda juga bisa memasukkan quinoa dalam makanannya karena kaya zat besi, kalsium, serat, dan protein. Namun, sebelum memasukkan biji-bijian ini, tanyakan dulu ke dokter anak bayi.

2. Sayuran

Makanan untuk perkembangan bayi 20 bulan yang selanjutnya adalah sayuran. Setelah Si Kecil menginjak usia 20 bulan, Moms bisa mengenalkan sayuran kepadanya.Moms juga bisa memberinya kacang rebus, kacang edamame, dan mentimun.

3. Buah-buahan

Makanan untuk perkembangan bayi 20 bulan yang selanjutnya adalah buah-buahan. Moms bisa memasukkan buah jeruk, jeruk nipis manis dan buah-buahan lain seperti apel, pisang, beri, dan pir. Jadikan avokad sebagai bagian dari makanan Si Kecil juga. Avokad adalah sumber lemak sehat yang bagus dan harus disertakan dalam makanan anak yang sedang tumbuh.

4. Kacang

Makanan untuk perkembangan bayi 20 bulan yang selanjutnya adalah kacang. Buah dan kacang bisa membantu Si Kecil menambah berat badan dengan sehat. Moms dapat memulai dengan memberikan potongan kecil kacang almond dan kenari (cincang bagus) kepada balita baik sebagai makanan atau sebagai makanan pendamping.

Kacang-kacangan ini harus dicincang dengan baik karena Si Kecil mungkin akan tersedak.

5. Produk Sapi

Makanan untuk perkembangan bayi 20 bulan yang selanjutnya adalah produk sapi. Mentega, butter, cottage cheese, dan yogurt juga bisa diberikan sebagai camilan untuk balita. Moms juga bisa memasukkan ini ke dalam makanannya. Produk susu adalah sumber kalsium dan protein yang kaya dan akan membuat Si Kecil kenyang.

6. Telur

Makanan untuk perkembangan bayi 20 bulan yang selanjutnya adalah telur. Telur adalah makanan serbaguna dan dapat dimasukkan ke dalam makanan anak.

Telur rebus, telur orak-arik, telur dadar bisa menjadi pilihan sarapan yang enak. Telur tinggi protein, rendah kolesterol, dan baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Jadi jadikanlah mereka bagian dari makanan Si Kecil.

Baca Juga: Tahapan Perkembangan Bayi Minggu Ke-38

Perkembangan Bayi 20 Bulan: Fisik

perkembangan bayi 20 bulan: fisik

Foto: Orami Photo Stock

Tinggi badan bayi bergantung pada gennya, tetapi berat badan akan membantu Moms dan Dads menentukan apakah mereka menyerap nutrisi dengan benar saat makan. Jika Si Kecil lahir prematur, mungkin menemukan bahwa pola pertumbuhannya berbeda.

Ini adalah standar pertumbuhan anak World Health Organization, untuk bayi berusia 20 bulan tinggi rata-rata untuk anak laki-laki adalah 84,2 cm, dan untuk perempuan adalah 82,8 cm sedangkan berat rata-rata untuk anak laki-laki adalah 11,3 kg, dan untuk anak perempuan adalah 10,7 kg.

Perkembangan Bayi 20 Bulan: Mainan Edukatif Bayi

perkembangan bayi 20 bulan: mainan edukatif

Foto: Orami Photo Stock

Moms, selain dengan stimulasi, Moms juga bisa membantu mengoptimalkan perkembangan bayi 20 bulan dengan memberikan mereka mainan yang tepat. Berikut daftar rekomendasi mainan untuk perkembangan bayi 20 bulan.

1. Balok

Mainan untuk perkembangan bayi 20 bulan yang pertama adalah balok. Permainan yang tak lekang oleh waktu adalah balok. Balok membantu Si Kecil meningkatkan keterampilan penanganannya dengan mengambil, menumpuk, dan menyortir.

Balok besar dapat dibangun menjadi benteng ukuran balita dan ruang persembunyian. Balok kecil bisa digunakan untuk membangun menara atau apapun yang dia suka. Cakupannya tidak terbatas dan memungkinkan si kecil untuk menjadi sekreatif yang dia suka.

2. Alat Musik Mainan

Mainan untuk perkembangan bayi 20 bulan yang selanjutnya adalah alat musik. Sebagian besar balita menyukai musik, terutama saat mereka yang membuat semua suara. Memberi Si Kecil sesuatu untuk diguncang, digoyang-goyangkan, atau berguling tidak hanya akan menjadi sumber kesenangan yang luar biasa, tetapi juga akan mendorong ekspresi dirinya. Instrumen tidak harus mahal atau rumit untuk membuat musik.

Moms bahkan bisa membuatnya sendiri. Nasi atau lentil kering yang disegel dalam karton plastik bisa menjadi pengocok yang bagus. Bermain dengannya dan lihat apakah dia bisa meniru Anda, ubah dari ritme pelan dan pelan menjadi cepat dan keras. Ini akan membantu mengembangkan indera ritme serta keterampilan konsentrasinya.

3. Train Set

Mainan untuk perkembangan bayi 20 bulan yang selanjutnya adalah train set. Train set adalah cara terbaik bagi Si Kecil untuk menggunakan ketangkasannya yang sedang tumbuh. Dengan menggabungkan pelatih lintasan dan menghubungkan, dia akan mempelajari keterampilan motorik halus untuk membantunya memanipulasi objek yang lebih kecil.

Dengan meningkatkan kemampuan motorik kasarnya secara fisik di sekitar rumah, Si Kecil juga akan mengembangkan keterampilan motorik kasarnya.

4. Bola

Mainan untuk perkembangan bayi 20 bulan yang selanjutnya adalah bola. Masih merupakan sumber kegembiraan bagi Si Kecil, belajar melempar dan menangkap adalah keterampilan yang penting, mengembangkan koordinasi tangan-matanya. Sekarang dia mungkin sudah bisa melempar bola ketiak.

Dia akan senang melempar bola agar Moms dapat mengembalikannya meskipun dia belum bisa menangkapnya dengan benar. Jika kakinya stabil, dia mungkin juga siap untuk menendang bola kepada kalian.

Perkenalkan tindakan ini padanya secara perlahan dan minta dia untuk meniru Moms dan Dads.

5. Permainan Artistik

Mainan untuk perkembangan bayi 20 bulan yang selanjutnya adalah permainan artistik. Permainan artistik dan kreatif adalah cara yang bagus untuk mendorong Si Kecil menggunakan imajinasinya dan mengekspresikan dirinya. Dengan mendorongnya untuk membuat orat-oret, Moms atau Dads membantunya membangun fondasi untuk menulis seiring bertambahnya usia.

Sekarang dia mungkin mulai menghabiskan waktu lebih lama untuk setiap gambar, menutupi lebih banyak kertas dengan desainnya.

Baca Juga: Tahapan Perkembangan Bayi 18 Bulan yang Wajib Moms Ketahui, Catat!

Tidak perlu menjelaskan seberapa sibuk dan lelah Moms dan Dads mengelola perubahan perkembangan bayi 20 bulan. Pastikan untuk menghabiskan waktu berkualitas hanya untuk diri sendiri.

Ketika merasa rileks dan bahagia, maka Moms dan Dads dapat memberikan cinta dan perhatian pada Si Kecil. Fase perkembangan bayi 20 bulan ini memang menyenangkan dan Moms akan merindukannya suatu hari nanti.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait